Metal Slug: Awakening, Game Legenda yang Bikin Nostalgia - Teh90blog

Metal Slug: Awakening, Game Legenda yang Bikin Nostalgia

Metal Slug: Awakening

Setelah lama dirumorkan, akhirnya fans Metal Slug bisa bernafas lega sebab game kesayangan mereka resmi dirilis pada 19 Agustus lalu. Game ini langsung sukses besar dengan menduduki posisi pertama dalam kategori laga di Playstore di minggu pertama perilisannya, menggeser Mobile Legends yang notabene menjadi game terlaris di Indonesia.

Kuatnya fansbase dari para pemain game originalnya membuat Metal Slug: Awakening langsung banyak mendapatkan banyak pemain. Ditambah lagi, dengan banyaknya fitur yang dijanjikan oleh pihak developer sebelum perilisannya membuat game ini semakin diminati oleh banyak orang, salah satunya adalah saya.

Saya cukup puas dengan bagaimana cara Tencent dan SnK meracik game Metal Slug: Awakening ini. Mereka tahu bahwa ada banyak fans Metal Slug diluar sana yang menginginkan gameplay utamanya tidak diubah, dan hal itu benar - benar ditepati. Style side scrolling ala game jadul dulu masih dipertahankan, dengan ditambahkan banyak elemen baru agar gameplay-nya terasa lebih menarik untuk dimainkan di jaman sekarang.

Intinya, Metal Slug: Awakening tidak mencoba mengotak atik ciri khas dari game Metal Slug. Tencent dan SnK hanya meningkatkan kualitas grafis dan fiturnya, sembari menyuguhkan berbagai mode permainan baru untuk membuat para pemainnya betah berlama - lama di dalam game-nya.

Marco Rossi sebagai karakter utama masih tetap dipertahankan di game ini. Kali ini dia sedang berada di mesir untuk membebaskan rakyat Kemut dari belenggu dewa kuno mereka yang selama ini menguasai wilayah itu.

Menariknya adalah di sela - sela ceritanya nanti akan ada level khusus untuk flashback ke cerita dalam game Metal Slug yang telah dirilis sebelumnya, feels nostalgianya bakalan terasa banget, saya sendiri langsung keinget waktu masih sering mainin game ini di PS 1.

Dan seperti yang sudah saya bilang tadi, game ini memiliki banyak fitur baru yang tentunya akan membuat kalian semakin tertarik untuk memainkannya. Agar kalian tidak penasaran lagi, langsung saja simak ulasan berbagai fiturnya berikut:


A. FITUR MENARIK

1. Memiliki banyak mode permainan

Mode Permainan Metal Slug: Awakening

Biar para pemainnya tidak bosan, Tencent ternyata benar - benar menyuguhkan banyak sekali mode permainan di dalam game ini. Ada mode karnaval, arena, ambisi panas, dan masih banyak mode lain yang bisa kalian akses.

Beragam mode tersebut juga memiliki hadiah menarik, mulai dari gold, diamond, pickaxe buat gacha, dan masih banyak lagi. Intinya, semakin banyak mode yang kalian akses, maka makin banyak juga hadiah yang bisa kalian dapatkan.

Karena game ini online, maka tentu saja ada mode multiplayer dimana kalian bisa mabar dengan teman untuk mengalahkan level dan bos yang sulit secara bersama - sama.

Banyaknya mode yang diberikan tersebut membuat kalian sangat mudah melakukan grinding. Untuk membatasi hal itu, Tencent menerapkan sistem energi di game ini untuk membatasi gap yang jauh antara player lama dengan player baru.

Jadi, sekeras apapun kalian bermain, jika energinya habis kalian tidak akan bisa grinding lagi, harus isi ulang dulu pakai diamond atau harus menunggu sampai energinya penuh kembali.

Ada faktor positif dan negatifnya memang, tapi saya setuju dengan apa yang diterapkan oleh Tencent, sebab jika tidak dibatasi pakai energi, para player lama yang udah nginstal game ini dari awal rilis akan punya power karakter yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan para player yang baru instal.

2. Beragam Senjata dan Karakter baru

Karakter Metal Slug: Awakening

Untuk membuat unsur taktikal dalam game Metal Slug: Awakening ini lebih bervariasi, Tencent memberikan banyak jenis senjata dan karakter baru lengkap dengan kemampuan dan skill unik mereka masing - masing. 

Kalian bisa sesuaikan sendiri gameplay kalian dengan karakter dan kendaraan yang tersedia. Kalau kalian suka main barbar ya pakai saja karakter yang cocok pakai shotgun, kalau pengen pakai hero yang tebal ya pakai saja karakter skill healing, suka - suka kalian dah pokoknya.

Oiya, tiap senjata dan karakter tersebut juga memiliki medali atau tingkatannya masing - masing, konsepnya kayak tag skin di Mobile Legends, ada yang basic, epic, hingga legendaris. Semakin tinggi tingkatannya, semakin kuat juga power-nya.

3. Klub

Clan Metal Slug: Awakening

Fitur klub atau clan memang sudah menjadi hal yang biasa dalam sebuah game online. Fitur ini juga dimiliki dalam Metal Slug: Awakening, hanya saja fitur klub dalam game ini terasa lebih kompleks dan variatif.

Ada sebuah mode permainan baru dalam klub bernama "Retakan Jurang" yang sangat adiktif bagi saya. Dalam mode ini kalian dapat menguasai berbagai wilayah yang ada untuk mendapatkan sumber daya ataupun rampasan.

Tak hanya itu, kalian juga bisa bekerja sama dengan member lainnya untuk mendapatkan wilayah yang lebih besar dan luas. Konsepnya udah kayak perang dunia, main aliansi gitu.

Setiap kontribusi yang kalian berikan kepada klub akan dibayar dengan mata uang khusus yang hanya bisa kalian belanjakan di toko klub saja. Jadi, semakin aktif kalian di klub, maka semakin banyak juga bayaran yang kalian dapatkan.

4. Event Berlimpah

Event Metal Slug: Awakening

Sebagai sebuah game baru, saya cukup terkejut dengan banyaknya event yang hadir di game Metal Slug: Awakening ini. Kalian sebagai player baru disambut dengan sangat meriah dengan banyaknya event yang ada, mulai dari event login harian, event menyelesaikan quest, event mendapatkan karakter baru, dan masih banyak lagi event lainnya.

Banyaknya event yang hadir tersebut seolah menandakan betapa seriusnya pihak developer dalam mengembangkan game ini. Sampai sekarang pun event baru yang datang masih cukup bervariasi, dan saya harap kedepannya akan tetap seperti ini agar para pemain tidak mudah bosan.


5. Arena Utama 1 Vs 1

Arena Utama 1 Vs 1 Metal Slug: Awakening

Perlu kalian ketahui bahwa game ini memiliki sistem Ability Power (AP) bagi tiap karakter untuk memperlihatkan betapa kuatnya kalian jika dibandingkan dengan player lainnya. Sistem ini tergolong pay to win, sebab player sultan akan lebih mudah menaikkan power mereka jika dibandingkan dengan para player gratisan.

Akan tetapi, game ini juga memiliki solusinya sendiri atas permasalahan AP tersebut. Dari banyaknya mode permainan yang tersedia, terdapat satu mode bernama "Pertarungan Utama" dimana kalian bisa bertarung 1 vs 1 dengan player lain secara adil.

Adil disini maksudnya gimana tuh?
Di mode pertarungan utama ini, karakter dan senjata kalian akan dibuat seimbang dengan player lawan, tidak akan ada peningkatan efek ataupun ability khusus lainnya. Yang artinya di mode ini kalian hanya bermodalkan skill dan strategi saja untuk memenangkan setiap pertandingannya, makanya disebut dengan mode adil.


B. SPESIFIKASI

Dengan banyaknya fitur yang dihadirkan, wajar jika game ini membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi untuk menjalankannya. Spesifikasi minimun untuk memainkan game Metal Slug: Awakening ini diantaranya sebagai berikut:

Memori: 6 GB kosong.
RAM: 4 GB.
Android: Android 4,4 dan yang lebih tinggi.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Masih mempertahankan gameplay dari game originalnya.
  2. Senjata dan karakternya relatif mudah untuk didapatkan.
  3. Gameplay singkat, tidak lebih dari 5 menit setiap levelnya.
  4. Punya banyak mode permainan.

Kelemahan

  1. Tergolong game berat, HP kentang mohon jangan dipaksa buat main game ini.
  2. Pay to win, meski tidak terlalu berdampak karena ada mode permainan yang adil.
  3. Gamenya tergolong monoton untuk dimainkan dalam jangka waktu yang lama, apalagi kalau kedepannya tidak ada mode baru yang dirilis.


D. GAMEPLAY


***

Dari panjangnya saya diatas, dapat saya simpulkan bahwa game Metal Slug: Awakening ini sangat saya rekomendasikan untuk kalian mainkan, khususnya bagi kalian para fans dari game Metal Slug yang jadul karena game ini punya banyak sekali momen nostalgia di dalamnya.

Banyaknya fitur menarik juga menjadi faktor lain mengapa game ini sangat worth it buat kalian coba. Saya harap developernya mampu mengembangkan game ini ke tingkat yang lebih bagus lagi agar kedepannya makin banyak player baru yang tertarik untuk memainkan game Metal Slug: Awakening.

Buat kalian yang sudah memainkannya, silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai game ini di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Metal Slug: Awakening, Game Legenda yang Bikin Nostalgia"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel