Top Eleven, Game Simulasi Manajer Sepakbola Terbaik Pada Masanya - Teh90blog

Top Eleven, Game Simulasi Manajer Sepakbola Terbaik Pada Masanya

Review Top Eleven

Top Eleven merupakan sebuah game simulasi manajer sepakbola yang di publish serta di developeri oleh Nordeus, dan telah dirilis pada 9 Mei 2010. Pada awalnya, Top Eleven hanya bisa dimainkan di beberapa platform media sosial, contohnya Facebook. Baru beberapa tahun setelahnya, game ini akhirnya dirilis di beberapa platform seperti Android dan IOS untuk mendapatkan market yang lebih besar.

Menurut saya sendiri, Top Eleven telah menjadi game yang sangat ikonik. Bagaimana tidak? Walaupun game ini sudah berusia 10 tahun lebih sejak waktu perilisan awalnya, namun berbagai perkembangan terus diupayakan oleh Nordeus, yang membuat Top Eleven masih dapat dimainkan oleh para player-nya, terlebih bagi para player lama yang pasti menyimpan banyak kenangan manis dalam game ini.

Top Eleven memang bukan satu - satunya game simulasi manajer sepakbola yang ada di platform android, namun game ini bisa dikategorikan sebagai game simulasi manajer sepakbola terbaik berkat berbagai konten barunya yang terus dihadirkan, membuat evolusinya begitu terlihat, mengingat game ini dulunya yang hanya memiliki grafis dan gameplay yang sangat minimalis, namun sekarang hampir semua kontennya sudah dipoles halus dengan grafis 3D.

Walaupun telah menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan, akankah Top Eleven dapat bersaing dengan game manajer sepakbola lainnya? Faktor apa saja yang membuat game ini layak buat kalian mainkan? Untuk mengetahui berbagai jawabannya, mari langsung saja simak ulasannya berikut:


A. FITUR GAME

1. Animasi Pertandingan 3D

Animasi Pertandingan 3D Top Eleven

Fitur pertama yang saya ulas, sekaligus menjadi fitur yang paling hype di tahun ini adalah animasi pertandingan 3D. Saya sudah lupa sejak kapan para player Top Eleven telah meminta animasi pertandingan 3D kepada Nordeus, mungkin sejak bertahun - tahun yang lalu, dan akhirnya baru di tahun 2022 ini fitur animasi pertandingan 3D resmi dirilis secara official.

Fitur animasi pertandingan 3D ini menampilkan pergerakan dari setiap pemain secara lebih realistis, setiap gerakan serangan dan pertahanan tim kalian akan terlihat jelas di lapangan, sehingga membuat pengalaman bermain ketika menonton pertandingan secara live akan terasa lebih menegangkan.

Fitur ini masih tergolong baru, karena baru saja dirilis pada tanggal 27 Maret lalu, sehingga tentu masih terdapat beberapa kekurangan yang terlihat, seperti kurangnya atmosfer teriakan dari penonton, animasi gol yang masih sangat sepi karena tidak diiringi dengan sound effect yang meriah, serta tidak adanya suara komentator yang tampak selama pertandingan berlangsung.

Walaupun masih memiliki berbagai kekurangan, namun hal tersebut tak menutup fakta bahwa kini Top Eleven telah berhasil membuat perkembangan yang sangat masif dengan rilisnya fitur animasi pertandingan 3D ini. Sedikit saran saja kepada Nordeus ke depannya agar terus memberikan update - update untuk mengoptimalkan dan memperbaiki semua fitur yang ada supaya semua kekurangan yang terlihat sekarang dapat segera diperbaiki.


2. Gaya Bermain Khusus

Gaya Bermain Khusus Top Eleven

Dulu setiap pemain hanya dilengkapi dengan keahlian khusus yang akan muncul secara random di waktu pertandingan berlangsung. Nah, masih dengan konsep yang mirip dengan keahlian khusus tersebut, kini ada fitur "Gaya Bermain Khusus" yang hadir untuk lebih memfokuskan tipe bermain dari setiap pemain kalian. 

Gaya Bermain Khusus ini memiliki 3 tipe, yaitu penyerang, gelandang, dan bek dengan setiap tipenya memiliki 4 kali peningkatan. Poin peningkatannya dapat diperoleh dengan mengikuti pertandingan, menyelesaikan latihan, ataupun mendapatkannya dari event "Tembakan Dahsyat - Tembakan Berkobar" yang secara rutin hadir di tiap musimnya.

Fitur ini dapat dibilang sangat efektif, sebab pemain kalian akan memiliki semacam peningkatan khusus yang nantinya dapat muncul selama pertandingan berlangsung. Jika peningkatannya tersebut aktif di saat yang tepat, besar peluang tim kalian untuk mencetak gol dengan sangat mudah.

Akan tetapi, sayangnya Gaya Bermain Khusus ini tidak dapat kalian aktifkan dengan sendirinya, melainkan kalian harus mencari pemain yang memang memiliki kemungkinan untuk mengaktifkan Gaya Bermain Khusus ini. Selain itu, poin peningkatan yang dibutuhkan juga sangat sulit untuk diperoleh, yang pada akhirnya membuat kalian harus melakukan micro transaction di toko.


3. Asosiasi

Asosiasi

Asosiasi merupakan satu - satunya fitur yang dibekali dengan kolom chat, sehingga kalian dapat berinteraksi dengan player lainnya di dalam game. Asosiasi juga menampilkan sebuah kompetisi yang akan hadir di setiap minggunya, dengan mewajibkan kalian untuk bertanding melawan asosiasi lain demi memperoleh hadiah token yang tentu sangat kalian butuhkan untuk mengikuti lelang pemain.

Setiap pertandingan yang dimenangkan di kompetisi asosiasi ini akan mendapatkan poin ASB, dan poin tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan divisi asosiasi. Semakin tinggi divisi yang kalian capai, maka makin besar juga hadiah yang dapat diperoleh dari tiap kompetisinya. Oleh karena itu, saran saya sebisa mungkin gabung ke asosiasi yang membernya sebagian besar aktif untuk dapat memenangkan kompetisi dengan mudah serta dapat mencapai divisi yang tinggi untuk mendapatkan banyak token secara gratis.

Selain melakukan kompetisi, kalian juga dapat menyelesaikan berbagai event khusus yang hanya hadir untuk para member asosiasi. Jadi, setidaknya pastikan kalian sudah gabung ke asosiasi dari sekarang agar dapat mengikuti berbagai event eksklusif tersebut.


4. Season Pass

Season Pass

Tak lengkap rasanya jika sebuah game online tak memiliki fitur Season Pass di dalamnya. Selain buat menyenangkan para player sultan, fitur season pass juga sudah terbukti menjadi salah satu solusi paling efektif untuk mendapatkan income tambahan bagi pihak developer, mayan lah kan bisa dapat cuan dengan lebih gampang. Season Pass dalam game Top Eleven ini dibanderol dengan harga Rp66.000.

Sama seperti fitur season pass yang ada di dalam game lainnya, kalian hanya diharuskan untuk menyelesaikan setiap quest yang tersedia untuk meningkatkan level, dan hadiah akan menanti kalian di setiap level yang sudah berhasil dilewati. Buat yang sudah beli Season Pass, nanti akan ada quest tambahan dan hadiah yang ditawarkan juga pastinya lebih menarik jika dibandingkan dengan versi gratisannya.

Namun, buat para player gratisan jangan bersedih dulu, karena hadiah yang ditawarkan untuk kalian juga tidak main - main. Terdapat berbagai hadiah menarik seperti token, kaos, peningkat akademi, peningkat mental, dan masih banyak hadiah lainnya yang tentunya dapat kalian klaim secara gratis di tiap levelnya.


5. Pola Lapangan

Pola Lapangan

Tak seperti Top Eleven yang dulu, sekarang kalian dapat memodifikasi pola lapangan dengan berbagai motif yang sudah disediakan. Motif pola lapangan ini dapat kalian peroleh dari Season Pass setiap bulannya, ataupun dari hasil upgrade lapangan di stadion kalian.

Sebenarnya, fitur ini tidak memiliki efek tambahan apapun. Saya bahkan sempat menganggap fitur ini tidak ada kegunaannya sama sekali sebelum adanya fitur animasi pertandingan 3D, selain hanya sekadar aksesoris tambahan selama pertandingan berlangsung.

Akan tetapi, semenjak fitur animasi pertandingan 3D dirilis, fitur pola lapangan ini juga berhasil dihadirkan dengan lebih baik, sehingga setiap pertandingannya dapat memunculkan atmosfer yang berbeda hanya karena tampilan pola lapangan yang digunakan.


B. GAMEPLAY

Sebagai seorang manajer klub sepakbola, kalian diwajibkan untuk mengurus seluruh kepentingan klub, mulai dari latihan, transfer dan lelang pemain, mengatur mentalitas, mengatur kondisi, strategi, pola bermain, dan masih banyak hal lainnya.

Khususnya dalam hal strategi, di game ini kalian akan dibebaskan untuk mengatur setiap posisi dari pemain sesuka hati, entah itu mau formasinya kayak gimana pun semuanya diperbolehkan asalkan kombinasi posisinya masih masuk akal, nggak mungkin juga kan kalian main bola isinya satu tim kiper semua.

Tak sampai disitu juga, kalian sebagai seorang manajer juga harus dapat memanajemen sponsor dan tiket pertandingan untuk mendapatkan income tambahan bagi klub.

Top Eleven memang memberikan kebebasan bagi kalian selayaknya seorang manajer dalam mengembangkan sebuah klub. Maka dari itu, sebisa mungkin maksimalkan semua potensi yang tersedia agar klub yang kalian miliki dapat menjuarai berbagai kejuaraan, seperti liga, liga champions, dan cup. Kalo bisa sih dapetin semua pialanya dalam satu musim, kalo saya sih sampai sekarang belum bisa :v


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Memiliki animasi pertandingan 3D.
  2. Berhasil menghadirkan pengalaman menjadi seorang manajer sepakbola yang cukup realistis.
  3. Memiliki berbagai event menarik yang hadir secara rutin.
  4. Tidak menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan.
  5. Grafis yang ditampilkan cukup memukau.

Kelemahan

  1. Pemulihan stamina sangat lama.
  2. Cukup sulit untuk mendapatkan token.
  3. Memiliki beberapa fitur yang ujungnya memaksa player untuk melakukan micro transaction.
  4. Tidak memiliki chat global.
  5. Tidak bisa replay pertandingan.


Sebagai kesimpulannya, Top Eleven merupakan game simulasi manajer sepakbola yang sangat worth it buat kalian mainkan, karena game ini masih terus mengalami perkembangan dan mungkin kedepannya game ini bakal nampilin berbagai konten yang lebih inovatif lagi, siapa tahu kan bisa booming lagi seperti pada saat awal perilisannya.

Sebagai game simulasi manajer sepakbola, Top Eleven bisa dibilang cukup berhasil dalam menampilkan setiap unsur - unsur seperti yang selayaknya dilakukan oleh seorang manajer sepakbola, seperti menyusun strategi, melakukan transfer pemain, dll. Semua hal itu telah ditampilkan dengan cukup baik, walaupun kedepannya masih bisa ditingkatkan lagi.

Untuk sekelas game simulasi manajer sepakbola, bagi saya Top Eleven masih menjadi game yang paling ikonik dan memorable yang pernah saya mainkan. So, buat kalian para pecinta sepakbola, game ini pastinya sangat saya rekomendasikan buat kalian coba.

***

Sekian pembahasan dari saya terkait review game Top Eleven. Apabila ada tambahan dari kalian silahkan langsung saja tulis di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Top Eleven, Game Simulasi Manajer Sepakbola Terbaik Pada Masanya"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel