Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut WHO - Teh90blog

Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut WHO


Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang harus sering kita lakukan agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri yang akan menyerang ke dalam tubuh kita.

Aktivitas mencuci tangan semakin digalakkan untuk menghadapi penyebaran wabah Covid-19 saat ini. Tangan kita semua dituntut harus selalu bersih dan steril agar Covid-19 tidak dapat menyebar dengan mudah.

Dr Tedros selaku Director General WHO mengatakan di akun twitternya bahwa tangan yang higienis merupakan salah satu tindakan yang efektif untuk mengurangi penyebaran patogen dan berbagai macam virus lainnya, termasuk Covid-19.

Dalam cuitannya di twitter, Dr Tedros juga mengajak semua orang untuk melakukan #SaveHands challenge agar semua orang mulai untuk membiasakan cuci tangan dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan mencuci tangan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Oleh karena itu, WHO selaku organisasi internasional berbasis kesehatan telah menjelaskan beberapa langkah yang harus kita lakukan saat mencuci tangan.

Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak dalam gambar  di bawah ini. Gambar berikut saya ambil dari postingan Dr. Tedros yang bisa kalian lihat di https://twitter.com

Menurut gambar tersebut, langkah-langkah cuci tangan yang benar adalah sebagai berikut:

  • Aplikasikan sabun atau hand sanitizer ke tangan yang terkungkup. Pastikan jumlahnya cukup untuk melapisi kedua tangan.
  • Setelah itu, gosok kedua telapak tangan secara memutar.
  • Bersihkan sela sela jari dan punggung tangan secara bergantian.
  • Selanjutnya, bersihkan sela sela jari dan telapak tangan. Masukkan jari telapak tangan kanan ke sela sela jari telapak tangan kiri. Jadi gerakannya menyilang.
  • Gosok punggung jari tangan kiri ke telapak tangan kanan, dan begitu pula sebaliknya.
  • Bersihkan ibu jari dengan menutupinya dengan permukaan telapak tangan dan dilakukan dengan memutar. Lakukan secara bergantian.
  • Bersihkan ujung ujung jari tangan dengan menempelkannya ke telapak tangan yang berlawanan. Lakukan dengan gerakan memutar.
  • Ketika sudah kering, bisa dipastikan bahwa kedua tangan sudah bersih dan steril.
  • Semua langkah tersebut harus dilakukan dengan estimasi waktu selama 20-30 detik agar kebersihan kedua tangan dapat terjamin.

Kegiatan mencuci tangan tersebut harus mulai dibudayakan agar mulai menjadi sebuah kebiasaan. Tak hanya saat wabah seperti saat ini, kebiasan mencuci tangan harus selalu dilakukan dalam situasi apapun untuk mencegah penyakit maupun virus.

Selain langkah mencuci tangan tersebut, ternyata masyarakat juga masih bingung antara memilih mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Sebenarnya masalah tersebut tidak begitu penting dibicarakan, karena baik hand sanitizer maupun sabun, keduanya sama sama memiliki kegunaan untuk menangkal bakteri dan virus serta menjaga kebersihan tubuh.

Jadi, menurut saya hand sanitizer dan sabun memiliki kegunaan yang sama dan keduanya dapat digunakan untuk mencuci tangan.

Tapi pendapat saya tak berhenti disitu. Saya juga memiliki beberapa argumen terkait keefektifan hand sanitizer dan sabun.

Sabun atau Hand Sanitizer? Mana yang lebih efektif?


Jika dilihat dari kebiasaan, pasti sebagian dari kita cenderung lebih mengenal menggunakan sabun daripada hand sanitizer. Hal itu memang wajar karena sebelum wabah Covid-19 menyebar, hand sanitizer hanya dapat kita temukan di kamar mandi, RS, dan fasilitas umum tertentu. Jarang sekali orang yang membawa hand sanitizer, karena mayoritas orang berpikir bahwa barang tersebut tidak begitu diperlukan.

Tetapi jika dilihat dari keadaan saat ini, menurut saya hand sanitizer cenderung lebuh efektif daripada sabun. Mengapa demikian? Hand sanitizer lebih mudah dibawa dan dapat digunakan kapanpun tanpa harus membutuhkan air mengalir. Berbeda dengan sabun yang mengharuskan kita untuk menggunakan air untuk membasuhnya.

Hal tersebut menyebabkan banyak orang mulai menggunakan hand sanitizer, karena hand sanitizer dinilai lebih efektif untuk melindungi kita dari kuman dan bakteri. Penggunaannya yang praktis juga menjadi faktor pendukung mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan hand sanitizer.

Sebagai kesimpulannya, hand sanitizer dan sabun memiliki keefektifannya sendiri-sendiri sesuai keadaannya. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan dapat digunakan untuk membersihkan kuman dan bakteri saat mencuci tangan.

Itu saja postingan saya kali ini.
Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik lainnya
Terima kasih

0 Response to "Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut WHO"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel