Kutas (Kupas Tuntas) Hero Karina: Skill, Build, Tips dan Trik, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Karina: Skill, Build, Tips dan Trik, dll

Kupas Tuntas Hero Karina

Siapa sih yang nggak kenal sama hero assassin yang satu ini? Entah kalian player baru maupun player old seperti saya pasti tau lah ya sama hero bernama Karina, soalnya Karina ini merupakan salah satu hero generasi awal yang sudah ada sejak Mobile Legends belum sepopuler seperti sekarang.

Dulu, Karina sangat terkenal sekali sebagai hero "tukang nyampah", karena setiap Karina melakukan last hit, semua cooldown skillnya langsung di reset.

Oleh karena itu, title "tukang nyampah" kala itu sangat membekas pada hero Karina yang emang hobinya nyampah kill temen. 

Karina dulu nggak bisa nyicil musuh kayak sekarang, karena damage pasifnya hanya geli - geli doang, makanya Karina dulu hanya bisa mengandalkan ultimate buat last hit dan skill 1 buat kabur.

Kegunaan Karina yang bisa nyampah doang itu akhirnya membuatnya jarang sekali dipakai dalam match, baik dalam match ranked ataupun turnamen, hingga pada akhirnya Moonton mulai memberikan perhatian lebih kepada Karina dengan melakukan revamp

Setelah terkena revamp, Karina langsung meninggalkan title "tukang nyampah" dan beralih fungsi sebagai seorang jungler yang cukup mematikan.

Bahkan, selama beberapa bulan ini, Karina sangat populer dengan item full defense yang kemudian dijuluki dengan META Karina tank. 

Namun beberapa waktu setelahnya, damage pasif dari Karina yang terlalu broken pada akhirnya diubah oleh Moonton, sehingga power dari Karina tank jauh mengalami penurunan jika dibandingkan dengan versinya saat baru saja terkena revamp.

Walaupun begitu, sampai sekarang ini, Karina tank masih menjadi hero jungler yang cukup dominan dipakai berkat efek burst damage-nya yang sangat besar di fase early game. Mobilitasnya yang tinggi serta kemampuan farming-nya yang cepat juga sangat mendukungnya untuk menjadi seorang jungler tank.

Nah, biar kalian lebih paham lagi mengenai power hero dari Karina ini, mari langsung simak saja pembahasan lengkapnya berikut:


A. ATRIBUT & SKILL

Skill Pasif "Shadow Combo"

Serangan ketiga Karina kepada target yang sama akan memberikan efek True Damage sebesar 7 (+2% total magic power)% dari HP yang hilang ditambah 50. Jika target merupakan hero lawan, maka Karina dapat mengurangi cooldown skill non-ultimate miliknya sebanyak 1,5 detik.

Shadow Combo dapat memberikan hingga 2000 true damage kepada creep.

Skill pasif Karina inilah satu - satunya faktor yang membuatnya sangat over power di early game, sebab efek true damage yang besar dapat dimanfaatkan Karina untuk melakukan farming dengan cepat.


Skill 1 "Dance of Blades"

Skill 1 "Dance of Blades" Karina

Karina terus mengayunkan kedua pedangnya selama 3,5 detik. Selama durasi itu berlangsung, Karina memperoleh tambahan 45% movement speed dan dapat memblokir semua basic attack yang dikeluarkan oleh lawan, memberikan 100 (30% total magic power) kepada si penyerang. 

Efek dari Dance of Blades dapat langsung diakhiri dengan basic attack dan Shadow Combo. Namun sebagai gantinya, basic attack berikutnya akan memberikan 180 (55% total magic power) critical magic damage dan menyebabkan 45% efek slow kepada target selama 1 detik.

Dengan efeknya yang sangat kompleks, skill 1 Karina ini menjadi skill yang paling multifungsi. Mengapa? Karena Karina dapat menggunakan skill ini untuk menyerang maupun bertahan. 

Saat menyerang, Karina dapat memanfaatkan kombo skill 1 dengan basic attack untuk langsung memberikan critical damage yang tinggi. 

Sementara itu, jika digunakan untuk bertahan, maka Karina dapat memanfaatkan tambahan movement speed dari skill 1 ini untuk kabur dari kejaran musuh (Dengan catatan jangan gunakan skill ataupun basic attack saat sedang berlari, karena itu semua dapat langsung membatalkan efek dari skill 1 ini).


Skill 2 "Dance of Death"

Skill 2 "Dance of Death" Karina

Karina mengayunkan kedua pedangnya, memberikan 375 (+125% total magic power) kepada lawan di sekitarnya.

Dance of Death menjadi skill yang bagus untuk memberikan burst damage yang besar kepada lawan, sekaligus memancing pasif untuk menimbulkan efek true damage. 

Oiya, skill 2 Karina ini juga memiliki efek area damage, jadi usahakan pergunakan sebaik mungkin untuk dapat memberikan damage ke banyak musuh sekaligus.


Skill 3 "Shadow Assault"

Skill 3 "Shadow Assault" Karina

Karina menerjang hero lawan, memberikan 450 (+160% total magic power) dan meninggalkan shadow mark kepada lawan serta meninggalkan shadow form tepat di belakang lawan, kedua efek ini berlangsung selama 5 detik.

Jika musuh yang memiliki shadow mark terbunuh, maka cooldown ultimate Karina akan langsung di-reset

Karina juga dapat menggunakan fase kedua dari ultimate ini untuk langsung melesat ke arah shadow form berada dan memberikan damage lagi kepada lawan.

Sebagai seorang assassin, skill ultimate inilah yang menjadi senjata utama bagi Karina untuk langsung menerjang musuh dengan sangat cepat. 

Area target dari Shadow Assault yang cukup luas sangat efektif digunakan Karina untuk langsung menarget hero backline musuh dengan mudah.


B. BUILD

Rekomendasi Item Build Karina

Build dari karina akan saya bagi ke dalam 2 bagian, yaitu build karina damage dan karina tank. Walaupun di META sekarang mungkin build Karina tank lebih populer, namun harus kalian tahu juga bahwa dalam beberapa kondisi tertentu, build Karina damage jauh lebih efektif untuk digunakan.

Kapan harus menggunakan Karina dengan build damage?
Karina dengan build damage sangat efektif digunakan jika hero musuh cenderung memiliki persentase HP yang sedikit, khususnya jika musuh tidak ada hero tank sama sekali. 

Build Karina damage memiliki burst damage yang sangat tinggi, sehingga besar kemungkinannya untuk membunuh semua musuh dengan cepat jika mereka tidak memiliki HP yang tebal. 

Oiya, perlu kalian ingat juga bahwa Karina damage akan sangat lemah ketika sudah masuk ke fase late game, sehingga diperlukan timing yang tepat saat akan masuk ke dalam war, agar tidak rentan terkena comeback.

Kapan harus menggunakan Karina build tank?
Berbanding terbalik dengan Karina damage, Karina dengan build tank sangat cocok kalian gunakan jika musuh menggunakan hero - hero yang tebal, ataupun hero dengan banyak efek crowd control, sebab Karina tank memiliki HP yang tebal sehingga dia lebih survive saat melakukan serangan dan dapat lebih leluasa dalam memberikan damage poke kepada musuh.

Karina tank juga sangat bagus digunakan untuk mengambil objektif dengan lebih mudah, sebab nantinya emblem yang digunakan yaitu emblem jungle dengan talent "Demon Slayer" untuk memudahkan Karina dalam memenangkan duel retribution saat berebut lord ataupun turtle.


EMBLEM

KARINA DAMAGE

Emblem Mage

Untuk Karina damage, saya sangat menyarankan kalian menggunakan emblem mage untuk meningkatkan persentase magic damage yang dimiliki oleh Karina.

Talent Diskon

Untuk talent emblemnya, saya menyarankan kalian untuk menggunakan talent "Demon Slayer", sebab dengan talent ini item Karina akan lebih cepat jadi, sehingga besarnya damage burst yang ada dapat digunakan untuk membantai semua hero musuh sejak fase early game.

KARINA TANK

Emblem Jungle

Emblem jungle sangat direkomendasikan bagi Karina tank, sebab emblem ini dapat membantu Karina dalam mengamankan objektif dengan lebih cepat sekalipun dia menggunakan full item defense.

Talent Sawi

Untuk talent emblem-nya, saya merekomendasikan kalian menggunakan talent "Demon Slayer" untuk membuat Karina lebih aman saat melakukan adu retribution dengan musuh. 

Semakin tebal nyawa yang dimiliki Karina, maka semakin mudah juga dia untuk memenangkan adu retribution, karena besarnya damage dari retribution akan bergantung pada jumlah bar HP hero kalian ketika menggunakan talent emblem yang satu ini.


ITEM

KARINA TANK

1. Tough Boots

Tough Boots memiliki efek 10% crowd control reduction yang sangat efektif digunakan Karina tank untuk bisa lepas dari efek crowd control yang diberikan oleh musuh. 

Selain itu, adanya atribut magic defense yang ada pada item ini secara otomatis membuat Karina lebih tebal untuk menangkis damage burst dari hero mage musuh.

2. Cursed Helmet

Satu - satunya efek dari item Cursed Helmet yang sangat berguna bagi Karina terdapat pada pasifnya, "Burning Soul" yang dapat memberikan efek burn kepada musuh secara terus - menerus selama hero tersebut berada di dekat Karina. 

Walaupun efek burn-nya tidak begitu besar, namun efek itu sudah cukup untuk meningkatkan persentase poke damage yang diberikan oleh Karina tank.

3. Guardian Helmet

Guardian Helmet merupakan item defense yang dapat memberikan HP tambahan yang besar bagi Karina. Yap, dengan item ini, Karina secara otomatis mendapatkan tambahan 1550 HP sehingga membuatnya sangat tebal saat berada di tengah - tengah team fight.

Selain itu, Guardian Helmet juga dibekali dengan HP regen yang besar untuk mempermudah Karina saat melarikan diri dari kejaran musuh.

4. Athena Shield

Athena Shield menjadi item yang paling efektif bagi Karina untuk menghadapi damage burst dari hero mage musuh berkat efek pengurangan 25% magic damage.

Athena Shield sangat efektif untuk digunakan sebagai counter bagi Pharsa, Harley, Eudora, Lylia, ataupun hero mage burst lainnya.

5. Blade Armor

Jika sebelumnya Athena Shield digunakan untuk counter hero mage, maka sekarang giliran Blade Armor yang harus kalian beli untuk menjadi counter bagi hero physical, khususnya marksman.

Item ini memiliki efek pasif "Bladed Armor" yang dapat membalikkan 25% damage basic attack yang diberikan oleh musuh. 

Dengan kata lain, semakin banyak basic attack musuh yang kalian terima, maka makin besar juga damage yang akan diterima oleh musuh pada saat itu juga.

Blade Armor sangat bagus untuk menjadi counter bagi hero DPS seperti Miya, Moskov, Kimmy, Karrie, dan Natan.

6. Immortality

Immortality merupakan item terakhir Karina tank yang nantinya digunakan untuk menambah durabilitas Karina saat sudah memasuki fase late game.

Selain itu, Immortality juga dapat membuat mental kalian meningkat untuk lebih berani melakukan team fight.


KARINA DAMAGE

1. Arcane Boots

Arcane Boots menjadi item sepatu yang paling worth it digunakan untuk Karina damage, sebab item ini dapat meningkatkan persentase penetration damage dari Karina sejak fase early game.

2. Genius Wand

Genius Wand merupakan item magical yang sangat efektif digunakan untuk melemahkan para tanker berkat efek penetration-nya yang cukup tinggi. 

Namun jika kalian tidak berniat menggunakan item ini, maka ganti saja dengan Divine Glaive, sebab item tersebut juga dapat memberikan magic penetration yang tinggi.

3. Calamity Reaper

Calamity Reaper digunakan Karina untuk meningkatkan efek true damage yang ada pada skill pasifnya. 

Dengan menggunakan Calamity Reaper, Karina dapat meningkatkan true damage-nya sebesar 120% hanya dengan melakukan basic attack.

4. Holy Crystal

Untuk melenyapkan hero musuh dalam sekali combo, maka kalian membutuhkan item dengan magic power yang besar, dan Holy Crystal menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi opsi tersebut.

Holy Crystal memiliki atribut berupa +100 magic power yang secara otomatis dapat membuat persentase damage magical Karina meningkat secara drastis. 

Jika Karina kalian telah memiliki Holy Crystal, maka jangan takut untuk memangsa hero - hero yang empuk seperti marksman dan mage, sebab mereka sudah dipastikan akan langsung lenyap dalam sekali combo skill saja.

5. Feather of Heaven

Agar Karina lebih survive di dalam team fight, maka dia harus dibekali dengan efek lifesteal yang menjadi spesialisasi dari item Feather of Heaven ini.

Feather of Heaven memiliki efek pasif "Affliction" yang dapat menimbulkan efek lifesteal setiap melakukan basic attack

Efek lifesteal ini sangat krusial bagi Karina, sebab durabilitasnya tidak terlalu tinggi sehingga penting bagi Karina mendapatkan lifesteal untuk meningkatkan durabilitasnya ketika berada di dalam team fight.

6. Blood Wings

Blood Wings menjadi item penutup yang bagus bagi Karina damage berkat efek pasifnya yang dapat memberikan armor yang setara dengan 200% magic power yang diperoleh dari item. 

Maka dari itu, semakin banyak item magic damage yang dibeli oleh Karina, maka makin besar juga armor yang nantinya ia dapatkan dari item ini.

Blood Wings dapat menjadi item defense sekaligus offense, sebab selain memberikan armor, item ini juga akan memberikan tambahan +150 magic power yang dapat digunakan Karina untuk meningkatkan burst damage yang dimilikinya.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan dan Kelemahan Karina

KELEBIHAN

  • Mobilitasnya tinggi

Sebagai seorang assassin, Karina dibekali dengan mobilitas yang cukup tinggi, sehingga memudahkannya untuk melakukan roaming dan farming di fase early game.

Tingginya mobilitas yang dimiliki Karina juga memudahkannya untuk lari dari kejaran musuh saat berada di kondisi yang kurang menguntungkan.

  • Cepat melakukan farming

Efek true damage yang ada pada skill pasif Karina saat menguntungkannya untuk melakukan farming

Bahkan sekalipun semua item Karina berupa item defensif, true damage yang diberikannya kepada creep masih tetaplah besar, sehingga membuatnya lebih cepat melakukan farming jika dibandingkan dengan hero hyper tank lainnya.

  • Memiliki burst damage yang sangat tinggi

Jika kalian menggunakan Karina damage, maka faktor inilah yang sangat menentukan, karena kalian bisa memberikan burst damage yang sangat besar untuk membuat musuh langsung tewas sebelum dia sempat kabur.

Damage burst yang dimiliki Karina dengan build damage memang tidak main - main. Sekali combo saja, kalian sudah pasti dapat membunuh hero dengan HP yang rendah seperti marksman ataupun mage.

Didukung juga dengan skill ultimate yang langsung ter-reset saat memperoleh kill/assist, maka jangan heran jika Karina damage akan sangat mudah mendapatkan triple kill.


KELEMAHAN

  • Minim skill escape

Kelemahan inilah yang sangat berasa ketika menggunakan Karina, karena saat sudah berada ke dalam team fight Karina hanya dapat mengandalkan skill 1 "Dance of Blades" untuk bisa lari dari kejaran musuh. 

Jika skill 1 Karina tersebut masih cooldown, maka tamatlah sudah riwayanya, karena dia tidak memiliki satupun skill dash/blink.

Oleh karena itu, sebisa mungkin pergunakan skill 1 Karina dengan baik, sebab hanya dengan skill itulah Karina dapat lari dan keluar dari team fight.

  • Sangat lemah terhadap efek CC

Ya gimana mau menang lawan efek crowd control kalo skill blink aja gapunya.

Karina memang sangat lemah jika harus berhadapan dengan hero crowd control, karena Karina tidak memiliki skill dash untuk lepas dari efek crowd control tersebut.

Maka dari itu, hero - hero dengan efek crowd control yang banyak, seperti Ruby, Kufra, Atlas, Chou, dan Paquito dapat menjadi counter yang bagus bagi Karina.


D. EFEKTIVITAS KARINA

Efektivitas Karina

Karina sangat kuat untuk melawan sebagian besar hero marksman dan mage, seperti contohnya Moskov, Pharsa, Clint, Xavier, dll.

Sementara itu, Karina cenderung sangat lemah ketika berhadapan dengan hero tank initiator ataupun yang memiliki banyak efek crowd control, seperti contohnya Kufra, Ruby, Gatotkaca, dan Baxia.


E. 5 TIPS DASAR BERMAIN KARINA

Tips Bermain Karina

1. Maksimalkan penggunakan skill 1 "Dance of Blades" untuk melakukan roaming

Skill 1 "Dance of Blades" Karina merupakan skill yang sangat krusial, karena dengan skill ini Karina dapat immune terhadap basic attack lawan, sekaligus dapat meningkatkan mobilitasnya secara instan.

Tambahan movement speed yang Karina peroleh dari skill ini dapat digunakannya untuk melakukan roaming dengan cepat sejak fase early game.

Oleh karena itu, usahakan tingkatkan dulu skill ini untuk meningkatkan mobilitas Karina dalam melakukan rotasi dan roaming.

2. Jangan takut melakukan serangan saat fase early game

Karina merupakan hero yang sangat unggul di fase early game berkat adanya efek true damage dari skill pasifnya.

Efek true damage itu juga yang membuat damage Karina terasa sakit sekalipun itemnya belum jadi.

Maka dari itu, berbekal dengan true damage tersebut, jangan pernah takut untuk melakukan pressing sejak fase early game, sebab power dari Karina cenderung sangat kuat saat masih berada di fase early game.

3. Gunakan ultimate untuk langsung menyergap ke arah lawan yang dituju

Skill ultimate Karina menjadi tumpuan serangan yang sangat efektif untuk melakukan lock terhadap hero tertentu. 

Saran saya, gunakan ultimate Karina ini untuk menyergap hero backline musuh, seperti hero mage dan marksman saat berada di dalam team fight.

Jangan lupa juga gunakan fase kedua dari ultimate Karina untuk memberikan damage tambahan, atau bisa juga kalian gunakan untuk mengecoh musuh.

4. Selalu dapatkan objektif semaksimal mungkin

Tingginya mobilitas yang dimiliki Karina memungkinkannya untuk memaksimalkan objektif dengan lebih cepat. 

Terlebih lagi, jika kalian menggunakan Karina tank, maka penguasaan objektif akan lebih terjamin lagi.

Perlu kalian ingat lagi bahwa Karina merupakan hero yang sangat lemah saat memasuki fase late game, sehingga penting bagi kalian untuk memaksimalkan perolehan objektif secepat mungkin untuk menghindari kemungkinan comeback.

5. Gunakan skill 1 untuk menangkis damage basic attack dari musuh

Sudah saya singgung di poin pertama bahwa skill 1 "Dance of Blades" Karina dapat digunakan untuk menangkis damage basic attack yang dikeluarkan oleh musuh. 

Nah, jika berhadapan dengan hero yang mengandalkan serangannya pada basic attack, seperti hero marksman, sebisa mungkin gunakan skill 1 Karina dengan sangat hati - hati untuk memaksimalkan efeknya.

Jangan lupa juga beli item Blade Armor untuk menambah persentase pembalikan damage basic attack yang diterima oleh Karina.

***

Jadi, bagaimana sekarang? Apakah kalian sudah bisa menggunakan Karina? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai hero ini di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

1 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Karina: Skill, Build, Tips dan Trik, dll"

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel