Kutas (Kupas Tuntas) Hero Granger : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Granger : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll

Hai Semuanya!

Mulai hari ini, teh90blog bakal nyajiin topik baru nih yang akan membahas tuntas kemampuan dari suatu hero. Topik tersebut bakalan mimin rangkum dalam segmen "Kutas" yang artinya Kupas Tuntas Hero dalam game Mobile Legends. Sebagai konten Kutas yang pertama, kali ini mimin bakal bahas salah satu hero marksman yang nggak begitu laris-laris di META sekarang, tapi nggak jelek juga, seperti yang telah tertulis dalam judul, hero tersebut adalah Granger: Sang pembunuh dark force dari Moniyan Empire.

Granger merupakan hero marksman yang terkenal akan damage critical-nya yang nggak ada obat, hero ini sempat menjadi langganan banned saat pertama kali rilis, sebab saat itu Granger memiliki damage yang sangat tinggi. Saat masih OP, hero mage bahkan dapat dibunuh oleh Granger dengan ultimate saja, tanpa harus melakukan basic attack. Hero ini juga pernah mendapatkan momen yang bagus saat final M1 dengan pilotnya RRQ Tuturu yang mendapatkan MVP tanpa mati sekalipun.

Sampai sekarang, Granger sebenarnya masih dapat masuk META asalkan usernya ngerti cara mainnya. Oleh karena itu, dalam postingan ini saya akan membahas tuntas segala hal yang terkait dengan Granger, mulai dari atribut dan skill, emblem, counter, hero power, sampai dengan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh player Granger.

Oke tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita lanjut ke pembahasannya, cekidot.

A. Atribut dan Skill

Seperti mayoritas hero lain yang ada di game Mobile Legends, Granger memiliki satu skill pasif dan 3 skill utama, yang diantaranya sebagai berikut:

Skill Pasif: Caprice

Granger dapat mengisi senjatanya dengan 6 peluru. Setiap peluru ke-6 memberikan critical damage. Basic attack Granger memberikan lebih banyak damage, namun hanya dapat menerima efek 50% attack speed dari item.

Lebih jelasnya, peluru terakhir (warna merah) yang ada pada bar di bawah HP granger itu dapat menimbulkan critical damage ke musuh. Jadi, ketika menggunakan Granger usahakan peluru terakhir tersebut mengenai musuh karena damage outputnya bakalan lebih besar (lebih sakit) dari peluru Granger yang biasa.

Dalam skill pasif ini juga dijelaskan jika Granger hanya dapat memperoleh 50% efek attack speed dari item. Jadi, jangan sekali-sekali menggunakan item attack speed seperti : Wind Talker, DHS, Corrosion, dan Scarlet Phantom kepada Granger. Item yang lebih cocok digunakan kepada Granger yaitu: BOD, Hunter Strike, Berseker Fury, dan item lainnya yang memiliki damage besar ataupun item yang dapat menimbulkan efek critical.

Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jabarkan item Granger bersamaan dengan emblemnya di bawah.

Skill 1: Rhapsody

Granger mengisi peluru senjatanya dan langsung menembakkan semua pelurunya ke arah yang telah ditentukan. Memberikan damage sebesar 45(+70% total Physical Attack) Physical Damage kepada lawan.

Skill 1 ini merupakan skill Granger yang memiliki damage paling sakit, dengan skill ini saja Granger sudah dapat membuat musuhnya sekarat saat late game. Oleh karena itu, kalian wajib sekali upgrade skill 1 terlebih dahulu ketika menggunakan Granger.

Walaupun memiliki damage yang besar, skill 1 Granger ini merupakan skill yang cukup mudah untuk dihindari, damage yang diberikan Granger sangat mudah ditebak saat menggunakan skill ini karena hero tersebut hanya akan menyerang ke satu arah saja tanpa memperdulikan arah lainnya. Jadi, saya sarankan perbanyak latihan menggunakan skill 1 terlebih dahulu daripada nanti sering miss saat main, menghindari kena bacotan :v

Skill 2: Rondo

Granger melakukan blink ke arah yang telah ditentukan, 2 basic attack berikutnya setelah menggunakan skill ini akan memberikan 10% damage tambahan dalam 5 detik. Cooldown dari skill ini dapat berkurang sebesar 0,5 detik dari setiap peluru Rhapsody yang mengenai lawan.

Skill 2 Granger ini sangat berguna sebagai skill escape dari serangan lawan. Kebanyakan hero META saat ini merupakan hero yang dapat langsung nabrak ke arah belakang musuh, seperti Lapu-Lapu, Esmeralda, Natalia. Jadi, penting sekali menggunakan hero yang memiliki skill blink agar kalian tidak mudah terciduk oleh musuh.

Skill 3: Death Sonata

Granger menembakkan 3 kali Super Cannon ke arah yang telah ditentukan yang dapat meledak jika terkena hero musuh, menimbulkan 80(+70% total Physical Attack) + 12% dari HP lawan yang telah hilang dan menyebabkan efek slow sebesar 80%. Granger dapat melakukan dash setelah menembakkan satu perluru Supen Cannon tersebut.

Skill ultimate Granger ini merupakan skill yang sangat berguna untuk nyampah. Entah itu nyampah lord, turtle, ataupun nyampah kill, semua bisa dilakukan oleh skill ultimate Granger, karena range dari skill ini sangat luas. Perlu diingat juga jika Death Sonata ini memiliki efek slow yang sangat besar, jadi jangan sungkan menggunakannya untuk kabur dari serangan musuh.

B. Emblem

Granger sangat cocok menggunakan emblem assassin dengan kustomisasi sebagai berikut:

Gunakan talent Killing Spree (yang paling kanan) untuk mendapatkan movement speed serta HP tambahan ketika membunuh lawan. Dengan talent tersebut, kemampuan survive Granger saat bergabung ke dalam war akan semakin besar.

Untuk build item, saya sarankan menggunakan item seperti yang ada pada gambar berikut:

1. Warrior Boots

Efek :
+40 Movement SPD
+22 Physical Defense

Pasif :
Physical Defense akan meningkat sebanyak 5 setiap terkena basic attack, maksimal 25. Berlangsung selama 3 detik.

Item sepatu ini sebenarnya dapat kalian ganti sesuai kondisi kalian. Warrior Boots biasanya digunakan untuk mengurangi damage physical musuh sejak early game. Akan tetapi, jika musuh kalian menggunakan magic damage, sebaiknya gunakan Tough Boots yang memberikan tambahan magic defense.

2. Bloodlust Axe

Efek :
+70 Physical Attack
+10% Cooldown Reduction
+20% Spell Vamp

Bloodlust Exe digunakan sebagai tambahan spell vamp yang nantinya berguna untuk meningkatkan peluang survive Granger ketika war. Usahakan untuk tidak melakukan miss saat melakukan skill agar efek yang diperoleh dari Bloodlust Exe dapat kalian peroleh secara maksimal.

Item ini bukan merupakan item inti Granger. Jadi, kalian dapat menggantinya dengan item lain sesuai kondisi yang kalian hadapi. Terkadang saat late game, saya seringkali mengganti item ini dengan Winter Truncheon agar Granger tidak mudah terciduk oleh hero musuh.

3. Hunter Strike

Efek :
+80 Physical Attack
+10% Cooldown Reduction
+15% Physical PEN

Pasif :
Memberikan damage sebanyak 5 kali berturut-turut akan meningkatkan movement speed sebesar 30% selama 3 detik. Efek ini memiliki cooldown selama 15 detik.

Hunter Strike merupakan item yang memiliki tambahan physical damage yang cukup tinggi sehingga item ini cocok jika digunakan oleh Granger. Terlebih lagi, efek pasif dari Hunter Strike yang dapat diaktifkan dengan skill 1 Granger membuat item ini menjadi item yang sangat efektif untuk digunakan kepada Granger.

Pasif dari Hunter Strike yang menambah movement speed dapat meningkatkan mobilitas Granger saat melakukan roam, pasif tersebut juga dapat digunakan untuk menghindari serangan musuh ataupun mengejar musuh yang sudah sekarat.

4. Berseker's Fury

Efek :
+65 Physical Attack
+25% Crit Chance
+40% Crit Damage

Pasif :
Critical hit akan menambah Physical Attack hero sebesar 5% selama 2 detik.

Berseker's Fury merupakan item yang memiliki critical damage tertinggi. Maka dari itu, tak heran jika item ini selalu muncul di setiap rekomendasi item hero Granger. Berseker's Fury dapat meningkatkan critical damage hero kalian secara drastis yang mana efek tersebut sangat berguna sekali jika diberikan kepada Granger yang memang menggantungan sebagian besar damage-nya pada efek Critical.

5. Blade Of Despair (BOD)

Efek :
+160 Physical Attack
+5% Movement SPD

Pasif :
Menyerang musuh yang memiliki HP dibawah 50% akan meningkatkan Physical Attack sebesar 25%, berlangsung selama 2 detik.

Siapa sih yang nggak tau BOD? Item ini selalu digunakan oleh mayoritas hero core dalam game Mobile Legends, sebab tambahan physical attack dari item ini yang sangat besar. Blade Of Despair merupakan item wajib beli ketika menggunakan Granger karena item ini akan membuat damage dari Granger meningkat secara drastis.

6. Immortality

Efek :
+800 HP
+40 Physical Defense

Pasif :
Hero yang telah tereliminasi akan dihidupkan kembali dan mendapatkan 15% HP dan Shield yang dapat menyerap 300-1000 damage (berskala dengan level) yang bertahan selama 3 detik. efek ini memiliki cooldown selama 180 detik.

Immortality merupakan item defense yang digunakan untuk mengatasi serangan dadakan yang dilakukan oleh hero core musuh. Immortality ini juga dapat menaikkan mental bermain kalian agar tidak terlalu takut untuk menyerang hero musuh saat war.

Immortality merupakan item yang terakhir dibeli, sebab item ini hanya akan berguna ketika sudah memasuki fase mid game hingga late game.

C. Kelebihan dan Kelemahan Granger

Kelebihan

1. Memiliki damage yang cukup besar sejak early game
Tidak seperti hero marksman lainnya, Granger sudah dibekali damage yang cukup sakit sejak early game. Dengan hanya berbekal skill 1 nya saja, Granger bahkan sudah dapat melakukan press kepada hero musuh.

Granger juga tak merasa kesulitan ketika harus melakukan solo jungle, walaupun mungkin ia tidak memakai spell retribution. Hero ini memang sangat menggantungkan hidupnya pada skill 1 yang memiliki damage yang besar.

2. Memiliki skill blink
Hero marksman merupakan hero yang sangat mudah sekali terkena gank. Oleh karena itu, banyak hero marksman yang digunakan saat ini mayoritas memiliki skill blink ataupun skill stun yang nantinya akan berguna untuk menghindari ganking dari musuh.

Granger merupakan salah satu hero yang dibekali dengan skill blink. Dengan skill tersebut, Granger dapat menghindari serangan dari musuh, serta dapat melakukan roam dengan lebih cepat.

3. Memiliki critical damage yang tinggi
Critical damage yang dimiliki oleh Granger saat ini menurut saya masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan marksman lainnya. Keuntungannya, dengan critical damage tersebut Granger dapat mengejutkan musuh yang memiliki HP yang rendah seperti hero mage, assassin, atau marksman. Dengan skill 1 dan timing yang tepat, Granger dapat membunuh hero-hero tersebut tanpa melakukan basic attack sekalipun.

Kelemahan

1. Susah menjadi hyper
Walaupun memiliki skill blink, pergerakan Granger masih terbatas sebab mobilitas dari hero marksman ini tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, di META sekarang Granger lebih cocok dijadikan sebagai hero sidelane daripada menjadi hyper core.

Alasan utamanya karena kemampuan roam yang dimiliki Granger masih sangat terbatas, belum lagi jika ia harus melawan hero dengan mekanik tinggi seperti Ling, Hayabusa, dan Lancelot yang dapat dengan mudah melakukan pick off dengan cepat. Saat war, hero-hero mekanik tersebut dapat membunuh Granger dengan mudah, apalagi jika Granger menggunakan spell retribution, auto tidak bisa kabur.

2. Tidak memiliki lifesteal
Tidak seperti marksman lain yang menggantungkan damage-nya pada basic attack, fokus damage dari Granger malah terdapat pada skill 1 nya. Maka dari itu, efek lifesteal yang dapat diperolehnya mungkin hanya dari item Bloodlust Exe saja, itupun lifesteal-nya tidak terlalu tinggi, berbeda dengan marksman lain yang menggantungan damage-nya pada basic attack, mereka akan mendapatkan lifesteal yang lebih tinggi dari item Haas Claw, dan Endless Battle.

3. Terlalu menggantungkan hidupnya pada skill 1
Sebenarnya poin ini dapat menjadi keuntungan Granger, sebab skill 1 nya memiliki damage yang sangat tinggi. Akan tetapi, bagi para user Granger yang masih pemula, skill 1 tersebut bisa menjadi maut bagi Granger itu sendiri. Mengapa? Skill 1 Granger merupakan skill satu arah yang hanya bisa memberikan damage ke satu arah dalam waktu yang singkat. Apabila kalian masih pemula dalam menggunakan Granger, tak jarang skill 1 kalian akan miss. Pada saat itulah hero musuh akan mendapatkan timing untuk membunuh Granger dengan mudah.

D. Counter

Berikut merupakan hero ataupun item yang dapat kalian gunakan sebagai counter dari hero Granger:

1. Yu Zhong

Hero marksman merupakan hero yang harus menjaga jarak dari musuhnya, dan Yu Zhong merupakan hero yang tepat untuk mengatasi itu. Yu Zhong dapat langsung terbang ke arah hero marksman saat war dan langsung membunuhnya, sekali combo saja hero marksman sudah dapat dipastikan mati oleh Yu Zhong. Satu-satunya hero marksman yang masih berpeluang hidup ketika berhadapan dengan hero ini yaitu Wan Wan.

2. Hero yang lincah

Seperti yang telah saya jelaskan dalam kelemahan hero Granger, hero ini sangat bergantung sekali pada skill 1. Oleh karena itu, jika kalian ingin membunuh Granger dengan mudah, gunakan hero yang dapat menghindari skill 1 nya, contoh heronya seperti Hayabusa, Wan Wan, Brody, Lancelot, ataupun hero lincah lainnya.

3. Twilight Armor

Item defense yang satu ini sangat ampuh untuk meredam damage yang dikeluarkan oleh Granger. Twilight Armor dapat melindungi hero kalian dari burst damage skill 1 Granger yang sangat tinggi. Dengan item Twilight Armor, setinggi apapun damage yang kalian terima dari Granger, besarnya tidak akan melebihi 900.

E. Kesalahan User Granger

1. Mengabaikan pasif

Banyak user Granger tidak memanfaatkan skill pasifnya, padahal dari skill pasif itulah Granger dapat memberikan critical damage yang besar kepada musuh. Salah satu cara memanfaatkan pasifnya adalah dengan selalu arahkan peluru terakhir Granger ke arah yang tepat, bisa ke hero musuh ataupun creep. Hal tersebut juga harus kalian lakukan ketika menggunakan skill 1, usahakan semua peluru yang keluar mengenai musuh agar damage yang kalian hasilkan dapat keluar secara maksimal.

2. Terlalu galak di early game

Walaupun Granger memiliki cukup damage di early game, namun hero ini masih gampang sekali ter pick off oleh hero musuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin main secara safe saja saat early game, prioritaskan item dan gold terlebih dahulu agar damage Granger kalian makin sakit, jangan sampai kalian malah mati di early game karena terlalu mukill.

3. Tidak memaksimalkan penggunaan skill 1

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Granger merupakan hero yang sangat bergantung pada skill 1. Oleh karena itu, ketika menggunakan Granger, jangan sekali-sekali melakukan miss saat menggunakan skill tersebut, karena damage output Granger yang paling besar hanya terdapat pada skill 1 saja.

Saya sarankan kalian untuk berlatih menggunakan skill 1 dulu sebelum menggunakan Granger di ranked, latih penggunaan skill satu kalian kepada buff ataupun kepada hero dengan bermain di mode Classic terlebih dahulu.

4. Melakukan blink yang tidak efektif

Granger memiliki skill blink yang terdapat pada skill 2, kemampuan cooldown skill blink tersebut dapat berkurang dengan menggunakan skill 1. Nah, banyak user Granger yang tidak memanfaatkan hal tersebut padahal efek pengurangan cooldown sangat berguna bagi Granger. Efek pengurangan cooldown tersebut berguna untuk meningkatkan mobilitas dari Granger, sebab dia dapat melakukan blink dengan lebih banyak dari biasanya.

Cara yang dapat kalian lakukan untuk mengefektifkan efek pengurangan cooldown tersebut adalah dengan menggunakan skill blink terlebih dahulu sebelum menggunakan skill 1. Gunakan skill blink untuk mengatur jarak dari musuh lalu gunakan skill 1 kalian dengan cepat. Apabila semua tembakan skill 1 tersebut mengenai musuh, maka cooldown dari skill blink kalian akan ter-reset sehingga kalian dapat melakukan blink lagi untuk yang kedua kalinya.

5. Terlalu hemat Ulti

Ultimate Granger merupakan skill yang multifungsi, dapat kalian gunakan untuk mencuri buff, mencuri kelomang, nyampah kill, mengejar hero yang mau kabur, dan masih banyak hal lain yang dapat kalian lakukan dengan ultimate Granger. Akan tetapi, banyak dari user Granger malah menghemat ultinya hanya untuk keadaan terntentu saja.

Padahal, cooldown dari skill ultimate Granger ini tidak terlalu lama, tak ada salahnya jika kalian gunakan ultimate hanya untuk mencuri kelomang ataupun melakukan open map pada rumput yang menurutmu terdapat musuh di dalamnya.

F. Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai hero Granger. Apakah artikel ini berguna bagi kalian? Silahkan tulis saja pendapat kalian di kolom komentar ataupun di menu Contact Us. Ikuti terus teh90blog.com untuk mendapatkan informasi terkait game Mobile Legends ataupun game lainnya.

Terima kasih

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Granger : Atribut, Skill, Emblem, Build, Counter, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel