Review Alto's Adventure, Game Snowboarding yang Menakjubkan Mata - Teh90blog

Review Alto's Adventure, Game Snowboarding yang Menakjubkan Mata

Review Game Alto's Adventure

Sudah ada banyak sekali judul game bertema Endless Run yang dapat ditemui di Play Store, namun entah berapa banyak pun game bertema Endless Run yang ada, pengalaman saya bermain game Alto's Adventure ini tidak akan pernah bisa tergantikan.

Sejak masa perilisannya pada Februari 2015 silam, Alto's Adventure langsung menjadi game favorit saya di kalangan genre game Endless Run. Alasannya mudah, karena game ini memang bagus, kalian yang pernah memainkannya pasti juga bakal paham dengan apa yang saya tulis barusan.

Alto's Adventure merupakan game besutan pengembang Snowman dan Team Alto, dan diterbitkan oleh Noodlecake Studios. Melihat dari nama pengembangnya saja, saya sudah tidak heran lagi mengapa game sebagus Alto's Adventure ini bisa tercipta. 

Sejak terbentuk di tahun 2012, Snowman memang sudah dikenal sebagai sebuah developer game yang memprioritaskan kepada pengalaman bermain bagi setiap player-nya. Game buatan mereka selalu konsisten untuk memaksimalkan tampilan gameplay yang interaktif dan memanjakan mata untuk membuat para pemainnya lebih betah saat berada di dalam game.

Sama halnya dengan yang mereka suguhkan dalam game Alto's Adventure ini. Sejak berada di menu lobby utama, kalian sebagai pemain sudah disuguhkan dengan berbagai elemen yang memukau mata, baik dari sound, grafis, dan elemen lainnya yang tidak akan bisa kalian lupakan dengan mudah.

Masih ada banyak hal menarik lainnya yang ada dalam game ini yang pastinya akan membuat kalian tertarik untuk mencobanya. Tanpa berlama - lama lagi, mari langsung saja kita masuk ke dalam pembahasannya.


Pengalaman Menuruni Gunung yang Tak Berujung

Panorama gunung yang indah dalam game Alto's Adventure

Dalam game ini, kalian akan memerankan seorang pria bernama Alto, seorang gembala Llama yang harus menangkap para Llama miliknya yang kabur dengan menuruni gunung menggunakan sebuah papan ski. Kedengarannya mudah memang, tapi faktanya game ini tidak akan semudah yang kalian bayangkan. Terdapat banyak sekali rintangan yang akan hadir di tengah perjalanan Alto, seperti ada bebatuan yang tinggi, api unggun, jurang yang dalam, hingga para tetua yang akan mulai mengejar ketika kalian membangunkannya.

Buat kalian yang tak ingin kesulitan menghadapi halang rintang yang ada, kalian bisa mencoba "Zen Mode" yang tidak memiliki batas, tidak akan ada score, tidak ada game over, yang ada hanyalah indahnya pemandangan gunung dan lantunan musik yang akan membuat kalian merasa seperti masuk ke dunia Alto.


Berbagai Jenis Kombo dan Misi yang Adiktif

Tampilan Misi

Walaupun sekilas gameplay-nya hanya menampilkan seorang gembala Llama yang menuruni gunung, namun ternyata game ini mengembangkan konsep yang simple itu ke lingkup yang lebih luas lagi untuk kalian eksplore sendiri sebagai pemain. 

Contoh kecilnya yaitu munculnya berbagai misi yang membuat gameplay kalian lebih terfokus, mulai dari misi menakuti burung, membangunkan tetua, mendapatkan magnet, menangkap Llama dalam jumlah tertentu, dan masih ada banyak lagi jenis misi lainnya yang bisa kalian selesaikan. 

Hadiah dari penyelesaian misi tersebut digunakan untuk menaikkan level, dan semakin tinggi level kalian, maka akan ada pilihan karakter lain yang bisa kalian mainkan.

Selain misi, game ini juga memiliki berbagai kombo yang bisa kalian temukan di sepanjang permainan. Meskipun kontrolnya hanya menggunakan satu jari: tekan untuk melompat, dan tahan untuk melakukan backflip, namun ternyata kontrol yang minimalis tersebut dapat menimbulkan berbagai kombo, seperti backflip, grind, rock bounce, rock smash, ice slide, dan kombo lainnya yang nantinya bisa kalian temukan sendiri seiring kalian memainkan game ini.


Sajian Grafis yang Memukau dan Memanjakan Mata

Grafis yang memanjakan mata

Sembari menuruni gunung menggunakan ski untuk menangkap para Llama yang kabur, kalian akan disuguhkan dengan panorama gunung yang indah, lengkap dengan waktu yang bisa berganti, baik dari siang, pagi, sore, hingga malam; dengan cuaca yang bisa berubah juga, dari yang awalnya cerah, hujan, hingga badai. Semua hal tersebut disajikan dengan sangat perfect dalam game Alto' Adventure ini.

Sajian grafisnya terbilang sangat minimalis, namun menakjubkan juga di lain sisinya. Berbagai environment yang ditampilkan, seperti hutan, pedesaan, turunan yang terjal, semuanya dipoles dengan sempurna, membuat pengalaman bermainnya sangat membekas di ingatan para pemainnya.

Motion karakter dari Alto juga sama bagusnya, pergerakannya sangat halus, bahkan saat dia jatuh pun terdapat animasi yang cukup untuk membuatnya terlihat lebih realistis. 

Kualitas audio dalam game ini juga tidak dibuat sembarangan. Sembari mengikuti perjalanan Alto menuruni gunung, kalian juga akan disuguhi berbagai lantunan musik yang sangat enjoyable untuk kalian dengarkan. Semua musik yang ada dalam game ini seakan dibuat untuk relaksasi, semuanya berpadu sempurna dengan panorama gunung dan suara petir yang sesekali akan kalian dengar waktu terjadi badai.

Audio yang indah tersebut makin terdengar sempurna jika kalian memainkannya menggunakan headset, memang seharusnya game ini dimainkan pakai headset sih, biar feels-nya lebih dapet. 

Berbagai unsur positif dari game ini sudah menggambarkan bagaimana keseriusan Snowman sebagai developer game dalam memaksimalkan potensinya untuk memberikan pengalaman bermain yang mengesankan bagi para penikmat game buatannya.


SPESIFIKASI

Meskipun menyajikan sajian grafis yang memukau di kelas perangkat mobile, game Alto's Adventure ini ternyata tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi lho untuk bisa memainkannya. Setidaknya smartphone dengan RAM 2 GB keatas sudah pasti dapat memainkan game ini dengan lancar tanpa kendala sedikitpun.

Game ini juga tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, hanya dengan membutuhkan memori sekitar 300 MB saja sudah lebih dari cukup untuk memainkan game ini.


KELEBIHAN & KELEMAHAN

Kelebihan

  1. Menyajikan grafis yang memukau
  2. Gameplay yang minimalis, namun adiktif
  3. Lantunan audio yang sempurna
  4. Detail game yang berhasil disajikan dengan baik (perubahan waktu, perubahan cuaca, kontrol yang responsif)

Kelemahan

  1. Terdapat beberapa iklan yang kadang mengganggu
  2. Sebagian besar fitur tambahan yang ada di shop hanya tersedia secara premium (melalui micro transaction)


GAMEPLAY


Dari panjangnya uraian saya diatas, dapat disimpulkan bahwa game Alto's Adventure merupakan game Endless Run yang sangat recommended buat kalian coba. Berbagai kelebihan yang ada dalam game ini berhasil ditampilkan dengan sangat bagus, sehingga membuat pengalaman bermain bagi para pemainnya terasa lebih maksimal.

Walaupun terkadang terdapat beberapa iklan yang seringkali muncul, namun penempatan iklan dalam game ini tidak merusak gameplay-nya sedikitpun, jadi saya sebagai player gratisan juga tidak merasa begitu dirugikan dengan adanya iklan tersebut.

Kalian juga bisa kok menghilangkan semua iklan yang muncul dengan membeli fitur premium bebas iklan yang hanya dibanderol dengan harga Rp 33,000 rupiah saja. Harga tersebut masih terbilang murah mengingat betapa bagusnya berbagai unsur yang disajikan dalam game ini, berasa sangat worth it lah membeli fitur bebas iklan untuk memaksimalkan gameplay kalian. 

Kalau mau jadi player gratisan seperti saya pun tidak masalah, toh iklannya nggak banyak dan nggak terlalu mengganggu, nggak kayak game gratis lainnya yang kadang nampilin iklan di tengah - tengah gameplay.

***

Sekian review dari saya terkait game Alto's Adventure. Perlu kalian ingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berupa opini dari saya pribadi sebagai player dari game Alto's Adventure. Oleh karena itu, buat kalian yang mungkin ingin memberikan tambahan silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia games.

Terima kasih.

0 Response to "Review Alto's Adventure, Game Snowboarding yang Menakjubkan Mata"

Posting Komentar

*Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel