Plants vs Zombies 2, Seri Game PvZ yang Wajib Kalian Coba - Teh90blog

Plants vs Zombies 2, Seri Game PvZ yang Wajib Kalian Coba

Review Game Plants vs Zombies 2

Siapa sih yang nggak kenal dengan game Plants vs Zombies? Game ini memang sudah menjadi ikonik sejak awal kemunculannya, khususnya buat anak generasi awal tahun 2000-an, era dimana warnet masih merajalela.

Sejak seri pertamanya, Plants vs Zombies memang sudah menjadi salah satu game yang diminati oleh banyak orang. Konsep gameplay-nya yang mudah dipahami, karakternya yang lucu, lengkap dengan berbagai fitur yang dulu masih terbilang fresh di jamannya. Game ini dulu juga terkenal sangat ringan untuk dimainkan, sehingga komputer dengan spek rendah pun bisa menjalankannya dengan lancar.

Seiring berkembangnya industri game, PopCap Games, sang developer, akhirnya mulai mengembangkan game mereka yang paling ikonik ini dengan meluncurkan sebuah sequel. Uniknya, sequel dari game Plants vs Zombies ini hanya tersedia di platform android dan IOs, tak seperti game pendahulunya yang dirilis di platform Windows. Nampaknya PopCap Games dan EA ingin mengincar market yang lebih luas, makanya game ini dirilis di platform mobile yang notabene memiliki jangkauan market yang besar dan lebih mudah diakses oleh banyak orang.

Masih dengan konsep yang sama seperti game pertamanya, dalam game Plants vs Zombies 2 ini kalian sebagai player diharuskan mengatur berbagai tanaman dalam bidang area yang telah tersedia untuk menghadang gelombang zombie yang berdatangan. 

Akan tetapi, selain mempertahankan ciri khas dari gameplay-nya, game Plants vs Zombies 2 ini juga memberikan lebih banyak fitur baru yang tentunya membuat variasi gameplay-nya lebih menantang dan menarik untuk kalian mainkan. Lantas, faktor apa saja yang membuat game ini layak buat kalian mainkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


SINOPSIS

Game Plants vs Zombies 2 menceritakan tentang Dave, tetangga sang karakter utama, yang ingin menikmati Taco-nya sekali lagi dengan cara kembali ke masa lalu melalui sebuah mesin waktu. Namun sayangnya, di tengah perjalanannya kembali ke masa lalu, Dr. Zombos merusak mesin waktu tersebut mmebuat Dave dan sang karakter utama terlempar jauh ke masa lalu di era kejayaan peradaban mesir.

Mau tidak mau, kini Dave dan sang karakter utama harus mengalahkan semua rintangan di peradaban tersebut agar bisa lanjut ke peradaban berikutnya hingga sampai ke masa depan dimana Taco miliknya berada.


FITUR GAME

1. Memiliki berbagai tema map yang berbeda berdasarkan timeline waktu

Tampilan Map PvZ 2 yang Beragam

Sejalan dengan plot utamanya yang mengusung konsep perjalanan waktu, berbagai map yang disajikan dalam game Plants vs Zombies 2 juga memiliki tampilan dan karakteristik yang berbeda - beda tergantung pada era yang dituju, contohnya seperti era Dinosaur, Egypt, Bajak Laut, Dark Ages, dan masih banyak era yang lainnya.

Tentu saja, di setiap era akan ada jenis plants dan zombies yang berbeda - beda juga. Jadi, kalian sebagai player tidak akan mudah bosan ketika memainkannya, karena setiap eranya berganti, maka terdapat strategi baru yang bisa kalian coba juga.


2. Plant Food

Plant Food

Plant Food merupakan sebuah power up khusus yang dapat kalian pakai kepada plants yang dipilih untuk memaksimalkan kekuatannya dalam waktu yang singkat, atau biasa disebut dengan skill ultimate di game - game MOBA.

Plant Food ini dapat kalian peroleh di tengah pertandingan setelah berhasil membunuh zombie tertentu, atau kalian juga bisa membelinya dengan harga 1000 gold untuk memperoleh 1 Plant Food secara instant.


3. Plant Boost

Tempat untuk Mendapatkan Plant Boost

Hampir sama seperti Plant Food, Plant Boost ini juga berguna untuk meningkatkan kekuatan plants kalian dalam waktu singkat. Hanya saja, bedanya plant boost ini hanya dapat kalian siapkan sebelum pertandingan dimulai.

Cara untuk mendapatkan Plant Boost pun sangat mudah, kalian hanya perlu menanam tanaman dalam menu bergambar pot yang ada di pojok kiri atas layar. Nah, setelah menanamnya, kalian hanya perlu menunggunya selama beberapa jam untuk memperoleh Boost yang sesuai dengan tanaman yang telah kalian tanam.

Ketika diaktifkan, setiap tanaman yang telah dibekali Plant Boost akan langsung mengeluarkan ultimate saat dia baru ditaruh ke dalam medan tempur. Akan tetapi, efek Plant Boost ini hanya dapat digunakan dalam satu match, jika match-nya telah usai, maka efek dari Plant Boost juga akan habis dan tak bisa dipakai lagi.

Maka dari itu, usahakan jangan sampai kalah saat tengah menggunakan Plant Boost, sebab jika kalian kalah, dalam kesempatan berikutnya kalian harus melawan para zombie tanpa bantuan Plant Boost yang sama lagi.


4. Power Up

Salah satu efek dari Power Up "Power Snow"

Untuk memudahkan kalian dalam membasmi gelombang zombie yang kuat, kalian dapat menggunakan berbagai macam power up yang dapat digunakan secara bebas kapan pun selama pertandingan berlangsung, dengan biaya gold tentunya.

Total ada 9 power up yang bisa kalian pakai, seperti Power Zap, Power Snow, Power Toss, Power Reveal Vase, dan masih banyak power up lainnya. 


5. Mode Arena

Tampilan Mode Arena

Mengikuti trend game di jaman sekarang, Plants vs Zombies 2 juga menghadirkan fitur online mode arena yang bisa kalian gunakan untuk beradu skill dengan player lainnya secara real time. Mode arena dalam game ini menggunakan sistem skor, yang mana kalian harus mengungguli skor pemain lain dalam waktu yang telah ditentukan untuk bisa memenangkan pertandingan. 

Walaupun sistem skor ini bisa dibilang sudah ketinggalan jaman, namun menurut saya hal ini masih cukup menarik, soalnya sudah jarang banget game sekarang yang pakai sistem seperti ini di mode online mereka.

Ada banyak sekali hadiah yang dapat kalian peroleh di mode Arena, mulai dari gold, diamond, plant seed, dll. Jadi, pastikan kalian memainkan mode ini agar dapat memperoleh banyak reward yang menarik.


SPESIFIKASI

Plants vs Zombies 2 merupakan game yang ringan, jadi tidak memerlukan spesifikasi smartphone yang tinggi untuk memainkannya.


KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Menampilkan Banyak jenis Plants dan Zombies yang baru
  2. Jenis Gameplay yang beragam
  3. Tidak membutuhkan banyak penyimpanan
  4. Bisa dimainkan secara offline
  5. Ada event menarik setiap harinya

Kelemahan

  1. Pop up iklan yang terkadang masih mengganggu
  2. Terlalu banyak micro transaction
  3. Fitur upgrade plants yang sangat susah


GAMEPLAY


Overall, game Plants vs Zombies 2 merupakan sebuah sequel yang sangat bagus dari franchise Plants vs Zombies. Hal tersebut jelas terlihat dari banyaknya improvement yang diberikan pada game ini, mulai dari segi gameplay, fitur, dll.

Selain memiliki improvement yang cukup besar, EA dan PopCap Games sebagai publisher dan developer dari game ini sampai sekarang juga masih rutin memberikan update, sehingga konten yang ada dalam game ini masih bisa terus dikembangkan untuk menyesuaikan dengan pesatnya perkembangan industri game di era sekarang.

Akan tetapi, hanya saja terdapat beberapa hal negatif di game ini yang bisa terbilang cukup serius, contohnya saja seperti micro transtaction yang terlalu banyak di dalam store in game. Mayoritas dari kalian tentu sudah paham kelakuan EA yang selalu saja menghadirkan micro transaction yang nggak masuk akal dalam setiap game buatannya, tak terkecuali dalam game Plants vs Zombies 2 ini. 

Lebih parahnya lagi, fitur micro transaction tersebut cukup mempengaruhi variasi mekanisme taktikal yang ada dalam game, sebab ada banyak sekali jenis plants baru yang hanya bisa dibeli menggunakan uang dan diamond.

Walaupun sebenarnya tanpa top up pun kalian sudah bisa menyelesaikan mode adventure-nya, namun tetap saja dengan banyaknya jenis plants yang tidak bisa didapatkan secara gratis membuat pilihan strategi dalam game ini cukup terbatas.

Fitur upgrade plants yang dihadirkan juga terkesan terlalu pay to win, sebab untuk mendapatkan seed plants yang banyak, mau tidak mau kalian harus melakukan top up yang banyak juga.

Saran saya sih daripada memasang banyak pilihan micro transaction, coba hadirkan saja event - event khusus pada setiap bulannya dengan hadiah plants baru, sehingga para player gratisan masih bisa menambah koleksi plants mereka. 

Hadirkan juga beberapa plants yang eksklusif agar para collector bisa mendapatkan priviledge khusus dengan mendapatkan beberapa plants premium tersebut, tapi jangan banyak, cukup beberapa plants saja mengingat ada banyak sekali player game Plants vs Zombies 2 ini yang masih anak anak yang notabene jarang melakukan top up.

***

Sekian review saya mengenai game Plants vs Zombies 2. Apabila ada yang ingin kalian tambahkan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "Plants vs Zombies 2, Seri Game PvZ yang Wajib Kalian Coba"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel