Review Prototype (2009), Game Action Openworld Paling Barbar! - Teh90blog

Review Prototype (2009), Game Action Openworld Paling Barbar!

Review Prototype (2009)

Prototype merupakan game action-adventure open world besutan developer Radical Entertainment yang di publish oleh Activision pada tahun 2009 untuk PlayStation 3, Xbox 360 dan Microsoft Windows. Game ini juga dirilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One pada 14 Juli 2015 bersamaan dengan Prototype Biohazard Bundle.

Sama layaknya game open world lainnya, Prototype juga menghadirkan system free roaming dimana kalian sebagai pemain akan dibebaskan untuk berkeliling ke seluruh penjuru kota. 

Namun uniknya karena karakter utamanya dibekali dengan kekuatan super, maka kalian dapat bertindak apapun dengan bebas, seperti meledakkan mobil, membunuh NPC yang sedang berjalan santai, dan meledakkan helikopter. Saya bahkan menganggap game ini seperti GTA yang dimainkan dengan cheat karena sepanjang game karakter kita dibekali dengan beragam kekuatan super untuk menghancurkan kota.

Tak hanya memiliki karakter utama yang sangat over power, game ini ternyata juga memiliki jalan cerita yang cukup menarik. Nah, daripada penasaran, mari langsung saja kita kupas bersama game Prototype ini.


Sinopsis

Prototype Gameplay 1

Cerita game Prototype bermula saat seorang pria bernama Alex Mercer secara mendadak terbangun ketika akan menjalani proses otopsi. Saat itu, Alex terbangun dengan ingatannya yang sudah hilang, namun yang pasti dia harus segera kabur dari tempat itu.

Saat Alex tengah berusaha kabur, sekelompok tentara Blackwatch pun menembakinya, namun semua peluru tersebut tak melukai tubuh Alex sedikitpun. Alex bahkan dapat langsung melompat pagar yang sangat tinggi lalu berlari menjauh dari lokasi tersebut.

Namun sialnya, Alex masih saja terkepung sehingga dia harus membunuh salah satu tentara yang menghadangnya. Semua memori dari tentara yang telah meninggal tersebut entah bagaimana masuk ke kepala Alex dan akhirnya sekarang dia tahu bahwa dia memiliki seorang saudara bernama Dana Mercer. 

Alex pun lalu mencari keberadaan Dana dan mereka berdua akhirnya memulai investigasi untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh Alex dan siapa yang harus bertanggung jawab atas semua hal ini.

Semenjak itu, Alex harus berusaha memulihkan ingatannya sambil berusaha menghentikan sebuah wabah mematikan yang kini mulai menginfeksi seluruh warga kota.


Fitur Game

Untuk sebuah game dengan genre action open world, Prototype bisa dibilang tampil dengan cukup memukau dikarenakan game ini memiliki berbagai fitur yang diantaranya sebagai berikut:


1. Memiliki berbagai tipe kekuatan

Prototype Gameplay 2

Sebagai inang dari virus Blacklight, Alex Mercer dapat memodifikasi tubuhnya sendiri yang dapat digunakannya untuk melawan musuh. 

Ada setidaknya 4 tipe kekuatan dengan karakteristik yang berbeda - beda, ada yang cocok digunakan dalam pertarungan jarak jauh, ada yang cocok untuk pertarungan jarak dekat, dan ada juga yang cocok digunakan untuk menghancurkan kendaraan berat seperti contohnya tank.

Berbagai kekuatan Alex tersebut dapat digunakan semau kalian, sehingga kesannya game ini memang sangat cocok untuk player seperti saya yang sangat hobi menimbulkan kekacauan.

Dari keempat tipe kekuatan Alex, yang paling satisfying menurut saya adalah kekuatan Claw karena saat menggunakan kekuatan ini Alex terlihat seperti seorang seorang Wolverine dalam serial X-Men yang menyerang semua musuhnya dengan sangat cepat dan brutal.

Alex juga dibekali armor yang dapat melindunginya dari berbagai serangan musuh. Seiring berjalannya game, kalian nanti akan menemukan armor yang membuat Alex terlihat seperti alien yang haus darah.


2. Dilengkapi berbagai side quest yang menarik

Selain terdapat misi utama, game ini juga menghadirkan berbagai macam side quest yang menurut saya cukup menarik untuk diselesaikan. 

Terdapat banyak sekali jenis side quest yang terdapat dalam game ini, yang diantaranya seperti quest membunuh tentara dan manusia yang telah terinfeksi, menghancurkan markas militer, bahkan ada juga quest yang mengharuskan kalian untuk mendarat di tempat yang tepat dari atas gedung yang tinggi.

Berbagai quest yang beragam tersebut secara otomatis membuat saya tertarik untuk terus memainkan game ini walaupun ceritanya sudah selesai.

Selain itu, hadiah poin dari penyelesaian quest tersebut yang dapat digunakan untuk melakukan upgrade seakan membuat beragam side quest yang tampil memiliki kontribusi yang sama besarnya untuk meningkatkan kekuatan Alex Mercer dalam menyelesaikan misi.

3. Mode disguise (penyamaran)

Mode penyamaran adalah salah satu kemampuan Alex Mercer yang sangat saya sukai dari game Prototype ini. Bagaimana tidak? Dengan kekuatan ini, kalian dapat menjadi siapapun yang kalian temui sepanjang game berlangsung.

Contohnya saja jika kalian ingin berpakaian seperti layaknya seorang dokter, maka tinggal serap saja nyawa sang dokter dan secara otomatis kalian dapat berganti penampilan sebagai seorang dokter. 

Menariknya lagi, kemampuan ini dapat digunakan kepada seluruh karakter yang muncul dalam map sehingga membuat karakter kalian seakan memiliki banyak sekali outfit untuk digunakan.


Grafis

Prototype Gameplay 3

Berbicara masalah grafis, Prototype bisa dibilang menjadi game action open world yang sangat sukses mengingat tahun rilisnya yaitu pada tahun 2009. Grafis yang ditampilkan dalam game ini sudah sangat bagus, atmosfer kota padat penduduk juga ditampilkan dengan cukup realistis sehingga ketika memainkannya kotanya terlihat selalu ramai, nggak seperti berada di kota mati.

Gerakan karakternya juga tidak kaku, ya walaupun di beberapa movement kesannya masih aneh, namun untuk ukuran game seperti ini Prototype sudah mengemasnya dengan baik.

Sistem kontrol dalam game ini menurut saya juga sudah cukup perfect, mungkin yang susah hanya terdapat pada bagian kontrol helicopter saja, karena sangat susah ketika kalian harus menyesuaikan ketinggian sambil berusaha membidik musuh yang terus menerus bergerak, mirip lah keadaanya seperti kontrol Helicopter di game GTA SA yang susahnya minta ampun.


Spesifikasi

Prototype Gameplay 4

Buat kalian para pengguna PC kentang tidak usah khawatir, karena Prototype ini merupakan salah satu game yang cukup ramah untuk dimainkan di PC spek kentang.

Mengutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi untuk memainkan game Prototype adalah sebagai berikut:

Prototype System Requirements (Minimum)

CPU: Intel(R) Core(TM) 2 Duo 1.86 GHz or AMD Athlon(TM) 64 X2 4000+ or better
CPU Speed: Intel(R) Core(TM) 2 Duo 1.86 GHz or AMD Athlon(TM) 64 X2 4000+ or better
RAM: 1 GB of RAM for Windows(R) XP / 2 GB Windows Vista(R) systems
OS: Windows(R) XP (with Service Pack 3) and DirectX(R) 9.0c
Video Card: 256 MB 3D hardware accelerator card required - 100% DirectX(R) 9.0c with Shader Model 3 support (NVIDIA(R) GeForce(TM) 7800 GT 256 MB and better chipsets / ATI Radeon(TM) X1800 256 MB and better chipsets)
Total VRAM: 256 MB
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB of uncompressed hard disk space (Plus 500MB for swap file.)
DVD-ROM: 100% Windows(R) XP/Windows Vista(R) - compatible 4X DVD-ROM drive or better (600 K/sec sustained transfer rate) and drivers


Kelebihan & Kelemahan

Berbagai kelebihan dan kelemahan yang ada pada game Prototype ini diantaranya yaitu:

Kelebihan

  1. Fitur open world dengan kota yang ramai penduduk
  2. Memiliki berbagai kekuatan yang dapat ditingkatkan
  3. Terdapat banyak sekali side quest yang bisa dimainkan
  4. Story line yang menarik dengan ending yang sulit ditebak

Kelemahan

  1. Tidak bisa masuk dalam sebuah bangunan
  2. Kendaraan yang bisa dipakai sangat terbatas
  3. Topografi wilayah yang sangat datar (tidak ada jalan yang menanjak ataupun menurun)


Screenshots

Prototype Screenshots

Prototype Screenshots

Prototype Screenshots

Prototype Screenshots

Dari banyaknya potensi yang ada dalam game ini, dapat saya simpulkan bahwa Prototype merupakan game action adventure open world yang sangat wajib untuk kalian mainkan, apalagi jika kalian merupakan pecinta game dengan genre action open world. 

Walaupun mungkin game ini sudah bisa dikategorikan sebagai game jadul, namun berkat story line-nya yang menarik serta berbagai fiturnya yang cukup inovatif membuat Prototype masih layak dimainkan di era sekarang.

Oiya, Prototype juga tidak membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga buat kalian para pengguna PC spek kentang mungkin masih dapat memainkan game ini dengan lancar, walaupun tetap harus pakai settingan rata kiri.

***

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini terkait review dari Game Prototype. Bagi kalian yang ingin menambahkan atau hanya sekedar memberikan saran, silahkan tulis saja di kolom komentar. Kalian juga bisa request game yang harus saya review dalam postingan berikutnya.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to "Review Prototype (2009), Game Action Openworld Paling Barbar!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel