10 Games NFT Paling Cuan Tahun Ini, Buruan Coba - Teh90blog

10 Games NFT Paling Cuan Tahun Ini, Buruan Coba

10 Games Buat Mining NFT

Daya tarik NFT di setiap tahun nampaknya memiliki kenaikan yang sangat signifikan. Pasalnya, NFT sudah menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik, sebab kalian dapat berkesempatan mendapatkan banyak sekali keuntungan hanya dengan menjual berbagai aset digital yang kalian miliki.

Arti dari NFT (Non Fungible Token) itu sendiri merupakan sebuah aset digital sebagai bukti kepemilikan suatu barang atau benda yang dapat ditukarkan dengan Crypto. Singkatnya, NFT ini merupakan sebuah aset digital yang hak miliknya sepenuhnya berada di tangan kalian, sehingga aset tersebut dapat diperjual belikan dalam sebuah marketplace untuk kemudian ditukarkan ke dalam bentuk mata uang konvensional.

Aset NFT tersebut dapat ditemukan di berbagai bidang, seperti karya seni, musik, video klip, ataupun dalam sebuah video games.

Dalam postingan ini, secara khusus saya akan membahas beragam jenis aset NFT yang ada dalam video games. Namanya juga games NFT, pastinya kalian dapat mendapatkan pundi - pundi uang hanya dari bermain sebuah game. Lumayan kan bisa jajan dari hasil main game doang?

Daripada penasaran, mari langsung saja simak berikut 10 list games NFT paling cuan tahun ini.

*Semua game dalam list ini merupakan Free to Play. Artinya, kalian dapat memainkannya tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.


1. Dragonary

Dragonary

Dragonary merupakan game blockchain ber-genre RPG yang belakangan ini sempat populer di kalangan para kolektor dan investor di dunia cryptocurrency. Game yang baru saja dirilis beberapa tahun yang lalu ini memang sempat menggemparkan berkat gameplay-nya yang simple, serta rantai ekonominya yang cukup menarik buat para investor. Game ini bisa kalian mainkan baik di platform PC ataupun Android.

Seperti layaknya game RPG pada umumnya, Dragonary menyediakan banyak sekali ragam jenis item dan naga yang dapat kalian peroleh untuk memperkuat naga kalian. Tak hanya itu, game Dragonary ini juga memiliki fitur unik bernama Breeding yang membebaskan kalian sebagai player untuk menciptakan jenis naga yang unik dan baru.

Gameplay-nya yang sangat simple membuat game ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Ditambah dengan adanya fitur auto battle membuat game ini bisa dimainkan secara bebas tanpa mengganggu aktivitas kalian.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Dragonary

Aset digital yang bisa kalian investasikan dari game Dragonary yaitu berupa naga dan item. Berbagai aset tersebut nantinya dapat kalian jualbelikan dalam marketplace dengan mata uang CYT (Coinary Token). Besarnya nilai tukar CYT ini akan berubah tergantung seberapa besar kualitas pasar yang ada dalam game ini.

Jenis aset naga dalam game ini dibagi ke dalam 5 jenis rarity (Common, Uncommon, Rare, Epic, Legendary, dan Mythical). Nah, untuk mendapatkan penghasilan, usahakan minimal miliki naga dengan rarity Rare, sebab naga dengan rarity Common dan Uncommon tidak memiliki nilai tukar CYT coin sepeser pun.

Untuk mendapatkan naga, kalian bisa membelinya di marketplace ataupun melakukan breeding dan mendapatkan telur dalam berbagai misi. Yang pasti, di awal game nanti kalian akan diberi 3 buah naga common gratis yang bisa menjadi modal awal untuk bermain game Dragonary ini. 

Aset dalam game Dragonary dinilai cukup menjanjikan, sebab semakin banyak orang yang memainkannya, maka makin besar juga nilai tukar CYT yang akan ditawarkan.


2. The Sandbox

The Sandbox

The Sandbox merupakan game sandbox yang dikembangkan oleh studio game Pixowl dan dirilis pada 15 Mei 2012. Game ini tersedia di berbagai platform, seperti Microsoft Windows, Android, dan iOS.

Dalam game ini, kalian sebagai player sangat dibebaskan untuk membuat ataupun memainkan berbagai jenis mini games yang tersedia, sekaligus menjalin interaksi dengan berbagai player di seluruh dunia. 

Layaknya Minecraft, game The Sandbox akan membebaskan imajinasi kalian untuk berekspresi. Dengan berbagai fitur yang ada, kalian bisa membuat kreasi karya kalian sendiri, bersenang - senang dengan teman, ataupun sekadar bersosialisasi dengan player lainnya untuk memperoleh banyak relasi.

Perlu kalian ingat bahwa game ini seperti dunia virtual, jadi batasannya akan sama dengan imajinasi yang kalian miliki.


Cara Mendapatkan Penghasilan di The Sandbox

Ada beragam cara mendapatkan uang dari The Sandbox. Namun, kali ini saya hanya akan menjelaskan 2 cara yang sangat umum digunakan, yaitu Pemilik Lahan dan Players.

Seperti namanya, Pemilik Lahan memiliki hak milik atas sebuah lahan (block) yang ada dalam game ini. Nah, lahan tersebut memiliki konsep yang sama seperti lahan di dunia nyata. Kalian bisa menyewakannya kepada player lain, atau kalian bisa membangun sendiri bangunan diatasnya untuk membuat sebuah bisnis.

Jika kalian tidak memiliki cukup uang untuk menjadi pemilik lahan, maka kalian bisa memulainya dengan menjadi seorang Players. Sebagai seorang Players, ada banyak sekali hal yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan uang, seperti contohnya: Menyelesaikan quest, mengikuti events, dan memainkan mini Games.

Kalian juga dapat bekerja sebagai seorang pelayan, tour guide, penjaga museum, atau yang paling populer yaitu seorang pemilik bisnis perumahan.

The Sandbox beroperasi menggunakan $SAND, yang berfungsi sebagai mata uang untuk semua transaksi pemain. Mata uang tersebut merupakan Token ERC20 (Ethereum), yang dapat digunakan untuk membeli aset dan tanah dari pasar atau bahkan menukarkannya untuk penghasilan pasif. $SAND tersedia di berbagai bursa, termasuk Binance.


3. Gods Unchained

Gods Unchained

Gods Unchained merupakan game Trading Kartu gratis yang dikembangkan dan dipublish oleh Immutable. Pencipta game ini, Chris Clay, merupakan seorang game director yang dulunya menangani game Magic: The Gathering Arena.

Sebagai game battle card, Gods Unchained mengharuskan kalian untuk menyusun sebuah dek dan strategi yang matang untuk mengalahkan player lain dalam sebuah match. Unsur strategi memang sangat menonjol dalam game ini karena kalian harus saling berhadapan dengan player lain, beradu strategi untuk saling menghancurkan satu sama lain.

Di awal game, terdapat 6 jenis karakter (God), dan 4 ability power khusus yang harus kalian pilih. Ability dan jenis karakter tersebut nantinya akan mempengaruhi strategi gameplay yang kalian mainkan. Jadi, usahakan pilih dengan cermat sebelum game dimulai.

Gods Unchained memiliki grafis yang bagus dengan efek tiap kartu yang colorful, membuat battle-nya terlihat hidup dan terasa lebih menegangkan. Uniknya lagi, game ini dibuat untuk khalayak umum, sehingga bisa dimainkan buat semua orang, bahkan yang nggak tahu dunia Crypto pun pasti bisa kok main game ini.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Gods Unchained

Kalian bisa mendapatkan cuan dari Gods Unchained dari mengikuti turnamen mingguan yang nantinya akan dihadiahi dengan $GODS token. Semakin tinggi rank dan semakin banyak match turnamen yang dimenangkan akan sangat menentukan jumlah $GODS token yang bisa kalian dapatkan.

Tak hanya itu, kalian juga bisa mendapatkan token dari kartu non-NFT melalui fitur Forge. Untuk memperoleh Forge, kalian harus menyelesaikan berbagai quest, memiliki dua atau lebih kartu yang sama, dan beberapa $GODS token sebagai biayanya.

Setelah memiliki semua yang dibutuhkan, kalian dapat menambang kartu NFT dan menjualnya ke dalam marketplace yang telah disediakan.


4. Blankos Block Party

Blankos Block Party

Blankos Block Party merupakan sebuah game MMO yang memiliki berbagai jenis game di dalamnya, seperti racing, shooting, and stars collecting dalam sebuah map hasil buatan komunitas.

Untuk memainkannya, kalian sebagai player nantinya diharuskan menggunakan sebuah vinyl toys figure sebagai avatar dari karakter yang kalian gunakan. Tenang saja, buat para player gratisan game ini menyediakan Vinyl Figure Avatar yang gratis kok, yang nantinya dapat langsung kalian gunakan untuk bermain tanpa harus keluar modal sepeser pun.

Dengan grafisnya yang sangat memukau, didukung dengan gameplay-nya yang sangat fun untuk dimainkan secara single player ataupun multiplayer membuat Blankos Block Party menjadi salah satu game dengan lingkup pasar yang selalu stabil untuk sekarang dan beberapa tahun ke depan.

Saat saya pertama kali mencoba memainkan game ini, saya langsung teringat dengan game Stumble Guys yang sama - sama memiliki sisi kompetitif yang sangat unggul, namun bedanya Blankos Block Party ini dikemas dengan style yang lebih unik dan inovatif untuk membuat para pemain merasa lebih betah saat memainkannya.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Blankos Block Party

Untuk mendapatkan uang dalam game ini, kalian harus menyelesaikan berbagai macam quest yang akan hadir secara harian, mingguan, dan bulanan. Setelah berhasil menyelesaikannya, game ini akan memberikan sejumlah hadiah kepada kalian yang nantinya dapat ditukarkan menjadi aset NFT yang dapat dijual dalam marketplace.

Quest harian tergolong mudah untuk kalian selesaikan, seperti memenangkan balapan, menyelesaikan sliding 100 meters, dll. Untuk quest mingguan dan bulanan, tingkat kesulitannya akan bertambah sehingga kalian harus membutuhkan usaha yang lebih untuk menyelesaikannya. 

Namun perlu diingat juga bahwa quest mingguan dan bulanan memiliki hadiah yang lebih besar, sehingga sebisa mungkin kalian harus bisa menyelesaikannya untuk mendapatkan aset NFT yang menjanjikan.


5. Thetan Arena

Thetan Arena

Thetan Arena merupakan game blockchain MOBA pertama sekaligus menjadi game blockchain paling populer yang kini telah memiliki 24 juta lebih player di seluruh penjuru dunia.

Saat pertama kali mencobanya, saya kira game ini merupakan game plagiat Brawl Stars karena jika dilihat dari desain map, karakter, interface, dan berbagai fitur lainnya, semuanya memang terlihat sangat mirip dengan yang ada di dalam game Brawl Stars.

Gameplay yang disajikan pun juga tidak jauh berbeda, hanya saja game ini memiliki mode gameplay yang sangat variatif dengan desain karakter yang beragam juga. Sebagai player baru, saya tidak menemukan adanya kekurangan dalam game ini, selain matchmaking-nya yang cukup tergolong lama, karena mungkin di Indonesia mayoritas pasar game MOBA masih dipegang oleh game Mobile Legends.

Walaupun begitu, saya perkirakan game Thetan Arena ini memiliki peluang yang bagus di masa mendatang, mengingat komunitasnya yang sudah cukup besar, lengkap dengan berbagai event dan update yang terus dihadirkan secara rutin.

Melihat dari segi gameplay-nya yang cukup fun juga sangat meninjau bagi Thetan Arena untuk menjangkau gamers di seluruh kalangan, baik itu anak - anak maupun orang dewasa, para player Crypto ataupun orang awam, semuanya bisa memainkan game ini secara bebas tanpa kendala sedikitpun.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Thetan Arena

Thetan Arena memiliki dual-earning system yang bisa kalian pakai untuk mendapatkan uang. Dual-earning system tersebut terbagi dalam bentuk token $gTHC dan $THC yang keduanya nanti dapat ditukar di Binance Chain.

Ada dua cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan uang di game Thetan Arena ini, yaitu melalui karakter gratis atau premium.

Jika kalian menggunakan karakter gratis, maka kalian dapat memperoleh token $gTHC dari setiap match. Token $gTHC ini harus kalian kumpulkan untuk membuka Premium Hero Chest atau membelinya di market. Sayangnya, setiap premium hero chest dihargai dengan token $gTHC yang tinggi, sehingga mau tidak mau kalian harus rajin bermain setiap harinya untuk dapat mengumpulkan token $gTHC dalam jumlah besar.

Sementara itu, jika menggunakan karakter premium, setiap match yang kalian selesaikan akan dihadiahi token $gTHC dan $THC sekaligus. Ditambah lagi, kalian juga dapat memperoleh token tambahan dari setiap special event yang hadir, serta dari perolehan sistem leaderboard yang akan memiliki hadiah berupa token Crypto. Hero premium yang kalian miliki juga dapat disewakan ataupun dijual kembali untuk memperoleh penghasilan lebih banyak lagi.


6. Crazy Defense Heroes

Crazy Defense Heroes

Mau main game NFT dengan konsep yang agak berbeda dari game lainnya? Maka game inilah yang menjadi jawabannya. Game yang dirilis pada 8 Januari 2018 oleh Animoca Brands sebagai developer sekaligus publisher-nya ini memiliki konsep gameplay tower defense, dimana kalian sebagai player ditugaskan untuk mempertahankan turret milik kalian dengan berbagai kartu dan power up yang tersedia.

Crazy Defense Heroes merupakan game NFT yang cukup berpeluang, sebab sejak perilisannya sampai sekarang game ini memiliki market yang cukup stabil. Buktinya, game ini memiliki komunitas yang cukup loyal dengan 1 juta lebih total unduhan di Google Play Store.

Sistem gameplay-nya yang dikemas seminimalis mungkin juga membuktikan bahwa game ini ramah dimainkan untuk semua kalangan. Bahkan, anak - anak sekalipun bisa memainkannya karena unsur strateginya memang tidak dibuat sekompleks seperti game - game lainnya.

Game ini juga tidak mewajibkan player-nya melakukan top up untuk dapat menghasilkan uang. Artinya, hanya dengan bermodalkan kuota internet saja, kalian sudah bisa memainkan game ini dan mulai menghasilkan crypto.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Crazy Defense Heroes

Kalian bisa menghasilkan uang dari game ini hanya dengan menjual tower yang telah kalian miliki. Setiap tower tentu memiliki kurs yang berbeda, jadi usahakan pantau dulu harganya sebelum kalian menjualnya.

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan hadiah dari Star Chest yang dapat dibuka setiap harinya dengan mengumpulkan 16 bintang (setiap match mendapatkan 1 - 3 bintang).

Terdapat aset lain juga yang bisa dijual, berupa battle spell, senjata, dan perlengkapan tower yang menunjang power kalian saat melakukan match.


7. Space Misfits

Space Misfits

Space Misfits menjadi salah satu game NFT paling berpotensi di tahun ini berkat pendekatannya yang menarik dalam hal tokenisasi. Bergenre MMORPG, game ini langsung banyak diminati oleh banyak orang, terbukti dengan kuatnya komunitas yang ada dengan ekosistem pasar yang makin hari makin meningkat secara signifikan.

Pada mulanya game ini hanya berupa sebuah game space yang kecil, namun lama kelamaan gameplay-nya makin berkembang dengan jumlah peningkatan player online yang masif, menjadikannya lebih berpeluang untuk mencari token NFT.

Gameplay dasar yang disuguhkan dalam game Space Misfits, seperti mengeksplorasi planet, bertarung untuk mendapatkan token, dan memperluas wilayah.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Space Misfits

Untuk mendapatkan uang dari game ini, kalian harus mengumpulkan BITS yang dapat diperoleh dari berbagai macam misi. BITS ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan power kalian untuk mempercepat progress game.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan crafting dengan NFT blueprint untuk membuat berbagai macam aset yang nantinya dapat diperjualbelikan dalam marketplace.


8. Decentraland

Decentraland

Kalian mungkin sudah familiar dengan konsep dunia virtual dimana seluruh aktivitas manusia di dunia nyata dapat dijalankan secara virtual di depan layar kaca. Nah, konsep dunia virtual itulah yang menjadi inti gameplay dari game Decentraland, sebab kalian bisa melakukan apapun yang kalian mau di dalam game ini.

Berbagai aktivitas seperti melihat festival, mengunjungi pameran, bermain mini game, atau bahkan hanya sekedar bersosialisasi dengan player lain, semua itu dapat kalian lakukan di Decentraland. 

Semua player akan disatukan dalam satu dunia virtual, sehingga kalian dapat bertatap muka, bahkan mengobrol dengan player lainnya secara bebas. Biar nggak tersesat, kalian bahkan bisa mengatur janji temu, karena map yang ada di game ini sangatlah luas layaknya dunia nyata.

Kebebasan yang ditawarkan dalam game Decentraland berhasil membuat terobosan yang cukup inovatif, sebab sekarang hanya dengan dunia virtual saja, kita sebagai manusia sudah bisa melakukan banyak sekali hal yang bahkan sulit dilakukan di dunia nyata.

Contohnya saja seperti menonton konser. Beberapa bulan yang lalu, salah satu DJ terkenal, Deadmau5 sempat mengadakan konser virtual dalam Decentraland dan kalian sebagai player bebas untuk mengunjungi konser tersebut tanpa harus terbang jauh - jauh ke luar negeri. 

Hal itu tentu sangat menguntungkan bagi para fans Deadmau5 di seluruh penjuru dunia, sebab mereka dapat menonton sang idola secara jelas dari layar tanpa harus mengeluarkan uang yang besar untuk terbang dan membeli tiket konser secara offline.

Berbeda jauh jika dibandingkan dengan konser secara offline yang membutuhkan biaya yang lebih banyak serta persiapan yang lebih matang untuk menyelenggarakannya. 

Terobosan teknologi yang berkembang pesat dimanfaatkan dengan cukup baik di game ini, sehingga memungkinkan untuk dilakukannya banyak kegiatan secara virtual di masa yang akan datang.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Decentraland

Kalian dapat memperoleh uang dari game ini dengan cara mengikuti setiap event yang tersedia, ataupun memainkan mini games tertentu. Setiap aset yang kalian peroleh dari event dan mini games tersebut nantinya dapat diperjualbelikan dalam marketplace ataupun bisa kalian koleksi sendiri untuk mempercantik karakter.

Kalian juga bisa bekerja untuk mendapatkan uang, tentu pekerjaannya akan dilakukan secara virtual dan kalian harus menjalankannya dengan sungguh - sungguh untuk mendapatkan reward yang maksimal. Pokoknya, seluruh kegiatan yang bisa dilakukan di dunia nyata, itu semua bisa dilakukan juga di Decentraland.


9. VulcanVerse

VulcanVerse

VulcanVerse merupakan game MMORPG yang berlatar di era Yunani-Romawi kuno dengan 5 kerajaan yang berbeda. Setiap wilayahnya akan memiliki desain arsitektur yang berbeda, sehingga membuat game ini sangat menarik untuk dimainkan bagi kalian yang menyukai tema sejarah kuno.

Tak hanya menyajikan latar belakang sejarah yang begitu kental, VulcanVerse juga menyajikan gameplay yang cukup menarik, sebab kalian sebagai player akan dibebaskan untuk membangun berbagai hal yang ada di wilayah kerajaan kalian. Nah, wilayah yang bisa kalian bangun itu nanti dibuat berpetak - petak, dan seperti di dunia nyata, kalian bisa memperluasnya dengan membeli wilayah dari player lain, ataupun menjual wilayah kalian untuk mendapatkan income yang besar.

Setiap wilayah atau lahan yang dimiliki secara otomatis bisa dengan bebas kalian akses, contohnya bisa dibangun berbagai bangunan untuk kepentingan bisnis, ataupun hanya sekedar memperluas domain kekuasaan kalian.


Cara Mendapatkan Penghasilan di VulcanVerse

Untuk bisa mendapatkan penghasilan, kalian harus mengumpulkan token bernama $LAVA yang dapat didapatkan dari misi menyesaikan daily quest. Selain itu, kalian juga dapat memperoleh $LAVA dari penyewaan tanah ataupun penjualan tanah kepada player lain.

Konsep utamanya seperti bisnis lahan, jika kalian punya banyak aset dan lahan, maka akan banyak juga $LAVA yang bisa didapatkan.

Oiya, tingkat kekreatifan kalian juga bisa menjadi tolak ukur untuk memperoleh penghasilan dalam game ini, karena semakin kreatif cara kalian dalam mengola lahan, maka akan semakin mudah langkah kalian untuk mendapatkan $LAVA.


10. Skyweaver

Skyweaver

List game NFT kali ini saya tutup dengan game Skyweaver yang menjadi game favorit saya sampai sekarang. Skyweaver merupakan jenis game kartu NFT yang menurut saya memiliki masa depan yang cukup menjanjikan.

Jika dilihat dari gameplay, mungkin Skyweaver ini akan terlihat seperti game kartu pada umumnya. Akan tetapi, dengan banyaknya jumlah kartu yang tersedia, ditambah dengan banyaknya mode permainan yang ditampilkan menjadikan game ini lebih menarik untuk kalian mainkan.

Skyweaver memiliki 500+ jumlah kartu, dengan 10+ jenis karakter yang bisa kalian mainkan secara bebas. Tentu saja, setiap karakter dan kartu akan memiliki ciri khasnya masing - masing, sehingga kalian harus mencari mana kartu dan karakter yang cocok dengan gameplay kalian untuk dapat memenangkan setiap match dengan mudah.

Hal yang sangat saya suka dari game ini adalah semua kartunya bisa diperoleh secara gratis. Seluruh kartu di game ini terbagi ke dalam 3 jenis: Common, Silver, dan Gold. Nah, uniknya, seluruh kartunya akan memiliki 3 jenis tersebut. Jadi walaupun kalian bermain secara gratis, kalian masih berpeluang mendapatkan seluruh kartu dalam game ini, walaupun semuanya hanya dalam bentuk common saja tanpa bisa dijual.

Nah, kartu yang bisa dijual harus memiliki jenis silver, dan gold. Besaran nominal harganya bisa berubah - ubah tergantung pasar.


Cara Mendapatkan Penghasilan di Skyweaver

Untuk mendapatkan aset NFT, kalian hanya diharuskan untuk mendapatkan tiket gold dan silver yang bisa dibeli di marketplace ataupun dari leaderboard mingguan.

Jika kalian tidak ingin mengeluarkan modal sedikitpun, minimal kalian harus berada di posisi 250 keatas dalam leaderboard global setiap minggunya untuk mendapatkan tiket silver ataupun gold secara gratis, dan jujur saja sampai sekarang hal itu masih tergolong sangat mudah untuk dilakukan, bahkan buat player baru sekalipun.

Yang perlu kalian lakukan hanyalah terus bermain dan temukan strategi terbaik untuk mengalahkan setiap musuh dengan mudah. Oiya, jangan lupa juga selalu pelajari kartu yang kalian temui untuk menemukan counter dari setiap strategi musuh yang sedang kalian hadapi.

***

Itulah kesepuluh game NFT yang bisa kalian coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kira - Kira dari sepuluh game diatas adakah yang menjadi favorit kalian? Atau mungkin ada game NFT lainnya yang harus masuk dalam list kali ini? Silahkan tulis saja pendapat kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "10 Games NFT Paling Cuan Tahun Ini, Buruan Coba"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel