Cara Menjadi Gold laner Mobile Legends yang Baik dan Benar - Teh90blog

Cara Menjadi Gold laner Mobile Legends yang Baik dan Benar

Tips dan trik menjadi gold laner yang baik dan benar di game Mobile Legends

Gold laner gimana sih kok mati mulu?
Kalimat seperti itu mungkin sering kalian peroleh saat pertama kali bermain sebagai seorang gold laner. 

Menjadi gold laner di game Mobile Legends memang tidak semudah yang dibayangkan. Terkena pick off, kena press musuh, kalah gold, itu semua sudah menjadi hal yang lumrah bagi seorang gold laner. 

Akan tetapi, ada cara khusus nih yang sebenarnya bisa kalian pelajari untuk menjadi gold laner yang pro di game Mobile Legends. Penasaran gimana caranya? Mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


A. Apa Itu Goldlaner

Sebelum membahas gold laner lebih jauh, apakah kalian sudah tau arti dari gold laner?

Gold laner diambil dari istilah dalam bahasa inggris, "gold" berarti "emas", sedangkan "laner" berarti "jalur". Seperti namanya, gold laner merajuk pada sebuah jalur khusus dalam game Mobile Legends yang memiliki perolehan emas yang lebih banyak di fase early game (5 menit awal).

Dikarenakan perolehan gold di area gold lane lebih tinggi dibandingkan dengan lane lainnya, maka mayoritas hero yang mengisi area ini yaitu hero dengan role marksman yang memang harus diprioritaskan untuk mendapatkan gold yang banyak agar itemnya cepat jadi.

Hero marksman juga dapat menjadi andalan yang bagus saat match sudah memasuki fase late game, sebab mereka dapat menjadi damage dealer utama setelah jungler untuk menghancurkan semua musuh yang ada. 

Perlu kalian tahu juga bahwa posisi area gold laner ini selalu terletak di area paling jauh dari munculnya turtle yang pertama. Oleh karena itu, lane ini seringkali menjadi tempat gelud yang ideal bagi tim yang nggak mau kontes turtle yang pertama, biar duit mereka nggak rugi - rugi amat. Simak juga Cara Menjadi Offlaner yang Baik dan Benar.


B. Tugas Seorang Gold Laner

Tips dan trik menjadi gold laner yang baik dan benar di game Mobile Legends

Tugas utama seorang gold laner sebenarnya sangat simple, kalian hanya ditugaskan untuk farming dan memaksimalkan perolehan item sampai memiliki damage yang cukup untuk membantai semua hero musuh. 

Akan tetapi, tugas yang mudah tersebut ternyata memiliki resiko yang cukup besar juga. Sebagai damage dealer kedua setelah jungler, gold laner seringkali selalu menjadi incaran utama bagi musuh.

Tak hanya itu, area farming dari gold laner ini juga terbilang sangat terbatas. Kalian hanya bisa mengandalkan perolehan gold dari minion dan plating turret di awal game, itu pun kalo nggak kena freeze lane sama musuh.

Buat kalian yang belum tau, freeze lane adalah sebuah strategi dalam menahan gelombang minion yang datang untuk membuat hero musuh tidak mendapatkan gold dari tiap minion yang tumbang. Alih - Alih membersihkan minion dengan cepat, player yang melakukan freeze lane harus maju ke depan untuk mengusir hero musuh jauh dari area minion berada, sehingga gold musuh makin jauh tertinggal.

Tak seperti jungler yang bisa berkeliaran kesana kemari ketika terkena pressing oleh musuh, gold laner hanya bisa berharap bantuan dari rekan satu timnya, karena sekalipun kalian mencoba maju dan mengambil minion secara paksa, musuh akan langsung datang menyergap dengan cepat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, penting bagi kalian untuk menguasai skill sebagai seorang gold laner yang saya bahas dalam poin C berikut.


C. Yang Harus Dikuasai Seorang Gold Laner

Tips dan trik menjadi gold laner yang baik dan benar di game Mobile Legends

1. Selalu Dapatkan Last Hit Minion

Sebagai seorang gold laner, kalian tentu harus memaksimalkan perolehan gold sejak fase early game, salah satu cara yang dapat kalian gunakan yaitu dengan melakukan last hit minion.

Sama seperti namanya, last hit minion berarti kalian harus memperoleh hit terakhir untuk setiap minion yang kalian serang. Walaupun terlihat sepele, last hit minion ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar, sebab setiap minion yang berhasil kalian peroleh dengan cara last hit memiliki selisih sekitar 25 gold jika dibandingkan dengan tanpa melakukan last hit.

Selisih 25 gold itu akan sangat berpengaruh dengan gameplay kalian sebagai seorang gold laner. Semakin banyak gold yang kalian dapatkan, sekalipun itu hanya selisih 25 gold saja, maka itu akan mempengaruhi damage dan perolehan item kalian.

Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan last hit minion, karena mekanik inilah yang menjadi kunci utama bagi kalian untuk menjadi seorang professional gold laner.


2. Lakukan Poking Damage kepada Musuh

Selain fokus untuk melakukan last hit minion, kalian juga harus bisa memberikan poking damage kepada musuh yang berada di satu lane dengan kalian. Tujuannya agar hero yang kalian lawan tidak bisa bermain agresif.

Jika hero musuh sekarat sejak awal, mau tidak mau dia harus melakukan recall dan itu menjadi kesempatan yang bagus bagi hero kalian untuk melakukan farming dengan lebih leluasa.


3. Memiliki Map Awareness yang Tinggi

Gold lane merupakan area yang paling sering terkena ganking oleh musuh. Oleh karena itu, agar bisa bermain di gold lane dengan aman, kalian harus paham dulu dengan apa yang dinamakan dengan Map Awareness.

Map Awareness adalah sebuah kemampuan seorang player dalam membaca situasi di dalam map. Sebagai seorang gold laner, kalian harus tahu kira - kira dimana posisi hero musuh ketika mereka sedang tak terlihat di dalam map.

Selalu berhati - hati ketika musuh sedang tidak terlihat dalam map, sebab bisa saja mereka sedang mengintai dan menunggu kalian untuk melakukan kesalahan, atau yang biasa disebut dengan istilah "blunder".

Dalam kondisi ini, yang harus kalian lakukan adalah bermain aman di dalam turret. Jangan terpancing dengan satu hero musuh yang bertingkah seperti ngajak by one, sebab dibelakangnya pasti akan ada hero lain yang siap melakukan back up.


4. Maksimalkan Pendapatan Gold dengan Plating Turret

Plating turret menjadi objektif paling utama yang harus dimaksimalkan oleh para gold laner. Sebisa mungkin kalian harus mendapatkan gold dari turret musuh di menit awal, sebab tambahan gold tersebut sangat berpengaruh untuk memudahkan hero kalian melakukan snow ball.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa di menit awal kalian harus selalu menjaga posisi. Pastikan dahulu posisi musuh dalam map, apakah mereka berada di dekat kalian atau tidak. Jika musuh tidak terlihat di map, jangan sekalipun memaksakan buat plating, sebab seringkali mereka berada di dalam bush terdekat dan sedang bersiap untuk melakukan penyergapan.

Saran saya sih mending suruh roamer untuk mengecek bush terlebih dahulu agar saat melakukan plating, hero kalian aman dari ancaman pick off.

Plating turret memang penting, namun bermain aman dan tidak mukill di awal game jauh lebih penting bagi kalian sebagai seorang gold laner. Usahakan jangan sering terkena pick off di early game, sebab hal itu akan membuat tim kalian jauh tertinggal dan susah mendominasi dalam team fight.


5. Cari Posisi yang Bagus sebelum Masuk dalam Team Fight

Gold laner merupakan role terpenting dalam sebuah tim setelah jungler. Maka dari itu, ketika melakukan team fight, musuh seringkali menargetkan serangan mereka ke arah gold laner ataupun jungler supaya mereka dapat memenangkan team fight tersebut dengan mudah.

Nah, untuk mengatasi hal itu, kalian para gold laner harus paham dengan apa yang dinamakan dengan positioning saat melakukan team fight. Positioning disini berarti penempatan posisi hero kalian saat berada di dalam team fight.

Mayoritas hero gold lane memiliki range serangan yang jauh sehingga mereka dapat memberikan damage dari lini paling belakang. Dikarenakan range serangannya jauh, maka hero gold lane harus selalu berada di belakang roamer ataupun offlaner supaya dia dapat melakukan serangan dengan bebas. 

Jangan sekalipun sampai terpisah ataupun jauh dari posisi rekan satu tim, sebab hal tersebut pasti akan dimanfaatkan oleh tim musuh untuk membunuh hero kalian dengan mudah.

***

Itulah beberapa tips dan trick dari saya untuk menjadi seorang gold laner yang baik. Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini merupakan murni berasal dari opini saya pribadi sebagai player Mobile Legends. Oleh karena itu, bila ada dari kalian yang ingin menambahkan, silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Cara Menjadi Gold laner Mobile Legends yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel