City Mania: Town Building, Game Membangun Kota dengan Karakter Lucu! - Teh90blog

City Mania: Town Building, Game Membangun Kota dengan Karakter Lucu!

City Mania: Town Building Game Review

Seperti judulnya, City Mania: Town Building merupakan sebuah game simulasi membangun kota yang menuntut kalian untuk membangun bangunan - bangunan mewah guna meningkatkan jumlah penduduk kota kalian. Seperti layaknya game city building lainnya, dalam game ini akan ada banyak sekali ragam tipe bangunan yang dapat kalian bangun dengan bebas, dan dapat kalian susun sekreatif mungkin sesuai dengan imajinasi yang kalian punya.


A. GAMEPLAY

Buat kalian para pecinta game city building pasti sudah punya gambaran besar mengenai gameplay dari game ini. Intinya, sepanjang game kalian sebagai player akan ditugaskan untuk terus membangun dan memperluas kota, sambil memperhatikan tingkat kesehatan dan kebahagiaan penduduk kalian. 

Ada banyak sekali bangunan tambahan yang nantinya akan sangat berkaitan dengan kondisi penduduk kalian. Mulai dari pos pemadam kebakaran, kantor polisi, pembangkit listrik, penyedia air, taman, dll. Nah, tugas kalian adalah susun bangunan tersebut secara tepat agar seluruh penduduk yang ada dapat tercukupi semua kebutuhannya.

Game ini mungkin tak memiliki permasalahan yang kompleks layaknya di game Banished, sehingga mungkin akan cenderung terlihat tak menarik bagi player seperti saya yang suka game yang lebih penuh dengan tantangan. Akan tetapi, pesona dari game City Mania yang unik dapat membuat para player golongan tertentu, khususnya anak - anak, untuk terus tertarik memainkan game ini. 


B. FITUR GAME

Walaupun secara garis besar City Mania: Town Building nampak sama dengan game City Building lainnya, namun ternyata game yang dirilis oleh Gameloft sejak tahun 2017 ini memiliki beberapa fitur unik yang membedakannya dari game lainnya. Fitur unik tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Menampilkan Berbagai Karakter yang dapat Dieksplorasi

Bizzie

Tampil beda dari game lain, City Mania: City Building memiliki karakter lucunya sendiri yang disebut dengan Bizzie. Para Bizzie ini merupakan semacam penduduk yang ada di kota kalian yang nantinya dapat kalian tempatkan di beberapa bangunan tertentu.

Tentu saja kehadiran mereka juga memiliki fungsinya tersendiri, Bizzie yang kalian punya nantinya dapat meningkatkan stats dari bangunan yang cocok dengan profesi mereka. Contohnya saja, jika kalian menempatkan Bizzie yang berprofesi sebagai petugas damkar ke bangunan pos pemadam kebakaran, maka area dari pos tersebut akan menjadi lebih besar sehingga dapat menjangkau lebih banyak bangunan.

Semakin banyak Bizzie yang kalian punya, maka semakin mudah juga usaha kalian untuk memperluas kota, sebab para Bizzie tersebut akan membantu kalian meminimalisir berbagai resiko masalah yang mungkin akan terjadi. Kalian juga dapat berinteraksi dengan para Bizzie dengan hanya menekannya saat mereka di jalan. Terkadang, mereka akan memberimu beberapa hadiah saat mereka senang dengan apa yang telah kalian lakukan. 

Selain beberapa hal yang telah saya sebutkan diatas, masih banyak hal lainnya yang dapat kalian lakukan dengan para Bizzie, mulai dari Fusion, Eksplor Map, dll. Pada intinya, Bizzie dalam game City Mania memang seakan menjadi daya tarik yang utama, sebab dengan adanya Bizzie ini, gameplay-nya menjadi lebih menarik untuk diikuti dan terkesan inovatif.

2. Fusion dan Kustomisasi Bangunan

Gameplay Game City Mania

Bangunan memang menjadi faktor terpenting dalam game dengan genre city building, karena memang fokus dari gameplay-nya akan berada di unsur bangunan tersebut. Nah, dalam game City Mania ini, bangunan yang hadir sangat beragam bentuknya, membuat player-nya tak mudah bosan ketika memainkannya.

Selain itu, bangunan yang ada juga dapat kalian fusion untuk menghasilkan bangunan baru yang lebih besar dan megah. Kalian juga dapat mengatur warna dari bangunan tersebut sesuai yang kalian inginkan.

Beragam fitur tersebut sangat memanjakan kreativitas pemain, yang membuat game City Mania ini seakan terus - menerus memberikan inovasinya kepada para pemain untuk terus bermain dan tak bisa meninggalkan game ini sedikitpun.


C. GRAFIS

Untuk masalah grafis, City Mania memiliki grafis yang sudah sangat perfect, mulai dari kualitas bayangan, desain bangunan, cuaca, pergantian siang dan malam, semuanya sudah ditampilkan dengan cukup sempurna. Tampilan dari para Bizzie juga sudah cukup bagus, walaupun desainnya masih sederhana, namun itu sudah lebih dari cukup untuk menarik perhatian dari kalangan anak muda memainkan game ini.

Grafis yang disediakan ini dapat kalian atur di pengaturan, sehingga game ini terkesan ramah juga untuk dimainkan di berbagai spesifikasi android, mulai dari yang spek kentang sampai yang spek dewa, semuanya dapat memainkan game ini dengan lancar.


D. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

1. Memiliki banyak karakter lucu
2. Tidak menghabiskan terlalu banyak ruang penyimpanan
3. Beragam event selalu tersedia setiap hari
4. Dapat memperoleh bonus bangunan hanya dari login

Kelemahan

1. Beberapa resource sangat sulit didapatkan
2. Gameplay-nya sangat datar
3. Tidak dapat dimainkan secara offline 


E. SCREENSHOTS

Gameplay Game City Mania

Gameplay Game City Mania

Gameplay Game City Mania

Jadi, bagaimana? Apakah kalian siap membangun kota di game City Mania ini?
Menurut saya sendiri, game City Mania: Town Building memang memiliki banyak sekali potensi yang bisa digali dibandingkan dengan game city building lainnya, namun mungkin karena target pasarnya yang lebih menyasar ke golongan anak - anak, membuat gameplay dari game ini terkesan sangat hambar dan tidak memiliki tantangan apapun.

Game ini juga tidak memiliki improvement yang signifikan, ditambah juga dengan sulitnya mencari beberapa resource membuat game ini seperti memaksa player-nya untuk membeli micro transaction yang disediakan.

Walaupun begitu, secara keseluruhan, game City Mania ini masih cukup worth it buat kalian mainkan, apalagi buat kalian yang emang udah suka sama genre city building, game ini masih layak buat kalian coba.


***

Oke, mungkin itu saja pembahasan dari saya kali ini terkait review dari game City Mania: Town Building. Apabila ada tambahan dari kalian silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk terus kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan terus memberikan info menarik lainnya seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to "City Mania: Town Building, Game Membangun Kota dengan Karakter Lucu!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel