Cara Menjadi Offlaner yang Baik [Mobile Legends] - Teh90blog

Cara Menjadi Offlaner yang Baik [Mobile Legends]

Warning!
Postingan ini bukan ditujukan buat para hero midlaner. Jadi, yang suka main di tengah - tengah harap minggir dulu :v
Seperti yang tertulis dalam judul, kali ini saya akan membahas cara bermain sebagai offlaner yang baik dan benar. Cara yang akan saya jelaskan disini hanya berdasarkan perspektif saya pribadi, kalau kalian tidak cocok ya nggak masalah, terserah kalian.

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebenarnya kalian tau gak sih apa itu offlaner?

A. Apa Itu Offlaner?

Secara ilmiah, offlaner diartikan sebagai salah satu unsur strategi dalam game MOBA yang mengharuskan pemainnya untuk melakukan penjagaan di area lane atas maupun lane bawah dalam sebuah map. Offlaner bertugas untuk melakukan push turret ataupun split push tanpa harus melakukan roam.

Masih belum paham juga? Oke oke aku jelasin pakai bahasa yang mudah dimengerti nih.

Offlaner itu ialah penempatan hero yang ditugaskan untuk menjaga turret bagian atas maupun turret bagian bawah. Biasanya, offlaner diisi oleh hero fighter atau tank yang memiliki kemampuan bertahan yang bagus, namun juga tidak cupu kalau ikut war.

Contoh Hero Mobile Legends yang sering dijadikan offlaner yaitu : Badang, Yu Zhong, Jawhead, Uranus (paling ngeselin) dan X Borg.
Hero diatas hanya contoh kecilnya saja, sebenarnya masih banyak hero lain yang dapat dijadikan sebagai offlaner asal hero itu bisa melakukan push turret dan nggak gampang kena ciduk musuh.

B. Tugas Seorang Offlaner

Di poin sebelumnya sudah aku senggol-senggol tuh mengenai push turret sama split push. Nah, itulah salah satu tugas yang harus dilakukan oleh offlaner.

"Terus kapan war-nya?"

Kalau kalian bertanya begitu seharusnya baca dulu tuh panduan bermain Mobile Legends. Kunci kemenangan suatu pertandingan Mobile Legends adalah turret (tower), jika kalian menang war terus tapi turret kalian habis ya sama saja nanti ujungnya pasti kalah juga.

Maka dari itu, jangan sekali-sekali meremehkan tugas seorang offlaner. Walaupun kerjaannya cuma diam di satu lane doang tapi bisa jadi hero offlaner itulah yang nantinya bakalan carry tim kalian saat late game.

C. Yang Harus Kalian Kuasai Untuk Menjadi Offlaner

Hal pertama yang harus kalian kuasai ketika menjadi seorang offlaner adalah penguasaan map. Sebisa mungkin pantau terus pergerakan musuh sebab kalian harus mencari timing yang tepat saat akan melakukan push turret.

Jangan sampai ketika mau push turret malah kena gank musuh, bukannya dapet tower tapi malah mati konyol kalian.

Hal lain yang harus kalian kuasai ketika menjadi offlaner adalah cut minion. Apa itu cut minion? Bahasa gampangnya, cut minion ini berarti kalian harus membunuh minion musuh sebelum minion itu saling tatap-tatapan sama minion kalian.

Jadi, usahakan minion musuh jangan sampai berjalan terlalu jauh. Bahkan, jika memungkinkan kalian harus membunuh minion musuh ketika mereka baru muncul di main turret. Seperti yang dilakukan oleh para pro player (sampai base musuh anjir cut minion-nya).

Seberapa pentingkah cut minion?
Kalau mau dibilang penting banget sebenarnya nggak juga, tapi ya lumayan penting, tapi nggak begitu penting, ya gitulah pokoknya.

Intinya, cut minion akan membuat kalian lebih leluasa melakukan farming maupun roaming soalnya kalian nggak perlu khawatir akan serangan minion musuh yang bisa menghancurkan turret. Ya gimana mau khawatir kan minion musuh udah ente bunuh duluan.

Cut minion juga dapat mengulur waktu buat kalian agar bisa membantu hero midlaner. Siapa tau kalau mereka lagi war kan mayan bisa bantu nyampah atau nyari assisst :)

D. Cara Menjadi Offlaner

Menjadi seorang offlaner tentu tidak mudah. Kalian harus siap bertemu 2 musuh dalam satu lane serta harus melakukan push turret mereka. Jika salah pehitungan, pasti kalian yang kalah sebab porsi hero-nya berbeda jauh. Belum lagi kalau musuh ternyata pandai roaming, sudah pasti kalian akan mudah terkena gank.

Oleh karena itu, untuk menghadapi keadaan tersebut setidaknya kalian harus tau bagaimana caranya menjadi seorang offlaner. Ini dia pembahasannya:

1. Prioritaskan Turret

Sebagai seorang offlaner, tentu kalian harus bertanggung jawab atas lane yang kalian jaga. Jangan sampai biarkan musuh menghancurkan turret kalian dengan mudah hanya karena hero offlaner-nya yang malah sibuk roaming kemana-mana.

Penjagaan turret harus kalian prioritaskan terlebih dahulu. Tentu saja kalian juga boleh ikut bergabung ketika war kalau memang teman kalian mungkin butuh bantuan. Tapi hal pertama yang harus diprioritaskan tetap turret dahulu.

2. Jangan Terlalu Lama Melakukan Roaming

Roaming merupakan tugas wajib yang harus dijalankan seorang midlaner. Oleh karena itu, sebagai offlaner kalian tidak perlu sering melakukan roaming terlalu jauh sebab hal tersebut akan membuat pertahanan tim kalian terbuka lebar.

Contohnya, jika kalian ditugaskan sebagai offlaner atas, namun ketika bermain kalian malah sering bepergian sampai ke lane bawah. Akibatnya, turret lane atas kalian akan dapat dengan mudah dihancurkan oleh musuh karena tidak ada penjagaan.

Jika telah mengalami hal seperti itu, otomatis persentase kemenangan kalian pasti akan turun sebab musuh semakin mudah mendominasi area pertarungan.

3. Jangan Biarkan Musuh Mengambil Gold Buff

Gold buff merupakan satu-satunya hal berharga yang ada di lane atas maupun bawah. Umumnya, gold buff akan diambil oleh hero midlaner untuk memperoleh tambahan gold.

Nah, alasan itulah yang nantinya menjadi penyebab kenapa hero offlaner rentan sekali terkena ganking. Ketika hero midlaner telah mendapatkan buff, mereka akan langsung menargetkan hero offlaner untuk dibunuh.

Tentu kalian tak ingin itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian harus ambil gold buff musuh sebelum mereka melakukan roam ke lane yang kalian jaga, sebab satu satunya alasan midlaner melakukan roam ke lane atas maupun lane bawah tak lain dan tak bukan ya karena mau mengambil gold buff itu.

Jika mereka tau kalau gold buff sudah diambil, otomatis hero midlaner musuh tidak jadi melakukan roam dan kalian pun akhirnya terhindar dari adanya ganking.

4. Kombinasikan Item Damage dan Defense

Seorang hero offlaner harus memiliki kemampuan bertahan yang kuat sebab mereka harus mempertahankan satu lane sendirian. Selain itu, seorang offlaner juga harus memiliki damage yang lumayan besar untuk membantu tim ketika war.

Oleh karena itu, ketika menjadi seorang offlaner kalian harus menggunakan item campuran antara damage dengan defense agar kemampuan bertahan dan kemampuan serangan kalian seimbang.

Itulah tips dari saya mengenai cara menjadi offlaner. Jika ada pertanyaan maupun saran silahkan tulis saja di kolom komentar.

Terima kasih

2 Responses to "Cara Menjadi Offlaner yang Baik [Mobile Legends]"

  1. Apa aja item yang cocok untuk offlener ketika berhadapan dengan Hero mm atau mage yang memiliki dameg yang lumayan besar di Erly game contoh nya laslay dan cecilion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau musuhnya mage silahkan langsung buat Athena shield aja. Satu item itu udah cukup buat counter segala hero mage.

      Kalau buat counter mm apalagi yg punya damage pedes sejak early kayak Granger gitu langsung aja buat Blade Armor

      Hapus

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel