Resident Evil Revelations, Beginilah Seharusnya Series RE Dibuat! - Teh90blog

Resident Evil Revelations, Beginilah Seharusnya Series RE Dibuat!

Resident Evil Revelations

Bicara franchise game Resident Evil, tentu hal pertama yang kan terbesit di otak kita adalah seri game horor zombie terbaik yang pernah ada. Dengan banyaknya judul game yang sudah menjadi bagian dari franchise ini seakan menjadi bukti bahwa Resident Evil merupakan franchise game yang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan gamers di seluruh dunia.

Saya sendiri sudah mengikuti franchise game ini semenjak game Resident Evil 3. Pada waktu itu, saya sangat suka dengan desain monster Nemesis yang menjadi salah satu boss terkuat dalam RE 3, desain mukanya yang sangat mengerikan bahkan sampai masuk dalam mimpi saya yang kala itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Lalu, beberapa tahun setelahnya, Resident Evil 4 hadir dengan mekanik gameplay yang jauh berbeda dari seri game sebelumnya, membuat popularitasnya naik dengan sangat pesat. Saya sendiri sangat antusias dengan game tersebut, sampai harus bersusah payah menemukan versi yang dapat dimainkan di perangkat android, karena pada waktu itu masih sangat jarang ada orang yang memiliki game tersebut. 

Hal yang sangat saya sukai dari franchise Resident Evil adalah genre horornya yang memang berhasil dibawakan dengan sangat epic, dengan membawa unsur puzzle yang tak kalah menarik juga untuk diselesaikan, membuat pengalaman bermain yang didapatkan sangat memuaskan. Namun sayangnya, unsur tersebut mulai pudar di seiring perkembangan industri game, banyak orang yang akhirnya lebih menyukai genre action, sehingga Resident Evil 5 dan 6 memiliki tampilan yang berbeda dari game Resident Evil lainnya.

Game Resident Evil Revelations merupakan game yang sepenuhnya di developeri dan di publish oleh Capcom yang dirilis pada 26 Januari 2012 untuk Nintendo 3DS eksklusif negara Jepang. Beberapa hari setelahnya, game ini berhasil dirilis secara global, namun masih eksklusif untuk Nintendo 3DS. Baru di tahun 2013 dan 2017, akhirnya game ini bisa dirilis di beberapa platform, seperti Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3, Microsoft Windows, Wii U, dan Xbox 360.

Nah, apakah game Resident Evil Revelations ini masih membawakan genre action yang dominan seperti RE 5 dan 6, atau malah kembali ke formula di masa kejayaaannya dulu di RE 4? Untuk mengetahui jawabannya, review kali ini akan menjadi penjelasannya untuk kalian. 


A. Sinopsis

Resident Evil Revelations

Terragrigia
merupakan sebuah kota futuristik dengan berbagai  bangunan megah menghiasi seisi kota. Akan tetapi, dibalik megahnya kota Terragrigia, tersimpan sebuah kelompok teroris bernama Veltro yang dengan sengaja menyebarkan Virus ke seisi kota, mengubahnya menjadi kota penuh monster mengerikan yang haus akan darah manusia. Untuk mencegah penyebarannya, Terragrigia akhirnya terpaksa dihancurkan dengan Solar Energy Satelite oleh organisasi FBC (Federal Bioterrorism Commission) yang merupakan organisasi anti teroris terbesar dunia.

Satu tahun kemudian, Jill Valentine dan Parker ditugaskan untuk mencari keberadaan rekannya, Chris, yang diduga hilang kontak di sebuah kapal megah bernama Queen Zenobia. Namun siapa sangka, misi pencarian Chris tersebut hanya berupa awal dari pengungkapan misteri tentang siapa yang bertanggung jawab penuh atas kejadian yang menimpa kota Terragrigia.

Harus saya akui bahwa cerita dalam game Resident Evil Revelations ini lebih berbobot jika dibandingkan dengan seri - seri sebelumnya, terlebih lagi dengan pengemasan ceritanya yang cukup rapi, membuat saya yang memainkannya berasa menonton sebuah film action horor yang sangat epic. Ceritanya sendiri tidak hanya berfokus pada Jill dan Peter saja, di sepanjang game nanti kalian juga akan memainkan karakter lainnya, seperti Chris dan Quint dengan alur cerita yang masih berkaitan, sehingga membuat cerita dari game ini terasa sangat kompleks dan sangat menarik untuk diikuti dalam setiap fasenya.


B. Fitur Game

1. Raid Mode

Buat kalian yang sangat menyukai tantangan, Raid Mode ini menjadi pemuas dahaga yang sangat sempurna, sebab dalam mode ini kalian akan diajak untuk kembali menyelesaikan level yang ada, namun dengan berbagai ekstra tantangan serta format gameplay yang jauh berbeda dari cerita utamanya. Yap, bisa dibilang bahwa mode ini hanya mengulang setiap level yang telah diselesaikan, namun dibekali dengan berbagai konten menarik yang tentu saja sangat wajib sekali buat kalian coba.

Tentu saja dalam mode ini kalian juga akan diberi kebebasan dalam pemilihan karakter dan senjata. Yap, senjata memang sangat penting dalam mode ini, karena kalian harus mengumpulkan poin sebanyak - banyaknya dengan melakukan tembakan ke arah monster secara tepat. Poin yang telah berhasil kalian kumpulkan itu nantinya dapat digunakan untuk membeli dan melakukan upgrade senjata yang ditawarkan di toko, semakin tinggi levelnya, maka akan semakin sulit juga lawan yang akan kalian hadapi, sehingga wajib bagi kalian untuk menggunakan senjata yang lebih destruktif dan brutal.

Bisa dibilang bahwa Raid Mode ini merupakan sebuah mode yang dapat membuat kalian lebih puas dalam memainkan game Resident Evil Revelations, karena berbagai hal yang tidak bisa dilakukan di mode utama bisa dilakukan di Raid Mode, dengan senjata yang lebih destruktif, kesulitan level yang lebih menantang, dan tentunya dengan gameplay yang lebih menarik untuk dimainkan.

2. Genesis

Bermain denga terburu - buru sangat tidak direkomendasikan ketika memainkan game Resident Evil Revelations, karena mata kalian harus selalu jeli untuk menemukan berbagai resource tersembunyi yang dapat dipindai dengan alat bernama "Genesis".

Seperti alat scanning yang terdapat dalam game lainnya, Genesis berfungsi untuk memindai berbagai objek yang kalian temukan, khususnya tubuh monster yang berhasil kalian lawan, untuk menemukan berbagai resource tertentu yang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap levelnya. Genesis juga memiliki reward-nya sendiri berupa sebuah item penyembuh ketika telah mencapai 100% progress. 

Oleh karena itu, dengan adanya Genesis ini, kalian tidak akan bisa bermain secara terburu - buru, mengingat betapa sulitnya menemukan item penyembuh dalam game ini, maka kalian harus melakukan scanning terhadap setiap musuh yang telah mati untuk menyelesaikan progress dari Genesis demi mendapatkan item penyembuh secara instant.

3. Custom Parts

Resident Evil Revelations

Setiap senjata tentu perlu dimodifikasi dan ditingkatkan untuk melemahkan musuh dengan lebih cepat, dan dalam game Resident Evil Revelations ini, hal itu dapat kalian lakukan dengan fitur bernama "Custom Parts".

Custom Parts akan tersebar dalam setiap levelnya, dan kalian hanya bisa memindainya dengan Genesis untuk memperolehnya. Setiap Custom Parts yang berhasil kalian peroleh memiliki efek yang berbeda - beda, seperti menambahkan damage, memperkuat daya serang peluru, hingga meningkatkan fire rate, sehingga kalian harus menyesuaikannya sendiri dengan jenis senjata yang cocok untuk memperoleh output yang maksimal.

Selama memainkan game ini, kalian hanya akan dibekali 3 slot senjata tanpa inventory. Terbatasnya slot senjata yang diberikan tersebut membuat kalian harus menemukan berbagai Custom Parts yang tersebar dalam setiap level untuk dapat memodifikasi senjata dengan berbagai efek tambahan yang lebih mantap.


C. Grafis

Entah kenapa, saya merasa bahwa grafis yang dihadirkan dalam game Resident Evil Revelations ini bisa terbilang mengalami down grade jika dibandingkan dengan game Resident Evil 5 dan 6 yang memiliki kualitas grafis yang lebih bagus. Walaupun sebenarnya penurunan grafisnya tidak begitu banyak terlihat, namun hal tersebut menjadi salah satu faktor krusial, mengingat franchise dari game Resident Evil yang terbilang sangat sukses, sehingga seharusnya bukan hal yang sulit bagi Capcom untuk menyajikan sajian grafis yang lebih memukau.

Untungnya, kompleksnya alur cerita dan berbagai tipe gameplay-nya berhasil disajikan dengan sempurna, sehingga berbagai kekurangan yang ada dapat ditutupi oleh segudang kelebihan yang dimiliki seri Revelations ini. Saya sendiri sangat suka dengan mekanisme gameplay berenang yang hadir di beberapa scene yang membuat game ini berhasil stand out dari game Resident Evil lainnya, walaupun berenangnya hanya sebentar doang, namun itu sudah cukup untuk memberikan tampilan gameplay baru yang inovatif untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih menarik bagi para player-nya, dan menurut saya itu sangat berhasil.

Resident Evil Revelations juga berhasil menampilkan atmosfer horor yang sangat mencekam, ditambah lagi dengan amunisi senjata yang terbatas serta monster - monster yang cukup kuat untuk dilawan, membuat atmosfer game yang ada di Resident Evil 4 kembali terulang. Pokoknya, buat kalian yang suka sama game Resident Evil 4, wajib banget deh nyoba seri Revelations ini.


D. Spesifikasi

Mengutip dari systemrequirementslab.com, berikut spesifikasi untuk memainkan game Resident Evil Revelations:

Resident Evil Revelations System Requirements (Minimum)

CPU: Intel Core 2 Duo 2.4Ghz or better, AMD Athlon X2 2.8 Ghz or better
RAM: 256 MB
OS: Windows XP
Video Card: NVIDIA GeForce 8800GTS or better, ATI Radeon HD3850 or better
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB
Dedicated VRAM: 256 MB

Resident Evil Revelations Recommended Requirements

CPU: Intel Core 2 Quad 2.7 Ghz or better, AMD Phenom II X4 3 Ghz or better
RAM: 512 MB
OS: Windows Vista or later
Video Card: NVIDIA GeForce GTX 560 or better, ATI Radeon HD6950 or better
Pixel Shader: 5.0
Vertex Shader: 5.0
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB
Dedicated VRAM: 1024 MB


E. Kelebihan & Kelemahan

Kelebihan

  1. Memiliki Mode Raid yang sangat adiktif
  2. Story line yang kompleks dan tidak mudah ditebak
  3. Gameplay yang disajikan lebih menantang dengan amunisi yang sangat terbatas
  4. Disajikan dengan berbagai perspektif karakter yang saling berkaitan

Kelemahan

  1. Musuhnya tergolong sulit ditaklukkan


F. Screenshots

Resident Evil Revelations

Resident Evil Revelations


Sebagai kesimpulannya, game Resident Evil Revelations ini lebih relevan untuk dimainkan bagi kalian pecinta game third person shooter dengan atmosfer horor yang sangat kental, seperti yang hadir pada game Resident Evil 4. Timeline cerita yang dihadirkan dalam game ini pun mengambil timeline diantara Resident Evil 4 dan Resident Evil 5, sehingga game ini akan sangat cocok kalian mainkan setelah menamatkan game Resident Evil 4.

Resident Evil Revelations tidak begitu menonjolkan genre action didalamnya, sehingga bagi kalian yang lebih menyukai genre action seperti yang ada di game Resident Evil 5 dan 6, maka seri Revelations ini tidak terlalu worth it buat kalian coba.

Jadi, bagaimana sekarang? Apakah kalian siap membantu Jill dan Chris untuk menemukan dalang dibalik musnahnya kota Terragrigia? Tulis jawaban kalian di kolom komentar.

***

Sekian review dari saya terkait game Resident Evil Revelations. Jika ada yang ingin kalian tambahkan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan terus menyajikan info - info menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Resident Evil Revelations, Beginilah Seharusnya Series RE Dibuat!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel