Royal Revolt 2, Game Action RPG dengan Balutan Tower Defense yang Epic - Teh90blog

Royal Revolt 2, Game Action RPG dengan Balutan Tower Defense yang Epic

Royal Revolt 2 Review

Royal Revolt II merupakan sebuah sekuel dari seri sebelumnya, Royal Revolt!, yang telah rilis pada 22 Oktober 2012. Masih dengan developer yang sama, yaitu Flaregames, Royal Revolt II tampil dengan memberikan banyak sekali sentuhan baru pada permainannya, namun masih tetap dengan konsep yang sama dengan seri sebelumnya.

Jika kalian pernah memainkan Royal Revolt yang pertama, maka kalian akan sangat mudah memahami gameplay permainan yang ada dalam seri yang kedua ini, karena sebagian besar inti gameplay-nya masih sama. Perbedaannya, Royal Revolt II memberikan pengalaman bermain yang lebih kompleks dengan ditambahkannya unsur tower defense serta munculnya berbagai fitur baru. Berbagai fitur baru yang hadir tersebut sangat masuk akal, mengingat game Royal Revolt II ini dijalankan dengan koneksi internet (online), tidak seperti game Royal Revolt sebelumnya yang dapat kalian mainkan secara offline.

Nah, untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai game Royal Revolt II ini, mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


A. Gameplay

Gameplay Royal Revolt 2

Game Royal Revolt II mengisahkan seorang raja/ratu yang harus memajukan kerajaannya sendiri untuk dapat menjadi sebuah kerajaan maju yang tentunya ditakuti oleh para musuhnya. Maka dari itu, dalam game ini kalian sebagai pemain akan memiliki misi utama yaitu untuk mengembangkan sebuah kerajaan hingga menjadi semakin besar dan maju. Berbagai bangunan yang ada dalam kerajaan semuanya dapat ditingkatkan, mulai dari lumbung padi, bar, tukang besi, arena, pasukan penjaga, dan masih banyak lagi. Biaya peningkatannya dapat berupa gold maupun dengan diamond.

Satu - satunya cara untuk mendapatkan diamond adalah dengan mengikuti event, membuka peti, maupun melakukan push trophy secara rutin. Kalian juga bisa mendapatkan diamond melalui micro transaction yang telah tersedia dalam game. Namun tenang saja, walaupun memiliki micro transaction di dalamnya, diamond yang ada dalam game ini bisa didapatkan dengan mudah kok. Jadi, buat kalian para player gratisan tak usah khawatir, karena tanpa top up pun kalian masih bisa mendapatkan banyak diamond secara gratis.

Sementara itu, satu - satunya cara untuk mendapatkan gold yang banyak yaitu dengan menyerang base musuh, namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan pertahanan kerajaan kalian yang kuat juga agar gold yang sudah diperoleh nantinya tidak dapat dicuri oleh musuh. Nah, faktor inilah yang menjadi salah satu pembeda dari game Royal Revolt seri sebelumnya, karena game ini juga menghadirkan genre tower defense dimana kalian sebagai player diharuskan untuk menyusun sebuah pertahanan agar musuh yang menyerang kerajaan kalian tidak bisa mendapatkan gold dengan mudah.

Terdapat berbagai bangunan yang dapat kalian tempatkan sebagai benteng pertahanan kerajaan kalian, mulai dari barikade, arrow tower, bomb tower, lava launcher, heal tower, dan masih banyak bangunan lainnya. Berbagai macam bangunan pertahanan tersebut dapat disusun secara bebas dalam sebuah area berbentuk petak. Maka dari itu, sebisa mungkin susunlah pertahanan kalian se-efektif mungkin agar musuh yang menyerang tidak dapat mendapatkan 3 bintang dengan mudah.

Selain menempatkan bangunan, kalian juga bisa memunculkan sebuah gelombang pasukan yang nantinya akan bertugas untuk menghalau musuh yang datang. Gelombang pasukan ini dapat kalian upgrade dan kustomisasi sendiri di dalam "Castle Guard". Tak cukup sampai disitu, game ini juga menghadirkan "beast" yang akan membuat musuh semakin kewalahan, sebab beast memiliki HP dan serangan yang lebih kuat dari pasukan lainnya, sehingga peluang pertahanan kalian untuk menang akan semakin besar.

Cukup dengan sistem pertahanannya, mari kita beralih ke sistem serangannya. Tak jauh berbeda dari seri game sebelumnya, saat menyerang musuh kalian nantinya akan mengendalikan sang raja/ratu yang harus mengatur pasukan dan tempo serangannya untuk dapat menghancurkan base musuh dengan cepat. Untuk mempermudah usaha sang raja/ratu tersebut, terdapat banyak sekali spell dan item yang dapat kalian kustomisasi sendiri sesuai dengan tipe gameplay kalian, mengingat game ini masih mengusung tema RPG seperti game sebelumnya.


B. Fitur Game

Dungeon

Fitur Royal Revolt 2

Fitur game Royal Revolt II yang paling memorable bagi saya adalah dungeon, sebab fitur ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan berbagai item yang langka hanya dengan menyelesaikan setiap level yang telah disediakan.

Tak hanya itu, dungeon juga menghadirkan berbagai pasukan khusus yang nantinya hanya dapat kalian temukan dan upgrade melalui dungeon ini, contohnya seperti Ogre, Werewolf, The Mummy, dan Gargoyle. Uniknya lagi, mayoritas pasukan yang kalian dapatkan dari dungeon ini memiliki kemampuan yang cukup over power, sehingga serangan ataupun pertahanan kalian akan meningkat secara drastis.

Namun sayangnya, biaya makanan (food) yang harus dikeluarkan untuk menyelesaikan misi dalam dungeon ini sangat banyak, sehingga membuat banyak player-nya enggan untuk menyelesaikannya. Daripada makanannya abis cuma buat nyelesaiin 1 misi doang di dungeon, kan lebih baik buat farming gold dan push trophy biar lebih cepat naik level.


Ninja Event

Ninja Event merupakan salah satu event rutin yang hadir dalam game Royal Revolt II setiap bulannya. Dalam event ini, yang harus kalian lakukan adalah mengambil seluruh wilayah dari ninja untuk mendapatkan poin demi memperoleh berbagai hadiah eksklusif.

Hadiah utama yang dapat kalian peroleh dari event ini adalah sebuah ninja yang nantinya akan mendampingi raja/ratu kalian saat melakukan serangan. Ninja tersebut juga memiliki skill khusus yang dapat membuat raja/ratu kalian lebih kuat.

Tak hanya mendapatkan ninja, kalian nantinya juga akan mendapatkan hadiah lain seperti Epic Chest, Pal Chest, dan berbagai peti lainnya yang berisi equipment langka ataupun resource yang sangat dibutuhkan untuk melakukan upgrade.


Custom Layout

Fitur Royal Revolt 2

Untuk membuat para player-nya tidak cepat bosan, custom layout yang hadir dalam game ini telah sukses memberikan berbagai pilihan nuansa yang baru bagi para player agar mereka lebih betah memainkan game ini dalam waktu yang lama. 

Ada banyak sekali tipe layout, mulai dari gurun pasir, natal, gunung berapi, salju, musim gugur, sakura, dan masih banyak lagi layout yang lain. Gilanya adalah, semua layout yang hadir dapat kalian peroleh tanpa harus melakukan top up, sehingga membuat player gratisan seperti saya tentu sangat berbahagia.


Asosiasi/Clan

Asosiasi/Clan merupakan satu - satunya fitur dalam game ini yang dapat membuat kalian berinteraksi dengan player lainnya. Kalian juga bisa mengikuti conquest dengan rekan satu aliansi kalian untuk menaklukkan aliansi lain dengan berbagai chest dan item menarik lainnya sebagai hadiah.

Tak hanya itu, terdapat juga berbagai peningkatan khusus lainnya yang hanya akan kalian dapatkan dari asosiasi, contohnya seperti peningkatan bangunan, peningkatan pasukan, beast, dan masih banyak yang lainnya.

Melihat begitu banyaknya benefit yang bisa kalian dapatkan dari asosiasi. Maka dari itu, usahakan bergabung ke dalam asosiasi dengan banyak member yang aktif untuk mendapatkan hadiah yang maksimal. Saran saya jangan membuat asosiasi sendiri, karena player Royal Revolt II tidak begitu banyak, ditambah lagi dengan tidak adanya fitur chat global, sehingga kalian mungkin akan sangat kesusahan mencari member baru. 


Season Pass

Sama layaknya game online lainnya, Royal Revolt II juga memiliki fitur season pass dengan berbagai hadiah menarik yang dapat kalian klaim dalam setiap levelnya. Season pass dalam game ini dibanderol dengan harga 71k rupiah saja yang menurut saya sangat worth it untuk dibeli, karena harga tersebut sudah tergolong murah jika dibandingkan dengan season pass pada game lain.

Nah, buat kalian para player gratisan, nggak usah khawatir, karena terdapat juga hadiah gratis yang dapat kalian klaim pada tiap levelnya. Hadiah gratis yang diberikan pun juga sangat menggiurkan, seperti berbagai equipment langka, rune chest, diamond, dll.


C. Grafis

Fitur Royal Revolt 2

Bicara masalah grafis, Royal Revolt II menampilkan grafis yang cukup memukau walaupun dengan tampilannya yang masih minimalis, sehingga membuat game ini tergolong sangat ringan untuk kalian mainkan di spek android kentang sekalipun.

Gerakan serangan (movement) tiap karakternya juga sudah berjalan dengan halus, meskipun belum begitu sempurna juga, namun setidaknya gerakannya tidak terlalu kaku untuk dilihat. Efek dari berbagai spell yang disediakan juga sudah ditampilkan dengan cukup epic, membuat setiap pertarungan kalian akan dipenuhi dengan berbagai efek yang sangat menarik untuk dilihat.

Dengan berbagai karakter kartunis yang ditampilkan, Royal Revolt II sangat cocok ditujukan bagi kalangan anak - anak yang memang sangat suka dengan hal - hal berbau kartun. Efek serangannya pun juga ditampilkan dengan sangat family friendly, tidak ada darah, tidak ada kekerasan yang terlalu mencolok, membuat game-nya sangat relevan untuk dimainkan oleh kalangan anak - anak.


D. Kelebihan & Kelemahan

Kelebihan

  1. Ramah kepada player gratisan.
  2. Dapat dimainkan di HP spek kentang.
  3. Koneksi server sangat stabil.
  4. Memiliki grafis yang sederhana, namun sangat memukau.

Kelemahan

  1. Tidak adanya fitur chat global.
  2. Makanan (food) yang dibutuhkan untuk melakukan farming gold sangat boros.


E. Screenshots

Royal Revolt 2

Royal Revolt 2


Royal Revolt II merupakan game yang sangat direkomendasikan buat kalian pecinta game action RPG mengingat banyaknya kustomisasi equipment yang tersedia yang sangat kental rasanya dengan genre RPG.

Game ini juga tidak terlalu menghabiskan waktu, sebab dalam sekali main, kalian mungkin hanya bisa melakukan 5 kali serangan. Berbagai event yang tersedia juga tak terlalu menuntut kalian untuk berlama lama di dalam game,  yang membuat Royal Revolt II ini terasa sangat santai untuk dimainkan. Akan tetapi, sebagai dampak negatifnya, mungkin kalian akan merasa cepat bosan dengan gameplay yang disajikan, ditambah lagi dengan minimnya konten update yang diberikan membuat game ini kalah saing dengan game - game online lainnya.

Terlepas dari berbagai kelebihan dan kelemahannya, Royal Revolt II masih menjadi game Action RPG yang sangat saya rekomendasikan untuk kalian mainkan. Dengan gameplay-nya yang sangat fun, game ini menjadi pilihan yang sangat tepat terutama buat kalangan anak - anak untuk mengisi waktu luang mereka.

Jadi, bagaimana sekarang? Apakah kalian tertarik untuk merawat kerajaan dalam game Royal Revolt II?

***

Sekian review saya mengenai game Royal Revolt II. Jika ada yang ingin kalian tambahkan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com karena blog ini akan terus menyajikan info - info menarik seputar dunia game.

Terima kasih.

0 Response to "Royal Revolt 2, Game Action RPG dengan Balutan Tower Defense yang Epic"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel