Kutas (Kupas Tuntas) Hero Aulus: Skill, Build, Emblem, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Aulus: Skill, Build, Emblem, dll

Kupas Tuntas Aulus

Setelah sebelumnya Moonton merilis hero Nathan yang memiliki role unik marksman/mage. Kali ini, gantian role fighter yang mendapatkan hero baru dari Moonton. Seperti yang udah tertera dalam judul, hero tersebut yaitu Aulus.

Aulus merupakan hero fighter yang memiliki banyak sekali efek unik, entah itu terletak pada skill pasifnya, skill 2, maupun pada ultimate-nya. Saking banyaknya efek yang dimiliki Aulus, banyak player Mobile Legends menganggap bahwa Aulus tergolong susah untuk dipelajari, terkhusus pada efek dari tiap skillnya.

Tapi tenang saja, dalam postingan kali ini, saya akan memberikan kalian informasi yang paling lengkap terkait hero fighter yang satu ini, mulai dari penjelasan skill, build, tips bermain, dll.

Oke, tanpa berbasa - basi lagi, mari kita langsung masuk ke dalam pembahasannya:


A. ATRIBUT & SKILL

Skill Pasif: Fighting Spirit

Setiap melakukan basic attack, Aulus akan meningkatkan 9 physical attack dan 3 physical penetration selama 5 detik, dapat di stack hingga 4 kali. Ketika stack tersebut penuh, maka Aulus akan mendapatkan tambahan 15% movement speed serta 125% damage basic attack.

Melihat efek dari skill pasif tersebut, dapat dibilang bahwa hero fighter yang satu ini sangat mengandalkan basic attack waktu menyerang musuh. Hal ini dikarenakan semakin banyak Aulus melakukan basic attack, maka stack skill pasifnya akan selalu penuh sehingga Aulus dapat menyerang musuh dengan damage penetration secara terus - menerus.

Efek skill pasif Aulus ini memiliki kemiripan dengan efek item War Axe. Maka dari itu, War Axe adalah salah satu item wajib yang harus digunakan oleh Aulus waktu bertarung.

Skill 1: Aulus, Charge!

Skill 1

Sesuai dengan namanya, skill 1 dari Aulus ini harus kalian charge saat menggunakannya. Berbeda dengan skill lainnya, skill 1 Aulus harus kalian tekan dan tahan untuk mendapatkan ekstra 45% movement speed serta 30% damage reduction terhadap serangan dari depan Aulus. Ketika kalian lepaskan, skill ini akan langsung memberikan damage kepada lawan di sekitar dan menyebabkan efek slow sebesar 60% selama 1,5 detik.

Hal yang perlu kalian ingat dari skill ini adalah Aulus akan mendapatkan 30% damage reduction ketika serangannya berasal dari depan mukanya. Ini berkaitan juga dengan efek yang ditampilkan Aulus saat menggunakan skill ini, terlihat bahwa Aulus berlari dengan sebuah shield di depannya. Nah, efek 30% damage reduction baru akan aktif ketika serangannya mengenai shield tersebut, sistemnya mirip seperti skill 2 Lolita.

Skill 2: The Power of Axe

Skill 2

Aulus mengayunkan kapaknya, memberikan damage dalam bentuk area, serta mendapatkan stack sesuai dengan jumlah musuh yang terkena damage (maksimal hingga 6 stack yang berlangsung selama 5 detik). Setiap stack dari skill ini akan meningkatkan 140% attack speed serta memulihkan sedikit HP Aulus. 

Skill 2 Aulus ini merupakan skill inti yang harus kalian tingkatkan terlebih dahulu selama menggunakan Aulus. The Power of Axe juga dapat menjadi back up damage yang bagus waktu war, karena jika skill ini mengenai banyak musuh sekaligus, maka attack speed Aulus akan sangat nggak masuk akal (Bayangin aja nyerang musuh pake 140% tambahan attack speed, udah kayak pakai hero Masha waktu udah late game :v).

Skill 3: Undying Fury

Skill 3

Aulus menghantamkan kapaknya dengan keras ke tanah, memberikan damage dalam area yang panjang, membakar musuh yang ada dalam area tersebut, serta memberikan efek slow sebesar 70%.

Undying Fury merupakan skill yang paling mudah kalian kombinasikan dengan hero lain, mengingat efek slow yang diberikan oleh skill ini lumayan besar sehingga membuat musuh yang terperangkap di dalamnya kesusahan buat kabur.

Melihat dari efeknya, Undying Fury milik Aulus ini mirip dengan Electo: Final Blow milik Benedetta yang sama2 memberikan damage dalam area yang panjang serta memberikan efek slow juga.

Oiya, perlu kalian ingat juga bahwa skill ultimate Aulus ini memiliki efek pasif setiap skill tersebut di upgrade. Setiap efek pasifnya yaitu sebagai berikut:
Upgrade pertama meningkatkan physical damage sebesar 35
Upgrade kedua meningkatkan physical lifesteal sebesar 15%
Upgrade ketiga meningkatkan jarak serangan skill 2 sebesar 65%
Efek tersebut akan kalian peroleh secara permanen dan hanya akan aktif setelah kalian melakukan upgrade pada skill ultimate. Aktifnya efek pasif tersebut juga ditampilkan dengan animasi Aulus saat kalian mengupgrade skill ultimate-nya, Aulus akan berhenti sejenak lalu mengangkat kapaknya dan kapak tersebut sekilas seperti mengalami perubahan.

Buat kalian yang butuh penjelasan lebih lengkap lagi mungkin bisa cek nih video youtube dari channel VY Gaming yang juga membahas lengkap skill yang dimiliki oleh Aulus.



B. BUILD

Aulus Build

Emblem

Emblem yang cocok digunakan oleh Aulus adalah emblem fighter, karena Aulus ini merupakan hero fighter yang membutuhkan damage serta durabilitas agar dia dapat selalu dapat tahan menyerang musuh di garis depan.

Untuk talent emblem-nya, saya memilih menggunakan talent Festival of Blood karena efek spell vamp yang didapatkan dari talent tersebut dapat memperkuat skill 2 Aulus yang memiliki damage area.

Item

Berikut akan saya jelaskan kegunaan dari setiap item yang dipakai untuk Aulus:

1. War Axe

War Axe merupakan item wajib yang harus kalian gunakan ketika memakai Aulus, karena efek dari item ini mekanismenya sangat mirip dengan skill pasif yang dimiliki oleh Aulus. 

Dengan adanya War Axe, tambahan damage penetration serta movement speed yang diperoleh Aulus akan semakin besar yang membuatnya dapat mengalahkan serta mengejar musuh dengan mudah.

Karena efek dari item ini dapat dikombinasikan dengan skill pasif Aulus, maka saran saya langsung saja buat War Axe di early game agar damage Aulus lebih sakit.

2. Demon Shoes

Aulus merupakan hero fighter yang sering melakukan spam skill, yang membuat penggunaan mana dari hero ini tergolong cukup boros.

Oleh karena itu, Demon shoes ini adalah item sepatu yang paling cocok kalian gunakan untuk sedikit menghemat mana Aulus agar tak perlu repot recall ke base.

3. Bloodlust Axe

Sama layaknya War Axe, Bloodlust Axe ini juga merupakan item wajib yang harus kalian gunakan saat memakai hero Aulus. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan efek spell vamp yang didapatkan dari Bloodlust Axe sangat besar sehingga membuat HP Aulus lebih tebal saat melawan hero musuh. 

Efek spell vamp tersebut nantinya juga akan lebih besar lagi jika kalian menggunakan talent emblem fighter "Festival of Blood" seperti yang sudah saya jelaskan dalam rekomendasi emblem diatas.

4. Brute Force Breastplate

Brute Force merupakan pilihan item yang bagus untuk hero2 yang suka nempel ke hero musuh waktu nyerang, karena item ini nantinya dapat membuat hero kalian makin tebal tiap terkena serangan, sekaligus memberikan movement speed juga biar hero kalian makin mengganas lagi di garis depan.

Terlebih lagi, item Brute Force dapat digunakan untuk mengatasi damage physical maupun magical sehingga item ini tergolong sangat efektif digunakan di berbagai kondisi.

Untuk hero2 fighter yang barbar seperti Aulus, Brute Force merupakan rekomendasi yang tepat biar Aulus makin barbar waktu nyerang musuh.

5. Athena Shield

Athena shield merupakan item defense yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi damage burst dari hero mage. Apalagi, sekarang hero mage burst, seperti Pharsa, Selena, Eudora, dan Kagura sangat sering digunakan sehingga kalian harus menggunakan Athena ini agar hero yang kalian gunakan lebih sustain dan tentunya nggak gampang mati.

Athena shield juga dapat kalian ganti dengan Radiant armor jika hero mage yang kalian lawan memiliki damage DPS, seperti Chang'e ataupun Harith.

6. Thunder Belt

Sebenarnya item terakhir yang digunakan buat Aulus itu berbeda-beda tergantung situasi yang kalian hadapi. Akan tetapi, disini saya akan merekomendasikan kalian untuk membuat thunder belt, karena item ini akan meningkatkan damage basic attack dari Aulus setelah menggunakan skill.

Terlebih lagi, thunder belt ini juga memiliki regen mana sehingga saat memasuki fase late game, kalian dapat menjual demon shoes dan menggantinya dengan item yang lebih berguna lainnya seperti Immortality ataupun Winter Truncheon agar Aulus tidak mudah terkena pick off oleh musuh.


C. KEUNGGULAN & KELEMAHAN AULUS

Keunggulan Aulus

Keunggulan

  • Sangat Kuat di Fase Late Game

Faktor yang membuat Aulus sangat kuat di fase late game adalah berkat efek pasif dari skill Undying Fury (ultimate) miliknya. Sudah saya jelaskan pada bagian pembahasan skill bahwasannya Undying Fury milik Aulus mempunyai efek pasif yang akan aktif tiap skill tersebut di upgrade.

Nah, untuk mendapatkan seluruh efek pasif tersebut, minimal Aulus harus mencapai level 12 terlebih dahulu (pokoknya sampai ultimate-nya udah max) sehingga membuat kemampuan Aulus ini baru akan keluar secara maksimal saat sudah memasuki fase late game.

  • Memiliki Mobilitas yang Tinggi

Faktor yang membuat mobilitas Aulus ini sangat tinggi adalah berkat Aulus, Charge! (skill 1) miliknya yang memiliki tambahan 45% movement speed. Terlebih lagi, jika stack skill pasifnya penuh maka Aulus memperoleh tambahan movement speed lagi sebesar 15%. Tak cukup disitu, Aulus juga dapat perolehan tambahan movement speed lagi dari item War Axe dan Brute Force.

Banyaknya tambahan movement speed itulah yang membuat Aulus dapat melakukan roaming dengan cepat, serta dapat langsung membantu war tim kalian dimanapun tempatnya berada. Tambahan movement speed tersebut juga dapat digunakan buat cutting lane serta melakukan open map dengan mudah.

  • Dapat Menjadi Support Damage yang Bagus Saat War

Aulus merupakan hero yang memiliki skill dengan tipe area damage, serta dibekali dengan efek slow yang membuat hero ini akan sangat OP jika bergabung dalam war. Aulus bahkan dapat langsung menjangkau hero yang berada di bagian belakang sekalipun berkat panjangnya area dari skill ultimate-nya.

Selain itu, damage basic attack Aulus juga tidak bisa diremehkan, karena ketika stack-nya penuh, basic attack Aulus akan menimbulkan physical penetration yang membuat hero musuh akan semakin empuk jika terus menerus terkena serangan basic attack dari hero ini.


Kelemahan

  • Terlalu Bergantung pada Level Hero

Karena efek pasif dari skill ultimate Aulus baru akan penuh ketika hero ini udah mencapai level 12, hal tersebut kadang membuat Aulus menjadi lemah saat fase early game.

Selain itu, durabilitas dari Aulus ini tak sebesar durabilitas fighter pada umumnya, sehingga tak jarang Aulus bakal sering terkena pick off dengan mudah saat fase early hingga mid game. 

  • Susah Dipelajari

Hero fighter pada umumnya memiliki skill yang gampang dipahami dan mudah untuk dipelajari, namun lain halnya dengan Aulus. Walaupun dia merupakan hero fighter, namun ternyata cara penggunaan dari hero ini tergolong susah untuk dipelajari mengingat banyaknya efek, stack, serta skill pasif yang tentu tidak bisa langsung dikuasai dalam waktu yang singkat.

Mungkin bagi pro player itu semua tidak jadi masalah, namun lain halnya dengan saya dan sebagian besar kalian yang saat ini masih menjadi publik ranked biasa. Banyaknya efek tersebut seringkali membuat kita bingung bagaimana cara menggunakannya dengan efektif.

  • Tidak Memiliki Skill Escape

Satu satunya cara bagi Aulus untuk kabur dari serangan musuh adalah dengan menggunakan Aulus, Charge! (skill 1) miliknya. Masalahnya, cooldown dari skill tersebut lumayan lama sehingga kalian harus belajar menggunakannya secara efektif terlebih dahulu agar tidak panik nantinya waktu harus kabur dari serangan musuh.


D. TIPS BERMAIN AULUS

Tips Bermain Aulus

1. Maksimalkan Penggunaan Skill Pasif

Efek penetrasi yang diberikan dari skill pasif Aulus merupakan serangan andalannya waktu menghadapi musuh. 

Oleh karena itu, jika kalian ingin pro menggunakan Aulus, maksimalkan dulu penggunaan skill pasifnya serta efek dari The Power of Axe (skill 2), karena kedua skill tersebut merupakan damage andalan Aulus ketika berhadapan dengan musuh.

2. Bermain Aman saat Early Game

Dikarenakan Aulus merupakan hero tipe late game, maka sebisa mungkin kalian harus bermain aman di fase early game. Fokuslah untuk mencari exp dan gold dengan melakukan roaming sehingga level kalian dapat naik dengan cepat.

Perlu kalian ingat lagi bahwa durabilitas Aulus ini tak terlalu tinggi sehingga jangan terlalu barbar saat Aulus belum mencapai level 12.

3. Usahakan Untuk Sering Roaming ke Lane yang Lain

Dengan besarnya tambahan movement speed dari skill 1 Aulus, maka tak ada alasan lagi bagi kalian buat melakukan roaming ketika menggunakan hero ini. Usahakan untuk selalu roaming, terlebih saat turtle/lord muncul agar kalian dapat langsung membantu tim jika saja terjadi war di area tersebut.

Latih juga kemampuan kalian buat cutting minion agar lane yang kalian tinggal tidak mudah terkena split push.

4. Hemat Ultimate

Ultimate Aulus merupakan skill yang sangat mengandalkan timing, sehingga kalian harus menggunakannya dengan sangat hati - hati agar tidak terbuang percuma. Usahakan untuk pakai ultimate saat terdapat banyak musuh di satu tempat agar efek slow serta damage dari ultimate kalian dapat membakar banyak musuh sekaligus.

Selain itu, faktor lain yang membuat kalian harus menghemat penggunaan ultimate Aulus ini adalah karena cooldown-nya yang tergolong lama sehingga jika kalian salah menggunakannya sekali saja, maka musuh dapat menyerang balik dengan mudah.
 

5. Spam The Power of Axe Saat War

The Power of Axe (skill 2) merupakan skill inti Aulus untuk terus memberikan damage kepada musuh. Stack yang dihasilkan dari skill ini dibekali dengan banyak sekali efek, salah satunya yaitu meningkatkan attack speed sebesar 140% yang membuat serangan Aulus terasa sangat sakit walaupun hanya dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, usahakan untuk tingkatkan skill 2 terlebih dahulu serta spam skill tersebut saat war untuk mendapatkan stack secara terus - menerus.

***

Itulah pembahasan saya terkait hero Aulus. Secara keseluruhan, Aulus merupakan hero fighter yang sangat worth it buat kalian beli, terlebih lagi jika kalian suka bermain dengan barbar saat war. 

Akan tetapi, pastikan dulu kalian pahamin dulu tiap efek dari skillnya sebelum menggunakan Aulus, karena seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa Aulus ini merupakan hero yang agak susah untuk dipelajari.

Jadi, apalah kalian puas dengan pembahasan saya kali ini? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai hero Aulus di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

3 Responses to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Aulus: Skill, Build, Emblem, dll"

  1. Balasan
    1. Ini saya juga masih nyari counternya bro. Terkait pembahasannya mungkin bakal saya upload beberapa hari ke depan. Ditunggu aja infonya :)

      Hapus
    2. Pembahasan terkait counter hero Aulus bisa disimak di link berikut:
      https://www.teh90blog.com/2021/09/berikut-hero-dan-item-counter-aulus.html

      Hapus

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel