Review Game Cooking Fever, Game Simulasi Memasak Paling Adiktif! - Teh90blog

Review Game Cooking Fever, Game Simulasi Memasak Paling Adiktif!

Review Game Cooking Fever

Cooking Fever merupakan sebuah game simulasi memasak yang dikembangkan oleh Nordcurrent, sebuah perusahaan game yang berasal dari negara Lithuania. Sejak masa perilisannya pada 27 September 2014, Cooking Fever telah mendapatkan predikat sebagai game simulasi memasak paling populer dengan akumulasi unduhan sebanyak 100 juta kali pada tahun 2017.

Tak hanya itu, pada tanggal 1 Desember 2017, game ini juga sempat bekerja sama dengan Coca - Cola, dimana dalam konten game-nya pemain dapat menjual minuman Coca - Cola resmi yang telah dihadirkan dalam game. Namun sayangnya, kerja sama ini hanya berlangsung satu tahun dan tak pernah dihadirkan kembali.

Perjalanan game Cooking Fever tak berhenti disitu saja. Terbukti bahwa pada tahun 2019, game ini meningkatkan animasi pelanggan yang dibuat menjadi lebih halus dan interaktif untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Saya sendiri sebenarnya sudah pernah memainkan game ini sejak tahun 2016-an. Kala itu, saya memainkan Cooking Fever di handphone saudara saya dan game ini memang bisa dibilang cukup inovatif pada jaman itu, karena ada banyak sekali fitur yang ditampilkan sehingga membuat saya yang memainkannya tidak mudah bosan.

6 tahun sudah berlalu dan saya akhirnya memutuskan untuk mengunduh lagi game Cooking Fever ini, ya itung - itung buat nostalgia sama buat konten review game kali ini. Nah, dari pengalaman saya bermain game Cooking Fever ini lagi selama beberapa minggu, terdapat beberapa hal yang mau saya tulis. Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasannya:


A. Fitur Game

1. Menampilkan Beragam Restoran

Restoran

Namanya game simulasi memasak, tentu saja tidak bisa lepas dari kata restoran. Restoran adalah tempat yang penting dalam game memasak, karena tiap restoran akan memunculkan ciri khasnya dalam bentuk menu makanan. Nah, untungnya, dalam game Cooking Fever ini terdapat banyak restoran yang dapat kalian jelajahi, mulai dari restoran cepat saji, toko roti, restoran sushi, toko rock 'n roll, dan masih banyak lagi.

Setiap restoran tersebut juga memiliki banyak sekali level yang secara otomatis membuat progres dari game ini tidak mudah untuk diselesaikan dalam waktu singkat. Berbagai restoran yang ada juga dapat membuat kalian tidak modah bosan, kalaupun kalian sudah bosan dengan satu restoran, tinggal buka saja restoran lainnya untuk membuka berbagai menu makanan yang berbeda, dan nikmati gameplay yang berbeda juga. 

Contohnya saja di awal permainan nanti kalian akan diberikan sebuah resto cepat saji yang memiliki menu utama burger dan hot dog. Jika kalian sudah bosan memasak burger dan hotdog, maka kalian bisa pindah ke restoran lain untuk mendapatkan pengalaman memasak di menu makanan yang lain.


2. Bangunan Interior Restoran yang dapat Ditingkatkan

Interior Restoran

Cooking Fever tak hanya menuntut kalian untuk memasak, namun game ini juga menuntut kalian untuk meningkatkan restoran agar mendapatkan pengunjung dan uang tip yang banyak, serta mendapatkan waktu tunggu yang lebih lama. 

Ada beragam bangunan interior restoran yang dapat kalian tingkatkan, seperti kursi pelanggan, televisi, sound system, vas, bola disko, dll. Semua interior ruangan itu nantinya akan memengaruhi waktu tunggu serta uang tip yang diberikan pelanggan kalian. Semakin bagus interior yang ada, maka makin betah juga pengalaman yang akan didapatkan oleh pelanggan, sehingga peluang kalian untuk menyelesaikan level yang sulit akan terasa makin mudah.


3. Peningkatan Dapur

Peningkatan Dapur

Selain bangunan interior restoran yang dapat ditingkatkan, Cooking Fever juga memiliki fitur peningkatan peralatan dapur yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam mengurangi waktu memasak. Semakin tinggi level peralatan dapur kalian, maka makin cepat juga penyajiannya sehingga kalian dapat lebih mudah menangani banyaknya pelanggan yang datang dengan lebih cepat.

Selain itu, terdapat juga peningkatan pada bahan makanan yang akan disajikan untuk mematok harga yang lebih tinggi guna meningkatkan pendapatan restoran secara signifikan.


4. Banyak Bonus Hadiah

Bonus Hadiah

Dikarenakan ada banyak sekali interior serta peralatan dapur yang dapat ditingkatkan, maka ada banyak juga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade tersebut guna menyelesaikan level dengan cepat.

Untungnya, game Cooking Fever ini memiliki banyak sekali hadiah bonus hadiah yang memudahkan kalian untuk mendapatkan uang guna melakukan berbagai upgrade. Ada setidaknya 3 bonus hadiah yang saya temukan dalam game ini yang diantaranya sebagai berikut:

a. Login harian

Sama layaknya game lainnya, Cooking Fever juga menerapkan bonus login harian yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan hadiah yang semakin besar tergantung seberapa rutin kalian memainkan game ini.

b. Misi harian

Selain mendapatkan hadiah dari login harian, kalian juga dapat menyelesaikan beberapa misi khusus yang akan di-reset tiap harinya. Misi harian ini memiliki hadiah berupa XP dan gold yang dapat digunakan untuk biaya upgrade level dengan cepat.

Usahakan untuk lihat dulu misi harian sebelum bermain, karena terkadang terdapat misi yang menuntut kalian pergi ke restoran tertentu dan memasak beberapa hidangan khusus yang ada.

c. Menyelesaikan target tertentu

Kalian juga akan memperoleh gold serta xp tambahan dari setiap target yang telah dicapai dari suatu restoran. Terdapat banyak sekali target yang ditampilkan dan target tersebut akan berbeda - beda tiap restoran.

Semakin banyak restoran yang kalian buka, maka semakin banyak juga target yang dapat kalian selesaikan untuk memperoleh tambahan gold yang besar.


B. Grafis

Menu utama

Jika dilihat secara keseluruhan, Cooking Fever sebenarnya memiliki grafis yang cukup memukau. Namun sayangnya, terdapat beberapa bagian yang menurut saya grafisnya tidak mengalami peningkatan, contohnya pada bagian menu utama dimana tampilan animasi berbagai bangunan restoran yang ditampilkan terkesan masih terlalu simple.

Berbagai peningkatan yang ditampilkan juga tidak memiliki tambahan efek animasi, sehingga game ini terkesan kurang heboh jika dibandingkan dengan game simulasi lainnya.

Menurut saya, mungkin saja kurangnya peningkatan grafis dalam berbagai aspek tersebut terjadi karena pihak developer ingin agar game ini masih bisa dimainkan di perangkat android dengan spesifikasi yang rendah. 

Namun, saya masih berharap adanya peningkatan dalam segi grafis dalam game ini, mengingat bahwa sekarang teknologi smartphone mengalami peningkatan yang sangat pesat, sehingga para developer game juga seharusnya semakin meningkatkan standar grafis mereka untuk mengimbangi peningkatan teknologi tersebut demi memuaskan para player, kalau grafisnya masih kurang kan peminatnya bakalan dikit juga. 

Saran saya untuk kedepannya mungkin bisa ditambahkan pengaturan grafis (smooth, medium, high) agar para player dengan perangkat yang minimalis masih dapat memainkan game ini, serta dapat menjangkau player baru secara signifikan.


C. Spesifikasi

Sudah saya singgung sebelumnya bahwa Cooking Fever tergolong ramah untuk dimainkan di berbagai tipe perangkat android. Semua perangkat android yang rilis beberapa tahun ini sudah dapat dipastikan dapat memainkan game ini dengan lancar.

Oiya, Cooking Fever juga bisa kalian mainkan di komputer dengan sistem operasi Windows 10 keatas. Saya sendiri saat ini memainkan game ini di Windows 11 dan tidak mengalami kendala apapun, semuanya lancar layaknya bermain di android.


D. Kelebihan & Kelemahan

Kelebihan

  • Memiliki banyak sekali tipe restoran yang dapat dimainkan
  • Bisa dimainkan tanpa koneksi internet (offline)
  • Resource yang ada (gold dan diamond) mudah didapatkan
  • Tidak terlalu menguras ruang penyimpanan (>300 MB)

Kelemahan

  • Event yang hadir sangat minim
  • Kurang memiliki tipe varian gameplay
  • Grafis yang ditampilkan kurang maksimal
  • Tidak bisa menyimpan progres game


E. Screenshots

Cooking Fever Screenshots

Cooking Fever Screenshots

Cooking Fever Screenshots

Cooking Fever Screenshots

Melihat berbagai potensinya diatas, Cooking Fever masih menjadi game simulasi memasak yang worth it untuk kalian mainkan. Walaupun sekarang ada banyak sekali game simulasi memasak yang lain, namun Cooking Fever masih dapat bersaing dengan style klasiknya yang seakan tidak mudah dilupakan, membuat game ini seperti menyimpan momen nostalgia bagi player veteran seperti saya yang dulu pernah memainkan game ini di tahun keemasannya.

Ditambah lagi dengan minimnya spesifikasi yang dibutuhkan, membuat game Cooking Fever sangat ramah dimainkan di semua tipe perangkat android, bahkan untuk golongan android spek kentang sekalipun game ini pasti masih dapat kalian mainkan dengan lancar.

Cooking Fever sangat cocok bagi kalian yang menginginkan game simulasi memasak dengan konsep memasak yang sangat beragam, terlebih dengan tidak dibutuhkannya koneksi internet membuat kalian dapat dengan leluasa memainkan game ini kapanpun dan dimanapun.

Akan tetapi, dengan tidak adanya penyimpanan progres game, membuat game Cooking Fever ini terasa sangat kurang. Ya bayangkan aja jika kalian sudah memainkan game ini sangat lama namun tiba - tiba aplikasinya terhapus, yakali harus ngulang dari awal lagi, kan jadi terbuang sia - sia waktunya.

***

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini terkait review dari game Cooking Fever. Bagi kalian yang ingin menambahkan atau hanya sekedar memberikan saran, silahkan tulis saja di kolom komentar. Kalian juga bisa request game yang harus saya review dalam postingan berikutnya.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik mengenai game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Game Cooking Fever, Game Simulasi Memasak Paling Adiktif!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel