Nasib Buruk Wild Rift di Tahun 2023, Akankah Menjadi Death Game? - Teh90blog

Nasib Buruk Wild Rift di Tahun 2023, Akankah Menjadi Death Game?

Bahas Tuntas Nasib Wild Rift Setelah RIOT menutup turnamen di luar region Asia

Wild Rift, game MOBA mobile
yang awalnya banyak diperbincangkan akan menjadi saingan berat Mobile Legends, kini malah melakukan banyak sekali blunder yang saya rasa bikin masa depannya kurang menjanjikan.

Oiya, sebelum lanjut, saya mau kasih disclaimer dulu nih bahwasannya seluruh postingan ini berasal dari opini saya pribadi sebagai penikmat game MOBA mobile, khususnya game Mobile Legends dan Wild Rift. 

Loh bang bukannya isi postingan lu selama ini isinya Mobile Legends doang?
Selama 3 tahun belakangan ini saya memang fokus main Mobile Legends doang, dan karena blog ini dari awal emang saya fokuskan buat ngebahas seputar counter hero dan item, makanya isinya nggak jauh - jauh dari game Mobile Legends soalnya hanya game itu doang yang sampe sekarang saya pahami mekanik gameplay-nya.

Nah, kalo Wild Rift ini jujur saja saya baru main sekitar 2 bulan, rank-nya aja masih mentok di Emerald doang. 

Akan tetapi, dari kurun waktu 2 bulan itu saja saya sudah ngerasa enjoy banget mainnya. Bisa saya bilang bahwa gameplay yang ada di Wild Rift ini lebih solid dari yang ada di Mobile Legends, sebab ada banyak sekali hal yang bisa kalian pelajari, mulai dari champion, item, rune, ward, Dragon, Rift Rerald, Baron, dan masih banyak hal menarik lainnya yang selama ini tidak saya temukan di game Mobile Legends.

Sajian grafis di game Wild Rift juga udah paling the best, team fight-nya juga seru soalnya ada banyak sekali jenis efek cc di setiap champion yang ada. So, bagi saya sendiri ini game udah jadi salah satu game yang terbaik buat kelasnya sebagai game MOBA mobile, seru aja gitu waktu main.

Tapi entah kenapa popularitas Wild Rift ini tidak pernah membaik sama sekali. Bahkan, belakangan ini ada berita bahwa scene E-Sports Wild Rift di region NA, Brazil, Latam, dan Eropa bakalan dihapus sama RIOT. Nggak bakal ada lagi tuh turnamen Wild Rift di region lain selain SEA. 

Pro Kontra yang terjadi atas keputusan RIOT Games

Tentu saja banyak yang kontra sama keputusan yang diambil sama RIOT tersebut, mengingat ada banyak juga squad yang udah terbentuk buat ngikutin turnamen itu dan sekarang mau nggak mau mereka bubar aja gitu, banyak player bertalenta tinggi di region luar SEA yang seakan dibuang gitu aja dari scene E-Sports Wild Rift.

RIOT tentu udah ngasih penjelasan atas keputusannya ini. Kata mereka, scene E-Sports Wild Rift selama ini hanya bisa cuan di area SEA saja.

Jika dilihat dari statistik, mayoritas player Wild Rift itu isinya emang player SEA semua. Maka dari itu, RIOT memutuskan buat memfokusin E-Sports mereka di SEA doang, sambil berharap dapat banyak player baru dari region itu.

Akankah langkah RIOT tersebut efektif?
Bicara efektif enggaknya, menurut saya keputusan RIOT tersebut malah bikin masa depan game Wild Rift makin tidak tahu lagi harus dibawa kemana. Memang benar kalo mayoritas player SEA itu demen main game MOBA, tapi masalahnya sekarang pasar game MOBA di SEA masih dipegang sama Mobile Legends.

Mau gimana pun juga player Mobile Legends sekarang bakalan susah buat move on ke Wild Rift, soalnya udah banyak waktu dan uang yang udah mereka keluarkan di game itu. Saya nih contohnya, selama 3 tahun main Mobile Legends saya setidaknya udah ngehabisin sekitar 1 juta rupiah buat top up doang. 

Udah habis duit segitu buat top up di Mobile Legends masak bisa rela pindah ke Wild Rift buat ngulang lagi progres dari awal. Dinalar aja udah ketahuan kan jawabannya, tapi ini kenapa RIOT malah maksa buat Wild Rift eksis di SEA doang, kayak aneh aja gitu. Padahal, besarnya potensi dari Wild Rift ini bisa banget buat dapetin pasar di luar SEA dengan mudah, tapi kenapa nggak mereka lakukan?

RIOT yang udah ngebet pengen dapet cuan
Salah satu alasan kuat kenapa RIOT ngelakuin semua hal itu ya karena mereka pengen dapet cuan dari Wild Rift. Dilihat dari keputusan mereka menutup scene E-Sports di luar SEA aja itu udah jelas banget, apa lagi kalo bukan masalah duit.

Selama ini RIOT udah nggelontorin banyak banget duit buat nyelenggarain turnamen Wild Rift di luar SEA, dan kalian tahu nggak apa yang mereka dapatkan? Nggak ada. Yap, benar - benar nggak ada cuannya sama sekali, yang nonton streaming-nya aja dikit banget, nggak nyampe ribuan views di YT. 

Sekarang bayangin aja deh gimana nasih RIOT yang udah nggelontorin jutaan dolar buat bikin turnamen tapi nggak ada yang nonton, kan endingya bakalan rugi juga kan?

Seperti itulah gambaran kasarnya nasib E-Sports Wild Rift di luar SEA. Modalnya gedhe, tapi gabisa dapet income sama sekali. Makanya akhirnya RIOT mutusin buat bikin turnamen di SEA karena selama ini pasar mereka yang paling gedhe ya di SEA doang.

Sebenarnya apa yang menyebabkan Wild Rift bisa menjadi seperti ini? Kalo dari apa yang saya amati, setidaknya ada 3 faktor utamanya:


1. Kurangnya Marketing Untuk Menarik Pemain

Sejak awal perilisannya sampai sekarang, Wild Rift rasanya tidak pernah dikenal oleh para game MOBA. Bukan karena game-nya jelek, tapi karena kurangnya iklan yang nampilin gameplay dari Wild Rift ini buat narik pemain baru.

Jangankan pemain baru, pemain League of Legends PC aja bahkan ada yang belum nyadar loh kalo ada game Wild Rift

Sekarang bandingin aja deh sama game Mobile Legends. Di awal perilisannya dulu, iklan game Mobile Legends udah bertebaran dimana - mana. Bahkan, setiap mau puter video di yt tuh isinya pasti iklannya Mobile Legends, Moonton kayak maksa kita buat lihat iklannya biar tertarik buat nyoba game-nya.

Entah kenapa sayangnya RIOT tidak ngambil jalan yang sama, alih - alih nggelontorin duit buat bikin iklan, RIOT malah lebih loyal ke ajang turnamennya yang pada akhirnya malah jadi seperti sekarang.


2. Tidak Berinovasi

Sejak awal, RIOT rasanya tidak pernah melakukan apapun selain merilis champion baru dan menyelenggarakan turnamen. Tak ada inisiatif lainnya entah itu bikin event yang menarik atau apa gitu selain event untuk mendapatkan champion yang baru rilis dengan gratis.

Bahkan, sampai sekarang Wild Rift masih stuck di versi BETA. Entah kenapa ini game kayak ditelantarin gitu aja dari awal, nggak pernah dianggap serius sama RIOT. Padahal, potensi dari Wild Rift ini sebenarnya bisa banget buat menyaingi game MOBA mobile lainnya seperti Mobile Legends.

Kurangnya inovasi ini juga udah pernah dialami oleh game MOBA mobile lain yang ujung - ujungnya malah jadi death game, contohnya saja kayak yang terjadi di game Vainglory. Dulu, di jaman keemasannya, Vainglory bisa dibilang menjadi game MOBA mobile terbaik, turnamennya rame, hype-nya gedhe, tapi karena kurangnya inovasi dari pihak developernya akhirnya ngebuat Vainglory mulai ditinggalkan para player-nya. 

Hal itulah yang kini juga mulai terjadi di Wild Rift. Padahal, kalo pihak developer mau memberi perhatian yang lebih, mungkin game Wild Rift ini bakal lebih mudah dikenali oleh para player game mobile. 

Nggak usah ribet - ribet deh, cukup bikin event yang menarik aja, entah itu login sebulan buat dapetin skin, atau mengundang player baru buat dapetin item menarik, semua itu harusnya bisa di-eksplore sama RIOT agar Wild Rift ini lebih rame dari sekarang, nggak hanya melulu fokus di prize pool turnamennya doang. Malu lah sama Mobile Legends yang dikritik habis soal prize pool turnamennya yang dikit tapi game-nya masih bisa eksis terus sampe sekarang.


3. Kurangnya Approach ke Konten Kreator

Salah satu cara yang dapat dilakukan developer agar game-nya makin dikenal oleh banyak orang yaitu melalui content creator. Yap, content creator ini adalah media yang paling tepat buat promosi sebab mereka punya banyak massa yang bakal mau nyoba game yang udah mereka mainkan.

Akan tetapi, sayangnya content creator yang ngebahas game Wild Rift sampai sekarang masih sangat minim. Sebenarnya hal tersebut bisa diakali dengan RIOT yang mau melakukan approach ke para content creator tersebut, misalnya minta mereka buat kerjasama gitu agar mereka mau terus ngebahas seputar game Wild Rift.

Dengan semakin banyaknya content creator yang ngebahas game Wild Rift, saya yakin bakal ada banyak juga player baru yang akan berdatangan, soalnya makin sering mereka ngelihat grafis dan gameplay dari suatu game, maka makin tertarik juga mereka buat memainkan game tersebut.

Itulah ketiga poin yang setidaknya bisa RIOT maksimalkan untuk membuat game Wild Rift ini memiliki lebih banyak pemain. Nggak usah terlalu memaksimalkan pengeluaran hanya di turnamen doang, tapi maksimalin juga fitur lain yang bisa mancing lebih banyak pemain buat main ini game.

Sampai sekarang Wild Rift memang masih tersedia di Google Play Store, akan tetapi jika RIOT tak kunjung membenahi berbagai kesalahannya, saya nggak akan kaget jika ini game kedepannya makin ditinggalin oleh para player-nya.

Tentu saja saya tidak ingin hal itu terjadi, mengingat saya sendiri juga sangat senang memainkan Wild Rift. Akan tetapi, mau gimana lagi kalo dari pihak developer-nya aja nggak serius ngurusnya, ya pastinya saya sebagai player gabisa berharap banyak.

Mari doakan saja agar Wild Rift ini dapat segera berbenah dan dapat menyaingi popularitas game MOBA mobile lainnya di  region SEA.

***

Itu saja yang dapat saya sampaikan di postingan kali ini. Maaf jika isi dari postingan ini mungkin kurang berbobot karena saya emang baru pengen nulis aja gitu, gatau deh, sedih aja ngelihat game yang baru enjoy saya mainkan tapi malah jadi kayak gini.

Mungkin ada dari kalian yang ingin memberikan opini tambahan? Silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Nasib Buruk Wild Rift di Tahun 2023, Akankah Menjadi Death Game?"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel