Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word - Teh90blog

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word


Buat yang sering bikin laporan, paper, makalah, maupun tugas yang lainnya pasti udah nggak asing lagi dong dengan apa yang dinamakan dengan daftar isi.

Daftar isi dibuat agar memudahkan pembaca saat akan mencari sub bab maupun bagian tertentu dari sebuah karya tulis. Daftar isi biasanya diletakkan setelah halaman kata pengantar dan bagian cover.

Kebanyakan orang selama ini pasti masih membuat daftar isi secara manual. Padahal jika ditelaah lebih dalam, Ms. Word ternyata telah menyediakan fitur bagi kita untuk membuat menu daftar isi ini secara otomatis.

Penasaran bagaimana caranya? Mari simak pembahasannya berikut.

  • Sediakan satu halaman kosong untuk Daftar Isi, tak lupa juga beri nama "Daftar Isi" di halaman tersebut


  • Beri nomor pada tiap halaman dengan page number.


  • Blok setiap judul BAB (termasuk tulisan kata pengantar dan tulisan daftar isi yang telah kalian buat tadi) pada karya tulis kalian, klik menu home, lalu tekan heading 1 pada bagian styles.


  • Jika dalam karya tulis kalian memiliki sub bab, jangan lupa blok juga sub bab tersebut lalu klik heading 2.


  • Jangan lupa untuk sesuaikan tampilannya dulu semau kalian sebelum masuk ke langkah berikutnya (daripada nanti kerja ulang).

  • Selanjutnya, arahkan kursor ke laman yang akan dijadikan untuk daftar isi, lalu klik tab references, tekan menu table of content. Pilih tampilan yang kalian suka.


  • Lihat hasilnya


Cara ini 100% berhasil dan sangat efektif digunakan untuk menghemat waktu kalian daripada harus membuat daftar isi secara manual yang biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Perlu diingat: Setelah memasang menu table of content, pastikan seluruh halaman dalam karya tulisan kalian sudah benar. Karena jika masih terdapat halaman yang salah, kalian harus membuat ulang daftar isi yang telah kalian buat. Oleh karena itu, budayakan untuk selalu mengecek ulang pekerjaan yang telah kita lakukan guna menghindari adanya suatu kesalahan.

Oke mungkin itu saja postingan saya kali ini
Selamat mencobanya

Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis saja pertanyaan kalian di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik lainnya
Terima kasih

0 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel