10 Game Simulasi Terbaik Android di Tahun 2023 - Teh90blog

10 Game Simulasi Terbaik Android di Tahun 2023

10 Game Simulasi Terbaik Android

Simulasi merupakan salah satu genre game yang paling menarik buat kalian mainkan dalam jangka waktu yang lama. Mengapa? Ini dikarenakan game dengan genre simulasi memiliki banyak sekali fitur yang ditawarkan kepada pemainnya untuk melakukan kustomisasi dan eksplor.

Jika dilihat dengan seksama, sekilas game simulasi ini memang terlihat sama dengan game open world. Bedanya, di game simulasi kalian lebih difokuskan kepada sebuah tujuan yang lebih rinci. Misalnya, ketika kalian memainkan sebuah game simulasi dokter, maka dalam game tersebut kalian akan berperan layaknya seorang dokter di dunia nyata. Berbeda dengan game open world yang terkesan lebih bebas.

Sejauh ini, ada banyak sekali game simulasi yang sudah hadir di platform mobile, khususnya Android. Nah, dari banyaknya game simulasi yang hadir tersebut, kali ini saya akan merangkumnya ke dalam 10 game simulasi terbaik android di tahun 2023.

Penasaran apa saja game-nya? Mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


10 GAME SIMULASI TERBAIK ANDROID 2023

1. Stardew Valley

Stardew Valley

Stardew Valley merupakan salah satu game simulasi kehidupan paling realistis yang bisa kalian temui di Google Play Store. Game ini dibanderol dengan harga Rp 70.000, dan bagi saya, dengan harga segitu Stardew Valley ini terlalu sayang buat kalian lewatkan.

Berlatar di sebuah pedesaan yang tentram dan damai, kalian akan memulai kehidupan sebagai seorang petani yang harus mengolah lahan dan mengembangkan bisnis pertanian yang kalian punya. Rutinitas yang kalian lakukan di dalam game akan dibuat seperti rutinitas di dunia nyata, mulai dari bercocok tanam, bersosialisasi dengan penduduk sekitar, berjualan, dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya yang bisa kalian lakukan secara bebas.

Dengan sajian grafis pixelated yang classic, game ini seakan membawa kembali berbagai kenangan jaman dulu. Rasanya saya dibawa kembali ke masa kecil dimana dulu saya sangat suka sekali bermain game Harvest Moon: Back to Nature. 


2. Goat Simulator

Goat Simulator

Sedang mencari game yang santai buat ngabisin waktu luang? Cobalah bermain game Goat Simulator.

Seperti namanya, dalam game ini kalian akan memerankan seekor kambing yang suka membuat keributan di seluruh kota. Kalian bisa melakukan berbagai hal yang diluar nalar, seperti melempar atau menyeruduk orang, meledakkan mobil, loncat dari ketinggian, dll.

Entah karena faktor apa, kambing yang kalian mainkan di dalam game ini memang didesain untuk tidak bisa dikalahkan. Jadi, mau kayak gimana pun juga, kambing yang kalian mainkan tidak akan terluka sedikitpun.

Goat Simulator ini sangat menarik dimainkan, sebab game ini menawarkan map yang luas dan grafis yang memukau di kelasnya sebagai game mobile.


3. Tour of Neverland

Tour of Neverland

Jika tadi game Stardew Valley menawarkan sebuah simulasi petani classic yang bikin nostalgia, maka kali ini giliran saya akan memberikan kalian sebuah game simulasi petani dengan grafis yang lebih realistis lagi. Yap, game tersebut berjudul Tour of Neverland.

Masih dengan konsep yang sama, game ini mengusung sebuah simulasi kehidupan petani dengan berbagai fitur yang bisa kalian akses dengan bebas. Akan tetapi, bedanya dalam game Tour of Neverland ini kalian akan disuguhi dengan grafis yang sangat memanjakan mata.

Semua hal yang tampak dilayar benar - benar dipoles dengan halus, berpadu sempurna dengan grafis kartunisnya yang enak buat dilihat. Jadi nggak gampang bosen aja gitu waktu main.

Map-nya yang cukup luas juga menjadi daya tarik tersendiri, lengkap dengan berbagai kebebasan akses yang bisa kalian dapatkan seperti game simulasi pada umumnya. Pokoknya, buat kalian pecinta game simulasi tentang pertanian, Tour of Neverland ini sangat layak buat kalian coba mainkan.


4. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia

Mau merasakan gimana rasanya menjadi sopir bus? Semua rasa penasaran kalian itu akan terpuaskan dengan game Bus Simulator Indonesia.

Seperti namanya, dalam game ini kalian akan memerankan sebagai sopir bus yang setiap harinya harus berkeliling kota untuk mengatarkan penumpang agar mereka bisa selamat sampai ke tujuan.

Tidak hanya bertugas menyopir bus saja, dalam game ini kalian juga dapat mengkostumisasi bus sesuka kalian. Ada banyak sekali pilihan untuk memodifikasi agar bus kalian sangat identik jika dibandingkan dengan bus orang lain.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan lagi, kalian bahkan dapat melakukan konvoi bus dengan teman kalian secara online, biar bisa pamer gitu.

Sampai saat ini, Bus Simulator Indonesia setidaknya telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store dengan rating sebesar 4,3.


5. SimCity Build

SimCity Build

SimCity Build merupakan game simulasi membangun kota garapan Electronic Arts yang telah dirilis sejak 15 Desember 2014 lalu. Walaupun sekarang game ini bisa dikategorikan sebagai game lawas, namun popularitas yang didapatkannya seolah tidak pernah memudar sedikitpun.

Hal tersebut mungkin dikarenakan grafis dan penyajian gameplay-nya yang memang bisa diterima dengan mudah oleh banyak orang ketika baru pertama kali memainkannya. Saya contohnya, ketika baru pertama kali mencoba game ini, saya langsung terpukau dengan keindahan kota yang ada di dalamnya.

Sebagai sebuah game simulasi membangun kota, SimCity Build mampu memberikan kualitas yang diatas ekspektasi saya, grafisnya disajikan dengan sempurna, detail kotanya juga terlihat ramai, bahkan saat malam pun bangunannya akan dihiasi dengan kemerlap cahaya lampu yang indah. Semuanya terlihat seperti suasana kota modern di dunia nyata.

Gameplay yang dibawakan juga sangat mudah, kalian hanya perlu menyusun dan meng-upgrade bangunan untuk mengundang lebih banyak penduduk. Makin banyak penduduk yang senang, maka makin mudah bagi kalian untuk menambah bangunan lagi dengan lebih cepat.


6. Minecraft

Minecraft

Siapa sih yang nggak tau dengan game yang satu ini? Dari banyaknya game simulasi diluar sana, Minecraft memang menjadi yang terbaik di kelasnya.

Dalam game sandbox ini, kalian dibebaskan untuk melakukan apapun yang kalian suka, mulai dari membangun rumah, menjelajah dunianya yang luas, mengeksplor berbagai item tersembunyi di dalamnya, dan masih banyak hal menarik lain yang bisa kalian lakukan.

Banyaknya kebebasan yang bisa kalian peroleh dari game ini membuat Minecraft terlihat seperti sebuah dunia fantasy dimana kalian bisa dengan bebas melakukan apa pun di dalamnya, batasannya hanya ada di imajinasi dan kreativitas kalian. Apapun yang kalian imajinasikan, kalian bisa mendapatkannya di Minecraft.


7. Pot Bahagia

Pot Bahagia

Pot Bahagia menjadi game simulasi yang wajib bagi kalian yang ingin merasakan punya bisnis restoran makanan.

Yap, dalam game ini kalian ditugaskan untuk mengelola sebuah restoran China dengan berbagai makanan khas mereka. Untuk mengembangkan bisnis restoran tersebut, kalian dapat meracik menu makanan kalian sendiri untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Kalian juga dapat mengupgrade berbagai peralatan yang ada agar bisnis restoran tersebut dapat lebih bagus dan nyaman bagi para pelanggan. Untuk sebuah game simulasi tentang restoran, Pot Bahagia ini menjadi salah satu yang terbaik.


8. Cooking Fever

Cooking Fever

Masih di tema restoran, Cooking Fever menjadi game simulasi berikutnya yang wajib buat kalian mainkan.

Berbeda dengan game Pot Bahagia yang terfokus pada pengembangan bisnis restoran, dalam game Cooking Fever ini kalian lebih difokuskan dalam masak - memasak.

Layaknya seorang chef, kalian harus melayani setiap pelanggan yang datang. Semakin cepat pelayanan kalian, maka akan semakin banyak juga gold yang akan kalian dapatkan yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan peralatan dan bahan - bahan lainnya.

Walaupun sekilas terlihat mudah, game ini ternyata memiliki kesulitan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, cocok lah buat gamers seperti saya yang sangat suka dengan tantangan.
 

9. Hay Day

Hay Day

Bicara tentang game simulasi, tak lengkap rasanya jika saya tidak memasukkan game paling legendaris ini.

Dirilis pada tahun 2013, Hay Day merupakan game simulasi pertanian besutan Supercell yang di awal perilisannya sangat diminati oleh banyak orang. Saat itu, smartphone android belum sebanyak seperti sekarang, namun Supercell dengan berani merilis game Hay Day ini dan terbukti sukses besar di pasaran.

Mengusung sebuah simulasi bertani, Hay Day memiliki fitur yang dikenal ramah kepada para pemainnya. Berbagai fitur yang hadir sangat mudah dipelajari, sehingga player yang baru memainkannya pertama kali pun tidak merasa kesusahan sama sekali.

Minimnya micro transaction di dalamnya juga menjadi unsur positif dari game ini, karena mau tidak mau kalian harus mengembangkan bisnis pertanian dengan usaha kalian sendiri. Tentu saja hal tersebut membutuhkan waktu yang lama, mirip lah kayak main Clash of Clans, sama - sama harus sabar dan konsisten dalam memainkannya.


10. Top Eleven

Top Eleven

Top Eleven merupakan game simulasi yang sangat worth it dimainkan buat kalian pecinta olahraga sepak bola, khususnya buat yang pengen ngerasain jadi coach.

Yap, dalam game ini kalian akan memerankan seorang coach dalam sebuah tim sepak bola yang kalian bangun sendiri. Layaknya coach sepak bola di dunia nyata, kalian dapat melakukan transfer pemain, mendirikan akademi, menekan kontrak sponsor, membangun dan meningkatkan stadium, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang dapat kalian lakukan.

Di kelasnya sebagai game simulasi pelatih sepak bola, Top Eleven bisa dibilang menjadi salah satu game yang paling konsisten, sebab sampai sekarang berbagai update masih terus diberikan secara rutin oleh pihak developer.

Berbagai perbaikan dan pembaharuan fitur pun juga terus diupayakan untuk membuat pemainnya betah memainkan game ini dalam jangka waktu yang lama. Pada tahun 2022 lalu saja game ini memberikan fitur pertandingan 3D yang sekian lama dinantikan oleh para pemainnya.

Berbagai keunggulannya itulah yang membuat Top Eleven menjadi salah satu game simulasi pelatih sepak bola terbaik di platform mobile.

***

Itulah 10 Game Simulasi Terbaik Android yang bisa kalian coba mainkan. Dari sepuluh game diatas adakah game yang menjadi favorit kalian? Silahkan tulis jawaban kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "10 Game Simulasi Terbaik Android di Tahun 2023"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel