Transformers: War for Cybertron (2010) Game Review - Teh90blog

Transformers: War for Cybertron (2010) Game Review

Review Game Transformers: War for Cybertron (2010)

Transformers telah menjadi sebuah franchise yang sangat populer di dunia ini. Sulit rasanya menemukan orang yang nggak kenal sama sekali dengan karakter Optimus Prime ataupun Megatron. Kepopuleran waralaba Transformers telah dibuktikan dengan banyaknya adaptasi cerita yang dibuat, mulai dari komik, animasi, film, dan bahkan video game

Dalam industri game, waralaba Transformers telah memiliki beragam judul dan genre. Nah, dari banyaknya adaptasi game yang telah berhasil dibuat, salah satunya yaitu game yang dirilis di tahun 2010 silam dengan judul Transformers War for Cybertron. 

Game yang dikembangkan oleh High Moon Studios dan diterbitkan oleh Activision ini dirilis pada Juni 2010 untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan Microsoft Windows. Saya sendiri telah menyelesaikan game ini pada beberapa bulan yang lalu, dan bisa saya katakan kalo game Transformers War for Cybertron sangat menarik buat kalian mainkan, khususnya buat para penggemar versi komiknya, karena desain karakter dalam game ini sebagian besar mengacu pada komik.

Lantas, faktor apa saja sih yang membuat game Transformers: War for Cybertron ini worth it buat kalian mainkan? Untuk mendapatkan jawabannya, mari langsung saja simak ulasannya berikut:


A. SINOPSIS

Transformers War for Cybertron mengisahkan awal mula konflik antara Decepticon dan Autobots yang saling memperebutkan sumber daya yang ada di dalam inti dari planet Cybertron. Decepticon yang dipimpin oleh Megatron ingin menyebarkan dark energon yang sangat kuat ke dalam inti planet Cybertron untuk membuatnya makin kuat dan tak terkalahkan. Akan tetapi, hal tersebut ditentang oleh pihak Autobots yang menganggap bahwa dark energon akan membuat Cybertron rusak dan hancur dalam waktu dekat.

Ceritanya sendiri akan terbagi ke dalam 10 chapter. 5 Chapter pertama menceritakan perjuangan Decepticon dalam usahanya untuk menyebarkan dark energon ke dalam inti Cybertron. Sementara itu, 5 Chapter sisanya akan mengisahkan Autobots yang harus berjuang menyelamatkan inti planet Cybertron dengan mencegah penyebaran dark energon yang telah dilakukan oleh Decepticon dalam chapter sebelumnya.

Nah, untungnya, game ini memberikan kebebasan bagi para player-nya untuk bebas memilih chapter yang mana terlebih dahulu. Jadi, buat kalian yang emang benci banget sama Decepticon, kalian bisa skip 5 chapter awal dan langsung menuju chapter Autobots, dan begitu juga sebaliknya.

Di setiap awal chapter nantinya juga ditampilkan semacam animasi pembuka yang akan membuat kalian lebih paham mengenai cerita dan misi apa yang nantinya harus kalian lakukan. Jadi, mau chapter mana duluan yang kalian pilih itu tidak jadi masalah.


B. FITUR GAME

1. Memiliki Banyak Variasi Karakter

Variasi Karakter

Gameplay yang ditampilkan dalam game ini berupa combat group, yang artinya kalian nanti akan dibantu oleh berbagai karakter lainnya dalam menjalankan setiap misi. Dengan mekanisme seperti itu, game ini otomatis akan lebih seru jika kalian mainkan secara multiplayer.

Ada 3 karakter berbeda yang akan tersedia dalam setiap misinya, dan karakter tersebut nantinya juga akan berubah - ubah sesuai dengan misi yang akan dijalankan. Uniknya, setiap karakter tersebut memiliki perannya masing - masing, ada yang jadi tukang medic, ada yang jadi pemimpin, dan ada  yang buat jadi tank. Maka dari itu, usahakan kalian untuk memilih karakter yang sesuai dengan gameplay kalian sebelum misi dimulai.


2. Senjata yang Futuristik

Desain Senjata yang Futuristik

Namanya juga game science fiction, maka sudah tak heran lagi jika tampilan senjatanya dibuat se-modern mungkin. 

Walaupun sebenarnya mekanismenya masih sama dengan senjata - senjata dalam game FPS pada umumnya, namun karena design-nya yang lebih futuristik seakan membuat gameplay-nya terasa beda, lebih canggih deh pokoknya.

Oiya, ada juga beberapa jenis senjata khusus yang nantinya bisa kalian temukan dalam in game, seperti tower yang bisa diubah jadi senjata (Ini paling OP sih), terus ada juga senjata yang sekali hit doang bisa langsung rata musuhnya, banyak banget deh variasinya.

Akan tetapi, sayangnya kalian harus mempertahankan satu slot senjata utama yang menjadi ciri khas karakter kalian. Jadi, yang bisa diganti senjatanya cuma satu doang, makanya harus butuh perhitungan yang matang kalo mau diganti ke senjata yang lain.


3. Abilities 

Abilities

Tak lengkap rasanya jika sebuah game action shooter seperti ini tidak dikasih fitur Abilities. Ada banyak sekali ragam jenis abilities yang bisa kalian pilih tergantung dengan karakter yang kalian pakai. 

Setiap karakter memiliki abilities-nya masing - masing sehingga dapat memberikan unsur kerja sama tim dalam gameplay-nya.

Saya paling ingat dengan abilities milik Optimus Prime yang dapat meningkatkan armor dan damage tembakan (Kalau nggak salah). Pokoknya, kalo abilities-nya dah aktif si Optimum Pride udah pasti auto membantai para musuhnya.

Selain membuat gameplay-nya lebih bervariatif, fitur abilities dalam game ini secara otomatis juga membuat elemen combat-nya menjadi lebih adiktif untuk dimainkan. 


C. GRAFIS

Jika dilihat dari segi kualitas grafis, bisa saya katakan kalo game Transformers War for Cybertron ini memiliki grafis yang sangat memuaskan. Untuk ukuran game yang rilis di era tahun 2010, game ini sudah memiliki kualitas grafis yang over the top, dengan menampilkan berbagai elemen dari planet Cybertron yang cukup detail.

Animasi saat bertarungnya juga sudah sangat halus, walaupun desain karakternya berupa robot yang besar dan kelihatannya sangat kaku untuk bertarung, namun gerakan mereka dalam game ini terasa sangat realistis.

Walaupun jika dibandingkan dengan game di era sekarang game Transformers yang satu ini sudah bisa terbilang lawas, namun game Transformers War for Cybertron ini masih oke kok buat kalian mainin, itung - itung buat nostalgia ke masa anak - anak waktu demen nonton film Transformers.

Mungkin pesan dari saya buat pihak developer tolong buatin versi remastered-nya saja biar grafis dan animasinya bisa sepadan dengan game - game di era sekarang. Untuk mekanisme gameplay-nya nggak usah diubah, kek gini aja udah seru kok, apalagi kalau main multiplayer sama temen, asik dah pokoknya.


D. SPESIFIKASI

Mengutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi untuk memainkan game Transformers War for Cybertron yaitu sebagai berikut:

System Requirements (Minimum)

CPU: Intel(R) Core(TM) 2 Duo E4300 1.80 GHz or AMD Athlon(TM) 64 X2 Dual-Core 4000+ 2.0 GHz
RAM: 2 GB
OS: Microsoft(R) Windows(R) XP / Windows Vista(R) / Windows(R) 7
Video Card: 3D hardware accelerator card required - 100% DirectX(R) 9.0c-compliant 256 MB video card and drivers [NVIDIA(R) GeForce(R) 7900 GT 256 MB RAM and better chipsets (excluding 8400 cards) / ATI Radeon(TM) X1900 256 MB RAM and better chipsets (excluding Radeon HD2400, Radeon HD2600, and Radeon HD3450)]
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 9 GB of uncompressed hard disk space (plus 400 MB for the Windows (R) swap file and 12 KB free for saved games)


E. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Menampilkan planet Cybertron dengan cukup detail.
  2. Sangat seru jika dimainkan secara multiplayer.
  3. Memiliki berbagai karakter dari universe Transformers.
  4. Dapat dimainkan di PC spek kentang.

Kelemahan

  1. Slot senjata sangat terbatas.
  2. Tidak bisa berganti karakter dalam in game.


F. GAMEPLAY


Kesimpulannya, game Transformers War for Cybertron masih cukup worth it buat dimainkan, apalagi buat kalian para penggemar Transformers. Oiya, perlu kalian ketahui juga bahwa tampilan karakter dalam game ini mengikuti versi komiknya, jadi wajar saja jika tampilannya berbeda dari film Transformers yang dulu sering tayang di TV.

Spesifikasi dari game ini yang tidak terlalu tinggi sangat memungkinkan untuk kalian mainkan di PC spek kentang. Mayoritas PC yang terbit di tahun 2019 keatas udah pasti mumpuni buat mainin game ini.

Alur cerita dalam game Transformers War for Cybertron juga masih akan berlanjut ke game Transformers Fall of Cybertron. Jadi, buat kalian yang udah namatin game ini, wajib banget deh nyobain game Transformers Fall of Cybertron buat ngelihat duel epic antara Optimus Prime dengan Megatron.

Jadi, gimana sekarang? Apakah kalian siap untuk menyelamatkan planet Cybertron bersama para Autobots? 

***

Sekian review dari saya terkait game Transformers War for Cybertron. Jika ada tambahan dari kalian silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "Transformers: War for Cybertron (2010) Game Review"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel