Campaign Menarik #BangkitBersama! dari TOKOPEDIA, GOJEK dan GOPAY - Teh90blog

Campaign Menarik #BangkitBersama! dari TOKOPEDIA, GOJEK dan GOPAY


Tokopedia bersama Gojek dan Gopay beberapa pekan yang lalu mengeluarkan iklan yang menyuarakan campaign #BangkitBersama! 

Dalam video pendek yang berdurasi 2 menit 38 detik, kita disuguhkan dengan alur cerita yang mempersuasi kita untuk bangkit bersama ditengah pandemi. Dalam video pendek ini, pada awalnya kita diperlihatkan seorang anak yang mengenakan Seragam SMP yang tengah bersiap untuk berangkat sekolah. Anak ini memiliki latar belakang kehidupan sosial yang sederhana. Dia tinggal di sebuah rumah wilayah pedesaan yang masih asri bersama orang tuanya yang berternak bebek. Bebek yang diternak oleh ayahnya ini tidak bisa menghasilkan pendapatan yang cukup dari hasil penjualan telur bebeknya, hingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuka rumah makan bebek goreng. 

Keadaan rumah makan ini berjalan lancar dan laris, namun keadaan ini berubah ketika Pandemi Covid-19 melanda. Restoran ini mulai sepi pengunjung, dan berada diambang batas kemunduran. Efek pandemi tidak hanya di rasakan oleh keluarga pemilik rumah makan bebek goreng, namun semua kalangan dari Pekerja yang mengalami PHK hingga banyak penjual yang menutup tokonya. Keterbatasan yang dirasakan semuanya tidak menjadi halangan untuk bangkit. 

Berawal dari Anak pemiliki rumah makan yang berusaha mencari peluang dengan menjual kembali bebek gorengnya melalui Gofood yang akhirnya mereka dapat bangkit kembali dari keterpurakan. Usaha mereka kemudian menginspirasi banyak orang untuk berusaha bangkit kembali. Ada yang mendaftar menjadi driver Gojek hingga membuka toko mereka melalui Tokopedia. Semua mulai bangkit kembali dari segala sektor usaha dan mulai bangkit bersama untuk Indonesia.


Value

Campaign yang dilakukan pihak Tokopedia bersama Gojek dan Gopay memperlihatkan keinginan mereka untuk mengajak UMKM di Indonesia bangkit kembali di Masa Pandemi ini. Mereka berusaha mempersuasi kita untuk dapat mencari dan memanfaatkan peluang untuk bangkit. Memanfaatkan peluang dengan berbisnis makanan melalui apliaksi Gofood, menjadi Driver Gojek, serta membuka usaha Toko Online melalui Tokopedia. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kita bisa bangkit dan menjalani kehidupan seperti sebelum pandemi Covid-19 ini melanda.

Menurut saya, konsep iklan ini bertujuan untuk menarik simpati publik agar kita dapat bangkit kembali untuk melawan pandemi. kata bangkit selalu ditekankan dalam scene serta dijadikan hastag dari campaign. Iklan ini ditargetkan kepada para pengusaha UMKM Kecil untuk bisa bangkit kembali dengan menggunakan Teknologi saat ini. Teknologi disini menjerumuskan agar Para Pelaku Usaha UMKM menggunakan TOKOPEDIA dan GOJEK dalam usaha bangkitnya, sehingga iklan ini bisa dikatakan memiliki target pemasaran untuk menambah para pengguna TOKOPEDIA dan GOJEK. Selain konsep ada beberapa hal seperti kelebihan dan kekurangan yang saya dapatkan setelah melihat iklan ini.

Menurut saya kelebihan, dalam iklan ini memikili pesan yang dalam yang bisa menarik rasa simpati dari banyak masyarakat. Alur cerita yang relate dengan kehidupan, memudahkan masyarakat mengetahui maksut dari pesan iklan tersebut. lalu Adanya Talent yang berasal dari wilayah timur Indonesia mempertegas citra bahwa TOKOPEDIA dan GOJEK sangat memperhatikan pembeli yang berasal dari seluruh Indonesia. Iklan ini juga menginspirasi audience untuk menggunakan TOKOPEDIA dan GOJEK dalam memanfaatkan kesempatan untuk bangkit.

Dari sisi kekurangannya, Ada beberapa scene yang menurut saya tidak bisa dipahami secara jelas, seperti seorang laki-laki paruh baya sedang membawa helm yang ditinggal atau turun dari mobil kemudian meninggalkannya dipinggir jalan. scene ini bagi saya menciptakan multi-tafsir dimana kita bisa berpendapat bahwa apakah orang ini sedang menjual mobilnya atau orang ini terkena PHK seperti karyawati yang ditampilkan dalam scene sebelumnya.

kemudian scene seorang laki-laki yang terlihat berumur 50 tahun sedang melihat saldo yang ada di handphonenya kemudian merasa gelisah. Scene ini bagi saya tidak relate dengan keadaan aslinya dimana seorang dengan umur 50 tahun dengan penggambaran status sosial yang sederhana mengecek sisa uangnya melalui handphone. Menurut saya, alternatif dalam penggambaran scene ini bisa saja diganti dengan menampilkan seorang laki-laki usia 50 tahun ini melihat dompet yang terbuka dengan sejumlah uang yang sedikit.

Overall, iklan ini sebenarnya tidak benar-benar bisa menempel dibenak saya, tidak sepenuhnya mendapatkan awareness bagi saya pribadi. namun niat baik dari TOKOPEDIA dan GOJEK yang berusaha menyampaikan pesan bahwa kita harus bangkit dari masa pandemi ini sangat saya apresiasi, berusaha menolong pelaku UMKM kecil dengan menyeruakan rasa percaya untuk bangkit serta mengajak untuk bertransisi cara berjualan dari konvensional ke modern cukup menarik. Semoga Indonesia bisa bangkit kembali dari Pandemi yang sudah memuakkan ini.

***

Apabila kalian setuju atau menangkap pesan yang berbeda dari tulisan saya, silahkan sampaikan dalam kolom komentar. Iklan yang menarik adalah Iklan yang memiliki penyampaian pesan yang dapat dipahami oleh audiens-nya.

Arigatthanks.

0 Response to "Campaign Menarik #BangkitBersama! dari TOKOPEDIA, GOJEK dan GOPAY"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel