Review Game Assassin's Creed (2007): Awal Mula Pencarian Pieces of Eden! - Teh90blog

Review Game Assassin's Creed (2007): Awal Mula Pencarian Pieces of Eden!

Assassin's Creed I

Siapa sih yang nggak kenal sama series game yang satu ini?

Assassin's Creed merupakan series game action stealth produksi Ubisoft yang pertama kali dirilis pada 13 November 2007 untuk PlayStation 3, Xbox 360, dan Microsoft Windows. Assassin's Creed ini pada awalnya dijadwalkan sebagai sebuah sekuel dari Prince of Persia: The Warrior Within yang rencananya akan diberi judul Prince of Persia: Assassin's. Akan tetapi, karena ada banyaknya fitur dan gameplay baru yang ditawarkan, akhirnya Assassin's menjadi series game sendiri yang kemudian dinamai dengan Assassin's Creed.

Sampai saat ini, kurang lebih sudah ada 10 game dari series Assassin's Creed mulai dari yang pertama sampai Assassin's Creed Valhalla yang baru rilis di tahun ini. Nah, dalam postingan kali ini, saya akan me-review game yang menjadi awal dari series tersebut, yaitu Assassin's Creed I yang rilis pada tahun 2007.

Assassin's Creed I merupakan awal cerita dari seluruh series game Assassin's, dimana dalam game ini nantinya player akan dikenalkan dengan berbagai tutorial yang sangat lengkap tentang bagaimana cara menjadi seorang assassin. Mengingat Assassin's Creed ini mengusung mekanik gameplay yang berbeda dari game lainnya, maka dari itu, dulu ketika game ini rilis, banyak orang yang langsung tertarik untuk memainkannya.

Lantas, apakah game action stealth yang satu ini layak untuk kalian mainkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasannya berikut:


Sinopsis

Altair

Assassin's Creed menceritakan tentang seorang pemuda bernama Desmond Miles yang diculik oleh perusahaan Abstergo Industries untuk mengakses memori leluhurnya, Alta├»r Ibn-La’Ahad, seorang anggota Assassin dalam Third Crusade of the Holy Land, dengan menggunakan Animus untuk mencari keberadaan Pieces of Eden.

Sebagian besar game-nya nanti akan berfokus kepada kisah Altair di jaman perang salib ketiga, tepatnya pada tahun 1191 masehi. Pada masa itu, Altair diberi misi untuk membunuh para petinggi Templar demi mengakhiri konflik dan penderitaan yang rencananya akan dilakukan oleh pihak Templar tersebut. Sebagai seorang assassin, tentunya kalian akan ditugaskan untuk membunuh target dengan cara mengendap - endah, atau istilah kerennya yaitu stealth. 

Cerita yang dibawakan game ini sangat kompleks, karena kalian sebagai player akan ikut merasakan emosi yang dialami oleh Altair saat menjalankan misi, khususnya saat kalian berhasil membunuh petinggi templar, karena sebelum terbunuh, mereka akan membeberkan sebuah informasi yang nantinya akan memiliki hubungan dengan plot twist yang muncul di ending game.

Dalam setiap misinya, kalian juga akan disuguhkan beberapa hal layaknya seperti seorang assassin, seperti melakukan parkour, mengorek informasi mengenai target terlebih dahulu, membunuh tanpa terdeteksi, serta berusaha untuk sebisa mungkin tidak menyebabkan kekacauan, karena semakin banyak musuh yang kalian lawan, maka makin sulit juga kalian buat nyelesaiin misi dengan cepat.


Spesifikasi

Open World

Assassin's Creed I tergolong sebagai game yang ramah buat kalian mainkan di PC, karena spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkannya sangat bersahabat dengan PC kentang. Mengutip dari systemrequirementslab.com, spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game Assassin's Creed I adalah sebagai berikut:

System Requirements (Minimum)

CPU: Dual core processor 2.6 GHz Intel Pentium® D or AMD Athlon 64 X2 3800+
RAM: 1 GB Windows Xp / 2 GB Windows Vista
OS: Windows XP/Windows Vista (only)
Video Card: 256 MB DirectX 10.0compliant video card or DirectX 9.0compliant card with Shader Model 3.0 or higher (NVIDIA GeForce 6800+ / ATI Radeon X1600+)
Total Video RAM (VRAM): 256 MB
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
DirectX Version: DirectX 9.0 or10.0 libraries (included on disc)
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB
DVD-ROM: DVD-ROM dual-layer drive. This game contains technology intended to prevent copying that may conflict with some disc and virtual drives.

Recommended Requirements

CPU: Intel Core 2 Duo 2.2 GHz or AMD Athlon 64 X2 4400+ or better
RAM: 1 GB Windows Xp / 2 GB Windows Vista
OS: Windows XP/Windows Vista (only)
Video Card: 256 MB DirectX 10.0compliant video card or DirectX 9.0compliant card with Shader Model 3.0 or higher (NVIDIA GeForce 6800+ / ATI Radeon X1600+)
Total Video RAM (VRAM): 256 MB
3D: Yes
Hardware T&L: Yes
Pixel Shader: 3.0
Vertex Shader: 3.0
DirectX Version: DirectX 9.0 or10.0 libraries (included on disc)
Sound Card: Yes
Free Disk Space: 8 GB
DVD-ROM: DVD-ROM dual-layer drive. This game contains technology intended to prevent copying that may conflict with some disc and virtual drives.

Dengan spesifikasi diatas, mayoritas PC kentang pasti akan dapat memainkannya meskipun harus menggunakan settingan rata kiri semua. Walaupun begitu, menurut saya game ini masih worth it, karena game ini memang cukup memukau dalam hal grafisnya. Apalagi, mengingat bahwa Assassin's Creed ini telah rilis sejak tahun 2007 silam, yang seharusnya game ini sudah lancar untuk dimainkan buat generasi PC yang rilis di masa sekarang. 

Gameplay

Membahas mengenai grafis, Assassin's Creed I memang memiliki grafis yang memukau jika dibandingkan dengan kebanyakan game yang rilis di tahun yang sama. Terlebih lagi, karena game ini juga mengusung sistem open world, membuat pemainnya seakan memiliki akses untuk menjelajahi map yang disediakan. Ada setidaknya 3 kota yang dapat kalian kunjungi, yaitu Acre, Jerussalem, dan Damascus dengan suasana khas era tahun 1191 masehi yang sangat menarik untuk kalian jelajahi.

Jangan lupa juga bahwa Assassin's Creed ini juga memperkenalkan fitur Leap of Faith yang hanya terdapat dalam series game assassin, dimana kalian nantinya dapat melompat dari bangunan yang tinggi ke jerami dengan animasi yang khas dan tentunya sangat memorable sekali untuk diingat. Fitur ini juga yang membuat saya selalu teringat dengan game Assassin's sejak pertama kali memainkannya dulu dalam versi Java.

Berbicara soal gameplay, Assassin's creed memang berada di posisinya tersendiri dalam mengusung genre action stealth. Tidak seperti game action lainnya yang hanya berfokus pada serangan, dalam game ini kalian juga harus menggunakan posisi bertahan dan mencari celah untuk melakukan serangan balik untuk memenangkan pertarungan. 

Bagi player baru, mungkin gameplay-nya bakal terkesan ribet, tetapi lama - kelamaan kalian bakal terbiasa, bahkan malah jadi ketagihan mainnya, kayak saya :v karena game ini memang menyajikan mekanik bermain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan game lainnya. Animasi singkat yang ditampilkan saat kalian berhasil membunuh musuh juga seakan menambah kesan tersendiri saat memainkan game ini.

Walaupun memiliki banyak sekali keunggulan, game ini Assassin's Creed I tetap tak lepas dari kekurangan karena developer-nya memang merupakan manusia biasa yang tak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan game ini yang paling saya rasakan adalah terlalu banyaknya side quest yang disediakan dengan quest yang sebagian besar sama.

Contohnya saja seperti side quest penyelamatan warga miskin, yang nantinya jika kalian menyelesaikan quest ini, maka akan terdapat beberapa warga yang membantu kalian untuk lari dari kejaran prajurit. Yap, kegunaannya memang bagus, tapi masalahnya ada banyak sekali quest ini di setiap kota (kurang lebih 10 quest) yang tentunya akan membuat kalian merasa malas untuk menyelesaikannya. Terlebih lagi, semua quest tersebut memiliki misi yang sama, sehingga terkesan repetitif dan sangat membosankan.

Hal yang sama juga terjadi pada quest view point yang mengharuskan kalian memanjat bangunan yang tinggi untuk memindai area tersebut agar seluruh map dapat terlihat dengan lebih jelas. Quest ini juga terkesan sangat repetitif, karena kalian cuma diharuskan memanjat gedung yang tinggi, menekan tombol E (kalau mainnya di PC ), dan melakukan Leap of Faith berulang kali sampai bosan.

Assassin's Creed juga tidak memiliki fitur subtitle yang menyebabkan cerita dari game ini tidak dapat tersampaikan dengan jelas, apalagi buat saya yang nggak begitu paham bahasa inggris, sehingga ketika ngelihat para karakter game ngomong tuh kesannya udah kayak ngelihat orang komat - kamit baca mantra :v

Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat game Assassin's Creed memiliki jalan cerita yang sangat menarik untuk diikuti. Apalagi, Assassin's Creed 2007 ini merupakan game pertama dari series assassin yang berfungsi sebagai pembuka jalan untuk game assassin lainnya. Dengan tidak adanya subtitle, tentu bakal ada banyak sekali player yang akhirnya nggak paham mengenai jalan ceritanya sehingga mereka enggan untuk memainkan series game Assassin berikutnya. Tapi mau gimana lagi, udah terlanjur nggak ada subtitle-nya, jadi ya terima nasib aja.

Bagi kalian yang males baca, nih udah saya rangkum kelebihan dan kelemahan yang ada dalam game Assassin' Creed (2007):

Kelebihan

  1. Grafisnya sangat memukau tanpa harus membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk memainkannya
  2. Memiliki fitur open world dengan map yang cukup luas
  3. Menampilkan gameplay yang unik
  4. Memiliki banyak sekali side quest untuk dimainkan

Kelemahan

  1. Side quest tergolong repetitif
  2. Tidak memiliki subtitle
  3. Mekanisme gameplay yang tergolong susah untuk dimainkan


Screenshot

Screenshot game Assassin's Creed I

Screenshot game Assassin's Creed I

Screenshot game Assassin's Creed I

Screenshot game Assassin's Creed I

Overall, Assassin's Creed I sangat worth it buat dimainkan, terkhusus buat kalian yang saat ini membutuhkan game dengan mekanik gameplay yang baru dan unik. Selain itu, dengan grafis yang ditawarkannya, game ini masih cukup enak dimainkan di jaman sekarang, dijamin nggak burik lah, nggak kayak game sebelah :v

Oke mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait review dari game Assassin's Creed (2007). Jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan, silahkan tulis saja di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to " Review Game Assassin's Creed (2007): Awal Mula Pencarian Pieces of Eden!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel