Dead Effect, Game FPS Zombie di Luar Angkasa yang Menegangkan - Teh90blog

Dead Effect, Game FPS Zombie di Luar Angkasa yang Menegangkan

Review Game Dead Effect

Game bertema zombie memang cukup digemari di kalangan para gamers. Buktinya, sampai sekarang ada banyak sekali game bertemakan zombie yang telah rilis di berbagai platform, termasuk android.

Atmosfernya yang mencekam, ditambah dengan ketegangan yang didapat ketika memainkannya menjadi salah satu alasan kuat mengapa game bertema zombie ini laris di pasaran. 

Meskipun sekarang sulit rasanya untuk menemukan game zombie yang benar - benar berkualitas, sebab mayoritas semuanya memiliki template yang hampir sama.

Nah, dari banyaknya game zombie yang ada di luar sana, terdapat satu game yang menurut saya sangat layak kalian coba, game tersebut berjudul Dead Effect.

Dead Effect merupakan game FPS besutan developer BadFly Interactive yang telah dirilis sejak 2013 silam di platform iOS, baru 2 tahun setelahnya game ini eksis di platform Android sampai sekarang.

Saat pertama kali mencoba game ini, pikiran saya langsung menuju ke franchise game Dead Space di PC. Ekspektasi saya pun mengatakan bahwa mungkin saja game ini bisa menyamai keunggulan yang ada pada game Dead Space, dan bagaimana hasilnya? Ternyata tidak buruk juga.


A. SINOPSIS

Dead Effect menceritakan tentang seorang awak pesawat luar angkasa yang secara misterius terbangun tanpa alasan yang jelas. Saat kedua matanya terbuka, keadaan di sekitar sudah kacau balau, tidak ada satu pun awak pesawat lain yang terlihat olehnya. Dia pun segera mengambil perlengkapan dan pergi untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Ketika sedang dalam perjalanan, barulah dia sadar bahwa ternyata seluruh awak pesawat sudah terinfeksi oleh wabah misterius yang membuat mereka berubah menjadi zombie. Dia akhirnya harus berjuang sendirian untuk bertahan hidup, sekaligus mencari cara bagaimana untuk lolos dari situasi tersebut.

Konsep cerita utama yang disajikan dalam game Dead Effect ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari yang ada di game Dead Space. Kalian sebagai player utama sama - sama harus bertahan hidup dan berusaha untuk mencari jalan keluar dari wabah mengerikan yang menimpa seluruh awak kapal luar angkasa.

Bedanya, plot cerita yang ada dalam Dead Effect ini terkesan lebih singkat dan ringan. Dialog yang terjadi antar karakter pun tidak terlalu banyak. Wajar lah soalnya ukuran game-nya nggak terlalu berat.


B. FITUR GAME

1. Kustomisasi Kontrol yang Fleksibel

Kustomisasi Kontrol yang Fleksibel

Untuk game yang membutuhkan refleks yang bagus saat memainkannya, kustomisasi tombol memang menjadi salah satu hal yang krusial. Untungnya, dalam game Dead Effect ini kalian bisa memodifikasi seluruh tombolnya sesuai dengan kemauan kalian.

Bahkan, ada fitur auto tembak juga bagi kalian yang sering panik saat berhadapan dengan gerombolan zombie yang banyak.

Menurut pendapat saya pribadi, dengan adanya kustomisasi kontrol ini, pengalaman gameplay yang dihadirkan terasa jauh lebih imersif, sebab saya dapat memodifikasi semua tombol yang ada sesuai dengan cara bermain yang saya pakai. Mirip lah kayak yang ada di game Battle Royale, seperti: PUBG, CoD, Apex, dll.


2. Memiliki Beragam Jenis Senjata dan Ability Khusus

Memiliki Beragam Jenis Senjata

Tak jauh berbeda dari game FPS pada umumnya, Dead Effect juga menghadirkan banyak sekali jenis senjata yang bisa kalian pakai, mulai dari Shotgun, Rifle, Sniper, dll. Setiap senjata akan memiliki karakteristik dan keunggulannya masing - masing. 

Seluruh atribut dari senjata tersebut juga bisa kalian upgrade menggunakan gold yang kalian peroleh dari menyelesaikan level. Saran saya pergunakan gold kalian sebaik mungkin, sebab untuk memperoleh gold dalam game ini tergolong cukup sulit. Jumlahnya mepet lah pokoknya, jadi jangan asal beli atau upgrade senjata.

Selain itu, setiap karakter yang kalian pakai juga dibekali dengan ability khusus yang nantinya dapat kalian pakai di dalam in game. 


3. Mengusung Sistem Semi Open World dengan Grafis yang Memukau

Grafis yang Memukau

Desain setiap level yang hadir dalam game Dead Effect dibuat semi open world. Jadi, kalian sebagai player dibebaskan untuk mengakses seluruh area yang tersedia, meskipun ruangannya sangat terbatas, makanya dinamakan "semi open world".

Akan ada banyak juga item - item tersembunyi yang tersebar di seluruh penjuru map, sehingga mau tidak mau kalian harus mengeksplor seluruh area yang ada di setiap level jika ingin menemukan seluruh item tersebut.

Meskipun game Dead Effect ini sekarang sudah bisa terbilang game jadul. Akan tetapi, sajian grafis yang ditampilkan sudah terasa cukup maksimal di kelasnya sebagai game mobile. Meskipun di beberapa sisi grafisnya memang terlihat masih kurang, namun hal tersebut masih bisa dianggap masuk akal mengingat ukuran dan spesifikasi untuk memainkan game ini tergolong cukup ringan.


4. Plot Cerita yang Penuh dengan Kejutan

Plot Cerita yang Penuh dengan Kejutan

Kurang rasanya jika game yang bertemakan zombie tidak diiringi dengan plot cerita yang menarik, sebab unsur ketegangan saat memainkannya mayoritas berasal dari konflik yang menarik di sepanjang plot cerita tersebut.

Plot cerita yang dihadirkan dalam game Dead Effect ini sebenarnya cukup ringan. Akan tetapi, berbagai konflik yang ada di dalamnya membuatnya menjadi lebih menarik untuk kalian ikuti.

Ada banyak sekali rintangan harus dilalui, beragam jenis zombie yang harus dibasmi, bahkan ada boss juga yang harus kalian tumbangkan, dan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kalian temui di sepanjang ceritanya.

Walaupun plot-nya masih tergolong mudah untuk ditebak, namun game ini setidaknya telah berhasil menyajikan cerita yang cukup memuaskan bagi para player-nya.


C. SPESIFIKASI

Untuk mengetahui apakah game Dead Effect ini berjalan dengan baik di smartphone kalian, langsung saja simak spesifikasi lengkapnya berikut:

System Requirements

Android: Android 6.0 dan yang lebih tinggi
RAM: 2 GB
Memori: 1,5 GB kosong


D. KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Spesifikasi dan size game tergolong ringan.
  2. Grafisnya bagus untuk sekelas game mobile.
  3. Bisa dimainkan secara offline.
  4. Memiliki banyak side quest
  5. Minim iklan.

Kelemahan

  1. Saturasi warnanya kurang dipoles, beberapa areanya terlalu silau dan tidak enak buat dipandang.
  2. Menu UI kurang terlihat jelas, terlalu gelap, font-nya juga kurang.
  3. Masih memiliki beberapa bug.
  4. Jarang mendapatkan update dari pihak developer.


E. GAMEPLAY


Dari panjangnya ocehan saya diatas, dapat saya simpulkan bahwa game Dead Effect ini merupakan game FPS yang cukup recommended buat kalian mainkan.

Genre zombie yang dipadukan dengan elemen horor luar angkasanya yang menegangkan disajikan dengan cukup sempurna menjadi salah satu alasan kuat mengapa saya betah memainkan game ini.

Bisa dibilang kalau game Dead Effect ini merupakan versi lite dari game Dead Space di PC, karena mayoritas konsepnya emang terlihat sama, hanya berbeda dalam beberapa aspek saja.

Jadi, bagaimana sekarang? Apakah kalian tertarik untuk mencoba game Dead Effect? Buat kalian yang sudah pernah memainkannya, silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar.

****

Sekian pembahasan dari saya mengenai game Dead Effect.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar game android lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "Dead Effect, Game FPS Zombie di Luar Angkasa yang Menegangkan"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel