5 Cara Ini Dapat Kalian Lakukan untuk Counter Esmeralda - Teh90blog

5 Cara Ini Dapat Kalian Lakukan untuk Counter Esmeralda

Esmeralda adalah salah satu hero dalam game Mobile Legends yang ditakuti oleh musuh berkat perolehan shield-nya yang tidak habis - habis. Oleh karena itu, sejak awal perilisannya Esmeralda selalu terkena banned karena kemampuannya yang dinilai terlalu over power.

Menurut perspektif saya sendiri, Esmeralda memang wajib terkena nerf oleh Moonton di patch selanjutnya mengingat kemampuan Esmeralda saat ini masih diatas rata - rata. Namun, sejak awal dirilis Esmeralda memang sudah diperkirakan menjadi hero yang over power.

Terlepas dari kemampuannya yang dapat mengubah nyawa musuh menjadi shield untuknya, hal lain yang membuat Esmeralda menjadi over power dapat dilihat dari role yang dimilikinya. Esmeralda memiliki role mage/tank yang menurut saya itu bukanlah sebuah role yang bagus untuk dikombinasikan.

Bayangkan saja jika role mage yang memiliki damage yang besar, dikombinasi dengan role tank yang memiliki nyawa yang tebal. Sudah pasti hero dengan kombinasi kedua role tersebut akan menjadi terlalu over power bukan? Itu semua sekarang menjadi kenyataan dengan adanya Esmeralda.

Walaupun dinilai terlalu over power, namun setidaknya Esmeralda masih memiliki beberapa kelemahan yang dapat kita gunakan untuk mengalahkannya. Penasaran apa saja kelemahannya? Simak pembahasannya berikut.

1. Gunakan Item Penghancur Lifesteal

Perlu kalian ketahui bahwa perolehan shield yang dimiliki oleh Esmeralda mempunyai sistematika yang sama dengan lifesteal. Jika skill Esmeralda mengenai musuh, maka dia otomatis dapat mengkonversi nyawa musuh menjadi shield yang kemudian dapat dia serap dengan basic attack maupun dengan melakukan skill lagi.

Cara tersebut tergolong sama dengan lifesteal dimana hero harus memberikan damage kepada musuh untuk menambah nyawa yang dimilikinya. Perbedaan lifesteal dengan kemampuan Esmeralda hanya terdapat pada efeknya, efek dari lifesteal mendapatkan tambahan nyawa, sementara itu efek dari skill Esmeralda mendapatkan tambahan shield.

Karena sistematikanya masih sama dengan lifesteal, maka cara yang efektif untuk mengurangi perolehan shield Esmeralda adalah dengan membeli item anti lifesteal. Item anti lifesteal yang dapat kalian gunakan  yaitu Sea Hallberd dan Necklace of Durance. Untuk gambar itemnya bisa kalian lihat di atas.

2. Gunakan Hero dengan Long Range Skill

Esmeralda adalah hero yang memiliki skill jarak pendek, akibatnya dia harus mendekati musuh jika ingin memperoleh tambahan shield dari skill-nya.

Salah satu cara yang dapat kalian untuk mengatasi kemampuannya tersebut adalah dengan menggunakan hero yang memiliki serangan jarak jauh. Apapun hero jarak jauh yang kalian gunakan, intinya jangan biarkan skill Esmeralda mengenai hero ataupun minion karena dia dapat memperoleh tambahan shield dari itu.

Contoh hero serangan jarak jauh yang efektif digunakan untuk melawan Esmeralda antara lain: Valir, Pharsa, Chang'e, dan Nana.

3. Gunakan Hero yang Memiliki Efek Stun

Salah satu cara terbaik mengatasi hero yang over power adalah dengan menggunakan efek stun, cara ini juga dinilai efektif digunakan untuk mengatasi kemampuan Esmeralda. Saat terkena stun, otomatis Esmeralda tidak akan bisa kabur sehingga Esmeralda dapat dibunuh dengan mudah.

Contoh hero dengan efek stun yang kuat antara lain: Franco, Lolita, dan Aurora.

4. Gunakan Hero yang Memiliki Kemampuan untuk Mengurangi Physical Defense

Esmeralda dikenal memiliki shield (physical defense) yang besar. Oleh karena itu, salah satu cara menghadapinya adalah dengan menggunakan hero yang memiliki kemampuan untuk mengurangi physical defense Esmeralda.

Skill hero yang dapat mengurangi physical defense memiliki tanda seperti pada gambar berikut:
Gambar perisai yang retak ini menandakan efek pengurangan physical defense musuh
Ketika Esmeralda mendapatkan tanda seperti gambar diatas, dapat dipastikan jika shield yang dimiliki oleh Esmeralda akan berkurang setidaknya sebesar 50%. Itulah momen yang tepat untuk menyerang Esmeralda dengan mudah.

Contoh hero yang dapat mengurangi physical defense antara lain: Dyroth (efek dari skill kedua) dan Irithel (Efek dari skill pertama).

5. Jangan Menggunakan Athena Shield

Jangan menggunakan Athena Shield ketika melawan Esmeralda
Salah satu item yang harus kalian hindari ketika berhadapan dengan Esmeralda adalah Athena Shield. Efek dari Athena Shield yang menambah shield kalian secara otomatis membuat Esmeralda semakin kuat, karena dia dapat dengan mudah menyerap shield yang telah kalian dapatkan dari item Athena Shield tersebut. Alhasil, tim kalian akan semakin kesulitan menghadapi Esmeralda karena shield yang diperolehnya semakin besar.


Itulah 5 cara yang dapat kalian lakukan untuk menghadapai Esmeralda. Kelima cara diatas tentu tidak dapat kalian gunakan secara bersamaan, namun setidaknya kalian harus memakai salah satu cara diatas saat melawan Esmeralda.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah ada cara lain yang dapat digunakan untuk melawan Esmeralda? Tulis pendapat kalian di kolom komentar.

Terima kasih

0 Response to "5 Cara Ini Dapat Kalian Lakukan untuk Counter Esmeralda"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel