The Walking Zombie 2, Game Survival Zombie yang Menarik dan Ringan - Teh90blog

The Walking Zombie 2, Game Survival Zombie yang Menarik dan Ringan

The Walking Zombie 2 Game Review

Mendengar konsep game zombie, yang saya ekspektasikan paling gameplay dan grafisnya hanya gitu - gitu doang. Susah sekali rasanya memberikan ekspektasi yang tinggi karena mayoritas game-nya memiliki kualitas yang hampir sama.

Namun, nampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi Alda Games selaku pengembang dari game The Walking Zombie 2 ini. Dirilis pada tahun 2019, The Walking Zombie 2 ternyata menampilkan gameplay survival melawan zombie yang lebih kompleks dari game zombie pada umumnya.

Walaupun sekilas game ini memiliki judul yang mirip dengan serial zombie paling terkenal di dunia (The Walking Dead), namun keseluruhan cerita yang ditampilkan sama sekali tidak berhubungan dengan cerita yang ada dalam serial The Walking Dead. Mungkin developer-nya ngasih nama game ini The Walking Zombie 2 agar game-nya lebih mudah dikenal, siapa tahu kan?

Saya sudah memainkan game ini selama beberapa minggu, dan harus saya akui kalau game The Walking Zombie 2 ini sangat ringan, bahkan saya rasa HP spek kentang pun saya yakin bisa memainkan game ini dengan lancar. 

Hal ini juga didukung dengan grafis modern polygon-nya yang sangat smooth untuk dilihat, membuat tampilan berbagai environment-nya lebih enjoyable sekaligus membuat ukuran game-nya menjadi lebih ringan.

Oiya, game ini juga dirilis di banyak platform lho, mulai dari Android, PlayStation 4, Xbox One, iOS, PlayStation 5, Steam, dan Xbox. Banyak juga ya platformnya untuk sekelas game kayak gini.

Nah, dengan segudang kelebihan yang telah saya singgung diatas, apakah game ini layak buat kalian mainkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan lengkapnya berikut:


A. SINOPSIS

Dunia tengah dilanda wabah zombie yang sangat berbahaya. Semua manusia yang masih bertahan kini hidup berkelompok sambil berusaha untuk hidup di tengah pasukan zombie dengan seluruh tenaga yang masih tersisa. Salah satu manusia yang hidup di tengah bencana ini yaitu sang karakter utama, yang dilahirkan di hutan tepat di tengah para gerombolan zombie liar. Mirisnya, setelah berhasil melahirkan, Ibu dari sang karakter utama mati, lalu berubah menjadi zombie dan menyerang manusia yang lainnya.

Di tengah kemalangan itu, sang karakter utama yang masih bayi ternyata mendapatkan kemampuan kebal dari serangan zombie. Jadi, dari sekian banyak manusia yang masih tersisa, hanya sang karakter utama lah yang tidak akan berubah setelah tergigit oleh zombie. Kemampuan tersebut membuatnya menanggung sebuah tanggung jawab yang besar, yaitu untuk menyelamatkan umat manusia dari wabah zombie yang semakin mengganas setiap harinya.


B. FITUR GAME

1. Game survival yang dibalut dengan genre RPG

Gameplay survival yang dibalut dengan RPG

Sama seperti game bertema zombie lainnya, The Walking Zombie 2 mengusung genre survival dan FPS untuk membuat pengalaman gameplay melawan zombie lebih terasa intens. Akan tetapi, tak cukup sampai disitu saja, Alda Games selaku developer ternyata menambahkan elemen RPG dalam game ini yang secara otomatis membuat gameplay-nya terlihat semakin kompleks untuk kalian mainkan.

Elemen RPG-nya sendiri sangat terasa di berbagai aspek, mulai dari adanya collectible item yang bisa kalian dapatkan di tengah misi, fitur upgrade skill karakter, upgrade senjata, transaksi dengan pedagang, dan masih banyak lagi. 

Jadi, agar dapat menyelesaikan misi dengan lebih mudah, kalian bisa melakukan upgrade karakter dan senjata untuk mendapatkan bonus serangan yang nantinya akan sangat berguna saat berhadapan dengan jenis zombie - zombie tertentu yang sulit untuk dilawan.


2. Karakter yang sangat interaktif

Karakter yang Interaktif

Belum lengkap rasanya jika sebuah game RPG tidak memiliki interaksi yang kompleks melalui berbagai environment yang ada. Untung saja, hal tersebut diperhatikan dengan cukup baik dalam game ini. Terbukti bahwa karakter utama yang kalian mainkan dapat berinteraksi dengan banyak hal, contoh kecilnya yaitu adanya interaksi dengan manusia lainnya di kota yang membuat kalian sebagai player dibebaskan untuk menerima misi dari mana saja.

Tak hanya itu, kebebasan berinteraksi juga akan terjadi saat sedang melakukan adventure. Terkadang, di tengah perjalanan saat menjalankan misi, akan ada seorang penyintas asing yang akan menghentikan kendaraan kalian untuk meminta bantuan ataupun untuk merampas semua harta yang kalian punya. 

Nah, uniknya, kalian dapat bernegosiasi terlebih dahulu dengan penyintas asing tersebut untuk memilih membantu atau mengabaikannya. Tentu saja semua pilihan akan memiliki resiko masing - masing walaupun itu tidak berpengaruh besar ke dalam gameplay utamanya.


3. Memiliki konsep cerita yang menarik

Alur cerita yang menarik untuk diikuti

Sebagai sebuah game survival, The Walking Zombie 2 menyajikan sebuah cerita yang tidak bisa ditebak dengan mudah. Walaupun konfliknya terbilang cukup sederhana, namun dengan beragamnya misi yang datang membuat ceritanya terus bercabang, sehingga ending-nya semakin sulit untuk ditebak. Bayangkan, dalam satu kota saja, kalian akan berinteraksi dengan lebih dari 6 orang dengan misi yang berbeda - beda. Itu baru satu kota lho, padahal masih ada banyak sekali kota dalam map game ini.

Dengan banyaknya misi dan interaksi antar karakter, perjalanan sang karakter utama dalam menyelamatkan umat manusia akan semakin menarik untuk kalian ikuti. Oleh karena itu, buat kalian yang memang suka memainkan game dengan konsep cerita yang menarik, maka The Walking Zombie 2 ini menjadi salah satu pilihan game yang tepat bagi kalian.


4. Banyak ragam quest dan side quest

Berbagai macam quest yang bisa kalian selesaikan

Untuk mendukung alur ceritanya yang kompleks, game ini memiliki banyak sekali misi yang harus kalian selesaikan. Total misinya sih saya nggak tahu seberapa banyak, yang pasti misinya tuh nggak bakal bisa kalian selesaiin hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Banyaknya kota dalam map dan juga beragamnya konflik yang dialami antar karakter menjadi faktor utama mengapa misi yang ada dalam game ini terasa sangat banyak. Ya walaupun dari banyaknya misi tersebut ada beberapa misi yang rasanya kurang berbobot, seperti mencari kambing, menangkap merak, mencari mantan istri orang, dll.

Meskipun begitu, harus saya akui bahwa banyaknya misi dalam game The Walking Zombie 2 ini secara tidak langsung membuat para player-nya terus kembali online setiap hari untuk memainkannya.


C. SPESIFIKASI

Spesifikasi yang saya tampilkan disini khusus untuk PC. 

Untuk spesifikasi android tidak saya tampilkan, karena menurut saya sendiri game ini tergolong sangat ringan untuk dimainkan di platform android. Jadi buat kalian para user android kentang nggak usah takut buat nyoba ini game.

System Requirements Minimum

  • Requires a 64-bit processor and operating system
  • OS: Windows 7 or higher
  • Processor: Recent Intel i3 or AMD alternative
  • Graphics: dedicated GPU recommended
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 2 GB available space


D. KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Bisa dimainkan secara offline
  2. Tidak menguras banyak penyimpanan
  3. Grafis modern polygon yang sudah over the top
  4. Beragam tipe gameplay yang disajikan membuat player tidak cepat bosan

Kelemahan

  1. Iklan muncul dimana - mana, bahkan terkadang saat misi tengah berjalan
  2. Semua hal dapat dibeli lewat micro transaction (pay to win)
  3. Isi ulang bahan bakar yang tergolong lama, ujung - ujungnya disuruh top up juga


E. GAMEPLAY


Dari panjangnya ocehan saya diatas, dapat disimpulkan bahwa game The Walking Zombie 2 ini cukup layak buat dimainkan, terlebih lagi buat kalian yang suka dengan tema game survival zombie yang menegangkan.

Adanya unsur RPG dalam game ini juga membuat gameplay-nya terlihat makin menarik, tidak bosan aja gitu walaupun udah dimainkan dalam jangka waktu yang lama. Kontrol movement dan kamera yang sudah sangat responsif juga menjadi unsur plus bagi game ini.

Akan tetapi, sayangnya ada beberapa hal yang membuat saya emosi saat memainkan game ini. Yang pertama yaitu adanya iklan yang terkadang muncul tiba - tiba saat sedang menjalankan sebuah misi. Sebenarnya ada sih cara menghapus iklan dengan membeli fitur bebas iklan seharga Rp 77,000. Akan tetapi, jatuhnya game ini nggak free to play lagi.

Sekedar saran saja buat developer tolong itu iklannya lebih diminimalkan lagi. Kalau nggak mau iklannya dikurangin ya mending jadiin game-nya premium aja sekalian dengan catatan sudah bebas iklan. Kalau konsepnya free to play tapi iklannya dimana - mana kayak gini kan malah ngerusak gameplay, jadi nggak enjoy lagi mainnya.

Yang kedua itu tolong micro transaction-nya sedikit dikurangi. Daripada bikin pilihan micro transaction yang banyak mending banyakin event aja deh biar para player lebih tertarik buat main setiap hari, sekalian juga biar lebih ramah buat dimainkan oleh para player gratisan kayak saya :v

***

Sekian review dari saya mengenai game The Walking Zombie 2. Jadi bagaimana sekarang? Apakah kalian siap menyelamatkan umat manusia dari wabah zombie dalam game ini?

Jangan lupa kunjungi terus teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar games lainnya.

Terima kasih.

0 Response to "The Walking Zombie 2, Game Survival Zombie yang Menarik dan Ringan"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel