5 Faktor Utama Dibalik Kesuksesan Game Genshin Impact - Teh90blog

5 Faktor Utama Dibalik Kesuksesan Game Genshin Impact

5 Alasan Populernya Game Genshin Impact

Perkembangan industri game di era sekarang bisa terbilang sulit diprediksi. Pasalnya, setiap tahun ada banyak sekali game baru yang memiliki gebrakan besar baik dari segi gameplay, fitur, atau kualitas grafis yang bagus untuk menarik banyak player-nya.

Salah satu contohnya yaitu game yang akan saya bahas dalam postingan ini. Yap, seperti yang udah terpampang di judul, kali ini saya akan membahas sepak terjang kesuksesan dari game Genshin Impact yang kesuksesannya bahkan belum memudar sedikitpun sampai sekarang.

Genshin Impact merupakan game besutan developer MiHoYo yang dirilis pada 28 September 2020. Semenjak perilisannya, game ini memiliki hype yang sangat tinggi berkat konsep gameplay dan kualitas grafisnya yang tergolong "terlalu bagus" untuk dijalankan di perangkat sekelas mobile.

Kesan mewah yang dibawakan dalam game ini seolah tidak mengkhianati popularitasnya. Terbukti melalui data SensorTower di sepanjang tahun 2021, Genshin Impact mencatatkan namanya sebagai game mobile terbaik pada ajang The Game Awards 2021 dengan total penghasilan sekitar USD 1,8 Milyar atau sekitar IDR 25 trilyun dari perangkat mobile. Ingat ya, penghasilan sebesar itu berhasil didapatkan MiHoYo dari perangkat mobile saja, belum ditambah dari platform lainnya yang menurut saya angkanya tidak akan kecil juga.

Data Survey SensorTower

Bisa kalian bayangkan, bagaimana bisa game yang belum ada setahun dari masa perilisannya langsung meraih keuntungan sebanyak itu. Lantas, apa saja faktor dibalik kesuksesan dari game Genshin Impact ini? Berikut penjelasannya:


1. Kualitas Grafis yang Over the Top

Kualitas Game Genshin Impact yang Bagus

Kesuksesan dari sebuah game pastinya tak akan lepas dari bagusnya kualitas grafis yang ditampilkan. Dalam game Genshin Impact ini contohnya, kualitas grafisnya bisa dibilang paling top di masa sekarang untuk sekelas game di perangkat mobile.

Game ini menampilkan dunia fantasy yang luasnya nggak main - main. Saking luasnya, map yang ada di game ini tidak bisa kalian akses secara langsung, melainkan secara bertahap melalui berbagai quest dan story yang telah berhasil kalian selesaikan.

Selayaknya seperti dunia fantasy, semua environment yang ada di game ini tampil dengan desain yang sangat indah dan kompleks. Kalian sebagai player dibebaskan untuk melakukan apa saja, berkunjung kemana saja, bahkan juga bisa berinteraksi dengan semua NPC yang kalian temui di tengah jalan.

Fitur - Fitur yang mendetail lainnya, seperti cuaca, pergantian siang dan malam, semuanya ditampilkan dengan detail dalam game ini. Pokoknya, selama main game Genshin Impact ini, kalian sebagai player tuh akan benar - benar seutuhnya dibawa ke dunia fantasy yang indah seperti dalam cerita anime - anime gitu.


2. Tersedia di Berbagai Jenis Platform

MiHoYo sebagai developer nampaknya memang sudah mengatur rencananya dengan pasti tentang bagaimana cara membuat game buatannya dimainkan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu caranya yaitu merilis game-nya di berbagai platform besar sekaligus, seperti Android, iOS, Windows, dan PlayStation 4.

Tak hanya itu, di tahun berikutnya setelah masa perilisannya, tepatnya pada 28 April 2021 game ini secara resmi juga dirilis di PlayStation 5.

Dengan banyaknya pilihan platform tersebut, Genshin Impact secara tidak langsung memudahkan akses para player untuk memainkan game-nya, sekaligus untuk menarik minat para player baru dari berbagai jenis platform yang berbeda dengan sangat mudah. Entah kalian pengguna Android, iOS, PC, ataupun PlayStation, semuanya bisa memainkan game ini tanpa terkendala sedikitpun.


3. Gameplay yang Interaktif

Gameplay yang Interaktif

Salah satu keunggulan Genshin Impact dari game RPG Open World lainnya adalah betapa interaktifnya berbagai environment yang ada di dalam game ini kepada para player-nya. Contohnya saja, kalian sebagai player benar - benar dibebaskan untuk melakukan apapun di dalam game ini selayaknya berada di dunia fantasy.

Genshin Impact juga dibekali dengan fitur Gliding Wind yang membuat karakter kalian dapat bebas lagi meluncur kesana kemari untuk mengakses area yang terpencil sekalipun melalui udara.

Tak cukup sampai disitu saja, dunia yang ditampilkan dalam game ini juga dibuat dengan sangat realistis. Mau kemanapun karakter kalian pergi, areanya tuh tidak pernah kosong, selalu saja ada berbagai hal yang bisa berinteraksi dengan karakter kalian, mulai dari buah - buahan, tanaman, hewan liar, camp Hillicurl, dan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kalian jelajahi sendiri.

Sama halnya dengan area map nya yang luas, Genshin Impact juga memiliki banyak sekali area dungeon yang bisa kalian akses untuk mendapatkan resource tertentu yang bisa digunakan untuk meningkatkan karakter ataupun senjata. 

Ada banyak sekali jenis dungeon yang bisa diakses, dan enaknya lagi kalian bisa menjelajahi dungeon tersebut dengan teman kalian melalui fitur Co-Op agar dapat mengalahkan musuh - musuhnya dengan lebih mudah.

Genre RPG yang dibawakan juga rasanya tidak ada yang nanggung sedikitpun. Kompleksnya fitur upgrade karakter dan senjata menjadi salah satu contoh yang dapat terlihat dari penerapan genre RPG dalam game Genshin Impact ini. Kalian dengan mudahnya memperoleh senjata baru dengan berbagai efek khusus yang nantinya bisa ditingkatkan untuk meningkatkan kekuatannya secara drastis.

Berbagai komponen yang digunakan untuk melakukan upgrade senjata dan karakter juga tidak bisa kalian temukan secara ngasal, kalian harus tahu terlebih dahulu mana komponen yang mau kalian peroleh, lalu cari dungeon atau daerah tempat dimana komponen tersebut berada. Jadi, kalian juga harus tahu betul bagaimana cara memperoleh sebuah komponen khusus agar karakter dan senjata kalian dapat ditingkatkan dengan lebih mudah.

Selain itu, ada juga efek perpaduan elemen yang merupakan fitur yang paling saya sukai dari game ini. Sebagai contoh, jika ada elemen Pyro (api) berpadu dengan elemen Frozen (es), maka serangan kalian mengeluarkan efek melt yang akan meningkatkan jumlah damage dalam serangan berikutnya. Ada juga efek dari elemen Electro yang jika terkena musuh yang basah (wet), maka serangannya akan menyebar layaknya sengatan listrik yang ada di dunia nyata.


4. Cerita yang Menarik

Selayaknya berada di dunia fantasy, kalian sebagai karakter utama juga akan menemukan berbagai konflik yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan utama, yaitu mencari adik kandung kalian yang hilang.

Cerita yang disajikan dalam game Genshin Impact ini memiliki alur yang bercabang - cabang dan ditampilkan dengan sangat lambat. Namun uniknya, setiap fase ceritanya selalu menarik buat kalian ikutin. Sekalipun alurnya berjalan dengan sangat lambat, dengan banyaknya konflik yang ada di sepanjang cerita membuat alurnya semakin sulit untuk ditebak.

Tak hanya itu, game ini juga menampilkan cerita sampingan yang tak kalah seru juga untuk kalian nikmati. Berbagai interaksi yang kalian lakukan dengan NPC yang ada di suatu wilayah nantinya seringkali akan memunculkan berbagai quest khusus. Nah dari situlah nanti cerita sampingannya akan dimulai, contohnya seperti mencari ayah yang hilang di kaki gunung, membantu penjaga membersihkan camp Hillicurl, menyampaikan surat ke benua lain, dan masih banyak yang lainnya.

Quest yang harus kalian lakukan setiap harinya juga terkesan sangat inovatif, jarang sekali ada quest yang sifatnya repetitif, sehingga kalian sebagai player seakan benar - benar ikut menyelesaikan masalah yang ada di dalam dunia fantasy Genshin Impact.


5. Komunitas yang Solid

Komunitas Genshin Impact yang Solid

Komunitas game Genshin Impact merupakan salah satu komunitas game terbesar di era sekarang. Buktinya, di tahun 2021 lalu, Genshin Impact menjadi game yang paling banyak dibicarakan di Twitter, membuktikan bahwa game ini memang memiliki komunitas yang snagat solid dimana pembahasan antar sesama player Genshin Impact dilakukan secara terus - menerus tanpa henti.

Hal tersebut terasa masuk akal, sebab segala hal yang ada dalam game Genshin Impact ini memang bisa dijadikan sebagai topik dari sebuah diskusi. Contohnya saja, pengetahuan tentang perpaduan elemen untuk menghasilkan efek tertentu ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kalian harus memadukan elemen yang tepat untuk menghasilkan damage yang besar, dan itu sangat menarik untuk didiskusikan sesama player Genshin Impact.

Kompleksnya dunia fantasy di Genshin Impact sekali lagi menjadi faktor utama mengapa game ini selalu menarik untuk dibicarakan. Setiap player seakan diwajibkan untuk mempelajari berbagai hal yang ada dalam game ini agar dapat memperoleh pengalaman bermain yang lebih menarik lagi. Semakin kompleks sebuah game, maka semakin menarik juga game tersebut untuk terus dimainkan, karena akan ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari oleh para player-nya.

***

Menurut saya pribadi, Genshin Impact merupakan game RPG Open World paling inovatif di tahun ini mengingat ada besarnya daya tarik dan potensi yang dimiliki oleh game ini. Besarnya ukuran game-nya dan tingginya spesifikasi yang dibutuhkan sangat sepadan dengan puasnya pengalaman bermain saat memainkan game ini. Rasanya tuh emang beneran dibawa ke dunia fantasy, jadi sekalinya main kek gak pernah bosen aja gitu, soalnya di dalam game-nya ada banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan.

Sekian pembahasan saya mengenai 5 faktor utama penyebab kesuksesan game Genshin Impact. Perlu kalian ingat bahwa isi dari postingan ini sepenuhnya merupakan opini saya pribadi sebagai salah satu player Genshin Impact, walaupun cuma beberapa minggu doang mainnya. Maka dari itu, jika ada tambahan dari kalian para player Genshin Impact yang lebih pro, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "5 Faktor Utama Dibalik Kesuksesan Game Genshin Impact"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel