Kutas (Kupas Tuntas) Hero Jawhead: Skill, Build, Counter, Emblem, dll - Teh90blog

Kutas (Kupas Tuntas) Hero Jawhead: Skill, Build, Counter, Emblem, dll


Siapa sih yang nggak kenal sama Jawhead?
Kebanyakan player Mobile Legends pasti sudah tidak asing dengan Jawhead. Ya, hero ini memang sedang naik daun semenjak pro player menggunakannya sebagai tank, sama seperti Hilda yang dulu juga sempat populer sebagai tank semenjak terkena revamp.

Jawhead sebenarnya memiliki role fighter. Namun, ternyata hero ini bakal lebih ngeselin lagi jika dipakai sebagai tank. Dengan bekal skill 2 nya saja, dia sudah berani rusuh buff musuh sendirian tanpa takut terkena pick off sedikitpun.

Jawhead ini juga memiliki combo tik tok dengan bekal skill 2 + spell flicker yang dapat langsung mengejutkan musuh.

Lalu, apa saja sih atribut yang dimiliki Jawhead hingga bisa sampai ngeselin kayak gitu? Biar tau lebih lengkapnya, langsung simak aja nih pembahasannya.


A. Atribut dan Skill

Jawhead memiliki 3 skill aktif dengan 1 skill pasif yang memiliki stack:

Skill Pasif: Mecha Surpression

Setiap kali Jawhead memberikan damage, dia dapat memperoleh 1 stack compression kepada musuh selama 3 detik (maksimal 10 stack). Semakin besar stack yang ada, maka makin besar pula damage yang diberikan oleh Jawhead.

Skill pasif Jawhead ini merupakan skill yang sangat rusuh sekali saat early game. Jika kalian menggunakan Jawhead sebagai offlaner, efek dari skill pasif ini akan lebih terlihat, cukup gunakan skill 1 saja sambil terus tempel hero musuh, tanpa melakukan basic attack pun nanti musuhnya udah bakal sekarat dengan sendirinya berkat tambahan damage dari pasif yang lumayan besar.

Skill 1: Smart Missile


Jawhead menembakkan 12 misil kepada musuh secara acak selama 5 detik. Setiap misil yang dikeluarkan Jawhead memberikan 125 (+20% total physical attack) kepada musuh.

Smart missile merupakan skill utama yang memberikan damage paling besar. Jika kalian bermain sebagai offlaner, pastikan upgrade skill ini terlebih dahulu agar damage yang kalian miliki sudah cukup terasa saat early game.

Skill ini juga sangat efektif untuk melakukan clear minion dengan cepat. Dengan satu skill saja, kalian sudah dapat membersihkan satu gelombang minion tanpa harus membutuhkan bantuan rekan tim kalian.

Tapi, jika kalian menggunakan Jawhead sebagai tank usahakan jangan naikkan skill ini dulu ya, karena damage-nya nggak akan berasa ke musuh.

Skill 2: Ejector


Jawhead mendapatkan 30% movement speed tambahan serta shield yang dapat menyerap damage sebesar 350 (+140% total physical attack) selama 5 detik. Selama durasi tersebut, Jawhead juga dapat melemparkan hero musuh ataupun rekan tim ke area yang telah ditentukan.

Jika yang dilempar hero musuh, maka hero tersebut akan terkena damage tambahan dan efek stun selama 0,5 detik.

Ejector merupakan skill yang membuat Jawhead sangat ngeselin sebagai tank. Hero ini dapat dengan mudah melemparkan musuhnya ke dalam tower sehingga rekan tim kalian tinggal menyampahnya saja.

Skill ini juga dapat digunakan sebagai counter bagi hero yang sering nempel waktu nyerang, contohnya saja kayak Thamuz, Yu Zhong, maupun Esmeralda. Kalau mereka berani deket2 ya langsung aja lempar ke belakang, ataupun lempar langsung ke dalam tower kalian biar bisa lebih mudah dibunuh.

Skill 3: Unstoppable Force


Jawhead mengunci hero musuh, lalu terbang ke arah mereka, memberikan damage sebesar 400 (+100% total physical attack) kepada musuh serta memberikan efek knockback bagi musuh yang ada di sekitarnya.

Skill 3 dari Jawhead dapat digunakan untuk mengejar hero2 yang lincah kayak Claude, Mathilda, ataupun Wanwan. Dengan skill ini, Jawhead akan langsung terbang menuju mereka dan dapat memberikan damage yang cukup besar. Belum lagi jika di combo dengan skill 2, udah diterbangin, terus dilempar, lengkap sudah penderitaannya.

Walaupun dapat mengejar musuh, kalian juga harus tau bahwa skill ini nggak bisa dibatalin jika udah dipencet. Jadi, dibutuhkan timing yang pas kalau mau pakai skill ini, jangan hanya asal pencet biar Jawhead kalian nggak mati konyol kena keroyok musuh.


B. Build

Build emblem dan item yang bakalan saya tampilin disini adalah untuk Jawhead tank. Jadi, buat kalian yang nyari build Jawhead offlaner mungkin bakalan saya sediain di lain waktu.

Emblem

Saya rekomendasikan kalian untuk menggunakan kustomisasi emblem seperti yang ada di gambar berikut:

Talent emblem
yang saya gunakan adalah Cocussive Blast, karena dengan talent tersebut Jawhead dapat memberikan damage tambahan setiap 15 detik.

Item

Untuk rekomendasi item dari Jawhead, silahkan langsung saja simak pembahasannya berikut:

1. Courage mask

Spesialis: Lari cepat

Item roam yang satu ini dapat memberikan tambahan movement speed sebesar 30% selama 3 detik. Selain itu, selama durasi tersebut physical dan magical attack yang kalian miliki juga akan ditingkatkan sehingga kemungkinan untuk mendominasi saat war akan lebih besar.

Item ini juga dapat digunakan untuk kabur dari serangan musuh dengan mudah berkat tambahan movement speed yang cukup besar. Oleh karena itu, saya menaruh item ini di posisi pertama, karena efeknya untuk tim memang sangat besar.

2. Tough Boots

Spesialis: Magic defense

Tough boots dapat sedikit meredam damage dari hero mage yang terkadang suka mencicil kalian sejak early game. Item ini memang sangat bagus buat ningkatin durabilitas Jawhead kalian, agar nggak takut terkena burst damage dari hero mage.

Akan tetapi, jika musuh tidak memiliki magic damage sedikitpun, ubah item ini menjadi warrior boots, agar kalian memperoleh physical defense.

Pokoknya, item sepatu tuh emang kondisional banget. Lihat dulu musuh yang punya damage paling besar sejak early, baru bikin item sepatu yang tepat buat counter-nya.

3. Antique Cuirass

Spesialis: Ngurangin physical attack musuh

Antique cuirass dapat digunakan buat counter hero hyper yang kebanyakan emang punya physical damage yang besar. Dengan item ini, physical attack dari musuh dapat berkurang hingga 30% selama 2 detik, yang mana itu sangat berguna banget saat war. 

Item ini juga makin efektif buat counter hero yang memiliki ketergantungan terhadap skill, contohnya saja seperti Lancelot, Hayabusa, ataupun Hanzo. Antique Cuirass dapat menahan damage mereka dengan mudah, karena item ini dapat aktif jika terkena skill maupun terkena basic attack.

4. Immortality

Spesialis: Edo tensei

Item yang satu ini memang sering dipakai di segala jenis role hero, entah itu mm, tank, fighter, ataupun mage sekalipun. Efek pasif Immortality yang dapat menghidupkan hero kalian yang sudah mati sangat efektif digunakan untuk menghindari pick off

Immortality juga dapat menaikkan mental kalian, karena saat sudah punya item ini hero yang kalian pakai tidak perlu takut lagi untuk mati. Hal itu juga berlaku bagi Jawhead, kalian dapat lebih mudah melakukan taunting, karena musuh bakalan mikir dua kali dulu jika mau nyerang kalian.

5. Athena Shield

Spesialis: Ngurangin magic damage

Athena shield digunakan buat counter hero mage yang punya damage burst yang besar, contohnya seperti Pharsa, Lunox, Luo Yi, Eudora, dan Aurora.

Pokoknya jika kalian ketemu player mage yang ngeselin, langsung aja counter pakai item ini biar damage-nya nggak begitu berasa.

6. Queen's Wings

Spesialis: Damage reduction

Queen's Wings merupakan salah satu item andalan bagi para pro player. Item ini dinilai dapat meningkatkan peluang survive saat war, berkat efek damage reduction yang besar, yaitu sebesar 40% selama 5 detik. Item ini hanya akan aktif jika HP kalian tinggal 40% ke bawah, yang mana hal tersebut dapat kalian gunakan untuk melakukan bait kepada hero musuh. Item ini juga seringkali digunakan hero core agar mereka tidak mudah terkena pick off oleh musuh.

Satu - satunya kelemahan dari Queen's Wings adalah cooldown-nya yang cukup lama (50 detik), membuat item ini tidak akan berguna jika kalian sering war secara terus - menerus.


C. Counter


Walaupun cukup ngeselin, ternyata Jawhead masih dapat di counter dengan hero - hero berikut:

1. Silvana

Silvana dapat langsung menghentikan pergerakan dari Jawhead dengan menggunakan ultimate-nya. Walaupun nanti Silvana dapat dilemparkan setelah menggunakan ultimate, setidaknya dia dapat mengurung Jawhead agar dapat dibunuh dengan mudah.

Skill 2 dari Silvana juga dapat menghambat pergerakan Jawhead yang cukup lincah, gunakan saja skill ini agar Jawhead tidak dapat bergerak dengan bebas, dia juga otomatis akan susah menggunakan Ejector jika telah terkena skill 2 Silvana.


2. Tigreal

Ultimate dari Tigreal merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi pergerakan dari Jawhead. Terlebih lagi, Jawhead merupakan hero dengan single target, hal ini tentu dapat dengan mudah kalian hentikan dengan ultimate Tigreal yang memiliki area damage.

Walaupun begitu, kalian harus memiliki timing yang tepat untuk melakukan ultimate pada Jawhead. Hal ini dikarenakan skill ultimate Tigreal dapat dengan mudah dihentikan oleh Ejector dari Jawhead.

3. Akai

Ultimate Akai akan sangat mengganggu pergerakan Jawhead ketika mau bermain rusuh. Akai dapat langsung melakukan ultimate untuk menghindari Ejector dari Jawhead. Ultimate Akai ini juga sangat berguna untuk mengatasi ultimate Jawhead yang akan mengejar hero rekan tim kalian.

Satu hal yang perlu diingat adalah pergunakan ultimate yang tepat. Jangan sampai menggunakannya secara asal yang nantinya malah berujung pada kekalahan.

4. Valir

Hero mage yang satu ini memang sangat efektif digunakan sebagai counter dari Jawhead. Valir dapat langsung mengusir Jawhead dengan skill 2 nya yang memiliki efek crowd control.

Tak hanya itu, Valir juga dapat menghindari ejector dari Jawhead dengan menggunakan ultimate-nya, karena ultimate Valir memiliki efek anti CC yang membuatnya dapat kabur dengan mudah jika akan dilemparkan oleh Jawhead.

5. Benedetta

Hero langganan ban ini juga sangat bagus digunakan sebagai counter dari Jawhead. Pergerakan Benedetta yang lincah serta efek anti CC yang dimilikinya dapat dengan mudah menghindari serangan dari Jawhead.

Tak ada hal yang susah bagi Benedetta jika harus berhadapan dengan Jawhead, sebab hero ini memang sudah unggul di berbagai aspek.


D. Kelebihan dan Kelemahan Jawhead Tank


Kelebihan

1. Unggul di early game

Durabilitasnya yang tinggi saat early game membuat Jawhead lebih unggul daripada hero tank lain. Jawhead tidak terlalu mementingkan item, dengan skill 2 nya saja dia sudah cukup ngeselin untuk melakukan pressing ke area musuh.

Moonton nampaknya juga telah menyadari hal tersebut. Dalam beberapa patch kemarin, Jawhead telah terkena nerf dalam hal HP serta shield-nya sehingga diharapkan hero ini bisa seimbang dan tidak membuat hero tank lain menjadi tidak terpakai.

Walaupun telah terkena nerf, Jawhead tank masih tetap laris digunakan berkat kemampuannya yang masih cukup OP di fase early game.

2. Susah ditangkap

Tambahan movement speed dari skill 2 Jawhead membuatnya dapat lari dengan mudah dari kejaran musuh. Belum lagi shield yang didapatkannya dari skill itu juga membuat Jawhead semakin susah untuk dibunuh.

2 Faktor itulah yang menjadi penyebab utama mengapa Jawhead sangat kuat di early game. Dia memiliki mobilitas yang tinggi, serta tambahan shield yang mengakibatkan musuh agak sedikit kesusahan jika harus menghadapinya tanpa bantuan dari item.

3. Mudah Roaming

Perlu kalian tahu, hero fighter yang digunakan sebagai tank di META sekarang mayoritas memiliki mobilitas yang tinggi. Contohnya saja seperti Hilda, Silvana, Jawhead, dan Chou. Dari keempat  hero tersebut, mereka sama - sama memiliki mobilitas yang tinggi, karena mungkin tujuannya adalah untuk terus melakukan roaming sejak early game.

Hal itulah yang kemudian menjadi keunggulan hero - hero tersebut. Sejak early game mereka akan selalu siap sedia membantu lane manapun berkat mobilitasnya yang tinggi. Dengan begitu, tim kalian akan lebih fleksibel lagi untuk melakukan war. Tanpa dibantu hero core sekalipun, hero seperti Jawhead ini akan dapat melakukan pressing kepada musuh meskipun dia dipakai sebagai tank.

Kelemahan

1. Cenderung lemah di fase late game

Jawhead memang kuat saat early game, namun dia akan sangat lemah saat memasuki fase late game. Hal ini dikarenakan pertumbuhan HP yang dimiliki Jawhead tak sebesar yang dimiliki hero tank lainnya.

Jika sudah mencapai level maksimal, Jawhead akan sangat mudah dibunuh. Walaupun mungkin itemnya defense semua, Jawhead masih tetap akan kalah jika harus berhadapan dengan hero tank lain, apalagi jika harus terkena ganking.

2. Tidak tahan terkena ganking

Sudah saya singgung di poin sebelumnya jika Jawhead memang lemah sekali saat terkena ganking. Hal ini dikarenakan role Jawhead yang sebenarnya adalah fighter, bukan tank.

Terlebih lagi, skill yang dimiliki Jawhead adalah single target, yang berarti bahwa Jawhead hanya dapat memberikan efek CC pada satu target utama saja. Hal tersebut tentu menjadi salah satu kelemahannya, karena jika Jawhead salah menggunakan combo skill sekali saja, maka dia sendiri lah yang harus menjadi bulan - bulanan musuh.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan Jawhead tank, sebaiknya kalian harus belajar bagaimana cara lock hero core musuh, istilahnya yaitu aim core.

3. Mudah blunder

Jawhead adalah hero yang memiliki beragam combo skill. Combo itulah yang nantinya dapat ia gunakan untuk melakukan aim core saat war. Namun, apa jadinya jika Jawhead malah salah sasaran?

Hal itu sering sekali terjadi terlebih lagi saat penggunaan ultimate. Terkadang karena nyawa musuhnya tinggal setengah, Jawhead langsung aja tuh terbang ke arah musuh. 

Padahal tanpa ia sadari musuh itu sedang membawanya ke tempat teman-temannya bersembunyi. Yang ada nanti bukannya Jawhead yang mendapatkan kill, malah dia yang mati sendiri karena kena keroyok.

E. Kesalahan Pengguna Jawhead


1. Salah upgrade skill

Perlu diingat lagi jika kalian memakai Jawhead tank, usahakan upgrade skill 2 terlebih dahulu agar nanti dapat langsung melakukan combo. Jangan sampai malah pilih skill 1 karena efeknya akan berbeda.

Contohnya saja, jika telah membuka skill 2 terlebih dahulu, maka kalian bisa langsung lempar musuhnya ke arah teman kalian dengan combo spell flicker + skill 2. Dengan begitu, musuh kalian pasti akan terkejut dan membuat mentalnya agak down sejak early game.

Berbeda jika kalian membuka skill 1 terlebih dahulu, yang bisa kalian lakukan mungkin hanyalah clear minion tanpa bisa melakukan pressing sedikitpun.

2. Tidak main rusuh saat early game

Potensi Jawhead sepenuhnya akan keluar saat fase early game, dia dapat melakukan pressing terus-menerus ketika musuh belum memiliki satupun item. Hal ini dikarenakan durabilitas Jawhead saat early game memang sangat besar, jika dibandingkan dengan hero tank lainnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin maksimalkan performa Jawhead kalian saat early game. Buat mental musuh down secepat mungkin untuk menghindari terkena comeback nantinya.

3. Tidak bisa combo skill

Combo skill adalah syarat utama bagi player Jawhead, karena bagaimanapun juga saat war kalian harus bisa lock ke arah core musuh. Jika kalian salah lock, sudah dapat dipastikan kalian sendiri yang akan terbunuh.

Combo skill yang paling efektif bagi Jawhead adalah spell flicker + skill 2 (Ejector).

4. Jarang roaming

Mobilitas Jawhead yang tinggi sangat memudahkannya untuk melakukan roaming. Jadi, jangan sampai kalian bermain pasif ya kalau pakai Jawhead. Sebisa mungkin selalu lihat map untuk mengecek situasi teman kalian yang barangkali sedang membutuhkan bantuan.

5. Tidak bisa lock hero 

Walaupun Jawhead memiliki ultimate yang secara otomatis lock ke hero musuh, namun hal tersebut terkadang membuat Jawhead menjadi blunder terkena gank. Jawhead merupakan hero yang tak tahan jika terkena gank, jadi untuk mengatasi kelemahannya tersebut sebisa mungkin kalian harus lock core musuh terlebih dahulu sebelum melakukan war.

Untuk melakukan lock, tentu kalian harus belajar combo skill dan menguasai mikro dari Jawhead. Jangan sampai kalian malah salah melakukan lock hero, atau malah salah perhitungan saat melakukan skill, karena itu akan berdampak sangat besar bagi tim kalian.


F. Penutup

Oke, mungkin itu saja postingan saya kali ini terkait hero Jawhead. Pada intinya, Jawhead merupakan hero yang sangat bagus buat kalian yang suka main cepat. Khususnya bagi rank mytic keatas nih, mayoritas kan sebelum menit 12 udah pada kelar. Jadi, Jawhead mungkin akan sangat efektif jika diterapkan di rank itu.

Lain halnya jika kalian masih main di epic, mayoritas kan player epic suka pilih hero late game. Jadi, kalau kalian pakai Jawhead ya waspada saja terkena comeback karena Jawhead nggak bisa bantu banyak kalo udah masuk late game.

Buat kalian yang mau berikan pendapat silahkan tulis saja di kolom komentar. Jangan lupa untuk kunjungi terus teh90blog.com agar tidak ketinggalan info menarik lainnya seputar game Mobile Legends.

Terima kasih

0 Response to "Kutas (Kupas Tuntas) Hero Jawhead: Skill, Build, Counter, Emblem, dll"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel