Homescapes, Game Puzzle yang Dijamin Bikin Nagih - Teh90blog

Homescapes, Game Puzzle yang Dijamin Bikin Nagih

Homescapes

Siapa nih yang suka sama game puzzle?

Sesuai sama yang udah kalian lihat di judul, dalam postingan ini saya bakal review salah satu game puzzle yang pasti udah tidak asing lagi di telinga kalian, game ini berjudul "Homescapes".

Homescapes merupakan sebuah game puzzle buatan Playrix, sebuah perusahaan pengembang game mobile yang kini sudah masuk menjadi top 3 pengembang mobile gaming di dunia. Dirilis pada tahun 2017, Homescapes ini hadir menjadi sequel dari game puzzle sebelumnya dengan judul "Gardenscapes" yang dirilis satu tahun lebih awal, yaitu pada tahun 2016.

Masih dengan tokoh yang sama, Homescapes menceritakan kisah Austin yang kini kembali ke rumah masa kecilnya dan berusaha untuk merenovasi rumah tersebut seperti pada masa kejayaan keluarganya. Tantangan yang akan dilalui Austin pun tidak akan mudah, karena dia harus meyakinkan kedua orang tuanya agar rumah tersebut tidak dijual serta berbagai rintangan lainnya yang harus kalian selesaikan bersama.

Homescapes merupakan game puzzle match-3, yang berarti kalian harus berusaha menyusun 3 atau lebih kotak dengan warna yang sama untuk dapat menyelesaikan level. Setiap level yang telah kalian selesaikan akan bernilai 1 bintang yang dapat digunakan untuk mendekorasi rumah.

Konsep yang dibawakan game ini memang cukup simple, kalian hanya perlu menyelesaikan puzzle di tiap levelnya untuk dapat menyelesaikan tiap misi yang ada. Namun faktanya, dengan konsep yang simple tersebut, Homescapes dapat tampil menjadi game puzzle yang paling banyak dimainkan di dunia. Sekarang game ini bahkan sudah mencapai lebih dari 100 juta kali unduhan di berbagai perangkat android di seluruh dunia.

Lantas, faktor apakah yang membuat game ini begitu banyak dinikmati dan mendapat banyak respon positif dari para player-nya? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak bersama berbagai fitur yang ada dalam game ini yang diantaranya sebagai berikut:


FITUR GAME

1. Desain level yang simple, namun sangat adiktif

Desain Level Homescapes

Sudah saya bilang sebelumnya bahwa Homescapes sebenarnya memiliki konsep yang sangat simple, namun dengan kejeniusan developer-nya, game ini berhasil stand out sebagai game puzzle yang sangat inovatif, sehingga saat memainkannya kalian tidak akan mudah merasa bosan.

Level yang ada dalam game ini juga memiliki banyak sekali tipe, mulai dari tipe level yang easy, hard, very hard, hingga ada juga level khusus bernama "one shot" yang mengharuskan kalian untuk menyelesaikannya dalam satu kali percobaan untuk mendapatkan hadiah yang berlipat ganda.

Selain desain levelnya yang beragam, Homescapes juga memiliki banyak sekali jenis rintangan yang akan muncul dalam tiap levelnya, seperti ada gelembung air, minyak, kelapa, nada, jaring laba - laba yang otomatis membuat gameplay-nya menjadi lebih beragam dan menarik.

2. Memiliki berbagai event baru setiap minggu

Event

Sama seperti layaknya game online lainnya, Homescapes juga memiliki banyak sekali event yang hadir silih berganti setiap minggunya. Mayoritas event dalam game ini sangat simple, yaitu kalian hanya harus mengumpulkan beberapa jenis barang tertentu atau mengumpulkan sejumlah poin untuk mendapatkan hadiah.

Yap, mekanismenya memang mudah, kalian hanya perlu terus bermain untuk menyelesaikan event-nya. Lebih menariknya lagi, hadiah yang ditawarkan dalam tiap event-nya tidak main - main, ada banyak sekali jenis hadiah yang dapat kalian peroleh dalam satu event, mulai dari unlimited nyawa, tambahan power up, bintang, ataupun gold. Bahkan, sesekali ada juga event yang menghadirkan beragam dekorasi baru yang dapat kalian klaim secara gratis untuk memperindah rumah kalian.

3. Season pass

Season Pass

Namanya juga game online, maka sudah wajar rasanya jika ada fitur seperti season pass yang dapat memancing para player-nya untuk melakukan top up. Dalam game Homescapes ini pun juga sama, terdapat season pass setiap bulannya yang hadir dengan banyak sekali hadiah di dalamnya.

Buat kalian yang ingin membelinya, season pass dalam game Homescapes dibanderol dengan harga 79,000 rupiah saja. Yaa, kalo menurut saya pribadi season pass dalam game ini tergolong cukup murah, apalagi mengingat hadiah dalam tiap levelnya yang sangat beragam, cukup worth it lah buat kisaran harga 79,000 rupiah.

Akan tetapi, jika kalian tidak ingin membelinya, kalian juga tetap bisa kok mendapatkan hadiah di tiap levelnya secara gratis. Walaupun hadiahnya memang tidak sebanyak dan tidak semenarik jika kalian membeli season pass, namun setidaknya ada hadiah yang bisa kalian klaim secara gratis, ya mayan daripada nggak dapet sama sekali.

4. Banyak power up tersedia

Power Up

Game puzzle
memang seringkali memiliki tingkat kesulitannya tersendiri dalam tiap levelnya yang terkadang sangat susah untuk dilewati. Oleh karena itu, terdapat berbagai power up yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan sebuah level.

Dalam game Homescapes, kurang lebih ada sekitar 4 jenis power up yang tersedia, diantaranya yaitu:
  • Bomb (Menghancurkan semua kotak dalam bentuk area)
  • Rockets (Menghancurkan semua kotak dalam bentuk garis, yang bergerak secara horizontal, ataupun secara vertical)
  • Paper Planes (Menghancurkan satu kotak secara random, diprioritaskan kepada kotak yang menjadi tujuan misi)
  • Rainbow Balls (Menghancurkan semua kotak dalam bentuk yang sama)

Berbagai power up tersebut dapat kalian peroleh dengan melakukan kombinasi, contohnya jika ada 4 potongan yang sama dalam satu baris nantinya akan otomatis diubah menjadi rockets, 5 potongan dalam satu baris menjadi rainbow balls, dll. Atau kalian juga bisa langsung memunculkannya di awal level dengan power up yang telah kalian dapatkan dari event, login harian, dll. 


GRAFIS

Sebagai salah satu game puzzle terlaris, tentu grafis dalam game ini juga sudah ditampilkan dengan sangat maksimal. Semua komponen yang hadir tampil dengan sangat smooth, contohnya saja seperti desain rumah Austin yang terlihat sangat detail di tiap sisinya, ditambah dengan adanya beberapa cutscene yang seringkali muncul di tengah - tengah membuat cerita yang ditampilkan terkesan sangat menarik untuk diikuti sampai akhir.

Gerakan setiap karakternya juga tidak kaku, seluruh pergerakannya sangat persis dengan apa yang kita lihat di dunia nyata, seperti menonton TV, membaca koran, memasak, dll. Kalian bahkan bisa betah berlama - lama diam di dalam game hanya dengan mengamati seluruh aktivitas yang dilakukan oleh keluarga Austin.

Akan tetapi, dengan tampilan grafisnya yang sangat memukau itu membuat spesifikasi menjadi lebih  tinggi. Jadi, siapkan perangkat android dengan spesifikasi yang menengah keatas untuk dapat memainkan game ini dengan lancar.

Siapkan juga setidaknya 3 GB ruang penyimpanan yang kosong karena ukuran dari game ini masih bisa terus bertambah seiring dengan rutinnya update yang masih terus dilakukan.


KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Rutin mengalami update
  2. Gameplay-nya tidak membosankan
  3. Bisa dimainkan secara offline
  4. Ceritanya menarik untuk diikuti

Kelemahan

  1. Membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi untuk memainkannya
  2. Cukup menghabiskan banyak penyimpanan
  3. Waktu cooldown nyawa yang terlalu lama


SCREENSHOTS

Screenshots Homescapes

Screenshots Homescapes

Screenshots Homescapes

Dengan banyaknya potensi yang ada membuat Homescapes ini sangat layak buat kalian mainkan. Apalagi jika kalian memang penggemar game genre puzzle, sudah wajib bagi kalian untuk memasukkan game ini dalam list kalian. 

Menurut saya pribadi, mungkin baru Homescapes yang berhasil menampilkan game puzzle yang dipadukan dengan cerita merenovasi rumah yang sangat menarik. Karena dari pengalaman saya sejauh ini, game puzzle ya isinya menyelesaikan puzzle di tiap levelnya doang, nggak ada yang sampai memiliki konsep cerita yang bahkan tampilannya terlihat lebih menarik daripada gameplay dari game itu sendiri. 

Oleh karena itu, Homescapes semacam memiliki inovasinya sendiri untuk membuat para player-nya tertarik memainkan game ini secara terus - menerus, entah itu karena kalian memang menyukai puzzle-nya, ataupun hanya sekadar ingin melihat bagaimana rumah Austin. Ditambah lagi dengan adanya event yang rutin hadir setiap minggunya membuat kalian seakan mendapaatkan godaan untuk terus membuka game ini lagi dan lagi.

Jadi, bagaimana nih? Apakah kalian tertarik untuk membantu Austin merenovasi rumah masa kecilnya?

***

Oke, mungkin itu saja review dari saya mengenai game Homescapes. Jika ada yang ingin kalian tanyakan, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan terus memberikan info kepada kalian seputar dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "Homescapes, Game Puzzle yang Dijamin Bikin Nagih"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel