Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Berasuransi - Teh90blog

Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Berasuransi

Pentingnya Melek Asuransi

Di zaman modern ini, semua hal yang kita lakukan memiliki resiko yang sangat tinggi, baik itu dalam hal pekerjaan, kesehatan, maupun karir. Meningkatnya pola hidup manusia yang dibarengi dengan kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor utama mengapa setiap orang sekarang harus mengenal mengenai apa itu yang dinamakan dengan manajemen resiko.

Manajemen resiko merupakan sebuah tindakan manusia mengenai bagaimana cara mengatasi kejadian yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Contohnya seperti kecelakaan, terkena PHK, terserang penyakit, dll.

Berbagai hal tersebut tentu tidak dapat diprediksi kapan datangnya, namun anda bisa mengantisipasinya dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan asuransi.

Asuransi ini merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yang dapat anda persiapkan untuk mengatasi berbagai kejadian yang tak diinginkan seperti contoh diatas. Namun mirisnya, saat ini ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang kurang begitu paham mengenai asuransi sehingga mereka enggan untuk menggunakannya. 

Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan selengkap - lengkapnya mengenai asuransi agar anda dapat mengetahui dengan lebih dalam seberapa pentingnya asuransi bagi hidup anda.

Oke, tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja kita masuk dalam pembahasannya.


A. Pengertian Asuransi

Pengertian Asuransi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai asuransi, ada baiknya anda mengetahui arti dari asuransi itu sendiri.

Asuransi merupakan sebuah bentuk perlindungan finansial anda dari resiko yang mungkin datang di masa depan. 

Contohnya saja seperti asuransi kendaraan yang bertugas melindungi kendaraan anda saat terjadi kecelakaan. Jika pada suatu hari anda mengalami kecelakaan dengan kendaraan yang anda asuransikan, maka pihak asuransi berhak menanggung semua biaya kerusakan kendaraan tersebut selama total nominalnya masih sesuai dengan besarnya polis yang disepakati sebelumnya.

Anggap saja nominal yang anda sepakati besarnya 10 juta, selama biaya kerusakan kendaraan anda berada di bawah 10 juta, maka pihak asuransi berhak menanggung semua biaya kerusakan tersebut.

Jadi, dapat dikatakan bahwa asuransi ini merupakan sebuah bentuk perlindungan aset anda untuk meminimalisir tingkat resiko yang mungkin akan dihadapi. 

Hal tersebut tentu sangat berguna di zaman modern ini, sebab setiap hal yang kita lakukan pasti memiliki resiko yang beragam sehingga ada baiknya untuk mengantisipasinya terlebih dahulu dengan asuransi keadaan finansialnya lebih terjamin.


B. Perbedaan Asuransi dengan Investasi

Asuransi/Investasi

Entah karena kurangnya literasi baca atau faktor lainnya, faktanya banyak dari masyarakat Indonesia saat ini yang terkadang masih tidak dapat bisa membedakan antara Asuransi dengan Investasi. Akibatnya, banyak sekali orang yang merasa tertipu karena setelah mereka bergabung dalam asuransi asetnya tidak berkembang sedikitpun dan sama sekali tidak memperoleh keuntungan.

Persepsi semacam itulah yang harus segera dibenahi, karena sebenarnya Asuransi itu sifatnya adalah "melindungi", bukan "mengembangkan" aset yang anda miliki. Asuransi ini hanya semacam bentuk perlindungan, tidak digunakan untuk memperoleh keuntungan dalam bentuk finansial. Jika anda sedari awal memang ingin mendapatkan keuntungan finansial, maka bergabunglah ke dalam sebuah investasi, karena investasi bertujuan untuk meningkatkan keuntungan aset anda.

Lain halnya dengan asuransi, asuransi ini hanya sebagai langkah proteksi untuk melindungi aset anda yang paling berharga dari berbagai resiko yang mungkin akan datang.

Misalnya saja anda memiliki sebuah aset berupa sebuah pabrik. Jika anda berniat untuk melindungi pabrik itu ketika terjadi bencana gempa maupun banjir, maka langkah yang paling tepat adalah masukkan pabrik tersebut ke dalam asuransi, sebab nanti semua kerusakan yang terjadi ketika terkena bencana semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Akan tetapi, jika anda sejak awal memang berniat untuk mengembangkan pabrik tersebut agar memperoleh keuntungan yang lebih besar, maka investasikan saja pabrik anda tersebut, karena jika investasi anda berjalan dengan benar, maka keuntungan yang besar dapat anda peroleh dengan mudah.

Pada intinya, asuransi dan investasi merupakan 2 hal yang sangat berbeda. Asuransi bertugas melindungi, sedangkan investasi bertugas untuk mengembangkan aset anda untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk finansial.


C. Manfaat Asuransi

Manfaat Asuransi

Secara umum, asuransi memiliki beberapa manfaat, yaitu:

1. Mengurangi resiko finansial

Asuransi dapat mengurangi resiko finansial yang anda hadapi. Dengan memiliki asuransi, maka resiko finansial yang akan anda alami akan dibebankan kepada pihak asuransi. Contohnya seperti asuransi kesehatan, pihak asuransi akan bertanggung jawab untuk membiayai semua pengobatan selama sakit sehingga keadaan finansial anda tidak terlalu terbebani.

Namun, harus anda tahu juga bahwa terdapat beberapa syarat pengecualian yang menyebabkan anda tidak dapat menerima bantuan dari pihak asuransi. Contohnya dengan asuransi kesehatan, pihak asuransi biasanya mengecualikan biaya - biaya tertentu, seperti biaya perawatan kecantikan atau perawatan wajah. Oleh karena itu, pastikan baca terlebih dahulu buku polis anda agar tidak terjadi miskomunikasi dengan pihak asuransi.

2. Meminimalisir kerugian

Asuransi dapat meminimalisir kerugian, sebab semua beban yang sedang anda terima dapat dialihkan ke pihak asuransi. Dengan begitu, maka anda tidak perlu mencari pinjaman ataupun mengambil tabungan karena semuanya sudah diatasi oleh pihak asuransi. Sangat menguntungkan, bukan?


D. Jenis Asuransi

Jenis - Jenis Asuransi

Asuransi memiliki banyak sekali jenis, dan setiap jenisnya memiliki keuntungannya sendiri - sendiri. Dalam postingan ini, saya setidaknya akan membahas 5 jenis asuransi yang paling umum digunakan.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang paling umum dijumpai. Asuransi jiwa ini memiliki manfaat untuk melindungi finansial keluarga anda dari ancaman resiko kematian.

Asuransi jiwa sangat bermanfaat bagi para pekerja yang memiliki resiko tinggi, apalagi jika anda merupakan satu satunya tulang punggung keluarga. 

Perlu diingat juga bahwa asuransi jiwa ini hanya berlaku jika sebab kematiannya seperti kecelakaan, dibunuh, ataupun meninggal karena penyakit. Sebab kematian yang tidak wajar seperti bunuh diri biasanya tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sangat bermanfaat untuk mengantisipasi biaya pengobatan selama anda sakit. Dengan adanya asuransi kesehatan ini, biaya perawatan anda selama di Rumah Sakit seperti biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Akan tetapi, untuk melakukan asuransi kesehatan badan anda harus dipastikan sehat terlebih dahulu, karena jika sudah sakit duluan, maka asuransi kesehatan tidak akan disetujui.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan bertugas untuk melindungi kendaraaan anda jika terjadi kerusakan seperti kecelakaan, pencurian, pembobolan, dll. 

Asuransi kendaraan ini sangat bagus anda ambil untuk mengurangi tingkat kerugian saat mengalami kecelakaan, karena semua kerusakan kendaraan akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Asuransi Perusahaan

Ketika memiliki sebuah perusahaan, maka segala resiko kerugian dapat terjadi kapan saja sebab itu semua terkadang berada di luar perencanaan. Maka dari itu, untuk melindungi kerugian perusahaan dari segala resiko yang akan datang, maka asuransi ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Asuransi perusahaan ini terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain: asuransi karyawan, properti, proyek, dan kargo. Semua bagiannya memiliki fungsinya sendiri - sendiri sehingga anda harus pintar memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

5. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan bertugas untuk melindungi anda selama bepergian ke berbagai tempat. Beberapa resiko selama perjalanan yang dapat ditanggung oleh pihak asuransi meliputi:
  • Pembatalan perjalanan
  • Keterlambatan bagasi
  • Resiko kecelakaan selama perjalanan
  • atau unsur lainnya yang merugikan selama perjalanan


E. Hal yang Harus Diperhatikan dalam Asuransi

Yang harus diperhatikan dalam asuransi

1. Baca dan Pahami Polis Asuransi

Seluruh kontrak perjanjian dengan pihak asuransi, baik itu asuransi jiwa, kesehatan, dll, disebut dengan polis asuransi. 

Dalam kata lain, polis asuransi ini memuat isi kesepakatan antara pihak asuransi dalam menanggung beban dari pihak tertanggung dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan yang telah disepakati.

Polis juga memuat mengenai perincian hak dan kewajiban penyedia asuransi, pemegang polis, serta jangkauan manfaat asuransi yang diberikan. Seluruh hal hal yang dapat menyebabkan pengecualian proteksi juga akan dijelaskan dalam polis asuransi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin pahami terlebih dahulu seluruh isi dari polis asuransi untuk mengurangi adanya kesalahpahaman dengan pihak asuransi. 

Selain itu, polis asuransi termasuk dokumen penting yang harus anda jaga baik - baik. Simpan polis asuransi di tempat yang paling aman untuk menghindari kendala saat hendak mengklaim Asuransi.

2. Pilih Premi Sesuai Kebutuhan

Premi merupakan biaya yang harus anda keluarkan secara rutin setiap bulannya sebagai kewajiban pihak tertanggung terhadap pihak asuransi. Besarnya premi ditentukan oleh pihak asuransi berdasarkan manfaat yang diperoleh setiap nasabah.

Dikarenakan besaran premi ini berbeda - beda tergantung manfaat yang diperolehnya, maka penting bagi anda untuk menentukan dahulu manfaat apa yang ingin anda ambil dalam sebuah asuransi, lalu setelah itu baru pilih besaran premi yang sesuai.

Sebisa mungkin ambil premi yang tidak terlalu membebankan kondisi ekonomi anda, karena seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa premi ini harus dibayarkan setiap bulan secara rutin sebagai sebuah kewajiban.

3. Pahami Cara Klaim Asuransi

Banyak orang yang mengeluh kepada pihak asuransi bahwa terkadang klaim asuransi yang seharusnya diberikan kepada mereka tidak kunjung dibayarkan, banyak juga yang kemudian melakukan protes atas hal tersebut karena merasa tertipu dll. 

Nah, untuk mengantisipasi itu, setiap nasabah harus paham terlebih dahulu tentang bagaimana cara mudah dalam melakukan klaim asuransi. Berbagai cara tersebut antara lain:

  • Tidak terlambat membayar premi

Sebelum melakukan klaim, pastikan dahulu bahwa anda tidak pernah mengalami keterlambatan dalam membayar premi. Hal ini sangat penting karena premi asuransi sangat erat hubungannya dengan polis, sehingga jika anda telat membayarnya atau mengalami penunggakan, maka anda tidak akan memperoleh klaim asuransi.

  • Cek Masa Tunggu

Masa tunggu klaim asuransi seringkali dijumpai dalam asuransi kesehatan. Beberapa penyakit tertantu biasanya memiliki masa tunggu mulai dari 1 bulan, 6 bulan, bahkan sampai 1 tahun. Oleh karena itu, pastikan cek dulu dalam polis apakah ada masa tunggu dalam melakukan klaim asuransi atau tidak, karena jika anda melakukan klaim selama periode masa tunggu tersbeut, maka klaim tersebut tidak bisa dibayarkan.

  • Pahami Produk yang Anda Ambil

Banyak orang yang sudah membayar premi secara rutin namun masih belum paham mengenai produk yang diambil. 

Contohnya saja jika anda mengambil asuransi kendaraan, maka ketika mengalami kecelakaan pihak asuransi hanya akan menanggung biaya perbaikan kendaraaan saja, tidak dengan biaya pengobatan anda.

  • Harus Jujur

Selama mengisi form seperti riwayat kesehatan dalam asuransi kesehatan, maka anda harus berikan secara jujur. Sebisa mungkin ceritakan semua riwayat kesehatan anda dengan lengkap karena nanti pihak asuransi juga akan melakukan investigasi terhadap riwayat kesehatan tersebut.

Lalu, apa akibatnya jika tidak jujur?
Resiko yang paling besar jika anda tidak jujur adalah penolakan saat akan melakukan klaim asuransi. Pihak asuransi biasanya akan menolak melakukan klaim bagi nasabah yang tidak secara terang terangan memberikan riwayat penyakit mereka. 

Maka dari itu, wajib bagi anda untuk jujur kepada pihak asuransi terkait riwayat anda agar klaim asuransi bisa didapatkan dengan lancar.

Blog competition Lifepal

Bagaimana cara mendapatkan asuransi?

Nah, bagi anda yang sekarang sudah mulai tertarik untuk mulai melakukan asuransi, saya sarankan untuk bergabung dalam agen asuransi online yang terpercaya seperti asuransi Lifepal, karena prosesnya tergolong mudah dengan biaya premi yang dapat disesuaikan dengan kondisi ekonomi anda. 

Cukup menyantumkan nama lengkap, nomor telepon, serta tipe asuransi yang diinginkan, anda sudah dapat bergabung dengan #asuransilifepal yang dilengkapi dengan berbagai benefit.

***

Dari berbagai pembahasan diatas, saya berharap postingan ini dapat mengurangi kesalahpahaman informasi terkait asuransi di luar sana, serta dapat meningkatkan pemahaman anda sebagai pembaca terkait asuransi. 

Jika ada yang masih ingin ditanyakan silahkan tulis saja pertanyaan kalian di kolom komentar.

Terima kasih.

1 Response to "Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Berasuransi"

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel