5 Cara Lancar Main Mobile Legends di HP Kentang - Teh90blog

5 Cara Lancar Main Mobile Legends di HP Kentang

Mobile Legends gemar melakukan update setiap bulannya dimana dalam update tersebut seringkali terdapat peningkatan pada grafis, animasi, dll.

Peningkatan yang terjadi dari waktu ke waktu makin sering dilakukan, sehingga mungkin saat ini ada banyak sekali player game Mobile Legends yang tidak dapat bermain lagi dikarenakan smarthphone yang mereka gunakan sudah tidak mumpuni untuk bermain Mobile Legends. Atau banyak orang menyebutnya dengan HP spek kentang.

Namun, sebenarnya masih terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja smartphone kentang kalian. Beberapa cara ini telah saya coba dan terbukti efeknya cukup memuaskan.

Buktinya saja, smartphone saya yang hanya berbekal RAM 2 GB dan memori internal sebesar 18 GB masih dapat memainkan game Mobile Legends lagi setelah sempat mengalami kendala setelah update besar-besaran dulu.

Gimana? 
Penasaran gimana caranya?

Mari langsung saja simak pembahasannya berikut:

1. Gunakan Fitur Opsi Pengembang

Opsi pengembang merupakan cara yang menurut saya paling efektif digunakan untuk meningkatkan performa smartphone kalian saat bermain Mobile Legends.

Sampai saat ini, saya bahkan masih menggunakan cara ini karena efeknya memang sangat terasa saat game berlangsung. 

Sebelum masuk ke langkah2nya, kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah menu opsi pengembang telah ada di pengaturan smartphone kalian.

Jika menu tersebut belum ada, silahkan aktifkan dulu menu opsi pengembang dengan cara sbb:
  • Buka setting, lalu cari menu "Tentang ponsel".
  • Selanjutnya, tekan menu "Nomor Bentukan" atau "Build Number" kurang lebih sebanyak 7 kali sampai ada notifikasi "Sekarang, anda sudah menjadi pengembang".
Untuk pengguna Xiaomi, tekan pada menu "Versi MIUI" sebanyak kurang lebih 7 kali.
Nah, jika sudah menerima notifikasi tersebut, berarti sekarang menu opsi pengembang telah ada di smartphone kalian dan siap untuk lanjut ke cara berikutnya.

Setelah menu opsi pengembang ada di smartphone kalian, langkah selanjutnya yaitu sebagai berikut:
  • Buka pengaturan di smartphone kalian
  • Klik menu Opsi Pengembang, biasanya menu tersebut muncul di pengaturan tambahan.
  • Cari menu skala animasi jendela, animasi transisi, dan durasi animator. Lalu ubah skalanya menjadi "animasi mati".
  • Selanjutnya, cari menu "Batas proses latar belakang" dan ubah pilihannya dari yang semula bertuliskan "Batas standar" ke "Tidak ada proses latar belakang".

Setelah itu, coba kalian mainkan game Mobile Legends terlebih dahulu. Jika masih tidak ada efeknya, silahkan kalian masuk ke opsi pengembang lagi

  • Cari lalu hidupkan menu "Paksa rendering GPU"

Setelah itu, silahkan kalian coba lagi bermain game Mobile Legends dan lihat perbedaannya.

Cara ini sudah saya buktikan sendiri dan berhasil untuk mengurangi lag saat bermain Mobile Legends. 

Dulunya, smartphone saya sering sekali mengalami lag saat bermain, apalagi saat sedang team fight, dan lag tersebut hilang setelah saya menggunakan cara diatas.

2. Bersihkan cache game

Sering stuck di loading screen? Coba bersihkan cache game Mobile Legends dan alhasil kalian tidak akan stuck lagi saat loading game Mobile Legends.

File cache memang terkadang mengganggu performa smartphone kalian saat akan bermain game, apalagi pada smartphone kentang yang memang harus memerlukan performa yang maksimal untuk bermain game.

Oleh karena itu, kalian harus rajin-rajin membersihkan cache agar masalah seperti stuck di loading game Mobile Legends tidak akan terjadi lagi.

Untuk langkah2nya sebagai berikut:
  • Buka pengaturan smartphone kalian, lalu cari menu "Aplikasi".
  • Setelah itu, pilih "Kelola aplikasi" lalu cari game Mobile Legends.
  • Selanjutnya, klik "Bersihkan cache" lalu coba buka game Mobile Legends kalian.

Jika cara tersebut tidak berhasil untuk mengatasi stuck di loading game Mobile Legends, silahkan coba cara lainnya yang telah saya bahas di postingan sebelumnya, linknya ada di bawah ini:


3. Bersihkan memori internal

Memori internal ternyata dapat mempengaruhi kelancaran smartphone kalian saat bermain game

Memori internal yang penuh kadang menyebabkan adanya lag dan crash saat main game, apalagi pada smartphone kentang yang spesifikasinya masih pas-pasan.

Saya sendiri pernah mengalaminya saat bermain Mobile Legends, di tengah game tiba-tiba smartphone saya mendadak macet-macet sendiri tanpa adanya sebab yang jelas, dan setelah saya teliti ternyata memori internal saya sudah penuh 100%, yang artinya game tersebut mungkin mengalami lag karena tidak adanya memori lagi untuk dapat menyimpan data tambahan yang ada dalam game tersebut.

Oleh karena itu, sebelum bermain game Mobile Legends, pastikan kosongkan memori internal kalian minimal 500mb terlebih dahulu agar game tersebut dapat berjalan dengan baik.

4. Setting semua grafis ke low

Untuk settingan grafis game Mobile Legends bagi smartphone kentang bisa kalian lihat di gambar di bawah ini:

Kalau memang smartphone kalian memiliki spek kentang, jangan berkecil hati jika harus memakai settingan grafik yang low. 

Mungkin banyak orang di luar sana yang akan meremehkan kalian. Tapi ingat, bermain game adalah tentang skill, tak peduli jika kalian bermain game di grafis low ataupun high, jika kalian memiliki skill yang bagus, maka kemenangan dapat diraih dengan mudah.

Percuma juga kalau kalian pakai setting grafis yang high tapi saat main malah sering lag, nanti ujung-ujungnya kan malah emosi sendiri.

5. Gunakan Game Booster

Untuk opsi yang kelima ini, tingkat keefektifannya sangat kecil, namun masih worth it untuk kalian coba.

Game Booster merupakan aplikasi yang dapat mengoptimalkan performa smartphone kalian dengan mematikan beberapa aplikasi sistem saat kalian akan bermain game. 

Dengan kata lain, aplikasi ini akan memangkas penggunaan RAM kalian saat bermain game. Jadi, game yang akan kalian mainkan dapat berjalan lancar tanpa lag sedikitpun.

Akan tetapi, sebenarnya aplikasi ini tidak begitu efektif karena saat kalian mulai bermain game, aplikasi ini akan aktif terus dan malah ikut menggunakan RAM di smartphone kalian. Mungkin, di beberapa jenis smartphone aplikasi seperti Game Booster ini dapat berjalan dengan baik, namun ada juga jenis smartphone yang tidak berpengaruh ketika menggunakan Game Booster.

Pada intinya, keefektifan aplikasi Game Booster tergantung pada jenis dan spesifikasi smartphone kalian. Namun, saran saya mending coba saja dulu kalau memang nggak ada efeknya ya silahkan hapus saja langsung.

Penutup

Oke, mungkin itu saja pembahasan saya kali ini terkait 5 Cara Efektif Bermain Game Mobile Legends di HP Kentang

Apabila ada kritik maupun saran silahkan kalian tulis saja di kolom komentar.

Terima kasih

0 Response to "5 Cara Lancar Main Mobile Legends di HP Kentang"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel