Batman Arkham Asylum (2009) Game Review - Teh90blog

Batman Arkham Asylum (2009) Game Review

Review Game Batman Arkham Asylum (2009)

Siapa sih yang kenal dengan Batman? Salah satu karakter DCEU paling ikonik ini memang sudah dikenal oleh semua orang di seluruh penjuru dunia. Buktinya, sejak dulu film tentang Batman telah dibuat berulang kali dan sampai sekarang popularitasnya seolah tidak turun sedikitpun, malah makin melunjak sejak kesuksesan perilisan film The Batman di tahun ini.

Akan tetapi, dalam postingan ini saya nggak akan mengupas sedikitpun tentang film The Batman. Daripada ngebahas filmnya, saya malah akan mengajak kalian buat kembali ke tahun 2009 dimana salah satu franchise game Batman Arkham dimulai. Yap, seperti yang telah tertera di judul, kali ini saya akan mengupas lebih dalam mengenai game Batman Arkham Asylum yang merupakan angsuran pertama dimulainya franchise game Batman Arkham.

Batman Arkham Asylum merupakan game yang dikembangkan oleh Rocksteady Studios dan diterbitkan oleh Eidos Interactive bersama dengan Warner Bros Interactive Entertainment. Game ini dirilis pada tahun 2009 di platform PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows, Ouya, macOS, dan Mac OS Klasik. Jika melihat dari timeline ceritanya, sebenarnya cerita dari game Batman Arkham Asylum ini berada tepat setelah game Arkham Origins. Namun, karena waktu perilisannya paling awal dari series game Arkham lainnya, maka bisa saya katakan bahwa Batman Arkham Asylum adalah game yang menjadi pembuka dari series Batman Arkham.

Sebagai game debut dari series Batman Arkham, game Batman Arkham Asylum ini ternyata memiliki banyak sekali potensi yang benar - benar telah dimanfaatkan dengan baik, membuatnya menjadi salah satu game superhero yang sangat menarik buat kalian mainkan. Nah, lantas faktor apa saja sih yang membuat game ini layak buat kalian mainkan? Simak ulasan lengkapnya berikut:


A. SINOPSIS

Cerita dari game Batman Arkham Asylum ini berfokus kepada Batman yang berhasil menangkap Joker dan membawanya ke Arkham Asylum untuk dipenjara. Sesampainya di tempat itu, Batman memutuskan untuk mengawal Joker sampai dalam karena dia merasakan ada hal yang mencurigakan sebab Joker kali ini menyerah tanpa perlawanan, sehingga mungkin saja dia memiliki rencana licik lainnya yang bisa dilakukan kapan saja selama berada di Arkham Asylum tersebut.

Dan benar saja, dengan kecerdikannya, Joker berhasil melumpuhkan penjaga dan kemudian menguasai semua akses di penjara tersebut berkat bantuan dari Harley Quinn. Tak hanya itu, Joker juga berhasil menyandera sang kepala penjara dan menjebak Batman untuk ikut ke dalam permainannya di Arkham Asylum yang kini telah sepenuhnya dikuasai oleh para kriminal yang mematikan. Akankah Batman berhasil mengalahkan Joker dan merebut kendali atas Arkham Asylum? Untuk mengetahui jalan cerita selengkapnya, silahkan kalian mainkan game ini sampai tamat yaa.

Jika melihat dari segi cerita yang ditampilkan, Batman Arkham Asylum ini memiliki jalan cerita yang sangat simple, mudah dipahami, dan mungkin kalian akan cepat paham saat memainkannya pertama kali. Terlebih lagi, dengan areanya yang hanya meliputi seluruh wilayah Arkham Asylum, membuat konfliknya nggak berkembang terlalu banyak. Untungnya saja karakter villain yang ditampilkan lumayan banyak sehingga plot cerita game ini terasa sangat intens dan dipenuhi dengan konflik yang akan membuat kalian terus merasa ketagihan saat memainkannya.


B. FITUR GAME

Selain karena jalan ceritanya yang sangat intens, game ini juga didukung dengan berbagai fitur menarik yang membuat saya betah berlama - lama memainkannya. Beberapa fitur menarik tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Gadget Batman yang Futuristik

Berbagai pilihan Gadget Batman

Batman merupakan seorang superhero yang memiliki kekuatan utama pada harta dan kekayaannya. Maka dari itu, wajar saja jika superhero yang satu ini dibekali dengan berbagai gadget futuristik yang sangat canggih selama menjalankan tugasnya dalam menumpas kejahatan.

Nah, dalam game Arkham Asylum ini, Batman dibekali dengan berbagai pilihan gadget futuristik yang nanti akan sangat berguna bagi kalian untuk menyelesaikan misi. Contohnya saja seperti Grappling Hook yang dapat mempermudah Batman untuk menjangkau tempat yang tinggi hanya dalam sekali terbang saja. Ada juga gadget Explosive Gell yang dapat meledakkan tempat ataupun musuh yang dikenainya.

Berbagai jenis gadget milik Batman tersebut membuat game ini sangat menarik, sekaligus membuat gameplay-nya lebih interaktif, karena di tiap misinya nanti berbagai gadget tersebut akan selalu digunakan tergantung situasi yang dihadapi oleh Batman, contohnya untuk melawan musuh, melewati obstacle, ataupun menemukan teka teki dari Riddler.

2. Menampilkan Berbagai Tokoh Villain Ikonik

Tampilan Semua Karakter dalam Universe Batman

Saat baru awal memainkannya, saya kira game ini hanya akan berfokus menceritakan konflik antara Batman dan Joker saja sehingga tidak akan melibatkan banyak tokoh villain lainnya. Akan tetapi, faktanya game ini berhasil memunculkan banyak sekali tokoh villain ikonik yang ada di universe Batman. Misalnya saja seperti Killer Croc, Riddler, Victor Zhaasc, Poison Ivy, dan masih banyak lagi karakter villain yang lain.

Tak hanya muncul sebagai karakter tambahan saja, para villain tersebut juga memiliki porsi yang cukup berpengaruh pada cerita. Sangat menarik memang melihat bagaimana bisa ada banyak sekali villain yang terlibat dan semuanya masih saling berhubungan dan memiliki peran yang besar dalam plot ceritanya.

Dari banyaknya tokoh villain yang muncul, jujur saja saya paling suka dengan Scarecrow, karena dialah yang memberikan impact genre horor paling besar dalam game ini. Desain karakternya yang mengerikan, ditambah juga dengan kemampuannya yang sangat overpower, membuat Scarecrow menjadi salah satu villain kuat yang tidak bisa dianggap remeh oleh Batman.

Pokoknya, jika Scarecrow udah muncul, siap - siap aja dah terkena dunia ilusinya nanti yang bakal bikin jantung kalian dag dig dug serr dibuatnya. Pilihan backsound yang sangat menegangkan waktu berada di dalam ilusi Scarecrow seakan mambuat genre game Batman Arkham Asylum ini berubah drastis dari yang awalnya action semi openworld, berubah menjadi horor thriller.

3. Combat Hand to Hand yang Sangat Adiktif

Combat Hand to Hand yang Over the Top

Sebagai seorang Superhero yang tidak pernah membunuh para musuhnya, maka haram bagi Batman untuk menggunakan senjata api dalam menjalankan tiap aksinya. Oleh karena itu, sebagai gantinya, Batman dibekali dengan ilmu bela diri jarak dekat yang sangat kuat dan ketahanan tubuh yang diatas rata rata manusia pada umumnya untuk melumpuhkan para musuhnya dengan cepat.

Dalam game Arkham Asylum, unsur pertarungan jarak dekat Batman benar - benar dioptimalkan dengan baik. Setiap pergerakan Batman saat menghajar para musuhnya tergambar jelas dengan halus, tidak kaku sama sekali. Animasi geludnya pokoknya the best banget dah, apalagi kalo combo serangan kalian berhasil dilancarkan secara berurutan, bikin satisfying aja gitu ngelihatnya.

Jarang banget lho ada game yang punya combat hand to hand sebagus game ini. Kualitasnya menurut saya bahkan hampir sebanding dengan game fighting seperti Mortal Kombat, namun bedanya game ini punya tambahan genre action openworld di dalamnya.

4. Teka - Teki Riddler

Teka Teki Riddler

Sebenarnya, fitur yang satu ini tidak disukai oleh sebagian player, karena banyak dari mereka menganggap bahwa teka teki Riddler terlalu merepotkan dan cukup susah untuk dipecahkan. Namun, menurut saya, fitur inilah yang membuat game ini masih bisa kalian mainkan sekalipun jalan ceritanya telah habis.

Saya bahkan betah menghabiskan berjam - jam hanya untuk menemukan berbagai teka - teki Riddler yang tersembunyi di berbagai tempat. Hal yang membuat saya tertarik menyelesaikannya karena di sepanjang usaha kalian menemukan teka - teki tersebut, Riddler sesekali berkomentar yang sebagian besar ucapannya kadang relate dengan apa yang kalian lakukan. 

Contohnya saja setelah kalian menemukan teka teki yang paling sulit, Riddler akan menuduh kalian curang karena telah membuka internet untuk menemukan jawaban dari teka - tekinya. Hal tersebut persis dengan apa yang saya alami, karena jujur saja beberapa teka tekinya emang sangat sulit untuk ditemukan sehingga seringkali memaksa saya untuk membuka Youtube demi mencari jawabannya.

Berbagai teka teki yang berhasil dipecahkan nantinya akan melengkapi data villain yang hadir di universe Batman, untuk mengetahui tentang kisah awal mula dari munculnya tiap villain tersebut, dan beberapa juga ada rekaman wawancaranya yang sangat menarik buat kalian dengarkan.

5. Atmosfer Game yang Dark dan Gloomy

Atmosfer Dark dan Horor yang sangat Kental dalam Game ini

Game
ini kayaknya memang sengaja dibuat semi horor, karena latar tempatnya aja di penjara Arkham dimana seluruh penjahat kriminal paling berbahaya ditahan. Bayangin aja jika semuanya penjahat itu lepas karena ulah Joker yang mengambil alih seluruh sistemnya, kan jadi creepy yak, udah kekurung, kekurungnya sama kriminal pula, jadi double dah apesnya.

Sepanjang game ini berlangsung, atmosfernya tuh pokoknya suram mulu, gak ada seneng - senengnya gitu, paling si Joker doang tuh yang ketawa mulu walaupun suara ketawanya malah bikin suasananya makin dark.

Lebih parahnya lagi, waktu si Scarecrow muncul, game ini benar - benar menjadi game horor seutuhnya. Semua elemen action openworld-nya hilang, diganti dengan elemen horor dan gameplay platformer saat Batman telah berada di dalam ilusi Scarecrow. Saya yakin kalian pasti setidaknya akan mati satu kali waktu berhadapan sama Scarecrow, entah karena kena tangkap ataupun karena udah takut duluan sama backsound-nya.

Scene saat di kamar mayat bahkan menjadi scene yang sangat mendebarkan buat saya. Ya gimana yak, dari awal game-nya emang udah dark, tapi tetap nggak nyangka aja ternyata masih ada tambahan elemen horor yang bikin merinding waktu memainkannya. Pokoknya kalo kalian emang suka sama game Batman yang horor dan dark, maka game inilah yang menjadi jawaban paling tepat buat kalian.

6. Detective Mode

Detective Mode

Dalam menumpas kejahatan di kota Gotham, Batman diharuskan untuk berpikir keras layaknya seorang detektif untuk menemukan cara menangkap para villain seefektif mungkin tanpa harus menimbulkan korban jiwa. Maka dari itu, Batman seringkali memiliki pemikiran dan caranya sendiri yang tidak bisa kita duga dalam menjalankan tiap aksinya.

Nah, dalam game ini, hal tersebut sangat ditonjolkan dengan adanya fitur detective mode. Dengan fitur ini, Batman dapat memindai para musuhnya, sekaligus memindai area untuk menemukan jalan pintas baginya dalam melakukan stealth ataupun mencari jalan pintas untuk berpindah ke area yang lain tanpa diketahui oleh musuh.

Fitur detective mode ini memungkinkan kalian untuk bermain stealth saat menghadapi musuh, dan bisa juga kalian gunakan untuk menemukan teka - teki dari riddler yang tersebar di seluruh area map.

Adanya fitur detective mode secara otomatis membuat gameplay dari Batman Arkham Asylum lebih inovatif, karena kita sebagai player memiliki berbagai pilihan, entah itu bermain dengan bar - bar ataupun bermain cerdik dengan menggunakan mode stealth.


C. SPESIFIKASI

Mengutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game Batman Arkham Asylum yaitu sebagai berikut:

Minimum System Requirements

CPU: Intel Pentium 4 3.0 GHz or AMD Athlon 64 3500+
CPU Speed: 3.0 GHz
RAM: XP = 1 GB, Vista = 2GB
OS: Windows XP & Vista
Video Card: 128 MB 3D Graphics card (NVIDIA GeForce 6600 or ATI Radeon X1300 or better)
Total VRAM: 128 MB
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Free Disk Space: 9 GB

Recommended System Requirements

CPU: Core 2 Duo E6600 (2.4 GHz) or AMD Athlon 64 X2 4600+
RAM: XP = 2 GB, Vista = 3 GB
OS: Windows XP & Vista
Video Card: 512 MB 3D Graphics card (NVIDIA GeForce 7900 GT or better)
Total VRAM: 512 MB
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Free Disk Space: 9 GB


D. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Memiliki gameplay yang beragam dan menarik buat dimainkan.
  2. Alur cerita yang intens.
  3. Combat hand to hand yang bikin nagih.
  4. Atmosfer Arkham Asylum yang mencekam.
  5. Bisa dimainkan di PC spek kentang.

Kelemahan

  1. Tidak menampilkan beberapa karakter pendamping Batman (Cat Woman, Alfred, dan Robin).
  2. Map yang tidak terlalu luas.
  3. Tampilan Bat Cave yang sangat minimalis


E. GAMEPLAY


***

Dari panjangnya uraian saya diatas, dapat saya simpulkan bahwa game Batman Arkham Asylum ini sangat worth it buat kalian mainkan, terlebih buat kalian para fans Batman yang pastinya ingin tahu bagaimana kisah Batman dalam mengalahkan musuh bebuyutannya, yaitu Joker.

Grafisnya yang cukup memukau, dan tidak membutuhkan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi untuk memainkannya membuat game ini lebih mudah kalian jangkau. Mungkin kalo mau diperbarui lagi, saran saya berikan versi remastered aja, karena menurut saya gameplay dan fiturnya udah over the top, kurang lebih sudah sesuai lah dengan ciri khas karakter Batman yang sesungguhnya.

Nah, jadi gimana sekarang? Apakah kalian siap membantu Batman mengalahkan Joker di penjara Arkham? Tulis jawaban kalian di kolom komentar.

Sekian pembahasan saya mengenai game Batman Arkham Asylum. Jika ada yang ingin kalian tambahkan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to "Batman Arkham Asylum (2009) Game Review"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel