Kutas (Kupas Tuntas) Hero Phoveus: Skill, Build, Counter, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Phoveus: Skill, Build, Counter, dll


Setelah bulan lalu Moonton merilis hero tank bernama Gloo, kali ini hero baru akan kembali dirilis guna memeriahkan event 515 yang telah dimulai sejak tanggal 27 April lalu.

Hero baru yang akan dirilis ini kabarnya merupakan hero fighter dengan nama Phoveus. Sejak 1 bulan lalu, Phoveus memang sudah dimunculkan dalam advanced server dan akhirnya pada tanggal 11 Mei 2021, hero ini akan muncul di original server secara gratis.

Walaupun dirilis secara gratis, akankah Phoveus ini dapat menjadi hero META terbaru, atau hanya akan menjadi seperti Faramis yang kini sudah mulai terlupakan? Untuk mengetahui jawabannnya mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


A. Atribut dan Skill

Skill Pasif: Deity Intuition

Phoveus dapat mengurangi cooldown semua skillnya selama 1 detik ketika lawan yang berada di dekatnya menggunakan skill blink/charge

Dilihat dari efeknya saja, Phoveus sudah memiliki kemampuan untuk menjadi counter alami bagi hero yang memiliki skill blink

Jadi, saran saya jika kalian menggunakan Phoveus pastikan gunakan untuk melawan hero yang memiliki skill blink/charge, karena semakin banyak hero musuh melakukan blink, maka skill kalian akan aktif dengan cepat.

Skill 1: Malefic Terror


Phoveus menghantamkan senjatanya ke tanah, memberikan magic damage dan efek slow bagi musuh yang berada dalam jangkauannya. Skill ini dapat di stack hingga 3 kali dan dapat juga menyebar ke lawan yang berada di dekatnya.
Efek skill 1 Phoveus ini sama seperti efek ultimate Hanabi.
Phoveus juga akan mendapatkan shield selama 3 detik ketika dia menyentuh hero yang terkena efek dari skill 1 ini.

Melihat efek yang ditimbulkannya, skill 1 dari Phoveus ini sangat cocok digunakan untuk menjadi support damage saat war. Dengan efek skillnya yang dapat menyebar, Phoveus dapat dengan mudah memberikan efek slow ke banyak musuh sekaligus serta memberikan damage juga pada mereka.

Skill 2: Astaros Eye


Phoveus memunculkan mata di area yang telah ditentukan, memberikan efek slow kepada lawan yang berada dalam jangkauannya. Setelah satu detik, mata tersebut akan menyusut dan lawan akan tertarik ke tengah area dari skill ini, memberikan magic damage dan dapat memancing skill pasif dan ultimate-nya.

Skill 2 dari Phoveus ini sangat berguna sekali ketika berhadapan dengan hero yang tidak memiliki skill blink, karena semua hero yang tertarik oleh skill 2 Phoveus akan dianggap melakukan blink dan secara otomatis Phoveus dapat mengaktifkan pasif dan skill ultimate-nya.

Selain itu, efek slow yang diberikan dari skill ini juga cukup besar untuk membuat hero lawan yang berada di dalam jangkauannya tidak dapat kabur dengan mudah.

Skill 3: Deity Force


Phoveus dapat langsung memberikan damage kepada lawan yang melakukan skill blink di dekatnya, memberikan magic damage dalam bentuk area dan dapat digunakan berulang - ulang selama 10 detik selama lawan tersebut terus menggunakan skill blink-nya.

Skill ultimate ini hanya akan terbuka ketika lawan menggunakan skill blink, dan sebisa mungkin pancing lawan kalian untuk terus menggunakan skill blink agar ultimate ini dapat kalian gunakan berulang - ulang sebelum memasuki fase cooldown.

Buat kalian yang butuh penjelasan lebih lengkap lagi mungkin bisa kalian cek nih video dari VY Gaming yang juga membahas lengkap skill yang dimiliki oleh Phoveus.



B. Build

Emblem

Karena seluruh skill dari Phoveus memberikan magic damage, maka emblem yang tepat untuk kalian gunakan adalah emblem mage dengan kustomisasi seperti pada gambar berikut:

Item

Phoveus adalah hero fighter yang dibekali dengan magic damage sehingga item yang dibutuhkan untuk hero ini adalah kombinasi antara item defense dan item magic. 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak saja pada gambar berikut:

1. Tough Boots

Spesialis: Magic defense

Tough Boots dapat mengurangi durasi efek cc musuh sebesar 10% dan memiliki magic defense yang cukup untuk membuat Phoveus lebih kuat saat berhadapan dengan hero mage ataupun hero lain yang memiliki magic damage.

2. Clock of Destiny

Spesialis: Stack mana

Clock of destiny digunakan untuk menambah kapasitas mana dan HP yang dimiliki oleh Phoveus, agar nanti saat late game hero ini semakin tebal dan tidak cepat kehabisan mana.

Clock of destiny ini harus kalian buat sejak early game, karena efek dari item ini akan terus bertambah dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. 

3. Ice Queen Wand

Spesialis: Efek slow

Ice queen wand merupakan item yang bagus untuk meningkatkan efek slow dari tiap skill yang dimiliki oleh Phoveus. Terlebih lagi, karena Phoveus memiliki area damage, maka efek dari item ini akan lebih efektif lagi karena dapat menghasilkan efek slow ke banyak musuh sekaligus dalam satu kali skill saja.

4. Athena Shield

Spesialis: Magic defense

Athena shield dapat kalian gunakan untuk mengatasi damage burst dari hero mage musuh. Terlebih lagi, sekarang banyak player menggunakan META 2 support yang mayoritas memiliki magical damage sehingga efek dari item ini akan sangat berguna sekali untuk kalian pakai guna mengatasi hero2 support tersebut.

5. Brute Force Breastplate

Spesialis: Stack defense

Brute force merupakan item yang memiliki physical defense dan magical defense sekaligus. Stack dari item ini juga tergolong mudah untuk kalian peroleh, kalian hanya harus memberikan damage secara terus menerus ke musuh untuk mendapatkan stack defense yang semakin besar dalam waktu singkat.

Item ini sangat efektif jika dipakai oleh hero - hero yang suka nempel ke musuh, termasuk Phoveus.

6. Immortality

Spesialis: Edo tensei

Immortality digunakan sebagai jaminan nanti saat late game agar kalian tidak mudah terkena pick off oleh musuh.

Immortality ini juga dapat digunakan sebagai peningkat mental supaya kalian tidak takut untuk melakukan war.


C. Counter


Melihat atribut dan skill dari Phoveus yang sudah jelaskan pada poin sebelumnya, Phoveus jelas dapat menjadi counter bagi segala hero yang memiliki skill blink.

Namun, bagaimana dengan hero counter Phoveus?

Jika Phoveus dapat mengatasi hero dengan skill blink, maka counter yang tepat bagi hero ini adalah hal yang sebaliknya, yaitu hero yang tidak memiliki skill blink.

Phoveus tergolong lemah jika dia harus bertemu dengan hero yang tidak memiliki skill blink, karena skill ultimate dari hero ini hanya akan aktif jika musuh melakukan blink.

Jadi, jika kalian ingin menang melawan Phoveus, maka gunakan hero yang tidak memiliki skill blink satupun. Dengan begitu, ultimate Phoveus tidak akan pernah aktif dan begitu pula dengan skill pasifnya.


D. Kelebihan dan Kelemahan


Kelebihan

  • Durabilitasnya besar

Walaupun mayoritas hero fighter yang memiliki magic damage tergolong lembek, namun hal tersebut ternyata tidak berlaku bagi Phoveus.

Durabilitas yang dimiliki Phoveus tergolong besar jika dibandingkan dengan hero fighter lainnya, sehingga hero ini mungkin akan sulit untuk dikalahkan dalam duel.

Phoveus juga memiliki tambahan shield dari skill 1 nya yang dapat membuat durabilitasnya makin kencang lagi saat war.

  • Menjadi counter alami segala skill blink

Apapun hero-nya, apabila dia memiliki skill blink, maka hero tersebut dapat diatasi dengan mudah oleh Phoveus.

Semua skill yang dimiliki oleh Phoveus sangat efektif terhadap skill blink, khususnya skill ultimatenya yang hanya terbuka jika musuh melakukan skill blink. Hal tersebut tentu membuat Phoveus menjadi overpower dan sangat sulit untuk dikalahkan.

  • Menjadi support damage yang bagus saat war

Katanya hero fighter, kok jadi support sih min?

Maksud saya support damage disini adalah hero yang dapat memberikan damage ke banyak musuh saat war. Ingat bahwa semua skill yang dimiliki Phoveus itu merupakan skill area damage, dan skill 1 nya dapat menyebar ke banyak hero sekaligus.

Jadi, hero ini akan sangat efektif untuk menjadi support damage yang bagus, karena semua skillnya dapat mengenai ke banyak musuh sekaligus.


Kelemahan

  • Tergantung kepada skill blink

Semua skill yang dimiliki oleh Phoveus akan sensitif terhadap skill blink yang dikeluarkan hero musuh. Apabila musuh tidak memiliki skill blink, maka Phoveus ini tidak akan berguna bagi tim kalian.

Terlebih lagi, skill ultimate dari Phoveus hanya akan terbuka dengan skill blink. Kalau nggak ada yang bisa blink terus gimana dong? Ya jangan pakai Phoveus dong.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, saya sarankan gunakan hero Phoveus hanya saat hero musuh memiliki skill blink. Jangan sekali sekali menggunakan hero ini saat musuh tak memiliki skill blink satupun.

  • Mobilitasnya rendah

Durabilitas yang dimiliki oleh Phoveus ternyata tak sebanding dengan mobilitasnya. Dalam hal mobilitas, Phoveus masih kalah jika dibandingkan dengan hero META sekarang, contohnya seperti Paquito, Chou, dan Uranus.

Kurangnya mobilitas dari Phoveus menyebabkan hero ini sedikit kesusahan untuk cutting minion ataupun melakukan roaming ke lane yang lain. 


E. Kesalahan User Phoveus


Berikut adalah 5 kesalahan yang harus kalian hindari ketika bermain Phoveus:

1. Tidak bisa mendapatkan tambahan shield

Phoveus dapat memperoleh tambahan shield dengan menyentuh musuh yang terkena skill 1 miliknya. Nah, efek tersebut sangat krusial dikarenakan tambahan shield yang diberikan cukup besar dan dapat mengakibatkan game changer jika kalian salah menggunakannya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin maksimalkan efek tersebut saat kalian memasuki war, agar durabilitas Phoveus dapat meningkat dan sulit untuk dibunuh.

2. Tidak memanfaatkan pasif

Pasif Phoveus akan aktif jika hero di dekatnya menggunakan skill blink/charge. Jika kalian tahu bahwa hero musuh memiliki skill blink, maka jangan takut untuk terus memberikan pressure padanya.

Selalu pancing musuh untuk menggunakan skill blink agar pasif Phoveus selalu aktif dan alhasil cooldown dari skillnya akan jauh lebih singkat.

3. Hemat ultimate

Sama halnya dengan skill pasifnya, ultimate Phoveus ini hanya akan aktif jika musuh menggunakan skill blink/charge. Jika kalian tahu bahwa ultimate Phoveus telah aktif, maka jangan ragu untuk langsung menggunakannya karena efek dari ultimate-nya ini sangat bagus untuk langsung memberikan damage kepada musuh.

Phoveus juga dapat menggunakan ultimate-nya berulang-ulang jika musuh terus menggunakan skill blink/charge. Maka dari itu, sekali ultimate-nya aktif, langsung terus saja gunakan sebelum akhirnya skill tersebut memasuki fase cooldown.

4. Kurang barbar

Phoveus adalah tipe hero fighter yang harus selalu dekat dengan musuh untuk memberikan damage. Ditambah lagi, dengan efek dari skill 1 nya yang dapat memberikan tambahan shield, maka tak ada alasan lain bagi kalian untuk tidak bermain barbar ketika menggunakan Phoveus.

Namun, perlu diingat juga bahwa mobilitas dari Phoveus ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan hero fighter lainnya. Oleh karena itu, selalu perhatikan map untuk menghindari serangan dadakan dari musuh, karena Phoveus tidak memiliki skill kabur sama sekali.

5. Tidak join war

Semua skill dari Phoveus memiliki area damage yang mana hal tersebut akan sangat efektif digunakan saat war untuk langsung memberikan damage ke banyak musuh sekaligus.

Tak hanya itu, Phoveus ini juga memiliki skill yang dapat menyebarkan efeknya ke hero lain (seperti ultimate Hanabi) yang membuatnya dapat menjadi support damage yang bagus saat war.

Melihat kemampuannya tersebut, maka selalu gunakan Phoveus untuk memback up teman kalian saat war. Selain karena area damage-nya, Phoveus ini nantinya juga dapat menjadi hero pengganti tanker kalian berkat durabilitasnya yang cukup besar.

***

Itulah pembahasan saya terkait hero Phoveus yang akan segera rilis di original server. Bagaimana pendapat kalian terhadap hero ini? Apakah Phoveus dapat masuk dalam META sekarang? Tulis saja pendapat kalian di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan info menarik lainnya seputar game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Phoveus: Skill, Build, Counter, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel