Kutas (Kupas Tuntas) Hero Roger: Skill, Build, Emblem, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Roger: Skill, Build, Emblem, dll

Kupas Tuntas Hero Roger

Semua player Mobile Legends pasti tahu hero yang akan saya bahas kali ini. Yap, hero yang sering dijuluki sebagai serigala berbulu domba ini memang cukup populer digunakan di META sekarang, khususnya untuk mengisi role jungler.

Sebagai seorang Jungler, Roger dikenal memiliki power yang cukup mengerikan. Bagaimana tidak? Hero ini dapat dengan mudahnya keluar masuk saat war dengan kekuatan transformasinya. Tak hanya itu, Roger juga dikenal sangat cepat melakukan inisiasi, sebab hero ini memiliki mobilitas yang cukup tinggi di kalangan role jungler.

Kemampuan Roger dalam melakukan dominasi sebagai jungler juga sudah dibuktikan oleh beberapa pro player dalam pertandingan turnamen. Contohnya saja seperti RRQ Alberttt dari squad RRQ Hoshi yang kemarin sempat mendapatkan savage saat menggunakan Roger dalam laganya melawan RSG SG di ajang turnamen M3 World Championship.

Namun apakah Roger benar - benar memiliki potensi sebesar itu? Untuk mengetahui jawabannya, mari sama - sama kita kupas lebih dalam mengenai hero serigala berbulu domba ini dalam pembahasan berikut:


A. ATRIBUT & SKILL

Skill Pasif: Full Moon Curse

Dalam bentuk manusia, basic attack Roger menyebabkan efek slow kepada lawan sebesar 10%. Sementara itu, dalam bentuk serigala, basic attack Roger memberikan damage tambahan yang setara dengan 5% dari HP lawan yang hilang (hingga 60 damage tambahan kepada creep).

Dengan adanya tambahan damage pada mode serigala, Roger dapat lebih mudah dalam melakukan farming ataupun melakukan serangan kepada musuh terutama saat fase early game. Jangan lupa juga bahwa Roger dapat memberikan efek slow kepada musuh saat berada dalam mode manusia.

Oleh karena itu, sebaiknya cicil dulu musuh dengan basic attack dalam mode manusia agar mereka terkena efek slow, lalu baru berubah ke mode serigala untuk langsung menerjang ke posisi musuh dengan cepat.

MODE MANUSIA

Skill 1: Open Fire

Skill 1 Open Fire

Roger menembak 2 kali dengan cepat ke arah yang telah ditentukan, memberikan sejumlah damage.

Tembakan pertama Roger menyebabkan efek slow kepada lawan sebesar 80% selama 1,5 detik. Sementara itu, tembakan keduanya mengurangi physical defense lawan sebesar 10 selama 5 detik.

Skill Open Fire ini sangat efektif sekali digunakan untuk memulai serangan, mengingat besarnya efek slow yang akan diterima lawan ditambah dengan pengurangan physical defense yang otomatis membuat serangan Roger akan terasa lebih sakit.

Selain itu, Open Fire ini dapat juga kalian gunakan sebagai skill escape untuk menghambat gerak lawan yang sedang mengejarmu.

Skill 2: Hunter's Steps

Skill 2 Hunter's Steps

Roger mendapatkan tambahan movement speed sebesar 40% selama 2,5 detik.

Hunter's Steps adalah salah satu skill yang sangat krusial saat tengah berada dalam war. Mengapa? Karena skill ini adalah satu satunya skill yang sangat memungkinkan kalian gunakan untuk keluar dari war secepat mungkin jika tim kalian dalam keadaan terdesak.

Skill 3: Wolf Transformation

Skill 3 Wolf Transformation

Roger menerjang ke depan dan berubah menjadi serigala, memberikan sejumlah damage dalam bentuk area dan dapat menyebabkan efek slow kepada musuh sebesar 90% selama 0,8 detik.

Skill Wolf Transformation sangat bagus digunakan untuk memulai war, karena kalian dapat dengan mudah langsung melompat ke posisi jungler musuh untuk memberikan efek slow yang besar.

Terlebih lagi, karena dalam mode serigala Roger mendapatkan physical dan magical defense tambahan, maka dia akan lebih susah untuk ditaklukkan jika dibandingkan saat berada dalam mode manusia.

MODE SERIGALA

Dalam mode serigala, Roger mendapatkan 20 physical dan magical defense serta meningkatkan movement speed-nya sebesar 25.

Skill 1: Lycan Pounce

Skill 1 Lycan Pounce

Roger akan menyerang langsung ke arah musuh (dapat mengenai hingga 3 musuh), memberikan sejumlah damage, serta memperoleh efek immune. Kill maupun assist akan mengurangi cooldown skill ini sebesar 80%.

Lycan Pounce adalah skill yang sangat ideal untuk memberikan serangan ke banyak musuh sekaligus. Apalagi ditambah dengan adanya efek immune, membuat serangan Roger tidak terhentikan saat skill ini aktif.

Skill 2: Bloodthirsty Howl

Skill 2 Bloodthristy Howl

Roger mengaum dengan keras, meningkatkan 1,15 attack speed-nya selama 5 detik. Selama efek skill ini aktif, Roger dapat meningkatkan 50 movement speed-nya jika dia melihat lawan yang tengah sekarat.

Skill Bloodthirsty Howl ini dapat kalian gunakan sebagai radar saat sedang melakukan serangan, karena kalian dapat mendeteksi musuh yang sekarat hanya dengan melihat apakah Roger mendapatkan tambahan movement speed atau tidak.

Tak hanya itu, skill ini juga sangat efektif digunakan untuk mempercepat farming kalian saat fase early game berkat tambahan attack speed-nya yang cukup besar.

Skill 3: Restore Human Form

Skill 3 Restore Human Form

Roger berguling ke depan untuk berubah ke dalam bentuk manusia, mendapatkan sejumlah shield yang berlangsung selama 1,5 detik.

Shield yang kalian dapatkan dari skill ini sangat efektif untuk keluar dari war dan kabur ke tempat yang lebih aman. Selain itu, dengan adanya shield tersebut, Roger akan otomatis bisa lebih survive saat terkena serangan dari hero - hero burst seperti Pharsa, Eudora, Aurora, dll.

Saran saya kombinasikan skill Restore Human Form ini dengan skill Hunter's Steps, karena tambahan movement speed yang diperoleh dapat membantu kalian untuk kabur ke tempat yang lebih aman dari kejaran musuh.

Untuk lebih memahami berbagai skill Roger, kalian bisa simak video spotlight hero Roger berikut:

B. BUILD

Build Roger

EMBLEM

Saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan emblem assassin agar serangan Roger terasa lebih tajam serta mendukungnya untuk terus memperoleh kill.

Untuk talent emblemnya, saya memilih menggunakan Killing Spree, sebab efek tambahan movement speed serta HP regen yang diperoleh setelah memperoleh kill akan sangat mendukung Roger agar lebih survive untuk menghadapi pertarungan jangka panjang.

ITEM

1. Swift Boots

Swift Boots merupakan item sepatu yang paling cocok digunakan untuk Roger. Item yang sering dijuluki dengan sepatu attack speed ini nantinya akan menambah sedikit attack speed Roger sehingga dia dapat lebih cepat melakukan farming di fase early game.

Oiya, jika kalian menggunakan Roger sebagai jungler, jangan lupa juga untuk menggunakan Bloody Retribution untuk sedikit menambah damage serangan Roger.

2. Wind Talker

Walaupun sebelumnya kalian telah membuat Swift Boots yang merupakan item attack speed, namun efek dari item tersebut masih belum terlalu besar sehingga kalian harus menambah lagi satu item attack speed untuk memaksimalkan serangan basic attack Roger.

Dari banyaknya item attack speed yang ada, saya merekomendasikan kalian menggunakan Wind Talker ,sebab item ini dapat memberikan damage ke banyak target sekaligus yang sangat efektif jika dikombinasikan dengan skill Lycan Pounce milik Roger.

Setidaknya jika sudah memiliki Wind Talker, Roger kalian siap untuk melakukan war.

3. War Axe

Setelah Wind Talker selesai dibuat, item berikutnya yaitu War Axe. Ya, buat kalian para player fighter dan assassin mungkin udah nggak asing lagi sama item ini, karena War Axe memang sangat laris di kalangan pengguna kedua role tersebut.

Dengan adanya War Axe, maka serangan Roger akan lebih beringas lagi berkat tambahan efek physical penetration serta movement speed yang diperolehnya dari item ini.

4. Endless Battle

Endless Battle merupakan item wajib bagi seluruh hero yang serangan utamanya terletak pada basic attack, seperti Roger. Item ini dapat membuat basic attack Roger memiliki kemungkinan menimbulkan true damage yang mana itu sangat berguna sekali untuk melemahkan hero - hero yang tebal seperti tank ataupun fighter.

Selain itu, Endless Battle ini juga memiliki beragam atribut lainnya seperti cooldown reduction, lifesteal, dan mana regen yang dapat membuat atribut Roger naik secara signifikan.

5. Malefic Roar

Item kelima yang harus kalian gunakan ketika menggunakan Roger yaitu Malefic Roar. Malefic Roar ini akan memiliki tugas khusus yaitu sebagai item penghancur defense musuh.

Dengan besarnya physical penetration pada Malefic Roar, Roger akan lebih mudah melemahkan hero - hero tebal yang seringkali menjadi penghalang di garis terdepan.

Akan tetapi, jika kalian ingin bermain aman, maka ganti saja item kelima ini dengan item defense, seperti Athena Shield atau Antique Cuirass agar durabilitas Roger lebih meningkat.


6. Immortality

Immortality merupakan item rekomendasi terakhir yang bertujuan untuk melindungi Roger dari tindakan blunder ataupun ancaman pick off dari musuh.

Dengan adanya Immortality, setidaknya kalian tidak perlu terlalu takut untuk melakukan serangan, sebab item ini dapat menyelamatkan hero kalian dari kematian.

Oleh karena itu, pastikan untuk membeli Immortality jika sudah memasuki fase late game, karena di fase - fase itulah kemungkinan apapun bisa terjadi dalam sebuah pertandingan.


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan & Kelemahan Roger

KELEBIHAN

  • Mobilitasnya tinggi

Salah satu kelebihan yang sangat tampak pada Roger adalah mobilitasnya yang cukup tinggi. Hal ini juga yang akhirnya membuat Roger sangat ideal menjadi jungler, karena seperti yang kita tahu kebanyakan jungler memang harus memiliki mobilitas yang tinggi untuk melakukan roaming dan mengambil objektif secepat mungkin.

  • Memiliki burst damage yang besar sejak early game

Walaupun Roger memiliki role marksman yang cenderung kuat saat fase late game, namun hal tersebut tak membuatnya lemah saat menjalani fase early game. Terbukti dengan mode serigalanya, Roger dapat memberikan burst damage yang cukup sakit sekalipun dia belum memiliki item sama sekali.

Hal tersebut dikarenakan Roger menggunakan role fighter ketika dalam mode serigala, sehingga damage-nya terkesan lebih sakit ketimbang mode manusianya yang menggunakan role marksman.

  • Lebih cepat melakukan farming

Inilah keunggulan Roger yang paling saya suka dibandingkan dengan hero jungler lainnya. Kecepatan farming Roger memang terasa lebih unggul jika dibandingkan dengan hero jungler lainnya, sebab Roger memiliki tambahan attack speed yang berasal dari skill Bloodthirsty Howl miliknya.

Ditambah lagi dengan tingginya mobilitas yang dimilikinya membuat Roger terasa lebih gampang untuk mendominasi di area jungler.


KELEMAHAN

  • Lemah terhadap efek crowd control

Saya sudah ratusan kali menggunakan Roger dan hal yang sangat saya benci saat menggunakan Roger adalah ketika bertemu dengan hero - hero tank yang memiliki banyak efek crowd control.

Roger merupakan hero dengan tipe serangan dekat yang membuatnya sangat mudah terperangkap efek crowd control musuh karena seringkali dia menyerang sampai terlalu maju ke bagian depan. 

Contohnya saja seperti saat berhadapan dengan Tigreal, Roger sangat mudah sekali tertangkap oleh skill ultimate Tigreal, karena Tigreal hanya perlu menekan ultimate-nya saat Roger sedang berada di dekatnya.

  • Susah di cover

Roger memiliki gerakan yang tergolong lincah sehingga dia terkadang sangat susah untuk di cover oleh hero - hero support. Mungkin hero support yang dapat cocok dengan Roger itu hanya Angela dan Floryn, karena kedua hero tersebut dapat melakukan back up sekalipun posisinya terpisah jauh.

Oleh karena itu, untuk menghindari blunder, biasakan untuk melihat map terlebih dahulu sebelum melakukan serangan ke arah musuh, perhatikan dimana posisi rekan tim kalian, karena pergerakan Roger yang terlalu lincah seringkali menjadi kendala bagi tim kalian dalam melakukan back up.


D. EFEKTIVITAS ROGER

Efektivitas Roger

Roger sangat bagus digunakan untuk melawan hero - hero marksman, seperti Natan, YSS, dan Granger sebab besarnya burst damage yang dimiliki oleh Roger sejak early game membuatnya lebih unggul jika dibandingkan dengan hero marksman yang cenderung baru akan kuat saat sudah memasuki fase late game.

Sementara itu, Roger akan sangat lemah ketika berhadapan dengan hero yang terlalu tebal ataupun yang memiliki banyak efek crowd control seperti Kufra, Tigreal, Belerick, Gatotkaca dan Gloo, sebab pergerakan Roger dapat dihentikan dengan mudah oleh skill crowd control tersebut.


E. TIPS BERMAIN ROGER

Tips Bermain Roger

1. Fokus farming sampai mendapatkan item Wind Talker

Wind Talker merupakan item yang sangat mendukung Roger untuk melakukan serangan ataupun untuk melakukan farming dengan lebih cepat. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin segera jadikan dahulu item Wind Talker sebelum melakukan inisiasi war, sebab item ini memiliki efek yang cukup krusial bagi Roger untuk mendominasi area musuh

2. Sebisa mungkin bermain agresif saat early game

Dengan besarnya mobilitas yang Roger miliki, jangan takut untuk mencuri monster jungle yang berada di area musuh. Sebisa mungkin kalian harus melakukan pressing karena damage dari Roger ini lebih diuntungkan saat masih berada di fase early game.

Oiya, jangan lupa juga untuk maksimalkan objektif kalian seperti turtle dan gold turret musuh agar perolehan gold kalian jauh lebih unggul daripada musuh.

3. Tingkatkan skill 2 terlebih dahulu

Skill 2 Roger memang memiliki efek yang lebih dominan jika dibandingkan dengan skill lainnya. Skill 2 Roger dalam mode manusia dapat digunakannya untuk mempercepat mobilitas.

Sementara itu, skill 2 Roger dalam mode serigala sangat berperan penting untuk memberikan damage dengan lebih cepat berkat tambahan efek attack speed yang diperolehnya.

4. Rutin melakukan roaming

Sudah saya singgung sebelumnya bahwa Roger ini memiliki mobilitas yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan hero lainnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian harus rutin melakukan roaming ke berbagai lane agar tim kalian dapat lebih mudah mendominasi lane.

Jangan sampai hanya stuck di satu lane saja, sebab sebagai seorang jungler kalian juga harus melakukan back up kepada rekan satu tim yang bermain di area side.

5. Jangan sampai masuk ke fase late game

Walaupun Roger terkesan sangat kuat sejak early game, namun hero ini ternyata tidak memiliki scaling yang bagus sehingga saat sudah memasuki fase late game performa Roger akan terasa sedikit berkurang. 

Maka dari itu, untuk menghindari ancaman comeback, sebisa mungkin segera lakukan end sebelum masuk ke fase late game.

***

Dari panjangnya pembahasan saya diatas, dapat saya simpulkan bahwa kemampuan Roger sebagai jungler memang masih sangat efektif digunakan di META sekarang. Didukung dengan tingginya mobilitas yang dimilikinya serta burst damage yang cukup besar di fase early game membuat Roger mudah melakukan dominasi kepada musuh.

Walaupun perlu kalian ingat juga bahwa Roger ini nantinya akan sedikit lemah waktu masuk ke fase late game, namun dengan besarnya kekuatan Roger di fase early game seharusnya dapat kalian manfaatkan baik - baik untuk memenangkan pertandingan.

Jadi, Bagaimana sekarang? Apakah Roger masuk dalam list favorit hero kalian? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai hero ini di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Roger: Skill, Build, Emblem, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel