Review Game Murder by Choice, Game Detektif yang Seru Abis - Teh90blog

Review Game Murder by Choice, Game Detektif yang Seru Abis

Review Game Murder by Choice

Menjadi seorang detektif di dalam game memang sangat menyenangkan. Menghubungkan setiap clue yang ditemukan, menginvestigasi orang - orang yang terlibat, hingga menangkap tersangka utamanya, setiap langkahnya selalu saja menarik untuk dilihat. 

Maka dari itu, wajar saja jika game bertemakan detektif sekarang sudah bertebaran dimana - mana, salah satu contohnya yaitu game Muder by Choice yang akan saya ulas dalam postingan ini.

Murder by Choice merupakan game teka - teki mystery besutan developer Nordcurrent Games yang rilis pada 18 Oktober 2022. Game ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store dengan rating sebesar 4,4. Angka unduhan dan rating yang cukup tinggi untuk sebuah game teka - teki.

Game ini mengusung gameplay scroll and click, yang artinya kalian sebagai player hanya diharuskan untuk menekan layar untuk menyelesaikan setiap misinya. Jika kalian pernah main Criminal Case, kalian pasti sudah paham betul bagaimana cara mainnya (kelihatan banget sih sepuhnya kalau pernah main Criminal Case).

Bedanya, di game Murder by Choice ini ceritanya dibuat dengan lebih detail dan sistematis. Kalian seolah - olah seperti menonton film ketika memainkannya, karena mayoritas adegannya dianimasikan dengan baik. Gaya animasinya pun berbeda - beda, kadang berpanel - panel kayak komik, kadang bergerak juga kayak scene yang ada di film, semuanya dipoles dengan grafis yang bagus, membuat saya betah berlama lama memainkannya.

Lantas, apa saja sih fitur yang ditawarkan dalam game Murder by Choice ini? Mari langsung saja simak pembahasannya berikut:


A. FITUR GAME

1. Gameplay Adventure Scroll and Click yang Mudah Dipahami

Gameplay mudah dipahami

Sistem kontrol yang mudah pada game scroll and click memang menjadi salah satu keunggulan yang cukup signifikan, karena dengan mekanismenya yang mudah itu semua kalangan bisa memainkan game-nya.

Buktinya dulu Criminal Case sangat ramai dimainkan oleh banyak orang di jaman awal era munculnya android. Kala itu, game dengan mekanisme yang mudah dimainkan sangat laku di pasaran, karena semua orang bisa nyoba buat mainin game-nya.

Di jaman sekarang mungkin gameplay kayak gitu udah mulai ketinggalan jaman, sehingga perlu adanya gebrakan baru di game scroll and click untuk menarik peminat yang banyak yang relevan dengan perkembangan game di era sekarang.

Beragam gebrakan baru tersebut sangat terlihat di game ini. Kalian sebagai player tidak hanya menekan - nekan layar doang, melainkan juga menentukan mau kemana alur ceritanya akan berjalan. Jadi, sebagai player kalian akan memiliki andil yang besar untuk menemukan dan menentukan siapa yang menjadi pembunuh yang sebenarnya.

Meski cabang alur ceritanya tidak sekompleks game buatan Telltale, tapi setidaknya di game ini kalian sudah berkontribusi untuk menentukan arah cerita, jadi nggak full nyimak doang.


2. Fitur Hint

Hint

Untuk memudahkan barang yang kalian cari, game ini memiliki fitur hint yang akan secara otomatis menunjukkan tempat dan lokasi barang yang dibutuhkan. 

Saat fitur ini digunakan, nantinya akan ada cahaya ilahi yang muncul di layar yang menandakan disitulah arah ataupun barang yang sedang kalian cari.

Fitur hint ini sangat krusial, karena di beberapa momen akan ada satu atau dua barang yang letaknya sangat tricky dan tersembunyi yang akan sangat sulit untuk kalian temukan.

Sejak mulai bermain, kalian akan diberikan 5 fitur hint secara gratis, dan jika kalian telah menghabiskannya, kalian bisa membelinya dengan melakukan top up ataupun menunggu pengisian cooldown-nya yang sangat lama.

Hal yang sama juga berlaku pada energi yang akan terus berkurang jika kalian melakukan kesalahan di setiap misinya. 

Jika energinya sampai habis, maka kalian tidak akan bisa bermain sama sekali. Satu - satunya hal yang bisa kalian lakukan hanya menunggu cooldown pengisian energinya yang sangat lama untuk bisa memainkan game ini lagi, ataupun melakukan top up jika gamau nunggu.

Lamanya pengisian energi itulah yang banyak dikeluhkan oleh para player, sebab dalam sehari belum tentu energinya bisa terisi penuh kembali. 

Padahal, jika kalian melakukan kesalahan terus, energinya bisa langsung habis dalam beberapa menit saja. Masak udah nungggu seharian buat ngisi energi bisa langsung abis buat main beberapa menit doang, kan nggak ngotak.


3. Barang Collectible

Collectible

Selain barang yang kalian cari di setiap misi, ada beberapa barang koleksi yang bisa kalian temukan di lokasi tertentu. Pencarian barang koleksi ini sangat sulit, dan jika kalian berhasil mengumupulkannya, kalian akan mendapatkan imbalan berupa energi yang cukup banyak.

Barang koleksi ini sepenuhnya hanya fitur pelengkap saja, yang artinya kalian tidak diwajibkan untuk mencarinya. Nah, nanti setelah ceritanya selesai, baru lah kalian diwajibkan untuk mencari barang - barang koleksi ini secara bebas.


4. Explore Mode

Explore Mode

Map game yang luas tentu tidak akan lengkap jika tidak memiliki fitur explore mode. Lewat explore mode ini kalian bisa menjelajahi setiap lokasi yang ada di game ini secara bebas.

Sayangnya, fitur ini baru akan terbuka saat kalian sudah menyelesaikan cerita utamanya. Tapi jangan khawatir dulu, karena waktu ceritanya masih berjalan pun kalian sebenarnya bisa menjelajah map-nya dengan bebas kok, jadi fitur ini nggak bakal berpengaruh banyak ke dalam pengalaman bermain kalian.


B. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan

  1. Alur cerita yang seru dan tidak mudah ditebak.
  2. Grafis memukau.
  3. Tidak ada iklan yang mengganggu.
  4. Mudah dimainkan.

Kelemahan

  1. Cooldown pengisian energi yang terlalu lama.
  2. Levelnya susah.
  3. Boros kuota (Setiap muncul animasi bakal menguras kuota kalian karena datanya tidak diunduh secara lengkap sejak awal).


C. SPESIFIKASI

Sebenarnya, tidak dibutuhkan perangkat yang cukup tinggi untuk memainkan game ini, mengingat gameplay-nya yang dibuat sangat simple. Akan tetapi, satu hal yang pasti adalah kalian harus memiliki penyimpanan yang cukup besar, karena ukuran game ini akan terus membengkak seiring ceritanya berjalan.

Detail lebih lengkapnya mengenai spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game Murder by Choice bisa kalian lihat di bawah ini.

Spesifikasi minimum untuk bermain Murder by Choice

OS: Android 5.0 atau yang lebih tinggi
RAM: 4 GB
Memori: 3 GB penyimpanan internal yang kosong


D. GAMEPLAY


Jika saja pengisian energi dalam game ini bisa dipercepat, mungkin Murder by Choice ini bisa lebih populer lagi dari sekarang. 

Kalo saran dari saya sih mending dibikin premium aja sekalian dan nggak usah pakai sistem energi, karena kalau pakai sistem energi kayak gini jatuhnya ini game nggak bisa dimainin sama sekali. Waktu kalian benar - benar habis buat nunggu pengisian energinya doang ketimbang bermain game-nya. 

Padahal, potensi yang ada di game ini sangat besar, mulai dari segi grafisnya yang udah totalitas, voice over dari para karakternya yang nggak kalah bagusnya, ditambah dengan alur ceritanya yang tidak mudah ditebak. Udah banyak sekali keunggulannya, dan sayang aja kalau beragam keunggulan tersebut tidak bisa dinikmati oleh para playernya hanya karena waktu pengisian energinya yang lamanya minta ampun.

Kesimpulannya, Murder by Choice merupakan game scroll and click dengan kualitas yang memukau, meski sayang sistem dalam game-nya yang terlalu menguntungkan pihak developer-nya membuat game ini unplayable sama sekali.

Buat kalian yang bisa sabar nungguin pengisian energinya sih mungkin oke - oke saja. Tapi buat orang kayak saya yang udah geregetan dari awal sudah pasti bakal pilih mainin versi mod-nya saja. Salah siapa juga yang bikin pengisian energinya lama.

***

Sekian review game Murder by Choice dari saya. 

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini sepenuhnya hanya berasal dari opini pribadi saya. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan masukan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar game lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Review Game Murder by Choice, Game Detektif yang Seru Abis"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel