Review Pokemon Unite, Salah Satu Game Adaptasi Anime Terbaik Tahun Ini - Teh90blog

Review Pokemon Unite, Salah Satu Game Adaptasi Anime Terbaik Tahun Ini

Review Game Pokemon UNITE

Pokemon merupakan serial animasi jepang (anime) yang sudah bisa dibilang melegenda dikarenakan kepopulerannya yang seolah tidak memudar seiring dengan berjalannya waktu. Sudah ada banyak sekali game adaptasi Pokemon yang dirilis sampai sekarang, membuktikan bahwa ada banyak sekali penggemar Pokemon di luar sana yang selalu antusias memainkannya.

Di tahun 2016 lalu, salah satu game adaptasi Pokemon, yaitu Pokemon Go menjadi trend di berbagai media sosial. Saat itu, setiap harinya pasti kalian akan menemui berbagai informasi tentang Pokemon Go, entah itu dari portal berita, meme, Youtube, dll. Saking populernya game Pokemon Go, sampai ada isu yang sangat kontroversial bahwa game tersebut dibuat untuk memata - matai setiap aktivitas manusia di seluruh dunia berkat adanya fitur pengaktifan GPS dan map yang dibuat nyata dengan lokasi tempat kalian berada.

Akan tetapi, sayangnya beberapa tahun kemudian trend Pokemon Go tersebut mulai terlupakan. Salah satu penyebabnya yaitu munculnya game dengan genre baru yang lebih diminati oleh banyak orang, seperti MOBA dan Battle Royale yang kian merajalela. 

Sampai saat ini, game Pokemon Go memang masih bisa kalian temukan di Play Store, hanya saja jumlah pemain dan hype dari game tersebut sudah tidak setinggi saat masa keemasannya dulu.

"Kalo yang laku sekarang itu game MOBA, kenapa kita nggak bikin game MOBA Pokemon aja?" Mungkin itulah yang kemudian dipikirkan oleh The Pokemon Company, sehingga pada akhirnya di tanggal 21 Juli 2021 mereka merilis game MOBA bertema Pokemon yang diberi judul "Pokemon UNITE".

Mengusung genre MOBA, Pokemon UNITE ini memang lebih relatable di era sekarang, mengingat ada banyak sekali ruang untuk scene kompetitif dan peluang bisnis yang bisa diraih dari sebuah game MOBA. Banyaknya penggemar game MOBA juga memudahkan Pokemon UNITE ini untuk dikenal dan meraih popularitas di berbagai kalangan.

Lebih menariknya lagi, Pokemon UNITE ini ternyata membawakan sebuah genre game MOBA yang jauh berbeda dari game MOBA lainnya. Saya saja waktu memainkan game ini untuk pertama kalinya berhasil dibuat takjub dengan berbagai mekanisme baru dari game Pokemon UNITE yang sangat unik. Lantas apa saja sih keunikan dari game Pokemon UNITE? Apakah game ini layak buat kalian mainkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung saja simak ulasannya berikut:


A. FITUR GAME

1. Genre MOBA yang Berbeda dari yang Lain

Game MOBA Pokemon yang beda dari yang lain

Sudah saya singgung diatas bahwa gameplay dari game Pokemon UNITE ini terbilang unik jika dibandingkan dengan game MOBA lainnya. Salah satu keunikan game ini yaitu kalian tidak akan menjumpai minion yang biasanya hadir di setiap lane

Jumlah lane dalam game Pokemon UNITE ini juga hanya terbagi dalam 2 lane, yaitu lane atas dan bawah. Untuk bagian tengahnya, seluruhnya berupa area jungle yang akan menjadi ruang gerak bagi para Pokemon dengan role Pelari Cepat (Kalo di Mobile Legends sebutannya role jungler).

Mekanisme gameplay yang dihadirkan juga tergolong beda, karena dalam game ini kalian tidak bisa melakukan hit kepada turret, melainkan harus mencetak gol dengan pokeball yang telah kalian kumpulkan sampai turret tersebut hancur. Setiap turret juga tidak memberikan damage, melainkan memberikan armor + HP regen kepada Pokemon yang ada di pihaknya. Artinya, jika kalian berada di dalam turret milik kalian sendiri, maka turret tersebut akan secara otomatis memberikan HP regen + armor yang cukup besar kepada kalian.

Berbagai mekanisme baru tersebut sukses membuat game Pokemon UNITE ini tampil beda dari game MOBA pada umumnya. Saya yang telah mencoba berbagai game MOBA seperti mendapatkan experience baru ketika memainkan game Pokemon UNITE. Hal tersebut tentu menjadi hal yang positif bagi game ini, sebab dengan banyaknya hal - hal baru yang ditampilkan secara otomatis membuat game ini mudah menarik banyak pemain.


2. Karakter Lisensi Pokemon yang Lengkap

Berbagai karakter Pokemon

Namanya juga game Pokemon, jadi semua karakter dalam universe Pokemon juga harus hadir dalam game ini. Untung saja, The Pokemon Company selaku developer dari game ini sangat mengerti tentang hal itu, terbukti sampai sekarang setidaknya sudah ada kurang lebih 44 karakter dengan lisensi resmi yang telah hadir dalam game Pokemon UNITE.

Terdapat banyak sekali Pokemon dari berbagai generasi, kalian yang tahu tentang cerita dari universe Pokemon pasti akan lebih mengenalinya dengan mudah jika telah mencoba memainkannya.

Berbagai Pokemon tersebut juga dipilah - pilah sesuai dengan role dan kemampuan yang mereka miliki. Ada yang cocok dipakai sebagai jungler, damage dealer, ataupun sebagai tanker. Semuanya pokoknya bisa kalian pilih sendiri sesuai dengan gameplay kalian masing - masing.


3. Banyak Mode Permainan

Berbagai mode permainan yang bisa kalian mainkan

Tak puas rasanya jika dalam game MOBA hanya terdapat satu mode permainan saja. Oleh karena itu, untuk membuat para player-nya betah berlama - lama di dalam game, Pokemon UNITE menawarkan banyak sekali mode permainan yang bisa kalian mainkan, mulai dari permainan peringkat (ranked), permainan singkat, permainan acak, dan ada berbagai mode permainan lainnya yang akan muncul secara eksklusif dalam event tertentu.

Saya sendiri paling suka dengan permainan singkat, sebab di mode permainan ini saya dapat memilih mode match 3 vs 3 yang memiliki durasi match yang lebih singkat dan lebih intens. Jadi, dari awal main udah langsung main barbar dan ngebantai semua musuh yang ada.

Selain menyajikan banyak mode permainan menarik, Pokemon UNITE juga memiliki berbagai tema map yang unik dan menarik untuk membuat gameplay-nya tidak monoton saat dimainkan secara berulang - ulang. Jika kalian bosan dengan tema map yang itu - itu saja, kalian bisa mengubahnya secara bebas di lobi sebelum pertandingan dimulai, kecuali buat ranked ya soalnya kalo di ranked tema map-nya udah diatur dari sononya.


4. Mekanik Gameplay yang Mudah Dipelajari

Mekanisme gameplay yang mudah dipelajari

Jika dalam game MOBA lain terdapat banyak sekali item yang harus kalian pelajari, lain halnya dengan game yang satu ini karena dalam game Pokemon UNITE ini tidak akan ada fitur pembelian item saat match berlangsung.

Tampilan item dalam game Pokemon UNITE
Mekanisme item dalam game Pokemon UNITE
Seluruh item yang disediakan hanya bisa kalian siapkan sebelum pertandingan dimulai, dan itupun hanya berjumlah 3 item saja. Kemudahan dalam mekanisme item tersebut membuat game Pokemon UNITE ini terasa lebih mudah untuk dipelajari, sebab di dalam match nanti kalian hanya perlu berfokus untuk farming dan mencetak gol sebanyak mungkin tanpa harus pusing - pusing mikirin item.

Setiap match-nya juga hanya berlangsung selama 10 menit, tak kurang dan tak lebih, membuat gameplay-nya terasa singkat. Di dalam in game, kalian juga tidak memiliki tugas yang banyak, selain melakukan farming pokeball dengan membunuh monster jungle ataupun membunuh Pokemon musuh yang datang.

Bisa dibilang, game Pokemon UNITE ini lebih ramah untuk dimainkan untuk semua orang, bahkan orang yang belum mengerti game MOBA sama sekali pun pasti akan mudah beradaptasi dikarenakan mekanik gameplay-nya yang nggak ribet dan mudah dipelajari.


B. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Menyajikan gameplay game MOBA yang baru.
  2. Durasi match yang singkat (Hanya 10 menit setiap match).
  3. Terdapat banyak event gratis, player gratisan auto senang.
  4. Mudah untuk dipelajari
  5. Bisa dimainkan offline, walaupun ntar lawannya bot doang.

Kelemahan

  1. Matchmaking yang tidak seimbang, bisa ketemu sama rank tier tinggi dalam satu tim.
  2. Beberapa Pokemon masih kurang balance, ada yang over power banget, ada yang biasa aja.


C. SPESIFIKASI

Sebagai sebuah game MOBA, Pokemon UNITE tidak begitu berat untuk dimainkan di smartphone kelas entry level. Game ini bahkan dapat berjalan dengan lancar pada Xiaomi Redmi 5 yang sudah kesusahan untuk menjalankan game MOBA lainnya, seperti Mobile Legends dan Arena of Valor.

Biar kalian lebih paham lagi mengenai spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk memainkan game ini, simak saja detailnya di bawah ini:

Spesifikasi Minimum Android

  • Sistem Operasi: Android 5.0 atau lebih tinggi
  • Prosessor: Octa-core 1.8 GHz
  • RAM 3 GB
  • GPU: Adreno 506

Spesifikasi Minimum iOS

  • Sistem Operasi: iOS 12
  • Prosesor: A9
  • RAM 2 GB


D. GAMEPLAY


***

Dari panjangnya pembahasan saya diatas, dapat disimpulkan bahwa game Pokemon UNITE ini sangat worth it buat kalian mainkan. Mekanisme gameplay yang mudah, durasi match yang singkat, MOBA yang beda dari yang lain, semua inovasinya itu membuat game ini berkemungkinan besar menjadi sebuah trend di masa yang akan datang.

The Pokemon Company selaku developer dari game ini juga tergolong loyal kepada pemainnya, sebab ada banyak sekali event yang berhadiahkan skin gratis di setiap bulannya. Saya kemarin bahkan baru saja mendapatkan 7 skin gratis hanya bermodalkan login doang waktu perayaan ulang tahun game Pokemon UNITE ini.

Pokoknya, buat kalian pecinta game MOBA sekaligus pecinta anime Pokemon, kalian wajib banget nyoba game Pokemon UNITE ini.

Itulah pembahasan dari saya terkait game Pokemon UNITE. Apakah ada dari kalian yang sudah mencoba memainkannya? Tulis saja bagaimana pendapat kalian tentang game ini di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar game.

Terima kasih.

0 Response to "Review Pokemon Unite, Salah Satu Game Adaptasi Anime Terbaik Tahun Ini"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel