Kutas (Kupas Tuntas) Hero Gloo: Skill, Build, Counter, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Gloo: Skill, Build, Counter, dll


Gloo merupakan hero tank yang akan rilis pada pertengahan bulan April ini, tepatnya pada tanggal 16 besok. Gloo ini memiliki kemampuan yang unik dimana dia dapat menempel ke hero musuh dan membalikkan damage yang diterimanya.

Untuk memperjelas pemahaman kalian terhadap hero Gloo, pada postingan ini saya mencoba untuk mengupasnya dengan lengkap, mulai dari atribut dan skill, build, counter, serta kelebihan dan kelemahan hero Gloo.


A. Atribut dan Skill

Skill Pasif: Stick Stick

Gloo dapat memberikan stack sticky kepada musuh yang telah terkena skillnya. Jika musuh terkena stack tersebut, Gloo dapat memperoleh hp regen yang lumayan besar hanya dengan melakukan basic attack.

Stack sticky tersebut juga menjadi syarat terbukanya ultimate Gloo agar dapat menempel ke hero musuh. Jika stacknya belum penuh, maka Gloo tidak akan bisa menempel ke hero musuh yang ditargetkan.

Skill 1: Slam, Slam

Gloo menghantam tanah ke depan dalam bentuk area, memberikan magic damage dan memunculkan anaknya (Goo) di ujung serangan. Anaknya tersebut akan diam selama 4 detik sebelum akhirnya meledak, menyebabkan efek immobilize kepada lawan yang ada di sekitarnya selama 1 detik. Goo juga dapat langsung meledak jika Gloo menyentuhnya.

Skill 1 Gloo ini bisa dibilang menjadi skill yang overpower, karena Gloo dapat langsung memberikan efek immobilize kepada musuh hanya dengan meledakkan anaknya (Goo) yang muncul di ujung serangannya. Efek immobilize yang diberikan juga cukup lama (1 detik).

Permasalahannya hanya pada lamanya waktu dari anak Gloo ini untuk meledak. Jika tidak disentuh oleh Gloo, Goo baru akan meledak dalam waktu 4 detik sehingga musuh dapat menghindarinya dengan mudah agar tidak terkena efek immobilize tersebut.

Skill 2: Pass, Pass

Gloo mengeluarkan magic damage ke depan, memberikan efek immobilize selama 0,5 detik kepada lawan yang berada di jalurnya. Jika skill ini mengenai anaknya (Goo), maka Gloo akan berlari ke arah anaknya itu serta menarik musuh yang ada di jalurnya.

Skill 2 Gloo ini ternyata dapat memberikan efek immobilize lagi. Walaupun waktunya lebih singkat, namun efek tersebut sangat berguna untuk menghambat gerak musuh. Terlebih lagi, skill ini ternyata dapat dikombinasikan dengan skill 1 yang mana hal tersebut akan sangat efektif untuk memberikan efek immobilize yang lebih lama lagi.

Gloo dapat mengeluarkan skill 1 nya terlebih dahulu, kemudian disusul dengan skill 2 yang diarahkan ke anak Gloo (Goo) yang ada di ujung skill 1 nya tadi. Jika lawan berada di jalur skill tersebut, maka dia akan terkena efek immobilize selama 0,5 detik, lalu kemudian terkena lagi efek immobilize selama 1 detik oleh anak Gloo (Goo) yang telah meledak. 

Jadi, totalnya lawan akan terkena efek immobilize selama 1,5 detik dari hasil kombinasi skill Gloo ini. Overpower banget nggak tuh.

Skill 3: Split, Split/Grab, Grab

Gloo membelah dirinya selama 10 detik dan dapat meregenerasi HP nya secara terus menerus, memberikan magic damage kepada musuh dan juga mengumpulkan stack. Setelah stack-nya penuh, Gloo dapat menempel ke hero musuh selama 10 detik.

Saat Gloo menempel ke hero musuh, Gloo akan membalikkan semua damage yang diterimanya ke hero musuh yang ditempelinya itu. Gloo juga masih dapat menggunakan skill - skillnya untuk memberikan efek immobilize kepada musuh tersebut.

Skill ultimate dari Gloo ini terbilang unik, karena Gloo dapat menempel ke hero musuh dan akan selalu mengikutinya kemanapun hero itu pergi. Tak hanya itu, damage yang diterima Gloo akan diterima juga oleh musuh yang sedang ditempelinya.

Dengan kemampuannya itu, Gloo dapat menjadi tank yang sangat menyusahkan jika hero ini telah berhasil menempel ke musuh, apalagi jika yang ditempeli adalah hero core. Auto mati nggak tuh.
Gloo dapat menghindari damage dari turret saat dia membelah diri. Turret akan secara otomatis menembak anak - anak dari Gloo terlebih dahulu asalkan kalian tidak melakukan basic attack kepada musuh.
Bagi kalian yang masih tidak paham dengan atribut dan skill dari hero Gloo, silahkan simak saja video Youtube dari channel VY Gaming berikut:



B. Build

Emblem

Untuk emblem, saya sarankan kalian menggunakan emblem tank dengan kustomisasi seperti pada gambar berikut:


Talent emblem
yang saya rekomendasikan adalah Cocussive Blast, karena dengan talent tersebut Gloo dapat memberikan magic damage tambahan kepada musuh setiap 15 detik.

Item

Untuk rekomendasi item, silahkan simak gambar berikut penjelasannya di bawah.


1. Courage mask

Spesialis: Lari cepat

Item pertama yang harus dibuat oleh tank adalah item roam, dan menurut saya Courage Mask adalah item roam yang tepat untuk Gloo. Item ini dapat memberikan movement speed dalam waktu singkat yang dapat digunakan Gloo untuk menambah mobilitasnya saat melakukan serangan ataupun lari dari kejaran musuh.

Courage Mask nampaknya juga sangat efektif jika kalian kombinasikan dengan ultimate Gloo yang dapat membelah diri. Dengan tambahan movement speed yang diberikan, Gloo dapat dengan mudah mendekati hero musuh untuk mengumpulkan stack. Dan setelah stack itu penuh, Gloo dapat membuka fase ultimate-nya yang menempel ke hero musuh.

2. Warrior Boots

Spesialis: Physical defense

Item sepatu sebenarnya sangat kondisional sekali, tergantung pada musuh yang kalian hadapi. 

Akan tetapi, karena biasanya yang memberikan damage paling besar adalah hyper, yang sebagian besar memiliki damage physical, maka Warrior Boots adalah solusi yang tepat untuk sedikit meredam damage yang dikeluarkan oleh hero hyper tersebut.

3. Oracle

Spesialis: HP regen

Gloo memiliki skill pasif dan ultimate yang dapat memberikannya HP regen. Nah, efek HP regen tersebut akan makin kuat apabila kalian telah memiliki Oracle.

Seperti yang telah tertulis dalam spesialisnya, Oracle adalah item yang dapat memperkuat HP regen dari suatu hero yang mana itu akan sangat berguna bagi Gloo untuk menambah HP regen yang dimiliki dalam pasif dan ultimate-nya.

Secara otomatis, Oracle akan meningkatkan durabilitas Gloo saat menghadapi war ataupun serangan dari musuh.

4. Blade Armor

Spesialis: Membalikkan damage

Blade armor dapat membalikkan damage dari basic attack musuh sebesar 25%. Item ini secara tidak langsung dapat membuat musuh sekarat dengan sendirinya, karena ketika musuh tersebut melakukan basic attack, maka damage-nya akan dikembalikan sebesar 25%.

Efek itulah yang sangat berguna bagi Gloo, apalagi jika dia telah menempel pada hero musuh. Saat menempel, Gloo dapat membalikkan damage yang diterimanya ke hero musuh yang ditempelinya. Dan apabila telah menggunakan Blade Armor, efek tersebut akan makin kuat karena damage yang dibalikkan akan semakin besar.

5. Athena Shield

Spesialis: Magical defense

Athena Shield adalah item yang dapat kalian gunakan untuk menghadapi damage burst dari hero mage.
Dengan efek magical defense yang lebih tinggi daripada item lainnya, Athena Shield dapat kalian gunakan agar tidak tercicil dengan mudah oleh hero mage.

6. Immortality

Spesialis: Edo tensei

Immortality berfungsi untuk meningkatkan peluang survive Gloo saat war, sekaligus menaikkan mental agar Gloo tidak takut untuk maju ke arah musuh.

Item ini bisa dibilang sebagai item wajib bagi segala hero, karena saat telah memasuki fase late game, item ini dapat digunakan untuk menghindari pick off yang dilakukan oleh musuh, dan mengurangi kemungkinan blunder juga.


C. Counter Gloo


Hero counter
yang akan saya sebutkan disini adalah hero yang dapat mengatasi kemampuan Gloo yang dapat menempel ke hero musuh. Lantas apa saja hero tersebut? Langsung saja simak pembahasannya berikut:

1. Hayabusa

Ultimate dari Hayabusa merupakan jawaban yang efektif untuk dijadikan sebagai counter Gloo. Jika hayabusa telah ditempeli oleh Gloo, langsung saja tekan ultimate dan suruh rekan tim untuk memberikan damage juga kepada Gloo.

Selama durasi ultimate-nya, Hayabusa tidak akan bisa mati dan malah nyawa Gloo sendiri yang nantinya akan berkurang karena menerima damage yang besar dari ultimate Haya, belum lagi jika teman kalian juga ikut membantu.

2. Zhask

Zhask dapat mengatasi ultimate Gloo dengan mudah berkat kemampuannya yang dapat masuk ke dalam Joni saat melakukan ultimate. 

Jika Zhask terkena ultimate Gloo, langsung saja counter dengan ultimate juga karena saat melakukan ultimate Zhask akan aman berada di dalam Joni tanpa harus khawatir terkena pembalikan damage dari Gloo.

3. Argus

Tak jauh beda dari hero - hero diatas, Argus dapat menjadi counter bagi Gloo berkat ultimate-nya yang immune terhadap segala damage. Selama durasi ultimate-nya, Argus dapat membunuh Gloo dengan mudah tanpa harus khawatir akan pembalikan damage yang diterimanya. 

Sebesar apapun damage yang diterima Argus selama ultimate-nya, Argus masih tetap hidup karena efek immortal-nya yang tidak dapat di counter oleh hero apapun. 

Satu satunya caranya ya kabur saja saat Argus lagi pakai ultimate.

4. Yu Zhong

Life steal yang dimiliki Yu Zhong menjadi jawaban yang tepat untuk mengatasi kemampuan dari Gloo. Walaupun Yu Zhong tetap akan menerima pembalikan damage jika Gloo menempelinya, namun Yu Zhong masih tetap hidup berkat efek life steal pasifnya yang sangat besar.

5. Ling

Ling merupakan salah satu hero yang paling lincah di Land of Dawn. Hero ini dapat terbang melewati tembok dengan mudah yang menyebabkan mobilitasnya itu sangat sulit untuk diatasi.

Tingginya mobilitas yang dimiliki Ling tersebut ternyata dapat digunakan untuk counter dari ultimate Gloo. Saat Ling ditempeli oleh Gloo, dia tinggal terbang saja ke arah dalam turretnya sendiri sehingga Gloo akan mati sendiri akibat terkena damage dari turret tersebut.

Ling juga dapat langsung terbang membawanya ke dalam base apabila jaraknya tidak begitu jauh sehingga Gloo tidak dapat kabur dengan mudah dan malah mati dengan sendirinya.


D. Kelebihan dan Kelemahan Gloo


Kelebihan

1. Memiliki efek immobilize yang cukup lama

Sebagian besar skill yang dimiliki oleh Gloo memiliki efek immobilize kepada musuh. skill 1 nya dapat memberikan efek immobilize selama 1 detik, ditambah dengan skill 2 nya yang dapat memberikan efek immobilize selama 0,5 detik.

Parahnya lagi, kedua skill tersebut ternyata dapat dikombinasikan, sehingga musuh dapat langsung terkena efek immobilize selama 1,5 detik.

Lamanya efek immobilize tersebut dapat menjadi senjata efektif yang dimiliki oleh Gloo, karena secara tidak langsung dia dapat dengan mudah menghentikan pergerakan musuh dengan mudah hanya dengan kombo 2 skillnya saja.

2. Mudah melakukan dive ke dalam turret

Saat Gloo membelah dirinya, turret akan menembak anak dari Gloo terlebih dahulu sehingga hal tersebut dapat digunakan oleh Gloo untuk melakukan dive dengan aman tanpa harus khawatir terkena damage dari turret.

Hal tersebut tentu sangat efektif digunakan untuk melakukan inisiasi kepada musuh yang sudah terpojok di dalam turret, ataupun melindungi rekan tim yang akan melakukan push.

Akan tetapi, Gloo hanya akan aman dari damage turret ketika dia tidak melakukan basic attack kepada musuh. Apabila saat dive tersebut Gloo melakukan basic attack, maka dia tetap akan terkena damage dari turret.

3. Dapat melakukan Lock ke hero musuh

Skill ultimate Gloo yang dapat menempel ke hero musuh menjadi solusi yang efektif untuk melakukan lock saat war. Gloo dapat langsung membelah dirinya ke area depan sembari mengumpulkan stack.
 
Apabila stack itu penuh di hero core musuh, maka Gloo dapat langsung menempel ke hero core tersebut sehingga rekan tim kalian akan lebih mudah untuk menemukan target serangan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa jika hero yang Gloo tempelin masuk ke turret mereka, maka Gloo akan mati dengan sendirinya karena damage dari turret tidak akan dibalikkan ke hero yang ditempelin oleh Gloo.

Jadi, pastikan kalian tempel hero musuh saat mereka jauh dari turret dan sebisa mungkin langsung spam skill Gloo agar hero yang ditempeli itu akan terkena efek immobilize.


Kelemahan

1. Mudah blunder

Kemampuan Gloo yang membuatnya dapat menempel ke hero musuh ternyata dapat menjadi pisau bermata dua bagi Gloo itu sendiri. Gloo dapat melakukan lock ke hero musuh dengan mudah berkat kemampuannya tersebut, namun disisi lain ternyata kemampuannya itu malah dapat menjadi blunder yang besar bagi tim.

Contohnya saja jika Gloo malah menempel ke hero tank saat war. Bukannya hero musuh yang mati, namun bisa jadi Gloo itu sendiri yang mati duluan karena durabilitas yang dimiliki hero tank sangat besar dan pembalikan damage yang dimiliki Gloo masih kurang efektif jika harus berhadapan dengan hero tank tersebut.

Jadi, sebisa mungkin incar hero musuh yang benar untuk ditempelin, karena jika salah tempel maka blunder pasti akan terjadi.

2. Tidak memiliki efek crowd control

Sebagian besar hero tank yang ada di game Mobile Legends pasti memiliki efek crowd control, lain hal nya dengan Gloo. Hero tank yang satu ini tidak memiliki efek crowd control sama sekali, dia hanya memiliki efek immobilize yang terdapat pada skill 1 dan 2 nya, yang menyebabkan hero ini tidak terlalu pandai melakukan defensif saat war.

Daripada melakukan defensif, Gloo malah lebih condong melakukan pressing kepada musuh berkat skill pasif dan ultimate-nya yang dapat memberikan regen HP yang besar, belum lagi efek uniknya yang dapat menempel ke hero musuh dan membalikkan damage.

Jadi, daripada bermain defensif, Gloo ini menurut saya lebih efektif digunakan sebagai hero tank yang selalu rusuh ke area musuh.


E. Kesalahan User Gloo


1. Tidak memanfaatkan kombo skill

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Gloo dapat memanfaatkan kombo dari skill 1 dan 2 nya untuk memberikan efek immobilize yang lama kepada musuh. Kombo tersebut juga sangat efektif sekali untuk mempermudah perolehan stack dari skill pasifnya.

Akan sangat rugi sekali jika kalian tidak bisa menggunakan kombo tersebut, karena Gloo tidak memiliki efek crowd control sama sekali. Salah satu keunggulannya hanya terdapat pada efek immobilize dan apabila kalian tidak menggunakannya dengan efektif, maka sama saja hero ini tidak akan ada gunanya.

2. Salah lock hero

Gloo memang dapat membalikkan damage yang diterimanya saat sedang menempel ke hero musuh, namun jika yang ditempeli merupakan hero tank ya sama saja boong.

Usahakan untuk lock ke arah hero musuh yang empuk, contohnya seperti hero mage, assassin, marksman agar nanti saat kalian tempelin hero tersebut dapat mati dengan mudah. Jangan sekali - sekali nempel ke hero yang tebel, apalagi nyawanya masih banyak, bukannya hero musuh yang mati, tapi malah kalian duluan yang blunder.

3. Tidak memanfaatkan pasif

Skill pasif Gloo dapat memberikan HP regen yang cukup besar hanya dengan melakukan basic attack saja. Hal itu tentu sangat berguna jika Gloo sedang berhadapan 1 vs 1 dengan musuh.

Maka dari itu, jika kalian menggunakan Gloo jangan takut untuk spam skill dan basic attack kepada musuh, karena semakin musuh yang terkena stack , maka peluang Gloo memperoleh HP regen akan semakin besar.

***

Itulah pembahasan terkait hero Gloo. Menurut saya sendiri, hero tank yang satu ini worth it sekali untuk dibeli, sebab kemampuannya sangat unik dan mungkin juga dapat mengubah META sekarang.

Jadi, bagaimana pendapat kalian terhadap hero Gloo ini? Silahkan tulis saja di kolom komentar.

Ikuti terus teh90blog.com untuk mendapatkan info - info menarik terkait game Mobile Legends.

Terima kasih.

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Gloo: Skill, Build, Counter, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel