KS, Core, Hyper, Inilah Istilah dalam Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui! - Teh90blog

KS, Core, Hyper, Inilah Istilah dalam Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui!

Istilah game Mobile Legends

Game
MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) sekarang menjadi sangat populer di Indonesia, khususnya berkat game Mobile Legends yang menjadi pelopor meledaknya pemain MOBA di negara ini.

Dikarenakan popularitasnya yang tinggi, maka tak heran jika game Mobile Legends ini memiliki banyak sekali peminat, sehingga ada banyak sekali player baru yang sebelumnya tak pernah menyentuh game Mobile Legends, kini mulai belajar untuk memainkannya.

Selama bermain game, para player baru tersebut pasti seringkali menemukan berbagai istilah aneh yang baru mereka temukan ketika bermain game Mobile Legends. 

Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, saya akan memberikan list kepada kalian mengenai berbagai istilah yang sering muncul dalam game Mobile Legends. Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasannya:

1. Farming

Saat match tengah berlangsung, hero kalian pasti membutuhkan gold untuk membeli item. Kegiatan mengumpulkan gold tersebut dinamakan dengan farming. Contoh kegiatan farming yaitu: membunuh monster jungle, membersihkan minion, membunuh turtle, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan perolehan gold.

2. Jungle

Kata "Jungle" berasal dari bahasa Inggris yang berarti "hutan". Seperti pengertiannya, jungle adalah area dalam map pertandingan yang berisi berbagai monster dan rumput (seperti hutan).

Area jungle biasanya digunakan pemain untuk melakukan farming serta dapat juga digunakan untuk strategi dalam menyerang musuh. Dengan menguasai area jungle musuh, secara otomatis tingkat kemenangan tim kalian akan meningkat drastis.

3. Creep

Creep adalah sebutan bagi para monster yang ada di area jungle. Sejumlah gold dapat kalian peroleh sesaat setelah creep terbunuh. Creep dijadikan sebagai sumber utama bagi kegiatan farming untuk memperoleh gold yang besar.

4. Offlaner

Offlaner adalah sebutan bagi hero yang bertugas mempertahankan lane atas maupun lane bawah dalam sebuah map. Offlaner biasanya diisi oleh hero fighter, karena mereka memiliki serangan yang cukup kuat dan dapat juga melakukan push turret dengan cepat.

5. Carry

Istilah carry diberlakukan bagi hero yang dapat membawa tim menuju kemenangan. Biasanya hero yang dapat melakukan carry adalah hero dengan damage yang besar serta unggul dalam perolehan gold.

6. Hyper

Hyper adalah istilah bagi hero yang bertugas sebagai pemegang spell retribution dalam sebuah tim. Tugas dari seorang hyper itu sendiri yaitu melakukan farming dan menjadi dealer damage tertinggi saat war.

Oleh karena itu, karena perannya yang sangat penting, tak jarang jika hero hyper sering diincar oleh musuh.

7. Core

Core memiliki artian yang sama dengan hyper. Istilah core juga dimaksudkan kepada hero yang bertugas melakukan farming dan menjadi dealer damage utama dalam tim.

8. Noob

Noob adalah istilah yang diberlakukan bagi player yang menjadi beban dalam suatu tim. Noob dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain:
  • Masih belajar hero;
  • Baru pertama kali bermain game MOBA;
  • Kendala sinyal;
  • HP kentang;
  • dan masih banyak lagi :v

9. Feeder

Feeder adalah istilah yang digunakan bagi player yang sering tewas tanpa memperoleh kill yang banyak. Tindakan feeder dinamakan dengan feeding, yang jika dilakukan secara terus menerus maka player yang melakukan feeding dapat memperoleh sanksi, contoh sanksinya yaitu pengurangan kredit skor hingga tidak diperbolehkan bermain di mode ranked.

10. Mukill

Mukill menurut saya memiliki arti memaksakan untuk mendapatkan kill. Role hero yang sering mendapatkan istilah ini adalah role tanker, karena mayoritas para hero tank selalu maju pertama kali tanpa memperhatikan hero lainnya terlebih dahulu.

Istilah mukill juga dapat digunakan untuk hero yang terlalu memaksakan dirinya untuk menyergap musuh (kadang sampe masuk ke dalam turret terus mati, namun musuh yang disergap malah masih hidup :v)

11. META

META merupakan singkatan dari (Most Effective Tactic Available) atau lebih jelasnya dapat diartikan sebagai strategi paling efektif yang bisa digunakan.

MOBA adalah genre game yang memuat unsur strategi di dalamnya karena kalian sebagai player harus menyusun siasat untuk menghacurkan tower base musuh kalian. Siasat yang kalian gunakan itu disebut dengan META.

Sebuah strategi pasti akan berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, begitupun dengan META. Adapun faktor - faktor penyebab perubahan META antara lain sebagai berikut:
  • Adanya adjustment hero;
  • Munculnya berbagai hero baru;

12. Buff

Istilah buff yang akan saya jelaskan disini adalah istilah yang digunakan dalam adjusment hero. Game MOBA seringkali melakukan adjustment hero untuk menyesuaikan kemampuan hero mereka terhadap pembaruan yang terus dilakukan. Dalam setiap adjustment tersebut, ada 2 istilah yang sering digunakan, yaitu buff dan nerf.

Buff dapat diartikan sebagai istilah yang digunakan bagi hero yang ditingkatkan kemampuannya. Dengan memperoleh buff, kemampuan hero tersebut akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Buff umumnya dilakukan kepada hero yang telah jarang digunakan atau mungkin juga hampir dilupakan oleh para pemainnya.

13. Nerf

Berbanding terbalik dengan buff, nerf mempunyai arti melemahkan kemampuan suatu hero. Dengan kata lain, hero yang terkena nerf akan menjadi lebih lembek dari sebelumnya.

Nerf biasanya dilakukan kepada hero yang memiliki kemampuan over power (mayoritas terjadi pada hero yang baru saja rilis).

14. Mikro

Mikro adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kalian dalam menguasai suatu hero. Semakin tinggi mikro yang kalian miliki, maka semakin besar juga peluang kemenangan kalian dalam pertandingan.

Contoh mikro yaitu jika kalian telah menjalani ribuan match dengan menggunakan Hellcurt (salah satu hero dalam game Mobile Legends), maka dapat dikatakan bahwa mikro Hellcurt kalian sudah tinggi karena kalian sudah paham tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika menggunakan Hellcurt.

Player yang memiliki mikro tinggi biasanya akan mendominasi permainan karena dia sudah tahu setiap detail yang harus dilakukannya, seperti kapan harus melakukan farming, item apa yang harus dibeli, kapan melakukan roam, dll. Oleh karena itu, jarang sekali player tersebut memperoleh nilai yang buruk ketika bertanding dengan menggunakan hero mikronya.

15. Makro

Makro adalah kemampuan kalian dalam menilai situasi. Hal yang paling sering dilakukan oleh player dengan makro yang tinggi adalah sering memperhatikan map dan mencari timing yang pas untuk melakukan war. Oleh karena itu, kemampuan makro biasanya diperuntukkan bagi para player tank ataupun offaner, karena mereka yang bertugas mengatur siasat kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan.

16. Split Push

Split push adalah strategi yang digunakan untuk melakukan push turret musuh secara diam - diam (bergerilya). Split push biasanya dilakukan oleh hero offlaner karena memang sudah tugas mereka untuk melakukan push turret.

Split push biasanya dilakukan untuk mengatasi strategi musuh yang bermain keroyokan.

17. Comeback

Comeback merupakan istilah yang digunakan jika tim kalian berhasil membalikkan keadaan dalam pertandingan. Contohnya jika tim kalian sudah terbantai sejak awal game namun pada akhirnya justru tim kalian yang menang. Itulah yang dinamakan comeback.

18. GG

GG merupakan singkatan dari (Good Game) yang berarti pujian bagi rekan tim kalian maupun tim musuh yang memiliki skill bermain yang bagus.

19. Over Power

Over power adalah istilah yang digunakan untuk hero yang memiliki kemampuan diatas rata - rata. Pada umumnya, istilah over power berlaku pada hero yang baru saja rilis karena developer game ingin hero itu digunakan oleh banyak pemain. Maka dari itu, biasanya kemampuan hero yang baru rilis cenderung lebih kuat (over power) daripada hero lainnya.

20. Banned

Banned adalah istilah untuk melarang suatu hero dalam sebuah pertandingan. Hero yang terkena banned secara otomatis tidak dapat digunakan oleh kedua tim yang akan bertanding.

Sistem banned dapat digunakan sebagai strategi awal untuk mengatur META apa yang akan dipakai dalam pertandingan tersebut.

21. Mabar

Mabar adalah istilah yang sering digunakan dalam segala jenis game multiplayer, karena mabar adalah singkatan dari "main bareng".

22. Lifesteal

Lifesteal adalah kemampuan hero untuk memulihkan nyawa mereka dengan melakukan hit kepada hero musuh. Dengan kata lain, jika kalian menyerang hero musuh dengan efek lifesteal, maka secara otomatis nyawa kalian akan pulih secara signifikan.

Tidak semua hero memperoleh efek lifesteal. Efek lifesteal hanya dapat diperoleh dari item maupun dari kemampuan hero itu sendiri.

23. KS

"KS' merupakan singkatan dari "Kill Steal" yang biasanya digunakan untuk menyinggung player yang hobinya nyuri kill dari hero hyper/core.

24. Mekanik

Mekanik adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan ketrampilan dalam menggunakan skill dari suatu hero.

Intinya, mekanik ini berkaitan dengan seberapa tingginya kalian menguasai skill dan kemampuan dari hero yang kalian gunakan. Jika ada yang bilang "adu mekanik" itu berarti dia ingin berduel satu vs satu dengan hero kalian.

25. Roam

Roam adalah istilah yang digunakan untuk menyuruh teman kalian melakukan rotasi. Rotasi ini berarti kalian harus sering melakukan pergerakan ke semua lane yang ada di map, jangan malah berfokus pada satu lane saja.

Roam ini seringkali ditujukan kepada hero midlane, sebab yang memiliki tanggung jawab melakukan rotasi sebagian besarnya terdapat pada hero midlane.

26. Highground

Area Highground
Contoh area highground
Highground merupakan area terpenting yang biasanya harus kalian pertahankan saat sudah memasuki late game. Area highground dalam game Mobile Legends meliputi base turret serta 3 inner turret yang biasanya daerahnya ditampilkan lebih tinggi daripada wilayah jungle (nanti kayak ada tangganya gitu).

Jika kalian sering mendengar hero highround, itu berarti hero tersebut memiliki skill area yang sangat luas, yang luasnya hampir meliputi seluruh area highground. hero-nya biasanya memiliki kemampuan untuk membersihkan gelombang minion yang datang dengan cepat.

27. AFK

AFK merupakan kependekan dari Away From Keyboard atau "jauh dari keyboard". 

Lah, kan main Mobile Legends nggak pakai keyboard min?
Istilah AFK dulunya memang tidak digunakan dalam game. Istilah ini pada awalnya ditujukan kepada orang yang meninggalkan chatting dengan mendadak. 

Sejak perkembangan game yang pesat di PC, istilah AFK kemudian mulai digunakan oleh para gamers kepada orang yang meninggalkan game secara mendadak, dan sampai sekarang istilah itu merambah ke dunia game mobile.

Oke mungkin itu saja postingan saya kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tulis saja pendapat kalian di kolom komentar.

Terima kasih

0 Response to "KS, Core, Hyper, Inilah Istilah dalam Game Mobile Legends yang Harus Kalian Ketahui!"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel