Resonance of the Ocean, Game Android yang Bagus Meskipun Kurang Terurus - Teh90blog

Resonance of the Ocean, Game Android yang Bagus Meskipun Kurang Terurus

Resonance of the Ocean

Di jaman serba digital ini, industri game sedang gencar - gencarnya mengalami peningkatan. Ada ratusan bahkan ribuan game baru yang dirilis setiap tahunnya, membuat persaingannya semakin kuat.

Dengan banyaknya pilihan game yang ada sekarang, saya malah merasa lebih gampang bosan saat memainkan sebuah game. Mengapa? Sebab mayoritas game yang hadir sekarang memiliki konsep yang mirip dengan game lainnya, entah itu dari segi gameplay, grafis, fitur, atau pada desain karakternya.

Jarang sekali ada game yang mau stand out bawain konsep baru yang belum pernah ditemui di game lainnya. Jika ada, pasti game-nya kurang laku, padahal sebenarnya game tersebut punya potensi yang sangat tinggi untuk menjadi populer.

Masalah lainnya terdapat pada pihak developer yang memilih untuk tidak mengembangkan game yang telah mereka buat, salah satu contohnya yaitu game Resonance of the Ocean yang akan saya bahas dalam postingan ini.

Dirilis pada 24 Desember 2022, Resonance of the Ocean merupakan game puzzle indie yang cukup potensial besutan developer dari China. Saya nggak tahu nama developer-nya kayak gimana soalnya ditulis dalam bahasa China, jadi kalau kalian kepo mending langsung cari tahu aja sendiri di Google Play Store.

Balik lagi ke topik utama, mengapa saya bilang bahwa game Resonance of the Ocean ini cukup potensial? Ini terdapat pada mekanik gameplay-nya yang menurut saya sangat berbeda jauh dari game sejenis lainnya.

Dalam game ini, kalian sebagai player ditugaskan untuk menirukan setiap bunyi yang menggema di lautan menggunakan berbagai item yang tersebar di seluruh penjuru tempat. 

Terdapat berbagai item di penjuru map untuk menghasilkan bunyi yang unik
Terdapat berbagai item di penjuru map untuk menghasilkan bunyi yang unik

Menariknya adalah, bunyi tersebut dihasilkan dari berbagai susunan benda yang sangat sederhana, contohnya seperti botol, kaleng, panci, gelas berisi air, dll. Untuk mendapatkan bunyi yang diinginkan, kalian dapat mengkombinasikannya dari beberapa item, contohnya kalian dapat mengkombinasikan gelas dengan sendok untuk mendapatkan bunyi yang nyaring, panci dengan stik kayu untuk menimbulkan bunyi seperti snare drum, dan masih banyak kombinasi bunyi lainnya yang dapat kalian hasilkan sendiri.

Fitur open world yang ditawarkan juga tidak buruk, karena kalian dapat dengan bebas mengakses seluruh area pulaunya (walaupun area pulaunya sangat kecil). Tak hanya itu, nanti juga akan ada area khusus tambahan yang akan terbuka dengan sendirinya seiring dengan cerita game ini berjalan.

Salah satu kelebihan lain yang ditawarkan game ini yaitu terdapat pada sound effect-nya yang sangat menyejukkan. Ketika memainkannya saya seolah ikut merasakan panorama pantai yang indah dan menenangkan. 

Bahkan sound effect yang sangat simple, seperti angin yang berhembus, ombak yang bergulung pelan, semuanya disajikan dengan sempurna dalam game yang satu ini, membuat atmosfer-nya sangat nyaman untuk dimainkan di kala waktu luang.

Grafis minimalis tapi bikin nagih
Sajian grafis yang minimalis, namun sangat adiktif

Berbagai kelebihan yang ada tersebut seharusnya membuat game ini sukses besar, bukannya malah nggak keurus kayak begini. Entah karena faktor apa, game ini tidak pernah diperbarui sejak perilisannya.

Pihak developer seperti tidak mau mengembangkannya, sebab sampai sekarang tidak ada satu pun update yang dihadirkan. Padahal, potensi yang ada di dalam game ini menurut saya cukup besar. Saya benar - benar menikmati sekali saat memainkannya, bahkan saya sampai mengulangnya beberapa kali hanya untuk menikmati sound effect-nya yang menyejukkan serta tampilannya yang sangat memanjakan mata.

Oiya, buat info saja, kalian dapat menamatkan game ini dalam waktu sekitar 15 - 20 menit saja dikarenakan fitur dan konsepnya masih sangat terbatas.

Sayang aja gitu kenapa game sebagus ini nggak diurus, padahal kalo dikembangin lagi gameplay dan fiturnya, game ini bakalan worth it banget buat dimainin, bahkan kalo dijadiin premium pun game-nya masih tetep layak buat kalian beli.

Jika kalian ingin mencoba game-nya, kalian bisa mengunduhnya langsung dari Google Play Store, ukurannya ringan kok hanya berkisar 103 MB saja, udah gitu nggak ada iklannya pula.


KELEBIHAN

  1. Mekanik gameplay-nya unik, berbeda dari game sejenis lainnya
  2. Sound effect yang dihadirkan sangat menyejukkan
  3. Ukurannya minimalis, tak ada iklan di dalamnya
  4. Plot ceritanya penuh misteri, meskipun durasinya sangat singkat

KELEMAHAN

  1. Minim fitur
  2. Dapat ditamatkan dengan mudah (main 15 menit aja udah langsung tamat)


GAMEPLAY

0 Response to "Resonance of the Ocean, Game Android yang Bagus Meskipun Kurang Terurus"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel