100 Tips Bermain Game Clash Of Clans - Teh90blog

100 Tips Bermain Game Clash Of Clans

Hai clasher!
Pada postingan kali ini saya mau bahas game kesukaan kalian, yaitu Clash Of Clans!

Clash Of Clans adalah game strategi buatan Supercell yang telah rilis sejak 8 tahun yang lalu, kalo nggak salah :v Banyak orang bilang ini game udah jadul, tapi menurut gw game ini fine fine aja, emang sih gameplaynya kagak berubah, tapi tiap tahun Supercell selalu munculin berbagai fitur yang bikin CoC terus mengalami perkembangan. Mungkin orang yang bilang game ini jadul ya karena mereka kagak bisa main :v

Oleh karena itu, kali ini gw akan bahas 100 tips yang dapat kalian lakukan ketika bermain CoC. Mayan lah biar skill kalian nambah juga, biar kalian nggak cupu lagi saat main CoC, nggak stuck dapet bintang 2 mulu saat war (padahal yg nulis postingan ini juga dapet bintang 2 trs waktu war) :v

Oke sampai disitu aja basa-basinya, langsung aja simak tipsnya berikut:

1. Jika kalian hobi mengoleksi benda dekorasi yang ada di desa kalian, maka jangan hancurkan batu yang ada di desa kalian, sebab batu tersebut tidak akan muncul kembali setelah dihancurkan.
 
2. Damage dari spell gempa bumi akan semakin berkurang jika mengenai target yang sama. Damage spell gempa bumi yang kedua hanya akan memberikan 1/3 dari damage asli, 1/5 damage pada spell ketiga, dan begitu seterusnya. Semakin banyak spell gempa bumi yang kalian taruh pada target yang sama, maka akan semakin kecil damage yang akan dihasilkan.
 
3. Walaupun hanya memberikan damage yang kecil pada bangunan, spell gempa bumi masih cukup kuat untuk menghancurkan tembok. Tidak ada tembok yang kuat menahan damage dari 4 spell gempa bumi.
 
4. Prioritaskan untuk meningkatkan hero terlebih dahulu, sebab kemampuan yang dimiliki oleh hero sangat overpower sehingga dapat mengubah keadaan saat pertempuran. Semakin tinggi level hero, semakin mudah melakukan funneling.
 
5. Sembari meningkatkan hero kalian, prioritaskan peningkatan lainnya untuk meningkatkan pasukan daripada defense.
 
6. Eagle Artillery level 1 dan 2 hanya akan aktif jika kalian telah mengeluarkan 180 kapasitas troops, serta 200 kapasitas troops bagi eagle artillery level 3 dan 4.
 
7. Jangan panik ketika serangan kalian tidak sesuai rencana. Sebisa mungkin ubah pola pikir kalian, lalu prioritaskan untuk mendapatkan setidaknya 2 bintang saja.
 
8. Jika kalian menggunakan strategi Queen Charge, pastikan healer kalian tidak terkena air defense di awal serangan.
 
9. Untuk Town Hall 8 ke bawah, Builder Potion dan Research Potion adalah 2 ramuan yang wajib kalian beli dengan Clan War League medal.
 
10. Jangan lupa untuk mengubah nama dari setiap strategi serangan kalian di menu latih cepat. Misal: LavaLoon untuk strategi Lava Baloon, GoWiPe untuk strategi Golem Wizard Pekka, dll. 

11.
Kalian dapat mengubah friendly army di menu pengaturan. Friendly army merupakan pasukan yang kalian butuhkan untuk melakukan friendly challenge. Pasukan ini dapat kalian gunakan kapanpun tanpa harus melatihnya terlebih dahulu. Cara mengaturnya yaitu klik menu pengaturan, lalu pilih menu more setting, selanjutnya klik edit friendly army.
 

12.
Pertimbangkan level Archer Queen serta kerasnya base musuh lawan ketika kalian menggunakan strategi Queen Walk atau Queen Charge.
 
13. Kunci keberhasilan saat menggunakan spell adalah sabar. Sebisa mungkin jangan terburu-buru saat akan menaruh spell, sebab hidup matinya serangan kalian bergantung pada spell yang kalian taruh. Hindari spam spell yang telalu berlebihan untuk mendapatkan nilai lebih ketika melakukan serangan.
 
14. Semakin rendah level Archer Queen kalian, maka waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan base lawan akan semakin lama. Kemungkinan besarnya kalian akan sering kekurangan waktu ketika menyerang.
 
15. Untuk Town Hall 7 ke atas, sulit rasanya mendapatkan 3 bintang ketika melakukan serangan tanpa adanya hero. Oleh karena itu, jika kalian tidak memiliki hero, maka prioritaskan serangan untuk mendapatkan 1 bintang saja sembari merampas loot sebanyak-banyaknya.
 
16. Ketika kalian memperoleh lawan yang susah saat Clan War League, sebisa mungkin tetap lakukan serangan walaupun hanya mendapatkan 1 atau 2 bintang saja.
 
17. Waktu terbaik untuk mendapatkan loot yang banyak adalah ketika season bank telah berakhir (Tiap akhir bulan). Dalam kurun waktu tersebut, banyak player yang mendapatkan resource tambahan dari bank season, sehingga peluang kalian untuk mendapatkan banyak loot akan semakin besar.
 
18. Ketika akan melakukan upgrade dengan elixir atau dark elixir, pastikan untuk memasak troops terlebih dahulu agar kalian dapat dengan segera melakukan farming.
 
19. Clan dengan anggota sedikit namun aktif akan lebih efektif daripada clan dengan banyak anggota, namun pasif. Hal ini akan sangat berpengaruh saat permainan clan dimulai.
 
20. Jangan taruh dekorasi di tengah base, sebab hal itu membantu musuh untuk mengetahui bahwa area tersebut aman dari traps dan giant bomb.
 
21. Selalu ambil Loot Cart yang ada ketika kalian login ke dalam game.
 
22. Setelah selesai melakukan upgrade Town Hall, bonus boost yang didapatkan akan berefek juga ke Builder Base.
 
23. Beberapa defense (Inferno, X Bow, Eagle Artillery) dapat kehabisan ammo dan akan otomatis diisi ulang ketika kalian login ke dalam game.
 

24.
Jika kalian baru mulai bermain Clash Of Clans dari awal, utamakan untuk upgrade gold mine dan elixir collector untuk mendapatkan keuntungan yg cepat.
 
25. Ketika farming, pastikan untuk memasak 2 pasukan sekaligus untuk meringkas waktu.
 
26. Ketika akan offline selama beberapa hari, pindahkan semua gold mine dan elixir collector ke dalam base agar kalian tidak kehilangan banyak resource.
 
27. Jika kalian ingin top up dalam game Clash Of Clans, gunakan uangmu untuk membeli Gold Pass, karena keuntungan yang kalian peroleh jauh lebih besar daripada pilihan top up lainnya yang ada di toko.
 
28. Lightning spell dan freeze spell dapat mereset damage dari inferno single target, pastikan gunakan pada waktu yang tepat.
 
29. Jika kalian sedang mendukung kreator kalian dengan menggunakan kode, maka keuntungan top up yang kalian lakukan di dalam game Clash Of Clans akan dibagi antara pihak Supercell dengan kreator yang kalian dukung. Dengan adanya fitur ini, secara otomatis kalian sebagai clasher akan mambantu kreator yang kalian dukung untuk terus membuat konten dan membantu pengembangan mereka.
 
30. Selalu tentukan apa saja yang akan kalian upgrade sebelum tukang kalian nganggur. Ini akan membuat desa kalian lebih berkembang dengan cepat.
 
31. Barch dan Goblin adalah troops yang murah, namun dapat menghasilkan banyak resource ketika farming. Kedua troops tersebut akan sangat efektif untuk melawan base yang sudah mati.
 
32. Usahakan untuk meraih 4000 poin ketika ikut permainan clan. Dengan poin tersebut, kalian akan mendapatkan hadiah ekstra saat permainan clan berakhir.
 
33. Lakukan farming dengan troops yang sedang di diskon. Ini akan membantu perolehan resource kalian dengan cepat.
 
34. Gunakan META saat war. Ini akan sangat membantu meningkatkan pola permainan kalian. Untuk mengetahui berbagai META yang ada dalam Clash Of Clans, kalian dapat melihat beberapa pertarungan yang ada di kejuaraan internasional Clash Of Clans. Semuanya videonya lengkap tersedia di channel Youtube Clash Of Clans.
 
35. 1 Sneaky Goblin dapat menghancurkan beberapa collector. Bahkan, hanya dengan 2 Sneaky Goblin kalian sudah dapat menghacurkan 1 storage musuh asalkan penempatannya tepat.
 
36. Gunakan wall breaker untuk mengecek apakah ada bomb, giant bomb, ataupun spring trap yang ditaruh di luar base.
 
37. Pastikan troops clan castle kalian sebelum offline. Hal tersebut dapat membantu base kalian ketika diserang.
 
38. Selalu sediakan beberapa troops kecil untuk melakukan clean up (archer, minion, barbarian). Cara ini digunakan agar tidak kehabisan waktu saat menyerang.
 
39. Kalian bisa mengetahui kapan elektro dragon menyerang hanya dengan melihat cahaya dari sisik belakangnya.
 
40. Tekan dan tahan logo Clan Castle Troops saat menyerang. Secara otomatis semua troops yang ada dalam logo tersebut akan terlihat.
 
41. Giga Tesla dan Giga Inferno akan aktif dengan sendirinya ketika base yang kalian serang telah 51% rusak.
 
42. Funneling adalah langkah yang paling krusial saat melakukan serangan. Sebisa mungkin segera kuasai cara funneling agar kalian dapat dengan mudah mendapatkan 3 bintang.
 
43. Legend League merupakan tempat yang bagus untuk farming, karena kalian tidak akan kehilangan resource selama kalian mendapatkan 1 bintang pada tiap serangan.
 
44. Jika kalian memiliki akun smurf, prioritaskan untuk melakukan upgrade pada Tesla dan Trap, karena hal tersebut dapat mengecoh lawan. Banyak lawan yang akhirnya ingin menyerang base kalian karena kelihatannya mudah diratakan, dan akhirnya kebanyakan dari mereka malah hanya mendapatkan 2 bintang saja.
 
45. Temukan strategi base pada semua level TH dengan mengunjungi Clash Champ Website.
 
46. Wizard Tower tidak dapat menyerang troops darat dan udara di secara bersamaan.
 
47. KESABARAN ADALAH HAL YANG PALING PENTING DALAM GAME CLASH OF CLANS.
 
48. Air Sweeper adalah defense yang bagus untuk melakukan counter serangan Elektro Dragon.
 
49. Elektro Dragon dapat menghancurkan Air Defense dengan mudah tanpa terkena serangannya sedikitpun jika kalian menaruhnya dengan benar.
 
50. Troops akan mengidentifikasi 3 bangunan terdekat saat mereka akan menyerang. Hal ini dapat membantu kalian untuk menentukan arah serangan.
 
51. Gunakan pasukan udara untuk menyerang pertahanan darat yang ada di luar base. Ini akan memudahkan kalian untuk melakukan funneling tanpa harus menghabiskan banyak troops.
 
52. Gunakan beberapa Ballon saat funneling untuk mengecek apakah terdapat air bomb ataupun seeking air mine ketika kalian menggunakan strategi Queen Walk.
 
53. Jangan bertahan di clan jika kalian merupakan player terbaik di clan tersebut. Selalu cari clan yang lebih tinggi lagi untuk mengasah kemampuan kalian.
 
54. Selalu perhatikan apakah Grand Warden kalian di darat (berjalan) atau di udara (terbang) saat akan menyerang. Saya bahkan sering mengalami kesalahan ini saat menyerang dan alhasil Grand Warden akan mati duluan :v
 
55. Lightning spell dapat menghancurkan lebih dari 6 bangunan jika diletakkan dengan tepat.
 
56. Maksimalkan penempatan lightning spell dengan menonaktifkan getaran di pengaturan game.
 
57.  Taruh Air Defense diluar jangkauan Scattershot untuk mengatasi strategi serangan udara.
 
58. Gunakan freeze spell untuk melakukan freeze lebih dari 2 defense. Jangan berfokus untuk melakukan freeze pada satu defense saja.
 
59. Selalu amati barang yang ada di trader setiap harinya, sebab seringkali terdapat barang yang bisa kalian dapatkan secara gratis.
 
60. Kalian dapat membuat kreasi dengan rumput yang ada di desa malam, sebab rumput tersebut hanya akan muncul di dekat patung Barbarian.
 
61. Saat war, kalian dapat mengecek clan castle musuh terlebih dahulu. Apakah di dalam clan castle tersebut terdapat troops atau tidak.
 
62. Kombinasi ability Grand Warden dengan rage spell dapat menciptakan kerusakan yang maksimal.
 
63. Jangan upgrade semua hero kalian saat Clan War League berlangsung.
 

64.
Taruh Spread Damage Defense (Wizard tower) di tempat yang berbeda, jangan dikumpulkan dalam satu tempat.
 
65. Dark Elixir Drill yang kelihatan penuh setidaknya sudah memiliki dark elixir sebanyak 60% dari kapasitasnya.
 
66. Skeleton spell tidak akan membuat CC troops keluar. Jadi, sebaiknya gunakan spell ini ketika CC musuh berada di luar base.
 
67. Siege Machine yang menargetkan Town Hall masih akan menargetkan Town Hall walaupun Town Hall tersebut telah hancur.
 
68. Poison spell dapat memperlambat serangan hero, sama seperti kemampuan yang dimiliki oleh Headhunter.
 
69. Ice Golem adalah troops yang paling efektif untuk mendukung hero agar terhindar dari serangan.
 
70. Gunakan Clock Tower Boost untuk menghilangkan obstacle di Builder Base dengan cepat.
 
71. Ketika menggunakan strategi Queen Walk, kalian akan membutuhkan rage spell saat menghadapi barbarian king musuh (yang levelnya sama dengan Queen kalian). Jika level Barbarian King musuh lebih rendah, maka tak perlu lagi menggunakan rage, selama tak banyak defense yang menyerang Queen.
 
72. Lava Hound dapat menjadi tameng yang ampuh bagi strategi Queen Walk, sebab Lava Hound dapat menahan serangan dari defense musuh, serta dapat memancing air defense agar tidak membunuh healer.
 
73. Mekanisme damage dari poison sama halnya dengan inferno tower, makin lama troops kalian terkena serangannya, maka makin besar juga damage yang akan troops kalian terima.
 
74. Kalian dapat memastikan isi dari CC tetap aman dengan menekan tombol "tidur".
 
75. Poison spell dapat kalian stack untuk mempercepat skala damagenya, akan tetapi total damage yang dihasilkan tidak akan sebesar 2 spell poison.
 
76. Prioritaskan spell untuk menyerang splash damage ketika menggunakan strategi Lavaloon.
 
77. Bomb yang dikumpulkan di satu tempat akan menghasilkan damage yang setara dengan Giant Bomb.
 
78. Taruh Hidden Tesla kalian di satu tempat, strategi ini dapat mengejutkan musuh dan kadang juga dapat membalik keadaan.
 
79. Spam Baby Dragon merupakan salah satu strategi yang bagus untuk farming.
 
80. Dark Elixir Drill dapat dihancurkan dengan 3 spell lightning.
 
81. Kalian dapat menyelesaikan clan game lebih cepat dengan menurunkan trophy

82. Jangan puas hanya menguasai satu strategi saja, sebisa mungkin kuasai juga strategi serangan yg lain sebab tiap base memiliki kelemahan yang berbeda-beda.

83. Jangan sampai ada lubang di tengah base yang menyebabkan musuh dapat meletakkan pasukan dari situ.
 
84. Selesaikan single mode dan practice mode untuk mendapatkan loot tambahan.

85. Jika kalian kekurangan dark elixir, strategi yang cocok digunakan untuk farming adalah full keluarga dragon (bisa full baby dragon, full dragon, atau full electro dragon). 
 
86. Gangguan yg paling menyusahkan saat menggunakan Baloon atau Hog Rider adalah Archer Queen. Jadi, pastikan kalian bunuh Archer Queen musuh terlebih dahulu sebelum mengeluarkan 2 jenis troops tersebut.

87. Seperti Electro Dragon, Pekka merupakan troops yg bagus untuk melakukan funneling dan pathing.
 
88. Salah satu cara melatih kemampuan funneling kalian adalah dengan menggunakan Barbarian King. Taruh barbarian king di luar base musuh dan lihat luas area yang dibersihkannya.
 
89. Saat menggunakan spell, lihat bayangan troops kalian (untuk troops tipe udara). Kalian dapat mengetahui apakah troops tersebut masuk ke dalam area spell atau tidak dengan melihat bayangannya.

90. Sebisa mungkin segera upgrade Builder Hall kalian sampai level 9 untuk membuka otto hut dan mendapatkan tukang tambahan. Selain itu, jangan lupa pula untuk upgrade gem mine sampai level max.

91. Haste spell sangat efektif digunakan untuk troops yang lambat, namun memiliki damage yang besar. Contoh : Pekka, Baloon, Golem, Electro Dragon
 
92. Jika kalian offline selama lebih dari 90 hari, desa kalian akan mengupgrade beberapa bangunan dengan sendirinya, namun tak bisa melakukan upgrade Town Hall.

93. Maksimalkan permainan kalian saat mendapatkan Town Hall boost. Jangan sampai kalian menyia nyiakan hal tersebut.

94. Pastikan miner untuk selalu berada di dalam base. Hal ini juga berlaku jika kalian menggunakan serangan Valkrie.

95. Jika kalian ingin mengetahui apa saja bangunan yang perlu diupgrade, maka tekan saja ikon tukang lalu scroll ke bawah.

96. Jika kalian tidak yakin dengan troops yang kalian buat untuk funneling. Maka gunakan troops tersebut untuk melakukan clean up saja.

97. Melakukan kesalahan saat melakukan penyerangan adalah hal yg wajar. Tidak usah pusing, coba lihat tayangan ulangnya dan pelajari bagian mana yang harus kalian perbaiki.

98. Jika kalian menjadi leader dan telah offline selama lebih dari 30 hari, maka posisi leader kalian akan dicopot dan diserahkan kepada co leader yang paling aktif. Jika tidak ada co leader, maka posisi leader juga dapat diberikan kepada elder yang paling aktif. Perlu diingat bahwa proses ini terjadi secara otomatis. Kalian tidak dapat mengelaknya.

99. Setelah melakukan upgrade TH, prioritas utama yang harus kalian lakukan adalah upgrade laboratoy dan heroes.

100. Taruh spring trap diantara bangunan defense untuk mengatasi serangan Hog Rider. 
 
Itulah 100 tips yang dapat kalian gunakan dalam bermain Clash Of Clans. Apakah tips diatas membantu kalian?  Hmm sepertinya tidak :v

Itu saja postingan saya kali ini. Jika ada kritik atau saran dari kalian silahkan tulisa aja di kolom komentar atau di menu Contact Us dibawah.

Terima kasih

0 Response to "100 Tips Bermain Game Clash Of Clans"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel