Materi Tentang Pancasila, Trisila, dan Ekasila - Teh90blog

Materi Tentang Pancasila, Trisila, dan Ekasila


A. Pancasila

Dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila, nama Pancasila sendiri tercetus oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya saat sidang BPUPKI I pada tanggal 1 Juni 1945.

Mengapa dinamakan Pancasila? Mengapa bukan panca dharma? karena sila berarti asas atau dasar yang akan menjadi dasar dari Bangsa Indonesia yang merdeka. Sedangkan panca diambil dari jumlah nilai dasar yang dicetuskan oleh Ir. Soekarno, yaitu berjumlah 5, yang diantaranya :

1. Dasar Kebangsaan
Sejak tahun 1918, dasar pertama yang terpikirkan oleh Soekarno adalah dasar kebangsaan dimana negara Indonesia adalah negara untuk seluruh rakyatnya, bukan untuk satu golongan saja, bukan untuk kaum kaya maupun miskin, melainkan semua untuk semua.

Lalu apa itu arti dari bangsa? Seorang tokoh bernama Ernest Renan pernah mengatakan bahwa bangsa adalah segerombolan orang yang ingin bersatu, atau bisa dikatakan kelompok yang menyatu. 

2. Internasionalisme/peri kemanusiaan
Prinsip Internasionalisme disini dapat berhubungan dengan nasionalisme, jadi dapat dikatakan bahwa Internasionalisme dan nasionalisme bergandengan erat satu sama lain.

3. Dasar Mufakat/Perwakilan
Permusyawaratan mufakat adalah cara yang tepat untuk diterapkan dalam negara Indonesia mengingat Negara Indonesia adalah untuk semua rakyatnya. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat pun juga telah dinilai tepat untuk dilakukan. 

4. Prinsip Kesejahteraan
Prinsip kesejahteraan adalah satu-satunya prinsip yang belum lama dipikirkan oleh Ir. Soekarno. Menurutnya, negara Indonesia harus menjadi negara anti kemiskinan dan selalu menjunjung tinggi kesejahteraan rakyatnya.

5. Nilai Ketuhanan
Seluruh Rakyat Indonesia harus ber-Tuhan. Negara Indonesia harus menjadi negara yang tiap rakyatnya menyembah kepada Tuhannya masing-masing dengan kepercayaannya masing-masing dan menjunung tinggi toleransi antar umat beragama.

B. Trisila

Selain mengemukakan Pancasila, Ir. Soekarno juga mencetuskan tri sila sebagai hasil dari ringkasan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Isi dari Tri sila tersebut meliputi :

1. Sosio-Nasionalis
Ini adalah perpaduan dari sila Kebangsaan dan Internasionalisme/peri kemanusiaan.

2. Sosio-Demokratis
Ini merupakan perpaduan dari dasar Mufakat/perwakilan dan Kesejahteraan

3. Nilai Ketuhanan

C. Ekasila

Ir. Soekarno ternyata juga membuat ekasila untuk lebih meringkas lagi apa yang terdapat dalam trisila dan pancasila. Beliau mengatakan jika semua dasar negara itu harus diringkas menjadi satu, maka hasilnya adalah gotong royong

"Betapa indahnya Negara Indonesia jika rakyatnya menerapkan prinsip gotong royong" kata Ir. Soekarno kala itu.

0 Response to "Materi Tentang Pancasila, Trisila, dan Ekasila"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel