Cozy Islands - Craft & Build, Calon Game Simulasi Terbaik Tahun Ini - Teh90blog

Cozy Islands - Craft & Build, Calon Game Simulasi Terbaik Tahun Ini

Review Game Cozy Islands - Craft & Build

Genre simulasi memang sudah banyak tersebar luas di industri game saat ini. Setiap tahunnya, ada puluhan bahkan ratusan game dengan genre simulasi yang rilis di berbagai platform, baik itu di android, PC, maupun konsol.

Akan tetapi, mayoritas game simulasi yang ada masih sering dikeluhkan oleh para pemainnya. Salah satu faktornya yaitu kurangnya inovasi yang diberikan oleh pihak developer, sehingga gameplay yang ditawarkan terkesan repetitif dan membosankan. Sulit sekali rasanya menemukan game simulasi yang terbaik, yang memiliki pengalaman gameplay baru dari game sejenis lainnya.

Lantas, game simulasi seperti apa yang mudah disukai oleh para playernya?
Untuk menjawabnya, saya ingin kembali ke tahun 2020, tahun dimana game Animal Crossing pertama kalinya dirilis secara global.

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tau tentang game tersebut. Game yang khusus dirilis di Nintendo ini memang telah membius banyak gamers di seluruh dunia. Bukan hanya karena gameplay-nya yang menarik, tetapi karena seluruh aspek di dalam game-nya benar - benar tampil secara fresh, jauh berbeda dari kebanyakan game simulasi kehidupan lainnya.

Salah satu yang saya suka adalah bagaimana tampilan dari layout yang disuguhkan dalam game Animal Crossing. Bentuknya tuh kayak unik aja gitu, agak bulat pepat seperti layaknya bumi jika dilihat dari luar angkasa. Sejauh ini belum ada tuh game yang punya layout kayak gitu, sampai di tahun 2022 lalu, tahun dimana Cozy Islands - Craft and Build dirilis.

Cozy Islands - Craft & Build merupakan game simulasi membangun besutan developer Tetrox Limited yang dirilis untuk platform android pada pertengahan tahun 2022 lalu. Sampai saat ini, game ini masih berada di tahap pengembangan dan hanya bisa dimainkan di beberapa negara saja. 

Beruntungnya, saya sudah sempat mencobanya dan bisa saya bilang bahwa game ini bakal menjadi calon game simulasi terbaik yang ada di android berkat fitur - fitur kerennya yang berhasil memicu hasrat saya untuk terus memainkannya.

Bisa saya katakan kalau Cozy Islands ini adalah versi mobile dari game Animal Crossing. Persamaan keduanya terdapat pada layout-nya yang unik, enak aja dilihatnya gitu, nggak bikin bosen.


A. GAMEPLAY

Dikarenakan game Cozy Islands - Craft & Build mengusung genre simulasi membangun, maka tugas kalian dalam game ini yaitu merenovasi atau membangun sebuah bangunan menggunakan berbagai resource yang tersedia.

Berbagai resource tersebut bisa kalian peroleh melalui berbagai hal, mulai dari mendapatkannya secara langsung dari hutan, melakukan crafting, melakukan bisnis dengan merchant, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kalian lakukan di dalam game untuk mendapatkan item ataupun resource.

Setelah resource yang dibutuhkan telah terkumpul, maka kalian bisa mulai membangun. Uniknya, belum ada waktu yang dibutuhkan saat membangun, jadi kalian bisa membangun banyak bangunan sepuas kalian dalam sekali main. Nggak tau juga sih bakal tetap seperti ini atau besok bakalan diubah waktu udah rilis global. Yang pasti untuk sekarang sih ini game nggak ada ribet - ribetnya sama sekali.


B. FITUR GAME

1. Crafting Item yang Praktis

Crafting Item Mudah dan Cepat

Entah kenapa, developer game ini membuat sistem crafting itemnya sangat mudah. Prosesnya pun juga tidak lama, paling lama hanya sekitar 2 - 3 menit dan proses itu pun bisa kalian tinggal untuk melakukan misi yang lain.

Jujur saya sangat suka dengan metode kayak gini, soalnya kita tidak akan selalu terpaku untuk membeli diamond demi mempercepat crafting item yang kita mau. Game-nya jadi terlihat lebih ramah aja gitu buat dimainin sama player gratisan kayak saya. 


2. Bisa Travel ke Berbagai Tempat

Bisa Pindah ke Banyak Pulau

Meskipun luas map yang disuguhkan dalam game ini masih sangat terbatas, tapi kalian sebagai player dapat melakukan perjalanan ke pulau lain untuk memperoleh misi tambahan.

Untuk melakukan perjalanan antar pulau, kalian hanya perlu menggunakan tiket fast ship (kalau ada) atau tiket perjalanan biasa dengan waktu tunggu 30 detik saja. Dengan waktu tunggu yang singkat, ditambah lagi tidak adanya energi yang berkurang saat melakukan travel antar pulau membuat game ini makin terlihat sempurna di mata saya saat memainkannya.


3. Berbagai Resource Bisa Ditemukan dengan Mudah

Resource Melimpah

Entah karena masih dalam tahap pengembangan atau bagaimana, berbagai resource yang dibutuhkan untuk membangun sangat mudah untuk ditemukan. Tidak usah ribet - ribet berganti pulau, di satu pulau saja kalian sudah mendapatkan segala resource yang dibutuhkan.

Selain itu, tempat untuk melakukan crafting juga sudah disediakan di setiap pulau, jadi kalian tidak perlu kelamaan mondar - mandir hanya untuk melakukan crafting.

Selain ketiga fitur diatas, pihak developer sebenarnya masih memiliki banyak sekali fitur lain yang dijanjikan, namun sayangnya belum dihadirkan di dalam game-nya, mulai dari fitur online dengan teman, memiliki hewan peliharaan, kustomisasi rumah, dll.

Untuk sekarang, konten yang ada di dalam game Cozy Islands - Craft & Build mungkin masih sangat terbatas, tapi mengingat betapa besarnya potensi yang bisa digali dari game ini membuat saya tertarik untuk terus menunggu update selanjutnya yang akan diberikan oleh pihak developer. Semoga saja ini game diurus dengan baik dah biar bisa bersaing sama game sejenis lainnya.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  • Tidak menguras penyimpanan (ukuran game hanya berkisar 300 MB saja).
  • Memiliki sajian grafis yang sangat memukau.
  • Free to play.
  • Memiliki banyak misi yang bisa dijalankan.

Kelemahan

  • Masih terdapat banyak bug.
  • Grafisnya tidak bisa disesuaikan, sehingga memakan lebih banyak daya baterai.
  • Server masih kurang stabil, sering mengalami masalah koneksi.
  • Konten di dalam game masih sangat terbatas.
 

D. GAMEPLAY


Overall, Cozy Islands - Craft & Builds merupakan game simulasi membangun yang cukup worth it buat kalian coba. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, dengan banyaknya potensi yang terdapat didalamnya membuat game ini cukup pantas ditunggu untuk perilisan global-nya. 

***

Itulah review singkat dari saya mengenai game Cozy Islands - Craft & Builds. Buat kalian yang sudah mencoba game-nya, silahkan beritahu saya pendapat kalian melalui kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar game.

Terima kasih.

2 Responses to "Cozy Islands - Craft & Build, Calon Game Simulasi Terbaik Tahun Ini"

  1. bang servernya untuk negara mana aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga saya, kayaknya buat benua eropa doang bang servernya.

      Hapus

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel