Review Game Tahu Bulat Stories yang Potensial dan Menjanjikan - Teh90blog

Review Game Tahu Bulat Stories yang Potensial dan Menjanjikan

Review Game Tahu Bulat Stories

6 tahun telah berlalu sejak game original Tahu Bulat dirilis. Hingga sekarang, franchise game milik Own Games ini masih terus berkembang dengan merilis berbagai judul game baru buatan mereka, seperti Tukang Tahu Show, Food Truck Tahu Bulat, Kota Tahu Bulat, hingga Tahu Bulat 2 yang menjadi sekuel dari game originalnya yang melegenda.

Di tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 22 September lalu, Own Games menghadirkan game baru lagi yang berjudul Tahu Bulat Stories. Melihat dari judul game-nya saja, sudah dapat dipastikan bahwa game ini merupakan salah satu bagian dari franchise Tahu Bulat. Bedanya, cerita dari Tahu Bulat Stories ini akan menekankan pada latar belakang kisah hidup Akang Tahu Bulat dari awal karirnya hingga menuai kesuksesan.

Dengan konsep cerita yang baru tersebut, kira - kira fitur baru apa saja yang bakal coba ditawarkan Own Games dalam game Tahu Bulat Stories ini? Apakah game ini layak buat kalian mainkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung saja simak ulasannya berikut:


A. SINOPSIS

Akang Tahu Bulat baru saja lulus dari SMA, dan kini saatnya dia bersiap untuk mencari universitas di Bandung. Namun sayangnya, sebelum sempat berkuliah, ayah dari Akang Tahu mendadak sakit dan tak memiliki uang yang cukup untuk berobat. 

Dengan niat untuk membantu ekonomi orang tuanya, Akang Tahu Bulat akhirnya memutuskan berjualan Tahu Bulat di Bandung demi mengobati sakit ayahnya serta mencari modal untuk masuk kuliah.

Akankah Akang Tahu Bulat berhasil mencapai tujuannya? Kisah lengkapnya bisa kalian simak sendiri di dalam game-nya.


B. FITUR GAME

1. Memasak Tahu Bulat secara Real Time

Memasak Tahu Bulat Secara Real Time

Berbeda dengan game originalnya, Tahu Bulat Stories menyajikan gameplay yang lebih kompleks, dimana kalian sebagai player akan disuguhkan sebuah mekanik memasak setiap hidangan yang akan dihidangkan ke para pelanggan.

Mekanisme memasak dalam game ini bisa dibilang mirip dengan game - game cooking simulator lainnya, mirip lah sama kayak game Cooking Fever yang sudah saya review beberapa bulan yang lalu.

Bedanya, Tahu Bulat Stories ini lebih simple berkat tampilannya yang dibuat potrait, sehingga bahan masakannya tak sebanyak seperti yang ada dalam game Cooking Fever.

Sebagai sebuah inovasi dari bisnis Tahu Bulat, akang penjual tahu juga menjajakan menu lainnya, yaitu sotong, sebagai bisnis sampingan dari Tahu Bulat. Adanya bisnis sampingan berupa sotong tersebut sukses membuat gameplay dari game ini terlihat lebih fresh, sebab di sepanjang game kita tidak lagi hanya berjualan tahu, melainkan ada dagangan lain yang bisa membuat bisnis akang tahu bulat maju dengan pesat.



2.  Menampilkan Kisah Akang Tahu Secara Detail

Kisah Akang Tahu yang Detail

Dari judul game-nya saja sudah kelihatan jelas kalau Tahu Bulat Stories ini akan lebih menekankan  ke dalam cerita dari akang penjual tahu bulat itu sendiri.

Tepat seperti yang saya perkirakan, ternyata cerita akang tahu bulat ditampilkan dengan sangat baik dan detail dalam game ini. Ceritanya sendiri akan dimulai saat akang tahu bulat baru lulus SMA sampai era kesuksesan bisnisnya.

Uniknya adalah, di tengah setiap cerita seringkali terdapat beberapa pilihan atau opsi yang bisa kalian pilih. Setiap opsi tersebut nanti akan memiliki ending yang berbeda, ada yang mengarah ke true ending, ada pula yang mengarah ke alternatif ending.

Dan menariknya, kalian sebagai player diberi kebebasan untuk mengeksplorasi ending tersebut, sebab setelah menyelesaikan satu cerita, kalian dapat mengulangnya kembali untuk mencari ending yang lain.


3. Berbagai Jenis Peningkatan Tersedia

Berbagai Jenis Peningkatan

Namanya juga game simulasi memasak, pastinya akan ada banyak sekali peningkatan yang bisa kalian ambil, mulai dari peningkatan peralatan dapur, bahan masakan, dll.

Bagi saya, hal yang paling menarik dari game ini yaitu adanya sistem peningkatan pada setiap karakter pelanggan yang hadir. Setiap karakter pelanggan ternyata dapat ditingkatkan levelnya untuk mendapatkan bonus gold yang lebih besar dari setiap pesanan mereka.

Own Games nampaknya sangat niat menghadirkan fitur peningkatan pelanggan ini, sebab ada banyak sekali jenis karakter pelanggan yang hadir di setiap level, mulai dari Anto, Tono, Nopi hingga Bang Ojol.


4. Banyak Toko yang Bisa Dibuka

Map dalam Tahu Bulat Stories

Dapat terlihat di map bahwa ada 3 toko yang bisa diakses dalam game Tahu Bulat Stories ini. Yang pasti, di awal game perjalanan kalian akan dimulai dari Food Truck akang tahu bulat.

Kedua toko lainnya mungkin baru akan terbuka setelah kalian menyelesaikan semua misi yang ada di Food Truck tahu bulat. Itu pun baru sebatas asumsi saya saja, sebab sampai sekarang saya sendiri juga belum membuka kedua toko lain yang ada di map, maklum baru main beberapa hari dan levelnya juga cukup sulit buat diselesaiin, jadi masih stuck di Food Truck akang tahu bulat.

Pastinya saya berharap bahwa kedua toko yang belum terbuka itu akan menyajikan menu yang berbeda biar punya banyak variasi gameplay gitu selama memainkan game ini.


C. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Menyajikan gameplay yang seru dan menantang untuk dimainkan.
  2. Sajian grafisnya sudah meningkat pesat dari franchise game Tahu Bulat sebelumnya.
  3. Tidak menguras penyimpanan.

Kelemahan

  1. Minim event.
  2. Iklan muncul terlalu sering.
  3. Level yang tergolong susah untuk mendapatkan 3 bintang.


D. GAMEPLAY


***

Overall, menurut saya Tahu Bulat Stories menjadi franchise game Tahu Bulat yang paling worth it buat kalian mainkan. Jika dibandingkan dengan game Tahu Bulat lainnya, Tahu Bulat Stories ini memiliki potensi yang cukup kuat, khususnya terletak pada variasi gameplay-nya yang menurut saya masih bisa dikembangkan.

Masih ada ruang yang cukup luas bagi Own Games untuk memunculkan berbagai event baru untuk menarik banyak player baru, sebab sampai saat ini event yang hadir dalam game ini masih sangat sedikit.

Sebagai sebuah game baru, Tahu Bulat Stories sudah cukup stabil buat kalian mainkan, walaupun selama memainkannya saya terkadang masih menemui berbagai bug, dan tak luput juga dengan adanya iklan yang selalu muncul di akhir setiap level yang kadang bikin kesal.

Untuk masalah bug sih masih bisa dimaklumi dan masih dapat diperbaiki dalam update ke depan. Cuman, untuk masalah iklan nih, buat pihak Developer, tolong lah jangan tempatkan iklan dalam setiap akhir level. 

Tempatkan saja satu iklan di setiap 2 atau 3 kali penyelesaian sebuah level, sebab levelnya hanya berjalan sebentar, dan jika setiap menyelesaikan levelnya ada iklan, rasanya game ini jadi penuh dengan iklan.

Oiya, tolong lagi buat pihak developer untuk memperhatikan adanya mekanisme energi yang ada dalam game ini. Jika setiap levelnya saja tingkat kesulitannya sudah cukup tinggi, menurut saya mendingan hapus saja mekanisme energinya, sebab akan ada banyak player yang mungkin enggan memainkan game ini hanya karena mereka tidak diberi kebebasan untuk mengulang sebuah level.

Terlepas dari itu semua, Tahu Bulat Stories masih menjadi game Tahu Bulat yang paling ambisius di tahun ini dengan berbagai potensi besarnya yang masih dapat dikembangkan.

Sekian pembahasan saya terkait review game Tahu Bulat Stories. Perlu kalian ingat bahwa semua isi postingan ini merupakan opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan jangan malu untuk berkomentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Game Tahu Bulat Stories yang Potensial dan Menjanjikan"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel