5 Faktor Utama Stumble Guys Raih Kesuksesan Besar Tahun Ini - Teh90blog

5 Faktor Utama Stumble Guys Raih Kesuksesan Besar Tahun Ini

Faktor Utama Dibalik Kesuksesan Stumble Guys

Siapa sih yang nggak tahu dengan Stumble Guys? Game battle royale paling fenomenal ini memang selalu saja ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Kesuksesan Stumble Guys bahkan sudah terlihat sejak awal perilisannya pada 12 Februari 2021 lalu. Sejak saat itu, Stumble Guys terus memperoleh kenaikan jumlah pemain secara signifikan. 

Buktinya, hingga tanggal 21 Oktober 2022, setidaknya game ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di perangkat android dengan rating 4,0 di Google Play Store, sungguh angka yang fantastis mengingat usia game ini yang belum genap 2 tahun. 

Akan tetapi, jauh sebelum Stumble Guys dirilis, sebenarnya ada satu game lain dengan tipe gameplay yang sama, yaitu Fall Guys yang rilis di platform PC dan PS 4 pada 4 Agustus 2020. Di awal perilisannya, Fall Guys juga langsung diminati oleh banyak player, bahkan ada banyak sekali streamer yang memainkan game ini sampai menjadi sebuah trend di berbagai media sosial. Baru beberapa bulan setelah itu, muncullah game Stumble Guys di platform Android dan iOS yang tak kalah suksesnya dengan game Fall Guys.

Banyak orang bilang jika Stumble Guys ini sukses berkat ketenaran yang telah diraih oleh Fall Guys sebelumnya di platform PC dan PS 4. Banyak juga yang menganggap bahwa Stumble Guys hanyalah tiruan dari Fall Guys belaka. 

Akan tetapi, terlepas dari itu semua, sebenarnya apa sih yang membuat game ini sangat populer di era industri game sekarang? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa poinnya berikut:


1. Konsep Battle Royale yang Fun

Game Battle Royale yang Dikemas dengan Menarik

Mendengar frasa "Battle Royale", pasti banyak dari kalian yang langsung mikirnya ke arah game PUBG, Free Fire, CoD, dll. Jika dilihat secara gamblang, memang benar dalam beberapa tahun belakangan ini, game - game itulah yang selalu mewarnai konsep game battle royale yang selalu kita kenal dan lihat setiap hari.

Akan tetapi, esensi dari game battle royale itu sendiri sebenarnya lebih luas dari hanya sekedar game battle tembak - menembak dengan senjata api sampai hanya tersisa satu orang sebagai pemenang. Konsep game battle royale yang sebenarnya bahkan tidak harus selalu dikaitkan dengan tembak - tembakan. Buktinya, ada banyak sekali game battle royale di luar sana yang hanya mengandalkan meele weapon, seperti contohnya game Naraka: Bladepoint, dan The Culling (yang versi originalnya sebelum bubar).

Dengan berkembangnya konsep battle royale tersebut, maka wajar jika banyak dari pihak developer game masih terus berusaha untuk menemukan sebuah gameplay yang baru dengan mempertahankan esensi awal dari konsep battle royale. Contohnya sekarang dapat kalian lihat dalam game Stumble Guys yang berhasil menyajikan konsep game battle royale, dan berhasil mengemasnya dengan konsep gameplay yang baru dan menarik untuk bisa dimainkan oleh seluruh kalangan.

Berbeda dengan game battle royale lainnya, Stumble Guys menyajikan sebuah konsep gameplay yang fun dalam tiap match-nya. Kalian sebagai player hanya ditugaskan untuk mencapai garis finish atau bertahan dari suatu rintangan sampai menjadi pemain yang terakhir untuk memperoleh mahkota.

Tidak ada lagi unsur tembak - tembakan dalam game ini, karena yang harus kalian lakukan hanyalah terus berlari ke depan sampai ke garis finish sembari menghindari seluruh rintangan yang ada, mirip lah sama kayak acara "Benteng Takeshi" yang dulu sering ditayangin di TV, buat anak generasi awal tahun 2000-an pasti paham :v


2. Skin yang Bisa Diperoleh Secara Gratis

Banyak Hadiah Menarik Secara Gratis

Tak seperti mayoritas game lainnya yang isinya penuh dengan micro transaction, Stumble Guys memilih untuk lebih loyal kepada para pemainnya dengan memberikan banyak skin ke setiap pemainnya secara gratis dalam sebuah gacha. Dengan demikian, para player gratisan pun juga bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh skin terlangka secara gratis.

Kitka Games selaku developer dari game ini juga tidak nanggung - nanggung ngasih gacha gratisnya, sebab setiap hari secara total kalian diberikan 5 kali gacha secara gratis, dengan catatan 4 kali gacha-nya diperoleh setelah selesai menonton iklan. Buat para player gratisan mah nonton iklan doang itu bukan masalah, yang penting bisa dapat skin.

Pihak developer juga gak dirugikan disini, sebab mereka juga mendapatkan penghasilan dari adsense tiap video iklan yang ditampilkan, jadi sama - sama diuntungkan.

Tak hanya itu, Stumble Pass yang dihadirkan setiap bulannya ternyata juga hanya dijual dengan 1200 diamond, dan diamond tersebut dapat kalian kumpulkan dari hadiah gacha gratis setiap harinya. Dengan kata lain, kalian dapat membeli Stumble Pass tanpa harus top up sedikitpun, sebab diamond-nya dapat kalian kumpulkan sendiri, yang penting mah sabar aja nungguin sampai terkumpul 1200 diamond.

Begitu baiknya Stumble Guys dalam memberikan reward kepada setiap pemainnya pada akhirnya menjadi salah satu faktor mengapa game ini makin mudah untuk memperoleh banyak pemain dalam waktu singkat.


3. Free to Play

Game Free to Play

Alih - Alih memberikan beragam fitur micro transaction di dalamnya, Stumble Guys justru membuktikan bahwa game yang gratis (free to play) ternyata juga bisa memberikan kesuksesan yang besar bagi pihak developernya.

Stumble Pass yang bisa dibeli dengan mengumpulkan diamond, skin yang tersedia secara gratis, dua hal itu saja sudah menjadi bukti yang kuat bahwa Stumble Guys memang merupakan sebuah game yang free to play. Artinya, tanpa melakukan top up pun kalian sudah bisa merasakan berbagai fitur eksklusif yang ada di dalam game-nya.

Setiap skin yang hadir dalam game Stumble Guys ini juga tidak dibekali dengan atribut tambahan. Mau skin kalian Epic, Legendary, ataupun Spesial sekalipun, tidak ada penambahan atribut sedikitpun sehingga dalam setiap match peluang kalian untuk mendapatkan kemenangan masih sama dengan player lainnya.

Konsep itulah yang membuat game ini mudah diminati oleh banyak orang, sebab setiap pemain  memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan pertandingan. Sekalipun mereka memakai skin yang paling langka sekalipun, peluangnya masih tetap tidak berubah sebab tidak ada penambahan atribut apapun dalam setiap skin-nya. 

Setiap pemain benar - benar hanya bisa bersaing mengandalkan skill dan hoki yang mereka punya.


4. Fitur Emote Khusus Bikin Makin Serius

Fitur Emote Khusus

Tidak seru rasanya jika gameplay dari game ini hanya berlomba untuk berlari dan melewati rintangan saja sampai ke garis finish. Maka dari itu, Stumble Guys juga menghadirkan sebuah fitur emote spesial yang bisa digunakan untuk menghalau pemain lain yang berada di dekat kalian.

Walaupun terkesan simple, Emote spesial tersebut ternyata sangat menjengkelkan, sebab kalian bisa saja langsung menggagalkan pemain yang akan masuk ke garis finish, atau dengan sengaja mendorong mereka ke tepi arena agar tercebur dan tereliminasi. 

Adanya emote spesial tersebut secara otomatis membuat gameplay dalam Stumble Guys ini makin terlihat lebih kompetitif. Pemain seakan diberi fitur tambahan yang bisa mereka gunakan untuk mengganggu dan menghalau pemain lain dalam sebuah pertandingan.


5. Banyak Trik dan Shortcut yang Bisa Dipelajari

Terdapat Berbagai Trik dan Shortcut yang Bisa Kalian Pelajari

Salah satu cara untuk mempertahankan kesuksesan suatu game adalah dengan menyajikan sebuah gameplay yang memiliki banyak mekanik dan trik khusus untuk di-eksplore oleh para pemainnya. 

Untuk sebuah game battle royale, khususnya dalam game Stumble Guys ini, pihak developer mau tidak mau harus terus bereksplorasi untuk menambah jumlah map baru. Mengapa? karena dengan munculnya sebuah map baru, maka akan ada hal baru juga yang harus dipelajari oleh setiap pemain sehingga mereka tidak cepat bosan saat memainkan game-nya.

Untung saja, setiap bulannya Stumble Guys secara rutin menambahkan sebuah map dan skin baru, yang artinya setiap bulan akan ada hal yang baru untuk dipelajari. Itulah yang menyebabkan konten Stumble Guys masih terus diminati sampai sekarang, sebab game ini masih terus memiliki kontenbaru, sehingga para pemainnya selalu tak pernah merasa puas saat memainkannya.

Konsep serupa juga telah diterapkan dalam game MOBA sejak dulu, dimana pihak developer game secara rutin memberikan update patch note, membuat para penikmat game tersebut mau tidak mau harus terus belajar beradaptasi dengan patch dan META baru yang dihadirkan secara rutin hampir setiap bulan. Akibatnya, game tersebut bisa terus berevolusi mengikuti perkembangan jaman dan ketenarannya tidak akan memudar dengan mudah.

***

Itulah pembahasan saya terkait 5 Faktor Game Stumble Guys Raih Kesuksesan Besar di Tahun Ini. Perlu saya tekankan bahwa semua isi dari postingan ini murni berasal dari opini saya pribadi saja. Maka dari itu, jika ada dari kalian yang ingin menambahkan, silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "5 Faktor Utama Stumble Guys Raih Kesuksesan Besar Tahun Ini"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel