Pengimplikasian Nilai Sembilan Etika Penting yang Sering Dilupakan - Teh90blog

Pengimplikasian Nilai Sembilan Etika Penting yang Sering Dilupakan


Etika adalah suatu hal yang pastinya dimiliki oleh setiap manusia. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan etika sudah ditanamkan sejak lahir melalui banyak hal seperti lingkungan masyarakat, teman, dan sekolah.  Etika yang diajarkan pun banyak macamnya, misalnya saja saat hendak makan pasti selalu diajarkan untuk makan dengan menggunakan dengan tangan kanan. Contoh yang lain misalnya saat bertemu orang lain yang dikenal pasti diajarkan untuk berjabat tangan terlebih dahulu.

Walaupun telah banyak etika yang diajarkan namun ternyata masih ada beberapa etika yang saat ini sudah jarang sekali dilakukan. Oleh karena itu, etika ini bisa dikatakan sudah mulai dilupakan oleh banyak orang dikarenakan minimnya penerapan etika ini.

9 Etika yang Dilupakan

Setiap hari manusia pasti selalu menggunakan etika entah disadari maupun tidak. Hal ini dikarenakan etika telah melekat dalam diri tiap manusia. Namun walaupun begitu, terdapat beberapa etika yang sudah jarang dilakukan dan mulai dilupakan. Etika tersebut berjumlah 9 yang diantaranya sebagai berikut:

1. Maaf, Terima Kasih, Tolong
Contoh dari penerapan etika ini antara lain saat membutuhkan pertolongan orang lain hendaknya memulainya dengan ucapan tolong dan diikuti dengan kata yang sopan dan santun supaya yang akan dimintai bantuan pun tidak merasa tersinggung dan menolak untuk memberi bantuan.  Setelah diberi bantuan, hendaknya harus mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

Contoh lain dari penerapan etika ini yaitu saat kita berbuat salah kepada orang lain hendaknya kita mulai untuk meminta maaf. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya perselisihan yang mungkin terjadi jika tidak ada yang memulai untuk meminta maaf walaupun hanya dengan satu kata “maaf” saja.

2. Menatap Mata
Etika menatap mata dilakukan saat ada orang lain yang mengajak bicara. Kita hendaknya menatap mata seseorang yang ingin bicara kepada kita sebagai bentuk tanda kalau kita memperhatikan lawan bicara kita.

3. Menahan Pintu
Etika ini dilakukan pada suatu kondisi dimana kita akan keluar dari ruangan dan kita menyadari kalo ada yang ingin keluar dari ruangan itu juga maka hendaknya kita menahan pintu sejenak agar yang lain pun dapat keluar dari ruangan itu dengan mudah. Etika ini mencerminkan kalo kita memiliki kesabaran dan kebaikan yang tinggi dan memiliki sikap simpati kepada orang lain.

4. Masuk Lift
Etika masuk lift dipakai ketika kita hendak menggunakan lift untuk suatu keperluan. Saat pintu lift terbuka kita harus menunggu semua orang yang ada di dalam lift untuk keluar, setelah itu barulah kita masuk ke dalam lift tersebut. Hal ini dilakukan agar orang yang ada di dalam lift tidak kesusahan saat akan keluar dari lift tersebut.

5. Berikan Tempat Duduk
Kita sering menjumpai perilaku berebut tempat duduk saat berada dalam kendaraan umum. Hal ini harus dihindari dan mulai dirubah dengan cara memberikan tempat duduk terlebih dahulu kepada orang tua, Ibu hamil, anak-anak, dan Ibu yang membawa bayi. 

6. Antre
Tertib antre memang mulai digalakkan saat ini. Namun tampaknya masih banyak perilaku menyerobot antrean yang harusnya dilarang untuk dilakukan. Perilaku menyerobot antrean mencerminkan perilaku yang tidak sabar dan tidak disiplin. Maka dari itu, sebagai warga Indonesia yang baik kita harus memulai melakukan perilaku antre secara tertib dan sabar.

7. Memperkenalkan Teman
Manusia itu memang dikenal sebagai makhluk sosial. Maka dari itu manusia akan selalu membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup. Nah salah satu langkah untuk itu adalah dengan memperbanyak teman agar kita memiliki banyak relasi dalam segala hal. Kita juga harus memperkenalkan teman kita saat kita mengajaknya ke dalam sebuah forum yang belum dia kenal. Hal ini dilakukan agar teman kita bisa akrab dengan teman kita yang lain.

8. Sibuk dengan Telepon
Jika kita sedang dalam kondisi menjalankan sebuah urusan yang penting dan secara tiba-tiba terdapat sebuah panggilan telepon untuk kita maka hendaknya kita izin dahulu kepada ketua acara untuk keluar sebentar dan mengangkat panggilan telepon tersebut.

9. Menyapa
Etika menyapa seharusnya sudah diajarkan sejak dahulu. Menyapa merupakan langkah awal yang harus dilakukan ketika kita bertemu seseorang yang telah kita kenal.





0 Response to "Pengimplikasian Nilai Sembilan Etika Penting yang Sering Dilupakan"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel