Terampil Edit HTML dengan Aplikasi Notepad++ - Teh90blog

Terampil Edit HTML dengan Aplikasi Notepad++

HTML, mungkin buat kalian pengguna blogger pasti sudah sering mendengar istilah tersebut. HTML adalah sebuah pemrograman yang sering kita gunakan saat akan melakukan edit template pada sebuah blog.

Namun, kebanyakan dari blogger saat ini belum memahami script html, sehingga resiko kesalahan saat melakukan edit template pun menjadi besar. Saya dulu juga merasakan hal demikian saat pertama kali membuat blog ini. Sampai akhirnya ada seorang teman yang menyarankan saya untuk menggunakan aplikasi notepad++ saat melakukan edit html.

Apa itu aplikasi Notepad++?


Menurut saya, aplikasi Notepad++ merupakan aplikasi yang memang dibuat secara khusus untuk melakukan pemrograman. Pada dasarnya aplikasi ini mirip seperti menu edit html dalam blogger, namun fitur yang ditampilkan lebih banyak dan bervariasi.

Dengan aplikasi Notepad++ ini, kalian akan dimudahkan ketika melihat sebuah script html. Pada dasarnya, script html itu memiliki bagian berupa kode pembuka dan kode penutup. Nah dalam aplikasi Notepad++ ini, kedua kode tersebut akan ditampilkan secara jelas.

Saya contohkan saja, misalnya kalian mendapatkan script seperti dibawah ini:
<b:includable id='title'>
  <b:tag cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl' expr:href='data:blog.homepageUrl' name='a'>
    <data:title/>
  </b:tag>
</b:includable>

Jika kalian masih awam mengenai html, pasti kalian tidak akan tahu kode pembuka maupun kode penutup dalam script tersebut. Tapi dengan mencopy paste kan script tersebut ke Notepad++, maka kalian dapat dengan mudah mengetahui kode pembuka dan penutupnya. Kurang lebih hasilnya seperti ini:


Bagian yang diblok tersebut adalah kode pembuka dan penutup dalam script tersebut, untuk membedakannya kalian hanya tinggal melihat posisinya. Kode pembuka pasti akan berada di awal dan kode penutup pasti akan berada di akhir.

Keunggulan lainnya dari Notepad++ yaitu jika kalian mengalami kesalahan saat melakukan editing html, aplikasi Notepad++ akan secara otomatis menunjukkan kode apa saja yang eror, sehingga kalian dapat dengan mudah memperbaikinya.

Saya contohkan, misalnya saya akan menghapus kode class='body-fauxcolumns'> dalam script di bawah ini:
<div class='body-fauxcolumns'>
    <div class='fauxcolumn-outer body-fauxcolumn-outer'>
    <div class='cap-top'>
      <div class='cap-left'/>
      <div class='cap-right'/>
    </div>
    <div class='fauxborder-left'>
    <div class='fauxborder-right'/>
    <div class='fauxcolumn-inner
    </div>
    </div>
    <div class='cap-bottom'>
      <div class='cap-left'/>
      <div class='cap-right'/>
    </div>
    </div>
  </div>

Tampilan script tersebut dalam aplikasi Notepad++ :

Saat saya tengah melakukan penghapusan kode class='body-fauxcolumns'>, dapat dilihat bahwa Notepad++ akan langsung memblok kode mana saja yang memiliki kaitan dengan kode tersebut. Itu menandakan bahwa saya juga harus menghapus kode yang di blok tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Notepad++ ini juga dapat menghitung kode yang sama dalam sebuah script html. Contohnya, jika kalian ingin mengetahui jumlah kode <data:post.body/> , kalian hanya perlu klik ctrl + F, lalu masukkan <data:post.body/> terus klik count. Dalam contoh ini dapat terlihat kalau jumlah kode tersebut adalah 2.

Jika kalian ingin mengetahui kode mana yang pertama, maka cukup tekan enter pada hasil pencarian sampai terdapat tulisan seperti di bawah ini:

Oke, mungkin itu saja postingan saya kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar

Jangan lupa untuk selalu kunjungi teh90blog.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

0 Response to "Terampil Edit HTML dengan Aplikasi Notepad++"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel