Mempertahankan Budaya Sebagai Wujud Bela Negara - Teh90blog

Mempertahankan Budaya Sebagai Wujud Bela Negara

Kekayaan yang dimilki bangsa Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, khususnya dalam konteks kebudayaan, Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang terbentuk dari berbagai macam daerah di Indonesia dengan bentuk geografis dan demografisnya masing-masing. Terkadang, dalam satu daerah yang sama dapat memiliki dua kebudayaan yang berbeda. Namun hal tersebut masih bisa berjalan berdampingan diakibatkan oleh tingginya rasa toleransi antar masyarakat Indonesia.

Eksistensi Kebudayaan Indonesia dari perubahan zaman tradisional menuju modern dalam beberapa saat ini mulai menurun. hal itu terjadi karena perkembangan zaman modern memunculkan teknologi-teknologi canggih dengan menawarkan para penggunanya memperoleh informasi yang aktual atau terkini dan sedang menjadi pusat perhatian masyarakat seluruh dunia. Informasi yang disajikanpun tidak hanya sekedar sebuah peristiwa atau berita terhangat, namun dapat berupa pemaparan kebudayaan baru yang dimunculkan oleh negara lain dengan maksut dan tujuan memperkenalkan kebudayaan mereka untuk bisa diterima oleh masyarakat dunia. Dalam konteks tersebut, kejadian ini secara tidak langsung dapat mengancam keberlangsungan kebudayaan di Indonesia, karena masyarakat Indoesia yang mayoritas adalah generasi milenial saat ini lebih sering terpapar informasi-informasi kebudayaan baru yang berasal dari negara lain, sehingga pengenalan terhadap kebudayaan sendiri bisa memudar bahkan di akui oleh negara lain.

Memudarnya pemahaman kebudayaan bangsa Indonesia oleh Generasi Milenial dapat dikatakan mengancam Keberlangsungan Kebudayaan Indonesia, karena kebudayaan Indonesia bisa sewaktu-waktu di curi oleh negara lain, dan hal mempertahankan budaya ini masuk kedalam upaya bela negara karena mempertahankan kekayaan yang dimiliki negara Indonesia merupakan hal penting yang wajib dilakukan seluruh masyarakat Indonesia sebagai upaya dalam bela negara. Oleh karena itu agar budaya dapat dipertahankan, khususnya oleh generasi milenial hal-hal berikut ini perlu dilakukan guna melestarikan kebudayaan kita.

1. Mengenal dan Mempelajari Budaya Indonesia

            Dalam tahap awal kita mempertahankan kebudayan Indonesia sebagi upaya bela negara adalah mengenal dan mempelajari budaya kita sendiri. Setidaknya dengan kita sering mencari atau menggali informasi tentang kebudayaan kita melalui aplikasi internet dapat memperkaya pengetahuan kita tentang beragamnya budaya Indonesia. Kemudian mengikuti perkembangan informasinya dan mempelajari melalui platform Youtube tetap bisa dilakukan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Selain itu, mengenal budaya Indonesia dapat diawali dengan mengetahui tokoh budayawan yang menarik dan tetap berbudaya meskipun zaman telah berubah, salah satu tokohnya adalah Sujiwo Tejo, seorang budayawan yang tetap eksis hingga saat ini meskipun perubahan zaman terus berjalan.

2. Mempopulerkan Budaya

            Dalam perkembangan teknologi sekarang, sosial media saat ini memudahkan penyebaran informasinya, dan generasi milenial merupakan salah satu pengguna terbesar yang aktif di media sosial. Oleh karena itu, generasi milenial dapat mempopulerkan budaya Indonesia dengan mem-follow up ataupun membuat konten yang memuat kebudayaan Indonesia dan mempublikasikannya ke media sosial. Dalam media sosial, jangkauan informasi dapat diterima oleh banyak penggunanya sehingga informasi kebudayaan Indonesia bisa diterima oleh masyarakat Indonesia sendiri    dan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budayanya sendiri. Selain mempopulerkan dengan mempublikasikan melalui media sosial, dengan menggunakan budaya seperti batik dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk upaya mempertahankan budaya sebagai bela negara.

3. Mengembangkan Budaya Indonesia ke arah modern

            Kemudahan teknologi saat ini sangat dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia ke arah yang lebih modern dan mengikuti trend saat ini sehingga kebudayaan Indonesia dapat diterima oleh masyarakat luas, dan hal ini juga dapat melestarikan kebudayaan Indonesia juga memperkenalkan budaya Indonesia ke Dunia agar negara-negara lain tidak mengakui atau meng-claim secara sepihak budaya kita. Mengembangkan budaya ke arah modern ini salah satu contohnya dilakukan oleh grup musik Weird Genius melalui lagu karyanya yaitu “Lathi”. Dalam Lagu ini, banyak mengandung unsur-unsur kebudayaan Indonesia yang disatukan dengan genre musik EDM dimana genre ini sangat digemari oleh masyarakat Dunia akhir-akhir ini, sehingga hal tersebut dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat Dunia. Secara tidak langsung melalui musik ini, grup musik ini memperkenalkan kebudayaan Indonesia menuju Internasional.

                Kebudayaan Indonesia sangatlah beragam yang tidak hanya sekedar upacara adat, kebiasan, dan lain sebagainya, namun masih banyak lagi keragaman budaya Indonesia yang dapat dikembangkan serta perlu dilestarikan agar kebudayaan ini tetap ada dan eksis di bangsa Indonesia sendiri maupun hingga dikenal seluruh dunia. Sebagai masyarakat Indonesia, kita pun harus bangga terhadap budaya kita sendiri dan tidak terpengaruh oleh budaya lain yang mungkin menjadi trend saat ini. Melalui rasa bangga yang kita miliki terhadap budaya sendiri merupakan hal dasar yang perlu dimiliki untuk bisa melestarikan kebudayaan kita sendiri ataupun memperkenalkan kebudayaan kita ke dunia, agar masyarakat dunia mengetahui akan kekayaan budaya di Indonesia. Selain bangga akan budaya sendiri, keragaman budaya yang kita miliki jangan dijadikan sebagai ajang men-superriorkan salah satu budaya diantara budaya yang lain di negara Indonesia karena hal tersebut hanya memecah persatuan Indonesia. Oleh karena itu, rasa toleransi antar sesama juga perlu dikembangkan serta ditekankan bagi seluruh masyarakat Indonesia bukan hanya budayanya. Agar Indonesia tetap  menjadi negara yang utuh serta menjunjung tinggi kesetaraan antar golongan sebagai bagian dari wujud atau upaya bela negara.


0 Response to "Mempertahankan Budaya Sebagai Wujud Bela Negara"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel