Review Far Cry 1: Game FPS Open World paling Realistis pada Masanya! - Teh90blog

Review Far Cry 1: Game FPS Open World paling Realistis pada Masanya!

Far Cry

Jika berbicara game FPS dengan fitur open world, Far Cry memang menjadi salah satu rekomendasi game yang paling tepat buat kalian mainkan. Series game yang kini sudah memasuki seri keenamnya ini memang memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan pecinta game FPS. Maka dari itu, tak heran jika Far Cry 6 yang baru rilis bulan Oktober lalu memiliki hype yang cukup besar di kalangan para gamers.

Sebenarnya, series game Far Cry tidak memiliki alur cerita yang saling berkaitan, namun berkat uniknya pengalaman yang diberikan dalam game ini, para pemainnya seakan memiliki daya tarik untuk terus memainkannya. Akan tetapi, daripada membahas game Far Cry 6 yang memang sudah sukses besar, dalam postingan ini saya akan mengajak kalian untuk flashback ke tahun 2004, tahun dimana series game ini dimulai. Yap, dalam postingan ini saya akan membahas Far Cry 1 yang kini sudah menjadi salah satu game "lawas" yang menyimpan banyak kenangan.

Dikembangkan oleh Crytek dan diterbitkan oleh Ubisoft, Far Cry 1 mulai dirilis pada 23 Maret 2004 untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 3, dan Xbox 360. Pada saat perilisannya, Far Cry ini mendapatkan banyak sekali review positif terkait dengan kualitas grafisnya dan kontrolnya yang smooth untuk jajaran game dengan genre serupa. Terlebih lagi, Far Cry ini juga mengusung tema open world dengan berlatar pulau tropis yang indah.


Sinopsis

Main page Far Cry

Far Cry 1 menceritakan kisah Jack Carver, seorang mantan tentara Amerika Serikat yang memiliki jasa penumpangan kapal pribadi. Pada suatu hari, Jack mendapatkan seorang pelanggan seorang wanita bernama Valerie. Jack kemudian diminta oleh Valerie untuk membawanya ke pulau Micronesia, sebuah pulau tersembunyi yang tidak ada di peta, untuk menyusuri peninggalan perang dunia II demi kepentingan publikasi, karena Valerie ini mengaku sebagai seorang wartawan.

Akan tetapi, sesampainya di Micronesia, kapal Jack langsung ditembak jatuh dengan rudal sehingga dia langsung tenggelam dan mulai tak sadarkan diri. Namun, karena Jack ini merupakan seorang mantan tentara, insting bertahan hidupnya akhirnya menyelamatkan Jack sampai ke sebuah gua, dan disinilah perjalanan Jack di pulau Micronesia dimulai.

Far Cry 1 memiliki plot cerita yang sangat menarik, dimulai dari pencarian Valerie yang penuh dengan tantangan, sampai akhirnya nanti terdapat beberapa monster mutan yang ternyata menjadi objek ujicoba eksperimen yang mengerikan di pulau tersebut. Konfliknya tuh seakan nggak ada habisnya, terus dikembangkan namun tidak membuat playernya bosan. Faktor inilah yang membuat Far Cry sangat menarik dari segi cerita, karena kalian sebagai player tidak memiliki gambaran apapun mengenai peristiwa apa yang terjadi di pulau tersebut.

Game ini sekilas mengingatkan saya pada game Crysis 1, yang ceritanya juga berkembang dari yang mulanya hanya berfokus untuk menyelamatkan ilmuwan, sampai akhirnya harus berperang melawan alien. Perbedaannya, dalam Far Cry ini, musuhnya adalah monster mutant yang memiliki berbagai kemampuan khusus, seperti menghilang, melompat dengan sangat jauh, melontarkan rudal, dll.

Untuk game dengan genre FPS, Far Cry memiliki koleksi senjata yang tergolong lengkap. Dalam game ini kalian dapat memilih secara bebas senjata yang kalian temukan di sepanjang map, seperti shotgun, P90, Rocket Launcer, Sniper Rifle, Pistol, Machete, dan masih banyak lagi pilihan senjata lainnya. 

Selain itu, Far Cry juga memiliki Binocular yang fungsinya bener - bener sangat krusial sekali selama kalian memainkan game ini. Saya pada awalnya menganggap remeh gitu ini Binocular, karena mungkin fungsinya kayak Binocular biasa yang saya temui di game Call of Duty. Akan tetapi, ternyata Binocular dalam Far Cry memiliki fungsi yang jauh lebih besar dari itu. 

Binocular

Binocular dalam game ini dapat mendeteksi keberadaan musuh dan langsung menampilkan lokasinya di radar kalian. Jadi, bisa dibilang jika Binocular emang jadi satu - satunya alat kalian buat ngedeteksi keberadaan musuh. Tanpa adanya Binocular, maka lokasi musuh tidak akan tampil di radar dan kalian tidak akan tahu dimana lokasi musuh saat mereka menembaki kalian. 

Ya, serealistis itulah game Far Cry, bahkan musuh yang ada di game ini juga dibuat hampir realistis, bener - bener berasa kayak main lawan monster mutant beneran. Bagaimana tidak? Saya yang memainkan game ini di mode easy saja kadang sampai merasa frustasi karena musuhnya terlalu over power semua, tembakan mereka tuh kayak nggak ada miss-nya gitu, langsung kena ke badan.

Emang sih kalau dihubungin ke ceritanya masuk akal juga, kan semua monster mutant yang muncul memang merupakan hasil eksperimen untuk membuat spesies makhluk hidup yang kuat, tapi sebenarnya kuatnya nggak harus kayak gini juga, jadi kayak susah gitu mainnya sekalipun udah main di mode easy. Kalau nggak percaya coba aja deh sendiri, rasakan sensasinya :v

Untung saja sajian grafis yang ditampilin di game ini sangat bagus buat dilihat, apalagi tampilan bawah airnya yang sangat menakjubkan untuk game rilisan tahun 2004. Kalau saya bandingin ama GTA SA yang sama - sama dirilis di tahun itu, tampilan bawah air yang ada dalam game Far Cry ini memang udah beda level, mantap deh pokoknya. Kontrolnya yang smooth juga menjadi faktor pendukung lainnya kenapa game ini sangat memorable di hati para gamers, genre FPS memang ditampilkan dengan sangat baik di game ini sehingga kalian saat memainkannya tak akan mudah merasa bosan.

Satu - satunya hal yang sangat sayangkan dari game ini adalah tidak adanya fitur subtitle yang membuat saya kadang nggak begitu paham tentang apa yang diomongin para karakternya. Yap, kelemahannya masih sama dengan game Assassin's Creed 1 yang saya review kemarin, dimana kedua game tersebut sama - sama nggak ada subtitle-nya, jadi kesannya ceritanya lebih susah buat dipahami, apalagi buat saya yang nggak paham bahasa Inggris :(

Buat kalian yang males baca, nih saya rangkum kelebihan dan kelamahannya biar kalian sendiri yang menilai apakah game ini worth it buat dimainkan atau nggak.

Kelebihan

  1. Grafisnya sangat bagus untuk sekelas game FPS yang rilis di tahun 2004
  2. Bisa dimainkan di PC dengan spek kentang
  3. Membebaskan pemainnya mengakses ke seluruh map dengan fitur open world
  4. Ceritanya menarik, ada sedikit atmosfer horornya juga
  5. Memiliki banyak sekali level untuk kalian selesaikan

Kelemahan

  1. Tidak memiliki subtitle
  2. Musuh yang ditampilkan terlalu overpower (OP)
  3. Instruksi setiap misi kurang ditampilkan dengan jelas


Spesifikasi

Realistis

Dikarenakan Far Cry ini tergolong game yang udah jadul, maka dari itu spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game ini juga tergolong rendah. Mengutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi untuk bermain game Far Cry adalah sebagai berikut:

Far Cry System Requirements (Minimum)

CPU: Pentium III or Athlon
CPU Speed: 1 GHz
RAM: 256 MB
OS: Windows 98SE/ME/2000/XP (95 & NT not supported)
Video Card: DirectX 9.0b compliant video card with 64 MB RAM (GeForce2+ / Radeon 8500+)
Total Video RAM (VRAM): 64 MB
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
DirectX Version: 9.0b (included)
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 4 GB

Far Cry Recommended Requirements

CPU: Pentium 4 or Athlon XP
CPU Speed: 2 GHz
RAM: 512 MB
OS: Windows XP
Video Card: DirectX 9.0 compliant video card with 64 MB RAM (GeForce FX+ / Radeon 9500+)
Total Video RAM (VRAM): 128 MB
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 2.0
Vertex Shader: 2.0
DirectX Version: 9.0b (included)
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 4 GB


Screenshots:

Screenshots game Far Cry

Screenshots game Far Cry

Screenshots game Far Cry

Screenshots game Far Cry

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh game ini, serta minimnya spesifikasi yang dibutuhkan buat memainkannya, membuat game Far Cry 1 masih worth it buat kalian mainkan di masa sekarang. Walaupun sudah tergolong game jadul, mekanik gameplay serta jalan cerita yang ditampilkan Far Cry ini masih tetap tak akan tergantikan.

Far Cry sangat saya rekomendasikan kepada kalian, apalagi buat para pecinta genre FPS, karena game ini bakal menampilkan pengalaman tembak - menembak yang keren sekaligus menantang. Gimana sekarang, tertarik untuk mencobanya?

Sekian postingan saya kali ini terkait review dari game Far Cry 1 (2004). Jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan, silahkan tulis saja di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar dunia game.

Terima Kasih.

0 Response to "Review Far Cry 1: Game FPS Open World paling Realistis pada Masanya!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel