Kutas (Kupas Tuntas) Hero Valentina: Skill, Build, Emblem, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Valentina: Skill, Build, Emblem, dll

Kupas Tuntas Hero Valentina

Setelah sempat tertunda beberapa saat, akhirnya Valentina dirilis oleh Moonton pada tanggal 24 November lalu. Hero dengan role mage ini memang sangat ditunggu - tunggu oleh para player Mobile Legends berkat kemampuannya yang sangat unik.

Valentina memiliki salah satu skill yang dapat meng-copy skill ultimate musuh, sehingga banyak yang menganggap jika hero ini bakalan langsung menjadi langganan banned.

Namun apakah rumor itu benar? Apakah Valentina benar - benar menjadi hero yang over power? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasannya berikut:


A. ATRIBUT & SKILL

Skill Pasif: Primal Force

Valentina memperoleh 30 EXP setiap kali dia memberikan damage kepada lawan, efek ini memiliki cooldown 2 detik. Jika level Valentina lebih tinggi daripada lawannya, maka 60% damage yang dia berikan akan diubah menjadi HP regen.

Efek dari skill pasif Valentina ini sangat simple namun memiliki dampak yang sangat besar bagi tim. Bagaimana tidak? Dengan hanya memberikan damage kepada lawan, Valentina akan mendapatkan 30 EXP secara terus menerus tanpa batas, ini berarti level Valentina akan lebih cepat naik sekalipun dia kalah dalam perolehan gold.

Skill pasif ini juga semakin over power lagi karena Valentina dapat memperoleh tambahan HP regen yang sangat besar jika levelnya lebih tinggi dari para musuhnya.

Skill 1: Shadow Strike

Skill Valentina

Valentina memberikan damage dalam bentuk area ke arah yang ditentukan, menyebabkan efek slow kepada lawan sebesar 40% selama 1 detik serta memberikan tanda sigil di atas kepala mereka yang akan bertahan selama 4 detik.

Musuh dengan tanda sigil yang terkena skill 1 Valentina untuk kedua kalinya akan menyebabkan efek terrify selama 0,7 detik. Efek terrify ini akan membuat hero kalian berputar tidak jelas tanpa bisa melakukan skill ataupun basic attack. Efeknya sangat mirip dengan skill 1 Vexana.

Skill 2: Arcane Shade

Skill Valentina

Valentina melakukan dash ke arah yang ditentukan sambil menembakkan 3 Shadow Bolt ke arah lawan. Skill ini memiliki 2 stack yang dapat kalian gunakan secara berturut - turut untuk dapat langsung melakukan dash ke arah yang jauh.

Setiap shadow bolt yang mengenai lawan juga akan mereset cooldown dari skill 1 Valentina sebesar 1 detik. Maka dari itu, jika seluruh Shadow Boltnya mengenai musuh, maka cooldown skill 1 Valentina otomatis ter-reset.

Oiya, skill 2 ini juga menjadi kunci agar kalian dapat mengaktifkan efek terrify yang ada pada skill 1 Valentina. Caranya yaitu kalian cukup gunakan skill 1 Valentina terlebih dahulu, lalu gunakan skill 2, setelah itu gunakan lagi skill 1 agar efek terrify-nya aktif.

Skill 3: I Am You

Skill Valentina

Valentina dapat mencuri ultimate lawan dan menggunakannya selama 12 detik. Jika Valentina mengambil skill hero yang memiliki bentuk morph, seperti: Roger, Selena, dan Yu Zhong, maka semua skillnya dapat berubah seperti skill hero yang dia copy. 

Semua atribut Valentina otomatis mengikuti skill ultimate lawan yang dia copy. Sebagai contohnya, jika Valentina meng-copy ultimate Clint yang merupakan hero dengan damage physical, maka atributnya nanti juga akan ikut berubah menjadi physical damage. Begitu pula sebaliknya, jika Valentina meng-copy ultimate hero dengan damage magical, maka atributnya akan menjadi magical damage.

Selain dapat meng-copy ultimate lawan, skill ultimate Valentina ini juga dapat menyebabkan efek slow sebesar 70% selama 0,5 detik.

Skill ultimate Valentina ini merupakan skill yang sangat fleksibel untuk digunakan dalam segala situasi, karena bagaimanapun juga, Valentina dapat dengan mudah meng-copy skill ultimate lawan dengan mudah.

Faktor itu juga yang menyebabkan Valentina sangat susah untuk di counter. Ya mau di counter kayak gimana kalau heronya bisa nyuri skill kalian?

Agar kalian lebih paham lagi terkait penjelasan berbagai skill Valentina, silahkan simak video spotlight hero Valentina berikut:


B. BUILD

Build Valentina

EMBLEM

Untuk emblem, saya menyarankan kalian untuk memakai emblem mage dengan talent Mystery Shop sebab damage dari Valentina ini sangat bergantung sekali pada item.

ITEM

1. Magic Shoes

Magic shoes menjadi item recommended bagi Valentina untuk sedikit mengurangi cooldown skill yang dimilikinya saat early game agar dapat lebih mudah melakukan spam skill.

Dengan efek cooldown reduction tersebut, kalian tentu akan lebih mudah melakukan kombo skill agar musuh terkena efek terrify.

2. Enchanted Talisman

Dikarenakan mana Valentina itu sangat boros, maka untuk mengatasinya kalian harus membeli item yang satu ini. 

Dengan efek regen mananya yang cukup besar, Enchanted Talisman akan membuat mana Valentina tidak cepat habis sehingga kalian tak perlu sering melakukan recall.

3. Clock of Destiny

Clock of Destiny merupakan item yang bagus agar atribut Valentina lebih maksimal. Dengan item ini, maka darah serta mana dari Valentina akan meningkat sehingga kalian bakal lebih survive saat war.

Ada baiknya jika kalian membeli item ini pada fase early sampai mid game agar nantinya stack-nya telah penuh sebelum memasuki fase late game. Semakin besar stack yang kalian miliki, maka makin besar juga efek yang akan kalian terima.

4. Holy Crystal

Setelah memasuki fase mid game, maka kalian perlu item dengan magic power yang besar, dan Holy Crystal ini menjadi jawaban yang tepat untuk kalian gunakan.

Holy Crystal ini merupakan salah satu item mage dengan magic power yang sangat besar (100 magic power) yang nantinya dapat kalian gunakan untuk meningkatkan damage burst dari skill Valentina.

5. Genius Wand

Seringkali, jika sudah memasuki fase late game, musuh kalian mungkin telah membeli item magical defense, seperti athena shield dan Radiant Armor untuk mengatasi damage burst yang tinggi dari Valentina.

Oleh karena itu, untuk mengatasi magic defense yang besar itu, kalian membutuhkan item dengan magic penetration yang tinggi agar damage dari Valentina masih dapat menembus armor yang dimiliki oleh musuh.

Nah, salah satu item yang menjadi rekomendasi yang tepat untuk melakukan itu adalah Genius Wand, sebab item ini memiliki magic penetration yang dapat kalian stack, sehingga besarnya dapat berkali - kali lipat hanya dengan melakukan spam skill.

Genius Wand sangat cocok digunakan agar hero - hero yang tebal seperti fighter dan tank dapat kalian burst dengan mudah.

6. Blood Wings

Blood Wings menjadi item rekomendasi terakhir dari saya, sebab item ini memiliki magic power yang cukup besar, serta memiliki shield juga yang nantinya dapat melindungi hero kalian dari ancaman pick off dari musuh.

Blood Wings sangat tepat kalian gunakan saat tim sedang berada dalam kondisi yang aman agar kalian dapat lebih mudah memberikan damage burst kepada musuh berkat tambahan damage dari item ini yang sangat besar.

Akan tetapi, jika tim kalian dalam keadaan terdesak, maka ganti saja item ini dengan Immortality agar hero kalian memiliki peluang yang lebih besar untuk selamat dari serangan musuh. Immortality juga sangat penting untuk menaikkan mental kalian agar lebih berani melakukan war.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan & Kelemahan

KELEBIHAN

  • Mobilitas Tinggi

Mobilitas Valentina sangat tinggi berkat efek dash dari skill 2 miliknya yang dapat kalian gunakan sebanyak dua kali secara berturut - turut. Lagipula, jarang sekali ada hero mage yang memiliki banyak skill dash (setau saya cuma Harith doang) sehingga sekilas Valentina ini lebih pantas masuk sebagai role assassin/mage daripada hanya sebagai pure mage saja.

Mobilitas yang tinggi juga menjadi faktor utama mengapa Valentina lebih cepat melakukan roaming, sebab dia dapat dengan leluasa pergi ke berbagai lane dengan mengandalkan mobilitasnya tersebut.

  • Lebih Cepat Naik Level

Inilah yang seringkali membuat saya khawatir ketika berhadapan dengan Valentina, karena bagaimanapun juga, Valentina dapat menyusul level kalian dengan cepat berkat efek tambahan EXP dari skill pasifnya.

Hanya dengan melakukan skill, Valentina dapat memperoleh 30 EXP tambahan secara langsung dan parahnya lagi efek itu hanya memiliki cooldown yang sangat singkat, yaitu cuma 2 detik saja. Oleh karena itu, jangan heran jika sejak early game level hero Valentina akan langsung jauh mengungguli level hero kalian karena efek dari skill pasifnya itu.

  • Cocok Digunakan di Segala Situasi

Valentina menjadi hero yang sangat fleksibel untuk digunakan di berbagai situasi berkat skill ultimate miliknya yang mampu meniru skill ultimate dari lawan. Contohnya saja jika tim kalian kekurangan hero crowd control, maka Valentina cukup mengambil ultimate musuh yang memiliki efek crowd control untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika kalian kekurangan hero highground, maka Valentina dapat menjadi hero highground dengan mengambil skill ultimate musuh yang memiliki damage area. Mau bagaimanapun juga, ultimate dari Valentina ini memang menjadi momok yang mengerikan sebab skill tersebut dapat disesuaikan dengan situasi yang sedang kalian hadapi.

  • Punya efek Crowd Control

Tak hanya skill ultimate-nya yang cukup over power, Valentina ternyata juga dibekali efek crowd control yang membuatnya makin mengerikan lagi sebagai hero mage.

Efek crowd control Valentina terdapat pada skill 1, yang mana jika musuh terkena skill tersebut sebanyak 2 kali, maka mereka akan terkena efek Terrify yang menyebabkan hero mereka tidak bisa dikendalikan.

Efek terrify milik Valentina memang tidak mudah diaktifkan, namun ketika efek tersebut aktif, hero musuh dijamin tidak bisa kemana - mana.

  • Susah di Counter

Skill ultimate milik Valentina yang sangat fleksibel membuat hero ini seperti tak memiliki counter. Mau bagaimanapun cara kalian mengatasi Valentina, dia tetap akan bisa melawannya karena dia dapat dengan mudah meniru skill dari hero kalian.

Saya sendiri sudah pernah mencoba hero ini beberapa kali dan rasanya Valentina memang tak memiliki counter. Satu satunya yang dapat melemahkannya hanyalah efek crowd control dan itupun juga harus pada timing yang tepat, karena jika tidak Valentina dapat lebih dahulu unggul dengan menggunakan skill crowd control yang dia curi dari hero kalian.


KELEMAHAN

  • Mana Boros

Dikarenakan Valentina ini merupakan hero yang sering melakukan spam skill, maka dari itu, akibatnya mana dari Valentina ini sangat boros sekali sehingga saya tadi merekomendasikan kalian untuk menggunakan item Enchanted Talisman agar penggunaan mananya menjadi lebih hemat.

  • Nyawa Tipis

Sebagai hero mage, nyawa yang dimiliki Valentina dapat dibilang sangat tipis yang menyebabkan hero ini sangat rentan terkena pick off dari musuh. 

Oleh karena itu, untuk mengatasinya usahakan untuk menjaga posisi yang tepat saat war, jangan sampai kalian mati duluan karena Valentina memiliki peran yang sangat besar ketika masuk ke dalam war.

  • Lemah terhadap Crowd Control

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, Valentina memang sangat lemah ketika bertemu dengan hero crowd control. Sebisa mungkin gunakan hero crowd control yang memiliki combo seperti Tigreal dan Kufra sehingga jika Valentina sekali terkena efek crow control-nya, maka dia tidak akan bisa kabur kemana - mana.


D. EFEKTIVITAS VALENTINA

Efektivitas Valentina

Valentina sangat bagus untuk menjadi counter bagi hero dengan skill ultimate ataupun memiliki bentuk form (dapat berubah bentuk) seperti: Pharsa, Yve, Roger, Selena, dan Yu Zhong.

Sementara itu, Valentina tergolong lemah ketika berhadapan dengan hero dengan efek crowd control yang banyak, seperti: Ruby, Kufra, dan Valir.


E. TIPS MENGGUNAKAN VALENTINA

Tips Menggunakan Valentina

1. Sering Spam Skill Sejak Early Game

Untuk memaksimalkan efek pasifnya, maka kalian harus melakukan spam skill agar Valentina mendapatkan tambahan EXP secara terus - menerus. 

Gunakan juga item dengan efek cooldown reduction seperti magic shoes dan enchanted talisman agar kalian dapat lebih mudah melakukan spam skill.


2. Maksimalkan Kombo Skill Valentina

Maksimalkan kombo Valentina sampai musuh terkena efek terrify. 

Cara memaksimalkan kombonya pun juga terbilang sangat mudah, kalian hanya perlu gunakan skill 1, lalu gunakan skill 2 sebanyak dua kali sampai cooldown skill 1 ter-reset, setelah itu gunakan skill 1 lagi. Jika musuh terkena semua skill tersebut, maka dia sudah dapat dipastikan akan terkena efek terrify.


3. Tidak Asal Copy Ultimate Musuh

Walaupun efek ultimate Valentina dapat digunakan secara fleksibel, namun jangan sampai kalian menggunakannya secara asal karena ada beberapa hero yang ultimate-nya tidak berpengaruh besar jika di copy oleh Valentina.

Coba pahami situasi tim terlebih dahulu lalu copy ultimate lawan yang paling efektif untuk kalian gunakan. Contohnya saja jika tim kalian kekurangan crowd control, maka kalian perlu copy ultimate musuh yang memiliki efek crowd control.


4. Sering Lakukan Roaming

Karena mobilitas yang dimiliki Valentina ini sangat tinggi, maka ada baiknya kalian untuk sering melakukan roaming ke lane yang lain sejak early game. 

Usahakan untuk selalu ada setiap tim kalian melakukan war, entah itu di lane atas maupun bawah, kalian harus segera membantu tim karena hero ini memiliki mobilitas untuk mendukungnya melakukan itu.

***

Melihat berbagai aspek diatas, dapat disimpulkan bahwa Valentina memang menjadi hero mage yang tergolong over power, khususnya terletak pada skill ultimate serta pasifnya yang dapat memberikan dampak yang sangat besar.

Valentina sangat worth it buat dibeli berkat kelebihannya yang sangat banyak serta mekanik skillnya yang tidak terlalu tinggi, sehingga kalian dapat mudah menguasainya walaupun mungkin kalian bukan player mage.

Bagaimana sekarang? Apakah Valentina masuk dalam list favorit hero kalian? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai hero Valentina di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Valentina: Skill, Build, Emblem, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel