Review Game Angry Birds 2, Sekuel dari Game Legendaris - Teh90blog

Review Game Angry Birds 2, Sekuel dari Game Legendaris

Game Angry Birds 2

Siapa sih yang nggak kenal dengan Angry Birds? Game yang pernah dinobatkan sebagai game terlaris di dunia pada tahun 2011 lalu ini memang memiliki banyak sekali penggemar.

Tak hanya di video game saja, Rovio selaku developer dari game ini tetap terus mengembangkan franchise karakter game mereka ke berbagai hal, contohnya saja seperti ke dalam dunia sinema dengan merilis 2 film Angry Birds yang ternyata juga sukses besar.

Begitu banyaknya konten yang diberikan oleh Rovio itu pada akhirnya membuat karakter Angry Birds semakin dikenal oleh masyarakat luas, tak hanya sebagai sebuah video game saja, melainkan menjadi tren.

Akan tetapi, sayangnya tren Angry Birds tidak bertahan begitu lama. Beberapa tahun terakhir ini peminat game ini terasa semakin berkurang saja setiap harinya. Bahkan, sekarang pun sudah susah sekali menemukan orang yang bermain Angry Birds. Padahal, dulu di masa kejayaannya hampir setiap orang pasti memainkan game ini di sela - sela waktu luang mereka.

Meski peminatnya terus berkurang, Rovio tetap tidak menyerah begitu saja. Buktinya, sampai sekarang Rovio masih terus membuat dan mengembangkan franchise game Angry Birds mereka, salah satu contohnya yaitu dengan merilis game Angry Birds 2 di tahun 2015 lalu yang masih terus Rovio kembangkan sampai sekarang.

Sebagai sekuel dari game originalnya, Angry Birds 2 ini masih membawakan ciri khas dari game Angry Birds dengan tema dan fitur yang disesuaikan dengan era sekarang.

Lantas, apakah game ini tergolong worth it buat dimainkan? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya berikut:


A. FITUR GAME

1. Menyediakan Banyak Karakter dari Berbagai Versi Game Angry Birds Sebelumnya

Beragam Karakter di Game Angry Birds 2

Untuk membuat gameplay-nya lebih variatif dan menantang, Rovio memberikan banyak sekali karakter Angry Birds yang semuanya berasal dari game - game Angry Birds yang pernah rilis sebelumnya.

Di game ini kalian bisa menemukan karakter angry birds yang cukup baru seperti Stella, Silver, dan Leonard yang dulu tidak ada di game originalnya.

Tak hanya membawa banyak karakter baru, Angry Birds 2 juga membawa mekanik yang baru. Sekarang kalian tidak hanya bisa mengarahkan arah terbang burung saja, tapi kalian juga bisa memilih burung mana yang akan kalian pakai duluan.

Di awal level nanti akan ada 3 kartu burung yang terbuka terlebih dahulu. Nah, dari ketiga kartu itu, kalian bebas memilih mau burung yang mana dulu yang akan kalian pakai. Kalian juga bisa mengacak kembali kartunya untuk menemukan burung yang mau kalian pakai.

Mekanik seperti itu tentu saja membuat strategi dalam game ini menjadi lebih kompleks, sekaligus membuat pengalaman bermainnya terasa lebih menyenangkan.

2. Event Menarik Hadir Setiap Minggu

Event Game Angry Birds 2

Biar tidak ketinggalan jaman, Angry Birds 2 juga menghadirkan banyak sekali event setiap minggunya yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan berbagai macam hadiah, mulai dari kosmetik, item untuk menaikkan level, diamond, dan masih banyak lagi hadiah lainnya.

Mayoritas event yang hadir pun bisa kalian selesaikan dengan mudah. Kalian hanya disuruh untuk menyelesaikan sebuah level khusus, dan jika kalian berhasil menyelesaikannya, maka hadiahnya bisa langsung kalian dapatkan.

Tergolong simple memang, tapi event dengan gameplay yang repetitif seperti itu bisa membuat para pemain game ini menjadi lebih cepat bosan. 

Saya contohnya, baru main game ini beberapa minggu doang udah bosen banget mau nyelesaiin event-nya, padahal sebenarnya hadiahnya menarik, tapi konsepnya gitu - gitu doang.

Saya cuma bisa berharap game ini memiliki konsep event yang baru kedepannya, jadi tidak nyelesaiin level dan adu skor doang. 

Ayolah Rovio buat variasi event lain yang bisa bikin game ini menjadi lebih menarik lagi buat dimainkan dalam jangka waktu yang lama.

3. Level yang Tak Ada Habisnya

Level Game Angry Birds 2

Tak seperti game originalnya, jumlah level dalam game Angry Birds 2 ini nyaris tidak ada batasnya. Ada ratusan hingga ribuan level yang bisa kalian selesaikan dalam game ini. Untuk angka pastinya saya tidak tahu soalnya Rovio terus memberikan level baru seiring pembaharuan game-nya berjalan.

Jadi, selama game ini masih terus memiliki pembaruan, levelnya masih akan terus bertambah.

Oiya, perlu kalian ketahui juga bahwa untuk menyelesaikan setiap levelnya ada biaya yang dibutuhkan, konsepnya seperti nyawa (bentuknya hati letaknya di pojok kanan atas layar) yang nanti akan berkurang jika kalian gagal menyelesaikan suatu level. 

Nah, jika nyawa itu habis, maka kalian harus menunggu waktu pengisiannya terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkan level lagi. Waktu pengisiannya itulah yang menjadi kendala karena wakunya tergolong lama (sekitar 30 menit untuk mengisi satu nyawa saja).

4. Sistem Power dan Kosmetik

Kosmetik di Game Angry Birds 2

Untuk membuat tampilan karakter Angry Birds kalian menjadi lebih menarik, game ini memiliki sistem kosmetik yang bisa kalian dapatkan untuk meningkatkan power sekaligus mempercantik karakter Angry Birds kalian. Ada banyak sekali jenis kosmetik yang tersedia, dan semuanya bisa kalian dapatkan baik itu dengan membelinya di toko ataupun mendapatkannya melalui event.

Nah, power dari setiap burung yang kalian peroleh tersebut nantinya akan berpengaruh dalam perolehan score saat menyelesaikan level. Semakin tinggi power suatu burung, maka akan semakin banyak juga score yang akan burung itu dapatkan.

Selain dari kosmetik, kalian juga dapat memperoleh power melalui banyak cara lain, seperti meningkatkan ketapel, meningkatkan level burung, dll.

Sistem power ini memang tidak akan terlalu berefek saat digunakan untuk menyelesaikan level. Efeknya baru akan terasa saat kalian beradu skor dengan player lain di mode Arena. 

Pay to win-nya sangat terasa di mode itu, sebab player sultan tentu akan selalu mendapatkan power dan skor yang tinggi, lain halnya dengan para player gratisan yang harus berjuang mati - matian untuk menaikkan power mereka.

5. Bermain Melawan Player Lain di Mode Arena

Mode Arena di Game Angry Birds 2

Mau mengetes kemampuan kalian dengan pemain lain? Kalian bisa melakukannya melalui mode Arena. Layaknya mode ranked di game MOBA, mode Arena di Angry Birds 2 ini juga memiliki tingkatan yang bisa kalian lalui setelah mencapai jumlah trophy tertentu.

Untuk mendapatkan trophy, kalian harus mengalahkan pemain lawan dengan cara mengungguli skor mereka saat menyelesaikan tantangan. Tentu saja level dan power burung akan sangat berpengaruh disini, karena burung dengan power dan level yang tinggi akan memperoleh skor yang tinggi juga.

Jadi ya bisa dibilang mode ini tidak terlalu adil buat para player baru, tapi cukup fun lah buat dimainkan soalnya kalian bisa beradu skor secara real time dengan pemain lain.

Oiya, agar adil jenis burung yang bisa dimainkan di mode Arena ini akan diacak setiap harinya.


B. SPESIFIKASI

Banyaknya fitur baru yang hadir di game Angry Birds 2 tentu membuat ukurannya sedikit membengkak jika dibandingkan dengan game originalnya.

Tapi tenang saja, game ini masih cukup ramah kok buat kalian mainkan di HP spek kentang. Spesifikasi lengkapnya untuk memainkan game Angry Birds 2 bisa kalian lihat di bawah:

OS: Android 5.1 dan yang lebih baru
Penyimpanan Internal: 600 MB kosong
RAM: 4 GB


C. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  • Bisa dimainkan secara offline
  • Iklannya tidak mengganggu
  • Levelnya menantang dan memiliki boss yang berbeda - beda
  • Banyak hadiah yang bisa didapatkan secara gratis

Kelemahan

  • Pay to win
  • Cooldown pengisian nyawa yang lama
  • Gameplay yang monoton, event yang repetitif


D. GAMEPLAY


***

Dari panjangnya review saya diatas, dapat saya simpulkan bahwa game Angry Birds 2 ini masih tergolong game yang worth it buat kalian. Ya walaupun sistemnya lebih pay to win, tapi kalo buat have fun doang sama buat nostalgia game ini masih tergolong seru kok, nggak beda jauh lah dari game originalnya.

Beragam fitur baru yang hadir juga cukup memberikan warna yang baru bagi Angry Birds, meski sayangnya mode permainannya masih monoton.

Saran saya buat Rovio untuk kedepannya coba mode permainan dalam game ini dibikin lebih variatif lagi, biar nggak gampang bosen aja gitu, terus jenis boss-nya juga harus dibanyakin lagi, nggak hanya itu - itu doang boss yang hadir.

Nah, kalau dari kalian sendiri gimana nih? Silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai game ini di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Game Angry Birds 2, Sekuel dari Game Legendaris"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel