Intip 4 Game Buatan Indonesia yang Sempat Populer pada Jamannya - Teh90blog

Intip 4 Game Buatan Indonesia yang Sempat Populer pada Jamannya

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpeluang besar dalam industri game. Pasalnya, sebagian besar masyarakat di negara ini didominasi oleh golongan remaja yang masih sangat suka bermain game, entah itu hanya digunakan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, ataupun digunakan untuk mendapatkan penghasilan atau yang kini biasa disebut dengan e-sport.

Dengan banyaknya penikmat game di negeri ini, seharusnya ini menjadi hal yang baik bagi para developer game di Indonesia untuk terus menciptakan game - game baru yang inovatif agar industri game di negeri ini dapat berkembang dengan pesat.

Namun sayangnya, sampai saat ini game buatan Indonesia masih kalah saing dengan produsen game yang ada di luar negeri, karena mungkin negara ini belum begitu memperhatikan tentang seberapa besarnya peluang yang bisa didapatkan dari industri game.

Walaupun begitu, ada beberapa game buatan Indonesia yang sempat berhasil sukses hingga ke mancanegara dan mendapatkan banyak respon yang positif. Dalam postingan kali ini, telah saya rangkum 4 game buatan Indonesia yang sempat populer pada masanya, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:


1.  DreadOut (pc)

DreadOut

Game 
bergenre horror yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Di awal perilisannya pada tahun 2014, DreadOut memang sempat menjadi game horor yang paling fenomenal dalam beberapa tahun setelahnya. Bagaimana tidak? DreadOut seolah memberikan gebrakan besar bagi industri game di Indonesia bahwa sebenarnya para developer yang ada di negeri ini juga mampu membuat game yang bisa bersaing di kancah internasional.

DreadOut ini juga mendapatkan banyak sekali respon positif dari para pemain berkat mekanik gameplay-nya yang tergolong unik jika dibandingkan dengan game horor lainnya, yang mana kalian bisa mengusir hantu dengan memotretnya. Game ini juga menampilkan atmosfer horor yang cukup mencekam seakan kalian tidak bisa bangun dari mimpi buruk yang sangat panjang. 

Dalam game ini, kalian nantinya akan memerankan tokoh bernama Linda, seorang remaja SMA yang terjebak di salah satu tempat di Bandung yang dipenuhi dengan makhluk halus. Namanya game buatan Indonesia, pastinya kalian juga akan menemukan berbagai hantu khas dari Indonesia, seperti: kuntilanak, pocong, tuyul, dkk.

Karena popularitas dari DreadOut yang begitu besar, di tahun 2020 muncullah sekuel dari game ini dengan judul "DreadOut 2" yang menceritakan lanjutan kisah Linda dari game pendahulunya. DreadOut juga pernah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama pada tahun 2019.

Kelebihan Game:

  1. Memiliki grafik yang memukau dengan kontrol movement yang smooth
  2. Kesan horor sangat terasa (aspek suara yg ditimbulkan dapat membuat merinding bagi orang yang memainkannya).
  3. Setting yg diambil berasal dari daerah di Indonesia.

Kelemahan Game:

  1. Waktu untuk menyelesaikan game tidak terlalu lama. (sekitar 6 jam kalau niat mainnya.)

Spesifikasi untuk memainkan game DreadOut:

Minimum
OS Windows 7/8 64 bit
processor intel dual core 2.4 Ghz/AMD dual core athlon 2.5Ghz
memory 2 GB RAM
Graphichs AMD Radeon HD 3830/Intel HD Graphics 4000
Directx Version 9.0c
Network Broadband Internet connection
Sound Card Directx compatible

Recommended
OS Windows 7/8 64 Bit
Processor Intel Core i5 2300/AMD Phenom II X4 940 or better
Memory 8 GB RAM
Graphics NVIDIA GeForce GTX 550 /AMD Radeon HD 7750 with 1 GB VRAM
Directx Version 11
Hard Drive 10 GB available space
Sound Card Directx compatible.       


2. Tebak Gambar (android)

Tebak Gambar

Tebak gambar adalah salah satu permainan yang dapat menguji kecerdasan berpikir kalian. Cara memainkannya pun sangat mudah, kalian hanya diharuskan untuk menyusun sebuah kata/kalimat dari komposisi gambar yang telah disediakan. 

Gameplay yang disajikan dalam game ini memang cukup simple, namun dengan desain dari tiap levelnya yang cukup menarik membuat Tebak Gambar banyak digemari. Game ini juga dapat menambah wawasan kalian, karena terdapat beberapa istilah yang mungkin belum kalian ketahui.

Di tahun 2017, Tebak Gambar menembus posisi 4 besar dalam Google Play Store untuk kategori game gratis terlaris di Indonesia.

Kelebihan game:

  1. Menguji kejelian otak anda untuk berpikir.
  2. Melatih kecepatan mengetik (karena dalam beberapa level dibatasi oleh waktu, untuk itu harus berpikir secara cepat dan harus mengetik secara benar dan cepat).

Kelemahan game:

  1. Grafik yg ditampilkan mungkin masih sederhana (menurut saya).
  2. Update levelnya terlalu lama.


3.  Tahu Bulat (android)

Tahu Bulat

Tahu Bulat merupakan game yang sangat populer di tahun 2016 - 2017. Seperti judulnya, dalam game ini kalian akan berperan sebagai penjual tahu bulat yang harus terus mengembangkan bisnis tahu bulatnya agar memperoleh banyak pelanggan.

Tahu Bulat menjadi game yang sangat fenomenal di era itu dengan musiknya yang sangat khas serta style dari mobil bak penjual tahu bulatnya yang seakan selalu melekat di dalam pikiran para pemainnya. Game Tahu Bulat secara tidak langsung berhasil membuat makanan khas Indonesia "Tahu Bulat" dikenal oleh lebih banyak kalangan.

Game ini sangat cocok dimainkan buat kalian yang mencari game yang nggak ribet, karena yang perlu kalian lakukan hanyalah terus menekan layar handphone untuk mendatangkan pelanggan. Game ini juga masih terus berjalan sekalipun kalian tidak memainkannya, sehingga membuatnya semakin mudah untuk menyelesaikannya.

Kelebihan game:

  1. Cara bermain yg mudah dapat menarik minat dari berbagai kalangan untuk memainkan game ini.
  2. Latar belakang/ background menggambarkan daerah Indonesia (Jakarta, bali, dll).

Kelemahan game:

  1. Tidak betah bermain lama (cepat bosan).


4. Bima X Satriya Garuda (android)

Bima X

Bima X Satriya Garuda
 merupakan sebuah game fighting yang mengadaptasi dari acara televisi dengan judul yang sama yang sempat populer dalam beberapa tahun yang lalu. Walaupun sebenarnya game ini sepenuhnya tak dibuat oleh orang Indonesia, karena developer-nya sendiri yaitu Bandai Namco Games yang merupakan sebuah perusahaan game dari Jepang, namun game ini masih menjadi game dengan tema Indonesia yang paling menarik karena keseluruhan desain karakternya dibuat sangat mirip dengan acara televisinya.

Sistem kontrol dari game ini sudah sangat halus, didukung juga dengan mudahnya sistem kombinasi serangan yang diberikan, membuat Bima X Satriya Garuda dapat dimainkan oleh berbagai kalangan usia, khususnya anak - anak, karena unsur kekerasan dalam game ini tidak terlalu diperlihatkan secara detail.

Kelebihan game:

  1. Karakter yang disediakan cukup lengkap.
  2. Grafik yang ditampilkan sudah cukup baik.
  3. Terdapat berbagai jurus.
  4. Ukuran game kecil.

Kekurangan Game:

  1. Game modenya kurang (hanya melawan computer), seharusnya bisa ditambah seperti bisa bertarung dengan teman, dll.

Sekian yang dapat saya sampaikan terkait "4 Game Buatan Indonesia yang Sempat Populer pada Jamannya". Apakah kalian sudah pernah memainkan salah satu dari keempat game tersebut? Silahkan beri tahu saya di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan terus menyajikan berbagai info menarik seputar dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "Intip 4 Game Buatan Indonesia yang Sempat Populer pada Jamannya"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel